8 Teknik Digital Marketing Beserta Contohnya

8 Teknik Digital Marketing Beserta Contohnya-Digital marketing atau pemasaran digital merupakan solusi terbaik dalam berbisnis online dengan menggunakan perangkat digital seperti internet, yang memiliki akses dan jangkauan tanpa batas.

Media yang digunakan oleh pemasaran digital ini sangatlah berbeda dengan pemasaran konvensional yang sering dilakukan oleh marketer pada zaman dahulu. Tentunya dengan meningkatnya teknologi yang semakin pesat ini membuat para pebisnis online semakin mudah dalam menawarkan produk / brand / jasanya.

Setiap aktivitas pemasaran pasti memiliki cara tersendiri untuk bisa memikat hati para konsumen / pelanggannya. Hal ini mengacu pada teknik yang dilakukan oleh pemasar digital. Pemasar digital yang baik adalah mereka yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dimilikinya untuk selalu mendukung tujuan penawarannya.

Bisanya mereka melakukan kampanye besar-besaran melalui media gratis hingga media berbayar yang mereka miliki. Teknik tersebut sangat bergantung pada tujuan strategi pemasaran yang mereka lakukan.

Singkat cerita, seorang content marketer, pemasar konten atau pembuat konten pemasaran, membuat serangkaian postingan blog yang berfungsi menarik para pengunjung untuk membacanya atau sekadar mengunjungi blognya. Dengan serangkaian postingan tersebut, mereka sekaligus dapat mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar maupun tidak berbayar di akun media sosial atau blog lain.

Selain itu, ada pula seorang email marketer yang bertugas membuat email campaign untuk kemudian dikirimkan kepada calon customer agar tertarik dengan penawaran yang mereka tawarkan. Contoh dari kasus ini adalah akun SosiaGo dan SociaBuzz sebagai digital marketer terbesar di Indonesia.

8 Teknik Digital Marketing

Agar bisnis online-nya dapat berkembang pesat, ada 8 teknik digital marketing yang harus Anda pelajari dan praktikkan dalam web Anda. Teknik ini cukup umum dilakukan oleh pemasar digital lainnya dan ada beberapa media digital yang terlibat di dalam masing-masing teknik ini. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Optimalkan web Anda dengan fitur Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan fitur yang sangat terkenal di kalangan blogger. Fitur ini tak lain adalah untuk mengoptimalkan situs web Anda agar mendapatkan “peringkat” teratas di halaman mesin pencari Google.

Dengan begitu, jumlah traffic pengujung web pu akan semakin meningkat. Sehingga kebutuhan seseorang akan web Anda semakin besar. Hal ini membuat situs yang Anda memiliki semakin banyak memiliki pemasukan.

Beberapa media online yang bermanfaat untuk diterapkan fitur SEO meliputi blogs, website, dan infografis.

Membuat konten marketing yang menarik sebagai bahan promosi

Konten marketing biasa dibuat oleh content marketer yang digunakan sebagai Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis konten pemasaran suatu brand. Contoh media yang dapat Anda pilih sebagai strategi konten pemasaran adalah ebook dan artikel, postingan blog, brosur online, hingga infografis.

Teknik ini menunjukkan proses dan hasil dari pembuatan dan promosi aset konten yang memiliki tujuan tertentu, yakni:

  • Untuk meningkatkan traffic.
  • Memperoleh prospek dari iklan.
  • Meningkatkan jumlah pelanggan suatu produk / jasa, hingga.
  • Menghasilkan brand awareness yang baik untuk perkembangan web Anda ke depannya.

Memanfaatkan sosial media sebagai alat marketing yang sangat mudah

Sosial media merupakan tools yang tepat bagi pemasar digital untuk mengembangkan situsnya. Sebab sosmed ini snagat beragam dan pemakaiannya pun tergolong mudah. Siapapun pasti akan cepat mengerti saat belajar menggunakan sosmed tersebut.

Beberapa sosmed yang bisa Anda manfaatkan sebagai alat marketing meliputi Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Snapchat, Pinterest, dan Google+.

