10 Tahapan Penulisan Artikel Yang Benar!

10 Tahapan Penulisan Artikel Yang Benar-Memiliki sebuah website yang menyajikan beragam konten artikel akan memberikan banyak manfaat bagi anda dan orang lainnya. Kenapa? Karena mereka juga akan mendapatkan informasi dan ilmu yang anda sajika.

Sedangkan anda sendiri? Anda bisa mendapatkan penghasilan jika memberikan informasi yang berkualitas dan selalu diminati oleh pembaca. Padahal jika rasanya menulis artikel itu pekerjaan yang mudah dan siapa saja bisa melakukannya.

Namun, ini bukanlah hal yang mudah seperti perkiraan banyak orang. Lihatlah beragam jenis penyedia jasa penulis artikel SEO online, selalu dicari. Kenapa? Karena mereka akan memberikan hasil penulisan berkualitas. Tidak hanya baik untuk mesin pencari, ini juga baik untuk kepuasan pembaca juga. Jadi, anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Inilah bedanya penulis yang mengerti konten dengan penulis yang menulis secara asal-asalan. Jadi, bagaimana untuk belajar menulis artikel yang baik? Yuk simak 10 tahapan menulis yang baik dan benar di bawah ini.

Tahapan Penulisan Artikel Yang Baik Benar!

Jangan Terlalu Fokus Dengan Mesin Pencari

Kebanyakan penulis pastinya akan sangat berfokus pada aturan SEO. Memang, ini adalah aturan yang baik untuk meningkatkan ranking website anda di dalam daftar mesin pencari. Tapi, anda juga harus tahu bahwasanya aturan tersebut tidak sepenuhnya harus digunakan. Karena, jika anda terpaku hanya pada keyword density atau pengulangan keyword dalam jumlah tertentu, akan menghasilkan artikel untuk mesin saja.

Sedangkan mesin pencari setara Google sekarang sudah sangat cerdas. Ada banyak faktor yang bisa menaikkan peringkat website kita selain masalah keyword density ini saja. Karena kebanyakan penulis sekarang ini selalu menyebut artikel mereka SEO friendly walapun menggunakan pola jadul dan justru terbaca aneh bagi user (pembaca).

Artikel yang terlalu mengedepankan masalah keyword density dan segala hal tersebut malah hanya bagus untuk mesin pencari atau mesin, bukan untuk manusia. Padahal, jenis artikel yang paling baik adalah human dan juga SEO friendly. Jadi, jangan berfokus pada satu titik saja.

Ketahui Karakteristik Bagi Calon Pembaca

Sebelum menulis sebuah konten, pastinya kita sudah tahu bagaimna atau siapa yang nantinya akan mencari dan membaca artikel tersebut. misalnya saja artikel untuk bayi, pasti yang mencari rata-rata adalah ibu hamil atau ibu-ibu yang sedang memiliki bayi bukan? Nah, dari sana anda harus mengenali kepada siapa nantinya anda menyampaiakan informasi tersebut, entah itu kepada kalangan tertentu seperti anak-anak, remaja, dewasa atau lainnya.

Mengetahui karakter calon pembaca sebelum menulis sangat penting. Kenapa? Karena beda karakter beda pula pemahaman dan cara penyampaiannya. Misalnya saja artikel formal yang biasanya ditujukan pada artikel keunagan dan pembacanya biasanya berkisaran umur 25 tahun ke atas.

Atau artikel ulasan game yang biasanya lebih disukai para remaja kebanyakan akan menggunakan bahasa yang lebih santai. Tujuannya? Suapa anda bisa memasuki dinia para pembaca, suapa artikel itu nantinya tidak berubah menjadi tulisan panjang yang membosankan.

Sematkan Judul Yang Menarik

Pernah membaca artikel tertentu hanya karena judul yang mengundang rasa penasaran? Ya, ini adalah salah satu strategi terjitu yang kerap digunakan dalam layanan jasa penulis artikel SEO online. Terkadang malah kebanyakan penulis pandai membuat sebuah judul yang sangat menarik, unik dan isinya malah jauh dari harapan pembaca.

