5 Prinsip Strategi Pemasaran Mutakhir Untuk Tahun 2019

5 Prinsip Strategi Pemasaran Mutakhir Untuk Tahun 2019 – Tahun 2019 sudah datang. Ini awal yang baru bagi semua pengusaha untuk memulai kembali siklus bisnis mereka. Tentunya banyak hal yang telah berubah. Dan kita semua dituntut untuk terus-menerus beradaptasi terhadap perubahan-perubahan tersebut. Sama halnya dengan strategi pemasaran yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan sosio-kultur.

Strategi pemasaran lama sudah using, dan berganti dengan metode baru yang lebih fresh dan up to date. Untuk itu perlu kita rekam, perubahan apa saja yang sudah terjadi, dan bagaimana cara kita menyikapinya.

Karena sifat platform digital yang global; segala perubahan yang terjadi di ranah global turut mempengaruhi fenomena yang terjadi di dalam negeri.  Dalam lanskap teknologi dewasa ini, strategi digital marketing menjadi hal yang substansial. Suksesnya suatu digital campaign banyak dipengaruhi oleh hal ini. Keberhasilan bisnis anda akan ditentukan oleh bagaimana strategi tersebut di-implementasikan di pasar yang kian lama kian cair.

Semakin tepat anda menentukan dan mengeksekusi strategi pemasaran digital marketing anda, semakin besar pula peluang digital campaign anda untuk meraih kesuksesan. Semakin sukses digital campaign anda maka angka engagement yang terkonversi menjadi sales juga dapat dilihat dengan mudah melalui fitur analytics.

Baca Juga : Mengenal Tentang Digital Marketing

Selain itu, perubahan pola konsumsi media pasar juga menjadi faktor yang patut dipertimbangkan. Banyak hal yang dulu masih menjadi metode efektif sekarang menjadi usang dan layak untuk ditinggalkan. Cara-cara tradisional advertising digital seperti online banner, dan iklan digital sekarang sudah bukan menjadi hal yang bisa dikonversi menjadi engagement yang bagus untuk target pasar kita.

Mengapa? Coba saja dipikir sejenak. Seberapa sering kita merasa terganggu akibat keberadaan online ads dan banner tidak jelas yang memenuhi laman web yang kita kunjungi? Bukannya menjadi hal yang menarik bagi pasar, hal ini jatuhnya justru jadi menyebalkan dan mengganggu aktivitas browsing di laman favorit internet kita. Dibanding dengan model digital marketing seperti ini, iklan TV dan radio terasa lebih bersahabat bagi kita, karena tidak menginvasi ruang privat kita yang nyaman.

Adalah tugas kita sebagai marketer untuk terus-menerus mengupdate pengetahuan kita, agar senantiasa selalu berada di barisan terdepan dalam perkembangan implementasi digital marketing.
Berikut adalah 6 prinsip strategi pemasaran mutakhir yang bisa anda coba di tahun 2019.

Strategi Pemasaran Tahun 2019

Selalu Prioritaskan Kebutuhan Customer Anda

Jangan hanya fokus pada produksi online banner dan digital ads saja! Coba alihkan fokus anda kepada customer anda. Tanyakan pada diri anda sendiri, apakah customer anda sudah puas terhadap produk/layanan anda? Bagaimana cara yang lebih efektif untuk menjangkau mereka? Dan bagaimana pula cara membangun komunikasi online yang terkesan lebih personal?

Sepintas memang penggunaan online ads, pembangunan web yang representatif akan menambah web presence brand anda. Tapi memaksakan diri untuk terus-menerus membangun hal ini tanpa memperhatikan base customer bisa jadi kesalahan yang fatal dalam jangka panjang.

Disini penggunaan e-mail yang efektif dan terasa personalized jadi nilai plus. Di saat semua masih menggunakan cara ‘kasar’; anda sudah beralih ke cara yang ‘halus’ untuk memperoleh customer baru dan mempertahankan customer lama. Cara ini juga memiliki cost yang relatif lebih murah dibanding dengan produksi online banner atau membayar ads online yang kian lama kian mahal tanpa dampak yang signifikan pada sales.

