Oleh-oleh Khas Bandung

Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang seringkali dijadikan destinasi wisata bagi para pelancong. Tempat ini jadi tujuan favorit karena menawarkan berbagai macam destinasi mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner.

Apabila Anda berjalan-jalan ke Kota Bandung, pasti rasanya belum lengkap jika tidak berburu oleh oleh khas Bandung yang lezat. Tentu saja, makanan-makanan ini juga cocok dijadikan buah tangan bagi keluarga maupun kerabat di rumah.

Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

15 Oleh-oleh Khas Bandung Kekinian Dan Tahan Lama

Oleh-oleh Khas Bandung Basreng

Jika Anda penggemar makanan pedas, maka wajib mencoba camilan khas Bandung satu ini. Basreng adalah makanan yang tergolong dalam makanan ringan dengan cita rasa gurih, pedas, dan pastinya renyah.

Basreng cocok dijadikan oleh-oleh karena mampu bertahan sampai beberapa minggu jika disimpan dalam wadah rapat atau kedap udara. Camilan khas Kota Bandung ini juga sangat pas dinikmati bersama teh atau kopi saat bersantai bersama keluarga dan kerabat.

Saking populernya, Anda bisa menemukannya dengan mudah di mana saja. Bahkan, harganya cukup terjangkau sehingga tepat dijadikan oleh-oleh berbagai kalangan.

Oleh-oleh Khas Bandung Batagor

Jika Anda belum tahu, batagor adalah kependekan dari bakso tahu goreng yang disantap menggunakan saus sambal kacang. Saus ini terbilang sangat lezat karena berbahan dasar utama kacang tanah, bawang putih, dan juga cabai. Tak heran jika batagor menjadi salah satu makanan asli Bandung yang paling populer.

Rasanya yang lezat disertai harga yang terjangkau membuat siapa saja menyukai makanan satu ini.

Batagor terbuat dari tepung tapioka yang digoreng membentuk bulatan seperti bakso. Biasanya, satu paket batagor ditambah dengan tahu yang dipotong-potong kecil agar lebih mudah menyantapnya. Anda juga bisa membawa batagor sebagai oleh oleh khas Bandung dalam bentuk batagor beku.

Para penjual batagor biasanya sudah menyiapkan batagor beku seperti ini untuk memudahkan para wisatawan. Batagor beku juga dilengkapi dengan bumbu terpisah sehingga lebih tahan lama saat dibawa bepergian.

Ada beberapa gerai batagor terfavorit di Bandung, seperti Batagor Riri, Batagor Kingsley, Batagor Burangrang, Batagor Haji Yunus, dan lain sebagainya.

Oleh-oleh Khas Bandung Bolu bakar

Selain basreng dan batagor, makanan khas Bandung lainnya yang menjadi favorit pelancong untuk dijadikan oleh-oleh adalah bolu bakar. Bolu Bakar Tunggal adalah salah satu brand yang paling terkenal di Bandung. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbeda dari roti bakar pada umumnya karena jenis roti yang digunakan adalah bolu.

Anda bisa memilih berbagai varian bolu bakar manis, seperti cokelat, keju, wijen, kopi, kelapa susu, nanas, hingga roombutter. Apabila Anda menyukai makanan asin, maka Anda bisa memilih rasa tuna pedas maupun keju spesial tuna pedas. Sangat menarik, bukan?

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bali

Meski lebih nikmat jika disajikan hangat, Anda tetap bisa membawa bolu bakar ini sebagai oleh oleh khas Bandung yang pastinya lezat.

Oleh-oleh Khas Bandung Brownies kukus

Oleh oleh khas Bandung yang terfavorit dan murah berikutnya adalah brownies kukus. Salah satu produsen brownies kukus paling terkenal di Bandung adalah Amanda yang memiliki tekstur lembut sekaligus rasa manis yang pas. Jadi, jangan heran jika banyak orang yang menjadikan penganan satu ini oleh-oleh ketika berkunjung ke Bandung.

Amanda brownies kukus ini menawarkan berbagai varian rasa, mulai dari pandan, keju, blueberry, hingga kopi. Harganya juga cukup murah sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu saja. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu datang ke gerai Amanda di Jalan Rancabolang No. 29 Margahayu Raya.