Ini memang akan mengundang banyak klik dan secara tidak sengaja juga bisa menambah rating website anda. Hanya saja, jika pembaca tidak bertahan lama, maka mesin pencari juga tidak akan menandai website anda sebagai salah satu yang terbaik.

Jadi, harus bagaimana? Kombinasikan judul yang menarik dan sesuaikan isi konten dengan judul tersebut. sulit? Ya, tentunya kita butuh belajar dan membiasakan diri agar bisa menghasilkan artikel berkualitas.

Jika tidak sulit, maka semua orang sudah bisa menjadi penulis dan menghasilkan ribuan page yang tidak bisa bersaing satu dengan yang lainnya. Jadi, sekali lagi untuk selalu diingat, bahwa peran judul memiliki peranan dalam kunjungan ke artikel anda nantinya.

Perhatikan Susunan Kata-Kata

Nah, ini juga yang terpenting. Kita tidak sedang berjualan buku maupun koran. Orang-orang cenderung lebih tertarik dari apa yang mereka lihat. Apalagi banyak pesaing yang bisa membuat para pembaca lebih mudah meninggalkan anda dalam waktu sekejap.

Jadi, cobalah untuk membuat konten artikel anda menarik dan unik dengan mengatur tata letak kata dan mempersingkat penggunaan kata dalam sebuah kalimat. Jika ditanya berapa banyak kalimat yang seharusnya aada dalam satu paragraf, jawabannya akan bervariasi.

Tapi, kebanyakan hal penting adalah untuk menggunakan setidaknya 4-5 baris saja dalam sebuah paragraf. Kenapa? Karena jika and amemasukkan terlalu banyak kalimat dalam paragraf dan barisnya terlalu panjang, ini akan terlihat sangat membosankan.

Coba perhatikan, artikel yang sama namun ditulis dengan cara yang berbeda. Misalkan saja artikel yang satunya dibagi menjadi 4 baris dan yang selanjutnya mencapai 8 baris per paragraf, lebih enakan dibaca yang mana? Yang 4 baris per paragraf bukan?

Ikuti Format Yang Mudah Dimengerti

Tidak ada memang aturan untuk menformat penulisan artikel. Tapi cobalah dianalisa lebih dalam. Siapa juga yang ingin membaca sebuah artikel yang menggunakan font aneh, sulit dibaca, jarak antar paragraf sangat sempit dan terlalu banyak penggunaan kalimat per paragraf.

Cobalah untuk menghasilkan tulisan yang mudah dipahami dan dimengerti oleh semua orang. Buatlah tulisan yang mengulas topik menarik dan bacaan yang mudah dimengerti.

Jangan menyiksa pembaca dengan memberikan isi artikel yang snagat “berat”. Jadi, cobalah gunakan jenis tulisan yang mudah dikenali, menggunakan ukuran standar dan juga tidak berlebihan dalam editing warna. Karena, jika terlalu banyak fitur dalam artikel, ini hanya akan membuat loading page menjadi lebih lama dan lelet.

Tingkatkan Isi Dari Artikel

Nah, kembali lagi di dalam penentuan dari artikel yang berkualitas. Jika anda mengangkat sebuah topik menarik tapi isi dari artikel baisa-biasa saja, maka artikel ini akan ternilai biasa saja. Berbeda ketika and amenyajikan sebuah artikel yang ditulis dengan isi yang berbobot. Pembaca akan merasa sangat puas jika anda menyajikan artikel yang mudah dipahami dan berbobot. Enak dibaca juga kuncinya.

Tentunya anda juga harus memahami dan mengerti terlebih dahulu isi dari topik yang sedang dibahas tersebut. dengan mengetahui apa saja poin penting, pembahasan dan bagaimana cara penyampaian, maka anda akan menghasilkan artikel berkualitas. Tentunya, anda harus banyak-banyak mencari informasi tentang apa yang akan di bahas jika memang tidak mendalami topik yang akan dibahas.

Pandai Dalam Menggunakan Keyword LSI

Ini memang hal yang cukup penting. Karena bersangkutan dengan mesin pencari dan akan mengubah nasib dari website anda kedepannya. Salah satu cara menggunakan teknik SEO yang benar dan sangat dianjurkan adalah dengan mencari serta menggunakan keyword LSI.

