Pengertian Internet Marketing: Fungsi dan Tujuannya

Teknologi sudah semakin berkembang dan sudah mempengaruhi berbagai hal termasuk salah satunya cara marketing. Kalau dulu, saat ingin memarketingkan produk kita harus melakukan tatap muka dengan customer, atau membuka toko yang strategis.

Sekarang tidak punya toko dan tidak bertatap muka pun kamu bisa melakukan marketing. Cara-cara yang lebih modern serta mengandalkan teknologi mulai diperkenalkan.

Baca Juga : Perbedaan Digital Marketing Dan Tradisional Marketing

Tentunya bukan tanpa alasan, mengingat gaya hidup manusia sekarang ini sudah sangat dipengaruhi teknolog sehingga para pembisnis pun harus bisa menyesuaikan. Salah satu jalan untuk mendekatkan pembisnis dengan customernya adalah dengan menggunakan internet marketing. Fungsi dan Tujuan Apa itu internet marketing? Apakah sama dengan digital marketing? Bagaimana internet marketing bisa berjalan dengan baik dan menyasar market yang tepat?

Pengertian Internet Marketing Adalah

Internet marketing adalah atau biasa disebut juga sebagai online marketing merupakan salah satu strategi pemasaran masa kini yang memanfaatkan internet agar bisa terhubung dengan customer.

Namun internet marketing bukan hanya mengarahkan pada customer yang menggunakan media digital saja, tetapi juga berkaitan dengan cara menjalankan sebuah manajemen data konsumen serta menjaga relasi. Lantas, sebenarnya apa sih fungsi dan tujuan dijalankannya internet marketing?

Internet adalah sebuah teknologi yang mengalam perkembangan dengan cepat sebab dapat menjangkau banyak orang secara lebih luas bahkan dalam waktu yang tak terbatas. Tingginya persentase pengguna internet membuat par pembisnis harus bisa memanfaatkan peluang keuntungan berbisnis melalui interne. Sehingga munculah teknik pemasaran internet marketing, yang memiliki tujuan serta manfaat sebagai berikut:

  1. Internet mampu menjangkau calon konsumen dengan pembiayaan yang relative lebih murah dibandingkan cara biasanya
  2. Internet bisa membantu kita untuk melacak hingga mengukur data respon dari konsumen lewat aktivitas marketing yang dilakukan
  3. Internet bisa menjangkau pasar secara global dan membantu mendapatkan pangsa pasar yang tepat
  4. Internet membuat para pelaku bisnis semakin kreatif dalam melakukan promosi dan persaingan
  5. Internet memudahkan para pembeli barang untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah
  6. Internet menjadi media pemasaran yang tanpa patas karena bisa dilakukan dengan cara twenty four hour marketing.

Bagaimana, melalui tujuan dan manfaar internet marketing yang sudah disebutkan di atas, kita sudah tahukan bagaimana kekuatan internet mampu membantu para pelaku bisnis untuk memperoleh profit yang lebih besar.

Komponen Pelaksanaanya Internet Marketing

Sementaraitu, dalam pelaksanaanya internet marketing juga memiliki beberapa komponen, yaitu:

Proses Internet Marketing

Sama hal nya pada sebuah system pemasaran tradisional. Pemasaran melalui internet juga akan melibatkan sebuah proses. Beberapa proses tersebut adalah; Membentuk peluang besar; Menyusun strategi pemasaran onlin; merancang sebuah pengalaman pada pelanggan; terbentuknya sebuah hubungan dengan pelanggan; perencanaan program pemasaran; memperbaharui sebuah informasi konsumen serta teknologi serta melakukan evaluasi pada hasil program pemasaran dengan menyeluruh.

Build & Enggage dengan Pelanggan

Membangun serta mempertahankan hubungan dengan pelangan merupakan salah satu tujuan dari pemasaran. Terdapat 3 tahap hubungan dengan konsumen yaitu awareness, commitmen dan juga exploration. Sementara itu, program pemasaran juga bisa dikatakan berhasil bisa bisa mengara pada pelanggan sampai dengan tahap komitmen sebuah perusahaan. Sementara itu, tujuan dari pemasaran menggunakan internet itu sendiri adalah menjalin suatu hubungan dengan pelanggan baik secara online maupun secara offline.