Oleh-oleh Khas Bandung Cireng

Makanan khas Bandung yang bisa Anda jadikan oleh-oleh berikutnya adalah cireng yang berbahan dasar tepung kanji. Biasanya, cireng digoreng sampai kering dan disajikan dengan saus gula jawa yang pedas. Makanan ini digemari banyak orang karena kenyal dengan rasa gurih sekaligus lezat.

Anda bisa dengan mudah menemukan jajanan satu ini di sepanjang jalur tempat wisata di Kota Bandung. Karena itulah, cireng sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena selain mudah didapat, cireng juga pasti awet.

Anda bisa menemukan beberapa jenis cireng, seperti cireng original, cireng salju, dan kerupuk cireng yang juga dipadukan dengan bumbu sambal rujak. Cireng biasanya dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 7 ribu sampai Rp 21 ribu dalam satu kemasan khusus.

Oleh-oleh Khas Bandung Gepuk Cilampeni

Gepuk merupakan salah satu makanan khas favorit warga Bandung. Makanan ini terbuat dari olahan daging sapi yang dipotong kotak-kotak, lalu dipukul-dipukul atau digepuk sampai daging tersebut terlihat lebih tipis. Seluruh daging tersebut kemudian dikepal menggunakan lidi atau serat batang bambu.

Salah satu gepuk yang paling terkenal di Bandung adalah Gepuk Cilampeni yang dibanderol seharga Rp 25 ribu saja. Masalah rasa sudah pasti tidak perlu diragukan lagi, karena selain lezat dan gurih, gepuk ini sangat bergizi tinggi.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Gepuk Cilampeni semakin nikmat jika disajikan dengan nasi hangat. Selain memiliki tekstur daging yang lembut dan mudah dicerna, kombinasi bumbu rempah dan serundeng kelapanya dijamin membuat Anda ketagihan.

Anda juga bisa membawanya sebagai oleh oleh khas Bandung untuk keluarga di rumah. Datang saja ke Jalan Kopo yang menghubungkan Kota Bandung dengan kawasan wisata Pengalengan dan juga Ciwidey untuk mendapatkan kuliner satu ini.

Tak hanya di sana, Anda juga bisa mengunjungi rumah makan khas Sunda yang juga terkenal akan sajian Sate Cilampeni ini. Letaknya persis di pinggir jalan Kopo-Soreang. Tepat di depannya ada penjaja minuman tradisional Bajigur Duren yang juga wajib Anda coba ketika berkunjung ke Bandung.

Namun sayangnya, Anda harus rela berdesakan dan antre untuk menikmati satu porsi Gepuk Cilampeni. Pasalnya, tempat ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi jika Anda datang di akhir pekan.

Oleh-oleh Khas Bandung Kue sus

Sudah sejak lama kue sus dijadikan oleh oleh khas Bandung terfavorit. Salah satu toko kue legendaris yang terkenal dengan kue susnya adalah Soes Merdeka Badranaya. Dulu, toko ini dikelola oleh orang Belanda bernama Meneer Van Grafhorst sekitar tahun 1918-an. Lalu, pada tahun 1969 nama toko kue ini diubah dan diteruskan oleh para karyawannya.

Jika Anda penasaran dan ingin mencicipi kue sus ini, maka Anda tak perlu khawatir. Sebab, Soes Merdeka Badranaya masih buka hingga kini di Jalan Merdeka No. 27 Bandung. Salah satu varian kue sus yang paling populer adalah kue sus dengan isian berwarna putih susu yang dicampur rum beraroma nikmat.

Adapun pilihan lain yang bisa Anda bawa sebagai oleh oleh khas Bandung di gerai Soes Merdeka ini. Di antaranya aneka pastri, sosis, dan juga aneka daging olahan yang pastinya sayang jika dilewatkan.

Oleh-oleh Khas Bandung Oncom Raos

Satu lagi sajian khas Jawa Barat, khususnya Bandung yang bisa Anda jadikan pilihan tepat sebagai oleh-oleh, yaitu oncom. Kuliner yang terbuat dari kacang ini bercita rasa lezat, gurih, dan nikmat. Meski diolah dengan hanya digoreng saja, oncom nyatanya mampu menjadi daya tarik sendiri bagi setiap wisatawan yang datang ke Bandung.

