Pengertian Apa Itu Niche Market?

Apakah kamu memiliki bisnis? Dan sedang menjalankan strategi bisnis online untuk mendapatkan penjualan lebih? Namun kesulitan untuk mendapatkan target market yang tepat? Hemm, kalau iya coba analisa apa kesalahannya. Bisa jadi produk yang kamu jual ternyata terlalu luas, akibatnya kamu tidak tahu bagaimana sih karakteristik orang membutuhkan produkmu.

Masih bingung?

Oke, misalnya saja kamu menjual produk fashion, handphone dan sebagainya yang ternyata tidak mempunyai banyak competitor serta keunikan tersendiri. Tentu saja hal ini membuat kamu harus memutar otak hingga malah memiliki strategi banting harga supaya barang dapat laku. Bila hal ini terus saja terjadi makan bisnis juga akan sulit berkembang.

Baca Juga : Cara Memilih Platform Digital Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Nah, kamu bisa menyiasati hal ini dengan cara merombak ulang bisnismu dan kamu focus untuk mentargetkan market dengan sangat spesifik. Memang sih, tak semua bisa dapat menerapkan ini sebab ini juga tergantu pada produk serta model bisnis kamu sendiri.

Soal market yang secara spesifik itu sendiri dalam dunia internet marketing biasa disebut dengan “Niche”. Pengertian Apa Itu Niche Market? Untuk pembahasan lebih lanjut, mari simak ulasan berikut ini!

Pengertian Niche Market

Niche Market adalah pasar yang berfokus pada suatu jenis atau layanan tertentu sedangkan niche merupakan sebuatan pada spesifik market yang mengarah pada satu kelompok tertentu dan sangat tertarik pada topik atau minat tertentu.

Orang-orang pada niche market ini biasanya mempunya kesamaan karakteristik, kebutuhan, hingga keinginan. Kalau kita bisa menentukan niche market secara spesifik maka bukan tidak mungkin kita juga bisa dengan mudah menentukan langkah marketing paling cocok melalui kelompok orang ini. Ini karena, kamu bisa mulai menganalisa mengenai tipe produk yang kamu butuhkan atau pun yang kamu inginkan lewat orang-orang ini.

Eist, tapi kamu juga harus tahu kalau menentukan niche market ini bukan berarti selamanya kamu akan terus berkutat pada topik ini. Bila kamu sudah berhasil menguasai niche marketnya, tentu kamu bisa mengembangkan bisnis agar bisa menjual produk serupa. Misal, kamu focus menjual produk kecantikan penghilang jerawat, nah nantinya kamu juga bisa menjual produk untuk orang yang mempunya kulit berminyak sebab karakteristik kulit orang berbeda-beda, iya kan?

Jadi, penerapan nichen marketnya bisa kamu mulai dari yang kecil serta spesifik lebih dulu. Seiring berjalannya waktu kamu bisa mengembangkan ke pasar yang lebih besar 

Keuntungan Menerapkan Niche Market di Awal Marketing

Mengapa sih sangat disarankan untuk menerapkan niche market di awal marketing? Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu pertimbangkan:

Niche Market Membantu Meningkatkan Relasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau nantinya niche market akan mengelompokan orang berdasarkan tipe yang sama bahkan spesifik. Sehingga produk yang akan kamu jual adalah pada orang dengan market yang kecil. Namun jangan khawatir, sebab market kecil ini mempunya keuntungan untuk produk mu. Salah satunya adalah bisa meningkatkan relasi dengan customer.

Bila semakin sedikit serta semakin spesifik orang yang kamu targetkan tentunya kamu juga bisa semakin mudah untuk focus dalam membuat interaksi berkualitas serta menjaga hubungan dengan customer. Benar kan? Ini karena kamu sudah mempunyai bagaimana gambaran produk yang mereka sukai, bagaimana cara komunikasinya, hingga bagaimana karakteristik lain yang sesuai.