Online

Sesuai dengan pengertian dari internet marketing yaitu system pemasaran yang dijalankan di dalam dunia internet namun masih tetap berhubungan dengan system pemasaran dengan cara-cara yang lebih tradisiona.

Kepuasan yang terpenuhi oleh kedua belah pihak

Ya, dengan adanya internet marketing kedua belah piha dapat mendapatkan kepuasan tersendiri. Misal dari segi pelanggan mereka dapat memenuhi kebutuhannya sementara dari segi pembisnis mereka juga bisa mendapatkan penjualan dan profit.

Salah satu tanda era revolusi industry 4.0 yaitu dengan ditandai semakin masifnya penggunakan teknologi informasi khususnya dalam dunia bisnis dan pemasaran. Bila dulu pemasaran harus kamu lakukan secara konvensional, aktivitas promosi hanya lewat media elektronik atu cetak saja kita sudah ada internet sebagai media pemasaran terbaru. Inilah yang kita kenal dengan sebutan Internet marketing.

Persamaan dan Perbedaan Internet Marketing VS Digital Marketing

Lantas, apa bedanya intenet marketing dan digital marketing?

Tidak sedikit yang masih bertanya-tanya apa sih perbedaan dari internet marketing dan digital marketing. Tidak apa-apa kalau kamu sendiri tidak tahu, karena justru bila kamu mulai mencari tahu dna mau belajar kamu bisa semakin mengerti.

Persamaan Internet Marketing VS Digital Marketing

Oke, kita mulai dari persamaannya. Baik dari internet marketing atau digital marketing keduanya tentu saja sama-sama melakukan pemasaran atau marketing menggunakan media internet yaitu yang sedang trend seperti Content Marketing, Email Marketing, Search Engine Marketing seperti Google Ads, Sosial Media Marketing, Search Engine Optimization atau SEO atau Video Marketing melalui Youtube Chanel.

Yap, keduanya sama-sama menggunakan media yang disebutkan di atas. Mengingat media internet yang diniali efektif dan efisien saat ini adalah media tersebut, tentu saja penggunaanya semakin maksimal.

Perbedaan Internet Marketing VS Digital Marketing

Meskipun ada persamaan, tentunya akan ada perbedaan juga. Internet marketing akan focus pada kegiatan pemasaran dengan target market para pengguna internet. Sehingga pemanfaatan tools-tools internet agar bisa mendapatk customer harus dimaksimalkan, misal menggunakan SEM atau SEO.

Sementarn itu, untuk digital marketing akan lebih luas cakupannya. Dimana penggunaan teknologi yang relevan termasuk di dalamnya internet akan digunakan untuk marketing. Jadi bisa dibilang kalau internet marketing ini adalah bagian dari digital marketing. Namun prosesnya akan lebih kompleks karena tidak hanya berfokus pada customer saja.

Ada kalanya beberapa strategi marketing seperti pemakaian sosial media, free ebook atau webinar dilakukan agar bisa menari awareness suatu brand produk.

Salah satu contoh digital marketing yang sedang banyak digunakan adalah memanfaatkan influencer. Nah, kamu juga harus tahu ya kalau influencer ini bukan masuk dalam contoh internet marketing tapi digital marketing.

Masih bingung kenapa influencer adalah digital marketing? Kalau dulu sebuah iklan yang menarik perhatian harus melalui iklan tv sekarang influencer bisa dimanfaatkan. Dengan penggunaan teknolog Instagram atau pun youtube untuk menyampaikan sebuah pesan marketing. Contoh influencer adalah seorang public figure atau personal yang memang berpengaruh di sosial media karena jumlah followers atau subscriber.