Oncom Raos adalah salah satu pusat oleh oleh khas Bandung yang menyediakan gorengan oncom paling terkenal selama puluhan tahun. Toko ini terletak di Jalan Cihampelas 91B yang jadi target para pelancong saat berwisata. Menariknya, Oncom Raos juga menyajikan berbagai kudapan khas lainnya, seperti keripik, sale pisang, manisan, dan lain sebagainya.

Oleh-oleh Khas Bandung Peuyeum

Jika Anda ke Bandung belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi peyeum. Makanan satu ini merupakan makanan khas Bandung yang sangat terkenal. Bentuknya sekilas mirip seperti tape yang banyak ditemui di daerah lain. Namun, peuyeum lebih berair dan agak encer.

Peuyeum dikenal sebagai jajanan sejuta umat karena harganya yang cukup murah, enak dan awet. Tak heran jika makanan ini jadi salah satu oleh oleh khas Bandung yang paling banyak dicari karena mudah didapatkan di seantero kota.

Tak hanya dibuat dengan bahan dasar ketela pohon saja, peuyeum juga ada yang terbuat dari beras ketan hasil fermentasi. Umumnya, para penjual peuyeum di Kota Bandung menjual peuyeum yang terbuat dari beras ketan fermentasi ini. Anda juga bisa menemukan peuyeum di pusat oleh-oleh makanan khas Bandung.

Umumnya, peuyeum ini dijajakan dengan cara digantung menggunakan tali dalam jumlah cukup banyak.

Oleh-oleh Khas Bandung Picnic Roll Prima Rasa

Jika Bandung dikenal sebagai surga kulinernya Indonesia, jelas itu tidak salah. Pasalnya, kreativitas wisata kuliner Bandung saat ini memang mampu menjawab tantangan zaman serta selera para pelancong yang datang ke sana. Hal ini dibuktikan dengan munculnya kue bernama picnic roll.

Picnic Roll dikenal sebagai salah satu produk dari pusat oleh oleh khas Bandung, yaitu Prima Rasa. Selain rasanya enak, harga picnic roll ini juga cukup terjangkau. Tampilannya pun menarik karena terbuat dari kulit pastri yang diberi isian daging cincang dan telur, kemudian dipanggang hingga warnanya kuning keemasan.

Sajian terpopuler dari Prima Rasa Bandung ini tersedia dalam dua varian rasa, yaitu daging sapi dan juga daging ayam. Tidak seperti Kartika Sari Bandung yang telah melebarkan sayap usahanya sampai ke beberapa kota lain di luar Bandung. Prima Rasa hanya menyediakan gerai khusus di kota ini saja.

Selain karena alasan untuk menjaga rasanya agar tetap eksklusif, semua bahan yang digunakan Prima Rasa ini dikelola di dalam satu dapur utama. Lokasinya tepat berada di Jalan Kemuning, Kota Bandung sebelum akhirnya disebar ke seluruh cabang yang ada di sana.

Nah, jika Anda penasaran ingin mencicipi picnic roll yang kekinian ini, datang saja ke Prima Rasa di Jalan Pasir Kaliki. Harga untuk satu picnic roll dibanderol sekitar Rp 25 ribu saja. Dengan harga dan rasa yang pas, pastinya picnic roll ini juga cocok dijadikan oleh oleh khas Bandung yang menggugah selera.

Oleh-oleh Khas Bandung Pisang bolen

Jika Anda mencari primadona sekaligus oleh oleh khas Bandung terfavorit dan juga murah, maka pisang bolen adalah jawabannya. Salah satu pisang bolen paling terkenal adalan Pisang Bolen Kartika Sari yang sudah ada sejak tahun 1970. Sampai saat ini, Pisang Bolen Kartika Sari selalu diburu oleh pengunjung karena masih mempertahankan kualitas dengan resep turun temurun.

Selain bercita rasa lezat, manis, dan gurih, pisang bolen ini tersaji dalam beragam variasi rasa, di antaranya cokelat, keju, hingga durian. Tak heran jika pada akhirnya makanan ini cukup digemari oleh semua kalangan.