LSI adalah sebuah fitur yang digunakan mesin pencari agar lebih mudah memahami pencarian dari user. Manfaat menggunakan ini adalah untuk meningkatkan rating dan relavansi. Misalnya saja ketika seseorang memasukkan kata “apple” dalam pencariannya. Bukankah ini bermakna ambigu? Perusahaan dan buah?

Oleh karena itu, mesin pencari akan menentukan kemana arah pencarian dengan menggunakan kata lainnya yang dimasukkan oleh user tersebut. jadi, ini merupakan turunan yang mempermudah kita menggunakan keyword utama agar bisa dikenali dengan baik oleh mesin pencari. Daripada anda harus mengulang keyword utama dalam jumlah yang sangat banyak, lebih baik anda menggunakan LSI untuk bisa mempermudah pencarian user.

Selalu Usahakan Untuk Mengecek Ejaan dan Tata Bahasa Yang Benar

Ya, ini terdengar sangat sepele bagi sebagian orang. Tapi, kenyataannya, ini adalah salah satu hal yang cukup berpengaruh dan sangat penting bagi kualitas artikel anda. Karena, kebanyakan situs-situs yang suadah lama juga sering memiliki kesalahan yang serupa.

Artikel yang memiliki kesalahan seperty typo yang terlalu banyak akan dicap sebagai artikel yang kurang bermutu dan tidak profesional. Apa sih dampaknya? Tentu saja ini berbahaya! Bayangkan jika anda adalah sebuah pengiklan yang barang maupun jasanya berharga jutaan.

Pastinya akan ada banyak yang meragukan produk barang maupun jasa yang sedang anda iklankan tersebut. lihat saja penulisannya masih banyak kesalahan, bagaimana bisa mengelola yang lebih serius? Nah, begitulah singkatnya. Jadi, sebelum menerbitkan artikel, maka ulangi lagi pemeriksaan ejaan maupun tata bahasa yang digunakan.

Apalagi software yang bisa menemukan kesalahan ejaan untuk bahasa indonesia masih belum banyak ada di pasaran. Jadi, solusi terbaik adalah pengecekan secara manual. Pengecekan manual bisa dilakukan dengan mudah dengan mebaca ulang hasil artikel tersebut.

Jika perlu, cobalah baca dengan suara, dan nantinya pasti akan da beberapa kata yang terdengar aneh jika memang salah dalam penulisannya. Anggap saja anda sedang melakukan latihan untuk persentasi atau pidato untuk khalayak umum. Dengan mebaca maka anda tahu bagaimana letak kesalahan penulisan dan penyusunan kata-kata tersebut. Karena, tak jarang banyak yang menulis kata-kata yang sebenarnya bermakna sama tanpa sengaja.

Teknik Optimasi SEO on Page

Pasti, ada banyak yang menanyakan mengapa kita harus tetap menggunakan optimasi SEO on page? Pahami terlebih dahulu mana optimasi yang dilakukan sebelum dan sesudah penerbitan artikel. Ini merupakan langkah yang diambil ketika kita sudah melakukan penerbitan artikel. Istilahnya adalah untuk menaikan rating dan memudahkan pencarian oleh user.

Waluapun anda tidak terlau menggunakan teknik SEO saat penulisan, namun ini juga penting saat setelah diterbitkan. Lama prosesnya? Bahkan tidak mencapai satu menitan.

Misalnya saja seseorang yang menggunakan pemilihan kata-kata paling tepat pada bagian meta description. Ini adalah bagian yang akan ditampilkan oleh google atau mesin pencari sebagai rangkuman isi artikel.

Ini tidak akan terangkum secara otomatis, ya! Andalah yang akan menentukan pemilihan kata-katanya. Dan, bagus atau tidaknya atau menarik tidaknya, bergantung pada sang pengisi meta description. Kebanyakan pemula, atau penulis lainnya sering menumpuk beberapa keyword di bagian ini.