Kamu juga harus selalu memahami bahwa teknologi akan selalu berkembang dan berubah. Siapa tahu di wakt yang akan dating internet sudah berinovasi karena kemudahan akses jaringannya dimana-mana. Hanya saja karena digital merupakan teknologi itu sendiri sehingga akan lebih umum dan juga selalu up to date untuk mengikuti perkembangan zaman.

Tips Membangun Internet Marketing

Lantas, bagaimana sih tips membangun intenet marketing?

Agar bisa membangun internet marketing tentunya kita tidak bisa sembarangan bukan? Ada hal-hal yang perlu dilakukan termasuk perancangan strategi yang tepat. Benar kan? Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun internet marketing yang perlu kamu tahu. Simak yuk!

Membuat content yang menarik

Paling tidak untuk sekarang ini konten merupakan hal yang sangat peting dan diperlukan dalam menjalankan strategi bisnis internet marketing. Oleh sebab itulah sebaiknya kamu harus bisa membuat sebuah konten yang bisa menarik perhatian audience. Bentuk konten bermacam-macam, ada yang dalam bentuk foto, video, tulisan atau sebuah produk bisnis yang ada di website.

Eits, tapi pembuatan konten juga tak bisa sembarangan ya. Banyak hal yang perlu kamu perhtikan, misal dalam konten tulisan kamu harus memperhatikan sebuah keyword atau kata kunci. Atau dalam sebuah foto kamu juga harus memperhatikan penggunakan hastag atau caption yang akan dipakai. Sementara dalam video agar terlihat semakin menarik cobalah menggunakan influencer agar daya jual brand kamu semakin meningkat.

Cobalah melakukan email marketing

Tahukah kamu meskipun email dipandang sebagia cara yang sudah kuno, namun email masih sering digunakan dan bisa berpengaruh loh dalam strategi email marketing. AKtivitas email masih sangat sering digunakan, bila email yang kita kirimkan bermanfaat tentu saja ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen.

Email marketing bisa membantu untuk meningkatkan sebuah awareness atau pun engagement dengan konsumen. Oleh sebab itulah sebuah strategi email marketing yang disebut email blast diperkenalkan agar tersusun dan terencana. Lakukanlah pengiriman email tentang tawaran serta promo menarik dari produk kamu secara berkala jangan sekaligus karena malah akan dianggap sampah.

Menggunakan internet marketing yang mobile friendly

Penggunaan internet memang sudah tidak usah ditanyakan lagi. Hampir setiap orang mampu dan bisa menggunakannya. Bahkan bukan hal yang terlihat mewah lagi bila orang memiliki smartphone yang minimal dapat mengakses internet.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menurut sebuah data yang dikeluarkan setidaknya sudah ada 70,96% pengguna smartphone di Indonesia. Sehingga hal ini bisa menjadi data penting untuk mencapai peluang internet marketing. Oleh sebab itulah kalau kamu mau melakukan internet marketing, usahakan yang mobile friendly ya agar mudah diakses oleh siapa saja.

Membangun branding lebih kuat lagi

Tahukah kamu kalau cara berjualan menggunakan strategi internet marketing bukan hanya mengandalkan dapat banyak profit saja? Alias banjir penjualan. Tapi kamu juga harus mampu mempertahankan branding kamu. Karena seiring berjalannya waktu akan semakin banyak pesain bisnis yang masuk ke dunia internet marketing.

Jadikanlah bisnis mu memiliki keunikan tersendiri dan memiliki ciri khas sehingga berbeda dari yang lainnya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara membangun branding yaitu sebuah usaha agar kamu bisa memperkelankan bisnis mu pada dunia yang lebih luas. Khususnya di dunia internet marketing.

Kamu bisa membangun branding melalui media-media internet marketing, seperti Instagram, website, facebook, youtube, dll. Hal yang perlu kamu ketahui saat membangun branding adalah jangan pernah menjatuhkan competitor ya. Bersainglah secara sehat, bila ingin memeberitahukan kelebihan mu, buatlah konten yang menarik tanpa menjatuhkan.