Oleh-oleh Khas Bandung Seblak

Makanan yang beberapa waktu belakangan cukup hits di beberapa daerah ini, ternyata berasal dari Bandung lho. Seblak adalah makanan berbahan dasar kerupuk yang juga masuk dalam daftar oleh oleh khas Bandung paling enak dan murah.

Bagi sebagian orang, seblak tampak sangat unik. Pasalnya, kerupuk seblak bukan dimakan kering layaknya kerupuk pada umumnya, tapi justru dibuat basah yang kemudian diolah dengan bumbu pedas. Bumbu paling utama yang digunakan dalam seblak adalah kencur dengan aromanya yang khas.

Biasanya, satu porsi seblak seringkali diberi tambahan topping lainnya, seperti telur, daging, sosis, dan juga sayuran.

Nah, jika Anda ingin membawa seblak sebagai oleh oleh khas Bandung, Anda bisa membelinya berupa kemasan mentah. Seblak ini bisa disajikan setelah diseduh atau dimasak menggunakan air mendidih. Sangat praktis, bukan?

Untuk satu porsi seblak mentah instan, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu saja. Seblak juga gampang ditemukan di mana saja, termasuk toko oleh-oleh yang ada di seluruh Kota Bandung.

Oleh-oleh Khas Bandung Surabi Bandung

Rasanya belum lengkap jika jalan-jalan ke Bandung tanpa mencicipi surabi. Makanan khas satu ini juga merupakan kudapan paling populer di Bandung. Surabi biasanya terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang sudah dicampur santan sehingga rasanya gurih dan lezat.

Namun kini, sajian surabi sudah mengalami perkembangan sesuai zaman. Anda bukan hanya bisa menemukan surabi bercita rasa gurih, tapi juga varian lain. Nah, surabi paling terkenal dan murah di Bandung adalah Surabi Enhaii yang enak sehingga membuat Anda ketagihan. Jajanan ini juga bisa dijadikan oleh oleh khas Bandung yang pasti berkesan bagi keluarga di rumah.

Oleh-oleh Khas Bandung Tahu susu

Jangan lupa untuk mendatangi kawasan Lembang ketika Anda berkunjung ke Bandung. Sebab, ada satu makanan asli Bandung yang banyak ditemui di sana, yaitu tahu susu dengan tekstur lembut dan kenyal. Jadi jangan heran jika makanan satu ini sering ludes habis terjual karena memang banyak sekali pembelinya. Bahkan, tak sedikit pula yang menjadikan tahu susu ini sebagai oleh oleh khas Bandung.

Sesuai namanya, tahu susu dibuat menggunakan kedelai yang kemudian diberi tambahan susu murni untuk menciptakan rasa gurih nan lembut. Selain itu, bagian dalam tahu susu terasa lebih padat sehingga lebih mengenyangkan ketika dimakan. Berbeda dengan tahu sumedang yang di dalamnya kopong.
Anda bisa menikmati tahu susu ini secara langsung atau digoreng lebih dulu. Lebih enak lagi jika dicocol sambal yang semakin menambah kenikmatannya.

Oleh-oleh Khas Bandung Tempe Gila

Selain tahu susu yang eksis jadi makanan terpopuler di Bandung, tempe pun kini menjadi makanan yang paling banyak digemari di sana. Perlu Anda ketahui, ada satu olahan tempe bernama tempe gila yang kini jadi camilan kekinian di berbagai kalangan.

Tempe gila merupakan produk olehan tempe yang dibuat keripik dengan rasa pedas yang dominan. Produk satu ini terbilang cukup unik karena menyediakan berbagai tingkatan kepedasan. Mulai dari cobian yang tidak terlalu pedas, karesep, aink dan terakhir gelo yang tingkat kepedasannya sangat tinggi.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang

Demikian ulasan tentang oleh oleh khas Bandung yang terfavorit dan murah. Tak bisa dipungkiri, sajian kuliner asli Bandung yang bisa dijadikan rekomendasi buah tangan memang banyak sekali. Anda hanya perlu memilihnya sesuai selera dan juga budget tentunya. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.