Cost yang dihemat ini bisa kemudian dialihkan untuk high concept marketing dengan target engagement tinggi yang secara cost relatif lebih mahal dari yang konvensional.
Selain itu, lewat mengenal customer anda, anda bisa melakukan retargeting pada mereka. Anda bisa mengalihkan energi yang terbuang untuk menjadi sesuatu yang lebih memiliki value nantinya.

Sering-sering Lakukan Update Pada SEO Anda

Sebaik-baiknya kualitas suatu produk, jika produk tersebut susah ditemukan akan jadi percuma. Dengan SEO yang baik, suatu produk akan sangat terbantu untuk lebih mudah ditemukan bagi calon-calon pembeli.

Google mengupdate algortima SEO mereka lebih dari 500 kali dalam setahun. Perubahan algoritma yang kian intens ini harusnya menjadi tamparan bagi pelaku bisnis yang menggunakan digital marketing sebagai sarana utama metode branding mereka. Semakin usang algoritma SEO yang dipakai, semakin sulit pula produk/layanan itu untuk ditemukan dalam search engine. Akibatnya daya jangkau produk/layanan tersebut akan melemah, dan akhirnya tenggelam.

Dengan sering mengupdate, suatu laman produk/layanan dapat terus-menerus memperbaiki daya jangkau terhadap pasar spesifik yang ditargetkan. Bisa pula memperbaiki google rank dan mempertahankan posisinya dalam search engine

Buat Strategi Pemasaran Anda Fleksibel Dan Mobile

Yang dimaksud fleksibel disini adalah bagaimana digital campaign anda mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Intinya adalah akses. Sebisa mungkin buat digital campaign anda cross platform. Sederhananya, digital campaign anda harus mampu mencakup semua medsos yang tersedia. Semakin mudah diakses, semakin besar pula kemungkinan digital campaign tersebut untuk meraih kesuksesan.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah buat digital campaign anda mobile friendly. Artinya, ia harus tetap tampak bagus ketika diakses lewat smartphone. Ingat. Dewasa ini penggunaan smartphone semakin lama semakin masif; bahkan sudah dapat dikatakan sebagai tools kerja sekunder setelah komputer/laptop. Jika digital campaign anda sudah tampak bagus lewat media laptop, maka sekarang waktu yang tepat untuk melihat versi mobile-nya. Apakah sama bagusnya?

Detail ini bila diperhatikan akan memberikan anda daya saing lebih jika dibandingkan kompetitor-kompetitor anda yang masih menggunakan 1 platform saja untuk digital campaign mereka.

Gunakan Blogging Secara Optimal

Dalam sistem SEO keberadaan konten menjadi hal yang sangat penting. Fungsi konten ini bermacam-macam, mulai dari traffic generator, hingga menjadi tools yang meningkatkan web presence anda dalam search engine. Riset-lah keyword-keyword yang dapat membantu digital campaign anda mendapatkan traksi dari trend-trend terkini. Gunakan keyword tersebut sebagai basis anda membuat suatu konten.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Penggunaan blog juga terbukti berguna untuk mengarahkan pengguna untuk meningkatkan engagement positif pada produk anda. Selain meningkatkan ranking anda dalam search engine, seringkali blog juga memberikan konversi engagement ke angka penjualan.

Setiap post yang anda publish dalam blog akan secara otomatis terindeks ke dalam search engine, sehingga akan membantu konsumen untuk menemukan produk/layanan anda. Blogging yang baik juga dapat meningkatkan brand image dari produk dan layanan anda.

Kombinasikan Digital Campaign Dengan Event

Ada beberapa macam resource digital marketing yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement pada target market anda. Perkuat positioning anda dengan membuat event dimana, event tersebut akan dipromosikan lewat media youtube maupun podcast.

Gunakan event organizer untuk event anda, selaraskan dengan digital campaign anda agar pengalaman konsumen semakin baik.

Sekian penjelasan 5 Prinsip Strategi Pemasaran Mutakhir Untuk Tahun 2019 dari kami Republikseo.net yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang SEO. Dengan predikat Master SEO kami siap membantu menaikan peringkat website bisnis online anda dengan harga yang murah dan bergaransi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.