Jenis-Jenis Internet Marketing

Dalam praktiknya internet marketing dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah pembagiannya:

Jenis Internet Marketing Iklan

Iklan atau dalam Bahasa inggris disebut juga advertising biasa ditampilkan oleh sebuah situs pihak ketiga atu blog yang dilakukan dalam upaya lalu lintas yang akan mengarah pada sebuh situs atau web perusahaan. Menjalankan program pemasangan iklan secara langsung dapat membuat produksi perusahaan semakin meningkat.

Jenis Internet Marketing Search Engine Optimization

Bila kamu melakukan kegiatan pemasaran menggunakan website maka salah satu cara organic atau strategi organic yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan SEO. Sebuah strategi yang dilakukan agar bisa menaikan visibilitas suatu situs web atau pun halaman web pada mesin pencarian seperti Google.

Melakukan SEO tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat seperti iklan ya. Namun tenang saja, hasil dari SEO bisa lebih dari pada iklan berbayar bila kamu melakukannya dengan tepat.

Jenis Internet Marketing Search Engine Mareting (SEM)

Selanjutnya ada juga Search Engine Marketing (SEM) salah satu jenis pemasaran yang bertujuan untuk memperomosikan website dengan cara meningkatkan visibilitas pada SERPs seperti Bing, Yahoo, dan lain-lain.

Jenis Internet Marketing Sosial Media Marketing

Jenis pemasaran lainnya yang memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook atau twitter. Pengguna sosial media khususnya Instagram di Indonesia sudah cukup tinggi sehingga bila strategi kamu tepat maka proses pemasaran pun dapat tepat sasaran dengan efektif juga.

Jenis Internet Marketing Email Marketing

Kata siapa email marketing sudah masuk dalam kategori pemasaran jadul? Faktanya sekarang ini para pembisnis masih banyak loh yang menggunakan email sebagai media marketing. Hasilnya pun terbukti. Asal kan kita tidak spaming saja, cobalah membuat content email marketing yang bagus dan tidak spaming.

Jenis Internet Marketing Blog Marketing

Kamu juga bisa menggunakan blog marketing untuk sarana promosi. Ada blog gratis dan berbayar, namun tentunya agar terlihat lebih professional sebaiknya gunakan blog berbayar.

Jenis Internet Marketing Inbound Marketing

Cara pemasaran inbound yaitu dengan memanfaatkan pelanggan-pelanggan mu. Sehingga sangat disarankan sekali untuk bisa merawat pelanggan dengan baik.

Jenis Internet Marketing Reffereal Marketing

Salah satu cara agar bisa mempromosikan produk atau pun layanan pada konsumen baru dengan cara memberikan referensi. Metode ini biasanya dilakukan dengan cara MTM atau Mouth to Mouth.

Jenis Internet Marketing Viral Marketing

Salah satu teknis pemasara dengan mengkonsep suatu konten agar bisa vira dan berkelanjutan. Cara ini tentunya membutuhkan kreatifitas dan pengalaman ya.

Cara Menjadi Internet Marketing

Profesi menjadi internet marketing atau disebut juga internet marketer sekarang sudah banyak dilakukan, namun bagaimana cara melakukannya agar berhasil?

Membangun Relasi

Loh kok relasi, kan yang mau diakukan itu internet marketing? Eits, tentunya tidak hanya di dunia nyata saja ya namun juga di dunia maya kita harus menjalin relasi dengan baik. Sebagai seorang internet marketer yang sukses, relasi dengan pembinis lain tentu merupakan hal menguntungkan. Ada banyak media yang bisa kamu gunakan untuk terhubung dengan banyak orang. Bisa melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, twitter. Atau bisa juga melalui LinkedIn, Google Plus, dan lain sebagainya.

Memahami Bagaimana Produk yang Akan Dipromosikan

Sebelum menjalankna teknis internet marketing dan menjadi seorang internet marketer handal, kamu harus bisa memahami bagaimana produk kamu. Setelah paham, kamu bisa mengembangkan bagaimana strategi marketing yang akan dilakukan. Apakah dengan cara hard selling atau soft selling? Selain itu kamu juga bisa tahu mana media paling cocok untuk memarketingkan produk kamu.