Mengurangi Kompetisi

Loh kok mengurangi kompetisi? Bukannya dimana pun kita memasarkan produk pasti akan ada competitor? Ya, competitor tentunya akan selalu ada. Namun bila semakin spesifik, kamu akan semakin tahu pada siapa produk kamu dipasarkan.

Bisa Meningkatkan Visibilitas

Ketika makin banyak bisnis yang terjun ke dunia bisnis online, artinya kamu harus makin pintar membuat strategi agar bisa menarik perhatian pengguna internet. Salah satu caranya bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dari competitor. Nah, efek penawaran yang berbeda serta spesifik tersebut bisa membantu kamu untuk meningkatkan customer serta online presence. Sebab, bisnis yang mempunya keunikan produk tersendiri dan berbeda dari yang lain tentu bisa lebih mudah untuk dikenali.

Bisa Menjalankan Iklan dari Mulut ke Mulut

Nah, salah satu kelebihan kamu melakukan niche market diawal pemasaran yaitu kekuatan promosi dari mulut ke mulut. Kok bisa?

Ya bisa dong, dengan niche market artinya secara tidak langsung kamu bisa men-setting peluang dari market yang semakin spesifik serta senang membicarakan produk dengan karakteristik yang sama.

Misal, kamu menjual barang-barang yang khusus disenangi oleh para pecinta bola maka kemungkinan besar customer kamu juga bisa saling berinteraksi entah itu membicarakan bola atau barang-barang yang dibutuhkan.

Memperlihatkan Bahwa Kamu Seorang Ahli

Kok bisa sih dengan niche market bisa memperlihatkan kalau seseorang ahli dalam bisnis tersebut? Misalnya saja seperti ini, kamu punya peyakit gatal pada kulit, lalu kamu ingin mengobatinya. Kamu akan pergi ke dokter umur atau spesialis kulit? Tentunya, banyak yang akan memiliki spesialis kulit, sebab ia yang lebih paham. Benar kan?

Bahkan si dokter spesialis kulit pun pasti memiliki tarif harga berbeda serta lebih tinggi bila dibandingkan dokter umum biasa. Ini karena spesfikasi dan keahliannya di bidang tersebut, sehingga pasien pun tidak masalah untuk membayar lebih.

Nah, begitu juga ketika kamu hendak menjual sebuah produk. Saat kamu mengatakan produk yang kamu jual adalah khusus untuk menangani masalah secara spesifik, kulit berjerawat misalnya. Maka kebanyakan orang akan lebih mempercayai produk kamu dibandingkan dengan produk lainnya.

Bagaimana, keuntungan yang sudah disebutkan di atas tentu ingin kamu dapatkan bukan? Namun tidak semudah itu, karena kamu harus benar-benar bisa menemukan niche market yang tepat.

Lantas bagaimana sih cara menemukannya?

Langkah Menemukan Niche Market

Oke sekarang saatnya kamu tahu bagaimana sih cara menemukan niche market untuk produk kamu sendiri. Ada 3 langkah yang sebaiknya bisa kamu lakukan saat mencari niche market untuk diterapkan pada bisnis khususnya strategi internet marketing.

Temukanlah Niche Market dari Hal yang Kamu Sukai

Ketika hendak menjalankan bisnis online akan ada 2 cara pandang yang berbeda namun sama-sama benar. Pertama, yaitu dengan menemukan siapa sih market kamu, barulah kamu bisa menjual produk untuk market tersebut.

Cara pandang dua yaitu dengan mempunyai sebuah produk lebih dulu, barulah setelah itu mencari siapa sih target market yang tepat untuk produk yang akan kamu jual. Cara tersebut bisa kamu gunakan untuk menemukan dan menentukan niche market yang tepat.