Gunakan Pay-Per-Klik (PPC) untuk mendapatkan peringkat teratas di Google

PPC merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs Anda, dengan cara membayar setiap klik. Google AdWords termasuk PPC yang paling sering digunakan yang memungkinkan Anda mendapatkan spot teratas pada mesin pencarian Google. Perlu diingat bahwa Anda juga harus membayar sesuai dengan harga “per klik-nya”.

Adapun media yang bisa digunakan untuk menjalankan fitur PPC, yakni Facebook Ads, Tweet promosi, Twitter, serta Pesan Sponsor LinkedIn.

Gunakan Affiliate Marketing untuk promosi iklan

Affiliate marketing merupakan Jenis-Jenis Digital Marketing iklan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan penawaran terkait layanan yang diberikan orang lain di situs web Anda.
Terdapat dua cara affiliate marketing beserta aplikasinya yang bisa Anda manfaatkan, yakni hosting video ads dengan Youtube dan mengupload link affiliate.

Meletakkan konten marketing di Native Ads

Teknik keenam adalah letakkan konten marketing yang telah Anda siapkan di Native Ads. Native Ads ini mengacu pada iklan utama yang berisikan konten yang ditampilkan pada platform media bersama maupun konten non-prabayar lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan budget dan kebutuhan dari website Anda sendiri. Contoh dari penggunaan Native Ads ini adalah postingan yang disponsori BuzzFeed.

Atur otomatisasi pemasaran dengan tepat

Otomatisasi pemasaran ini mengacu pada perangkat lunak yang berfungsi untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Sistem otomatisasi pemasaran ini sangat tepat Anda gunakan karena akan mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola bisnis online.

Ada banyak sekali departemen marketing yang mengotomatiskan tugas-tugas berulang. Padahal seharusnya kinerja tersebut bisa saja mereka lakukan secara manual. Inilah yang disebut sebagai teknik yang mempermudah pekerjaan digital marketer.

Pekerjaan tersebut di antaranya berupa:

  • Menyusun postingan di sosial media.
  • Mengupdate daftar kontak pelanggan yang Anda simpan.
  • Memimpin alur kerja dengan baik, serta
  • Laporan mengenai campaign dari sebuah digital marketing.

Memanfaatkan fitur Email Marketing untuk berkomunikasi dengan pelanggan

Digital marketer yang baik selalu memiliki cara termudah untuk selalu bisa berkomunikasi dengan pelanggannya. Salah satunya dengan menggunakan fitur email marketing. Hal ini memiliki tujuan demi tersampaikannya informasi penting terkait bisnis online yang sedang dijalankan.

Email marketing juga bisa Anda gunakan sebagai media promosi konten, info diskon (potongan harga), dan info sebuah acara / event tertentu. Isi dari pesan email tersebut bisa juga mengajak agar calon pelanggan mengunjungi situs Anda.

Berikut beberapa jenis email yang dapat digunakan untuk melakukan campaign email pemasaran, seperti:

  • Pengikut situs bulletin blog,
  • Menindaklanjuti email pengunjung website yang digunakan untuk mendownload sesuatu,
  • Email sapaan bagi calon pelanggan maupun pelanggan Anda,
  • Promosi liburan sebagai program pendapatan untuk member Anda,
  • Serta beberapa tipas untuk program pengasuhan konsumen Anda.

Demikian 8 Teknik Digital Marketing Beserta Contohnya yang wajib Anda ketahui. Adapun teknik lainnya (opsional) dapat Anda lakukan sesuai dengan kepentingan / kebutuhan website Anda. Jika kedelapan teknik tersebut telah Anda kuasai, maka dijamin bisnis digital marketing Anda akan semakin pesat perkembangannya.

Hal ini bisa Anda gunakan sebagai investasi online di masa yang akan datang. Sehingga Anda tak perlu repot-repot lagi untuk membangunnya, karena yang Anda butuhkan hanya konsisten dan sesuaikan kebutuhan pada customer sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.