Membuat Sebuah Target

Kamu jangan mudah puas pada suatu pencapaian ya. Apalagi bila hal tersebut dikaitkan dengan internet marketing. Strategi internet marketing akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, artinya resiko dan tantangan kamu pun akan semakin besar.

Jangan Lupa untuk Selalu Menghargai Orang-Orang yang Pernah Bekerjasama

Sebagai internet marketer tentu kamu akan terhubung dengan banyak orang. Oleh sebab itulah, kamu harus selalu menghargai orang-orang yang terhubung dengan mu, apalagi yang pernah bekerjasama. Ini agar membuat hubungan mu terjaga dengan baik, entah itu untuk urusan bisnis atau pribadi.

Melakukan Internet Marketing Sebagai Sumber Penghasilan

Ingin mendapatkan penghasilan melalui internet marketing? Tentu saja bisa. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan profit dari internet marketing:

PPC (Pay Per Click)

PPC atau Pay Per Click sudah banyak dilakukan khususnya oleh para pemilik situs website atau pun blog agar bisa mendapatkan penghasilan lebih dari asset online yang mereka miliki. Misal seperti channel YouTube, Forum Online, dan lain-lain. Lantas dimana mendapatkan penghasilan dari PPC? Kamu bisa mendapatkan penghasilan saat ada orang yang menklik dan mengjungi iklan yang kamu tempel di dalam situs web mu. Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC antara lain; Google Adsense, ID Blog Network, Infolinks, dll.

PPS (Pay Per Sale)

Selain ada PPC ada juga PPS alias Pay Pers Sale. Nah, dari namanya saja kita sudah tau bahwa kita bisa mendapatkan bayaran kalau ada orang membeli sebuah produk yang berasal dari link afiliasi kita. Sementara untuk besaran penghasilannya sendiri akan tergantung pada banyak barang yang berhasil kita jual serta rate persentase komisi dari si pemiliki barang. Salah satu perusahaan yang menawarkan PPS adalah Amazon.

PPL (Pay Per Lead)

Pay Per Lead merupakan jenis program affiliasi dimana si vendor atau penjual akan memberikan komisi bila kita bisa mendapatkan leads pada vendor. Salah satu perusahaan yang menjalankan program ini adalah MaxBounty.com. Nah, bagaimana sih kita mendapatkan uang dari Pay Per Lead?

Kita bisa coba dengan cara mengarahkan para pengguna internet untuk mengisi daftara email newsletter, atu bisa juga mengisi formulir melalui link afiliasi yang kita punya.

Menjual Produk

Sudah banyak strategi internet marketing yang bisa coba kamu jalankan. Nah, mending sekarang kamu coba menjual produk, entah itu produk sendiri atau produk orang lain menggunakan teknik internet marketing kamu.

Itulah beberapa cara agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet marketing. Kamu bisa mempelajari semuanya, namun tentunya untuk menghandle semuanya kamu juga tidak akan bisa. Sehingga akan lebih baik untuk mendapatkan profit maksimal kamu focus pada satu cara. Namun kalau kamu merasa mampu, ya kenapa tidak?

Bagaimana, sudah memahami bagaimana menjadi seorang internet marketin kan?

Pada dasarnya untuk menjalankan internet marketing sangat dibutuhkan kreatifitas serta keinginan untuk terus belajar. Karena bagaimana pun internet marketing bukalah ilmu matematikan, sebab akan terus berkembang seiring berjalan nya waktu. Bahkan para internet marketer yang sudah professional pun secara alami sudah dituntut untuk bisa memahami pasar sesuai dengan zamannya, sesuai dengan perkembangan teknologi saat itu juga.

Karena tidak mungkin sebuah strategi yang sudah tidak relefan dengan teknologi masa kini masih saja digunakan. Hal tersebut bukannya bisa mendorong pofit malah akan mengakibatkan kerugian, entah itu rugi waktu atau rugi modal.

Tips Memulai Internet Marketing

Oke, sekarang saatnya kamu mulai melakukan internet marketing untuk produk mu. Tapi, sudah tau bagaimana cara nya belum? Jangan sampai kamu hanya sekedar tahu saja tanpa mendalami nya.