Bahkan, menurut analisa di bagian ini tidak memerlukan terlalu banyak keyword sama sekali. Jika ingin menggunakannya, maka cukup gunakan satu keyword saja. Bahkan, hal yang paling amat sangat penting di sini adalah bagaimana nantinya anda bisa mengundang pembaca agar bisa mengunjungi dan tertarik akan website tersebut.

ini juga menyangkut dengan modifikasi URL. Apa itu URL? Link yang akan membawa pembaca pada tuatan artikel anda. Mengapa harus dimodifikasi? Ini sangat penting untuk mengoptimalkan SEO. Juga, jangan lupa menambahkan gambar maupun video dalam artikel anda. Kenapa? Satu kata, bosan.

Orang akan lebih mudah bosan jika membaca artikel yang penuh dengan tulisan saja. Apalagi jika artikel anda memiliki panjang kata 500 kata lebih. Wah, dijamin pembaca akan buru-buru kabur jika tidak menyematkan gambar relevan yang menarik.

Tapi, tetap usahakan gambar yang dipakai adlaah gambar yang memang berkiatan. Setidaknya, fungsi gambar disini adalah menjelaskan hal-hal yang mungkin tidak bisa dijelaskan melalui tulisan.

Bahkan, tidak hanya gambar, namun anda juga bisa menyematkan beragam link mulai dari internal dan ekternal link. Internal link merupakan link yang dimasukkan berasal dari website kita langsung, sedangkan ekternal adalah link yang berasal dari luar.

Dan pastikan juga artikel tersebut sudah mengandung keyword LSI. Tidak masalah jika menyertakan ekternal link ke dalam artikel anda karen anantinya ini akan meningkatkan visibilitas web. Apalagi jika link tersebut benar-benar relevan dan memiliki konten yang baik.

Mencari Beragam Pembaca

Nah, kesalahan fatal banyak pemilik artikel website adalah menelantarkan artikel setelah ia menekan tombol publish. Tugas anda belum selesai walaupun anda sudah berhasil membuat konten dan sudah mempublish nya.

Malahan, pekerjaan sebenarnya baru akan dimulai ketika anda selesai memposting artikel tersebut. kenapa? Karena ada ratusan bahkan jutaan artikel sama lainnya yang juga sudah dipublikasikan dan pastinya akan bersaing. Jadi, tidak ada gunanya memposting artikel anda jika tidak bisa ditemukan oleh orang lain. Caranya? Dengan mempromosikannya.

Sebagai salah satuwebsite yang memiliki banyak pengikut, mungkin postingan anda akan secara otomatis diketahui banyak orang setiap kali terbit. Namun, jika masih dalam tahapan membangun, maka jangan berhenti dan bosan untuk mempromosikannya.

Intinya, anda tidak harus langsung bangga dan puas setelah berhasil menerbitkan sebuah artikel. Semenarik dan sebaik apapun kualitas konten artikel anda akan menjadi sia-sia jika tidak dikenal oleh banyak orang. Jadi, anda harus lebih jeli dan teliti untuk mempromosikannya.

Bahkan, terkadang website yang memliki jutaan pengikut juga masih sering melakukan upaya ini. Karena, sangat penting jika banyak orang tahu dan bisa membaca konten anda tersebut. karena, sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa digunakan jika ingin mempromosikan artikel, seperti :

  • Gunakan sosmed untuk melakukan share, bahkana nda bisa menggunakan forum atau komunitas spesifik untuk menshare artikel tersebut. hal trepenting adalah untuk tidak spam, karena ini sangatlah menganggu.
  • Anda juga bisa menambahkan fitur untuk share agar lebih banyak orang yang bisa dengan mudah menshare artikel tersebut nantinya.

Nah demikianlah 10 Tahapan Penulisan Artikel Yang Benar dan cara untuk memperbaiki kualitas tulisan agar setara dengan jasa penulisan artikel SEO online yang populer. Sebaiknya anda tidak hanya membuat konten yang sangat ramah untuk mesin pencari, tapi juga mudah dinikmati pembaca.

Karena dua faktor tersebut sangat berkaitan satu sama lain. Jadi, jangan hanya berfokus pada satu faktor saja dan melupakan faktor yang lainnya. Usahakan memiliki isi konten yang berkualitas dan juga baik untuk meningkatkan ranking di mesin pencari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.