Pertama, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Riset dilakukan pada bisnismu untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, lakukan juga riset competitor agar kamu punya tolak ukur saat menjalankan internet marketing untuk produk bisnis kamu. Pilih setidaknya 3-4 kompetitor.

Kedua, tentukan media mana yang mau kamu gunakan untuk menjalankan internet marketing. Apakah mau semua media dari mulai website, Instagram, facebook, dll? Atau mau mulai dari 1 media saja misal Instagram? Nah, ini perlu kamu ketahui agar kedepannya kamu bisa menentukan langkah optimasi media untuk bisa sampai pada customer mu.

Ketiga, tentu saja melakukan optimasi. Misal, kamu sudah tahu bahwa untuk langkah awal kamu akan melakukan internet marketing melalui Instagram dan website. Selanjutnya kamu harus melakukan optimalisasi, dengan cara membuat konten terlebih dahulu. Setelah itu menjalankan strategi internet marketing yang tepat. Bagaimana strateginya?

Bila menggunakan website, kamu bisa melakukan SEO. Dimulai dari SEO off page, kemudian SEO On Page, atau bila ingin mendapatkan hasilnya secara cepat kamu bisa menggunakan Google Ads. Karena bagaimanapun kalau menggunakan cara organic akan lama namun hasilnya akan pun akan besar. Sementara untuk menggunakan Google Ads, hasilnya akan cepat keluar namun kamu membutuhkan pendanaan yang tinggi karena kamu mengandalkan fasilitas iklan yang diberikan oleh google.

Nah, kalau menggunakan Instagram juga sama ya. Kamu bisa melakukan optimalisasi dengan cara organic atau berbayar. Untuk organic cobalah melakukan riset hastag, atau melakukan ternak akun sesuai keyword yang relevan dan memang sering dicari oleh para customer. Kamu juga bisa menggunakan cara berbayar yang telah difasilitas, namun tenang saja untk biaya iklan paling murah di Instagram bisa 10 ribu rupiah kok.

Atau mau menggunakan influencer? Bisa banget dong. Kamu bisa membuat materi iklan terlebih dahulu selanjutnya memiliki influencer yang cocok dengan produk kamu. Lalu kamu berikanlah penawaran untuk mempublish produk kamu di media sosialnya seperti Instagram. Namun tentunya untuk memanfatkan influencer kamu juga harus memiliki pendaanaan yang cukup ya, karena kita akan menggunakan jasa orang lain untuk memarketingkan produk yang kita miliki.

Ingin menggunakan cara organic, berapa lama bisa mendapatkan hasilnya?

Menggunakan cara organic harus dilakukan secara konsisten, seperti SEO misalnya. Kurang lebih selama 3 bulan kamu harus melakukan optimasi agar bisa mendapatkan hasil yang positif. Bahkan hasilnya pun akan bertahan lama dan terus berkembang bila SEO yang kamu jalankan tepat sasaran.

Baca Juga : Apa Itu Niche Market?

Nah, itulah pembahasan Fungsi dan Tujuan Apa Itu Internet Marketing?. Bagaimana, sudah memahami betul apa itu internet marketing dan bagaimana cara memulainya kan? Selanjutnya kamu tinggal praktek saja. Karena tidak mungkin sebuah strategi yang sudah tidak relefan dengan teknologi masa kini masih saja digunakan. Hal tersebut bukannya bisa mendorong pofit malah akan mengakibatkan kerugian, entah itu rugi waktu atau rugi modal.

Kalau tidak bisa melakukannya sendiri, coba cari jasa internet marketing berpengalaman yang bisa membantu kamu untuk eksekusi pemasaran secara digita. Pokok jangan sampai produk mu hilang dilahap teknologi ya. Kamu harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi yang ada dan semakin berkembang. Terus belajar dan upgrade ilmu internet marketing mu agar bisa mendapatkan profit maksimal hanya dengan diam di depan laptop dan melalui internet saja!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.