Tapi kalau kamu masih bingung, kamu boleh kok tidak mengambil keduanya dan kamu bisa memulai dari apa yang kamu sukai. Misal, kalau kamu sangat suka dengan dunia masak, maka kamu bisa saja menjadikan peralatan masak sebagai salah satu niche market kamu. Atau kalau kamu senang berenang, bisa saja kamu memilih pakaian renang untuk perempuan berhijab sebagai salah satu niche market produk kamu.

Pada langkah ini tentunya yang paling tahu apa yang kamu sukai adalah diri kamu sendiri. Bahkan bila dimulai dari mencari apa yang kamu sukai secara alami pikiran kamu akan mulai memikirkan hal apa saja sih yang menjadi problem pada bidang yang kamu suka, lalu bagaimana sih cara untuk mengatasinya, bagaimana cara mendapatkan suppliernya, hingga karakteristik pelaku dan banyak lagi.

Temukanlah Niche Market dari Permintaan yang Kamu Peroleh

Misal, sekarang ini kamu sedang berkuliah di satu universitas, kamu sangat sering dimintai tolong untuk membuat slide persentasi. Bukan tanpa alasan, karena memang hasil yang kamu kerjakan selalu bagus. Nah, kamu bisa mulai berpikir kalau di luar sana tentunya ada banyak orang yang membutuhkan bantuan sama. Maka kamu bisa coba menjadikan template persentasi sebagai niche market mu. Paham kan sampai sini?

Temukanlah Niche Market Sesuai dengan Apa yang Ingin Kamu Pelajari

Misal, saat memasuki bulan Ramahan akan banyak orang yang sangat ingin mempelajari bacaan Al-Qur’an, hingga kamu sendiri mulai tergerak untuk ikut belajar agar bisa lebih baik lagi. Nah, sehingga kursus atau pun pelatihan membaca qur’an bisa menjadi niche market untuk kamu. Atau misalya kamu ingin mempelajari mengenai email marketing, maka di saat yang sama juga kamu bisa menjadikan email template sebagai niche market kamu.

Sebenarnya sih tidak terlalu sulit untuk menentukan niche market, apalagi kalau kamu sudah tahu mengenai produk yang kamu jual, mulai dari kegunaan, kelebihan hingga kekurangannya. Lantas, apakah niche market akan berubah? Bisa saja berubah bila produk kamu semakin berkembang sehingga kamu harus mencari niche market baru khusus untuk produk baru mu.

Misal, kamu sekarang ini menjual jilbab untuk remaja. Selama beberapa tahun terakhir kamu focus pada model jilbab tersebut, namun beberapa tahun kemudian kamu memutuskan untuk membuat produk baru yaitu jilbab untuk anak kecil. Nah tentunya biarpun sama-sama jilbab, namun niche market akan berubah. Mungkin saja kamu akan menjari niche market ibu-ibu yang memiliki anak perempuan, sebab yang dijual adalah jilbab anak kecil.

Atau kamu menjual produk kecantikan yaitu masker untuk menghilangkan jerawat. Setelah kamu mendapatkan niche market yang tepat, kamu mulai mengembangkan produk yaitu dengan mengeluarkan produk untuk wajah berminyak. Niche market pun akan semakin berkembang.

Menentukan niche market, mudah atau tidaknya harus dimulai dari kamu sendiri atau dari lingkungan sekitar kamu. Karena bagaimanapun ya kamu yang tau produk mu, benar kan? Bila kamu masih bingung menentukan niche market, cobalah meminta bantuan pada digital marketer khususnya yang ahli dalam penanganan niche market. Banyak loh sekarang digital marketer yang bisa membantu, freelancer atau pun perusahaan khusus pun bisa kamu gunakan.

Baca Juga : Cara Memilih Penyedia Jasa SEO

Namun tentunya kalau menggunakan tenaga ahli, kamu membutuhkan pembiayaan. Tenang saja, akan sebanding kok dengan hasil yang kamu inginkan. Yuk, mulai tentukan bagaimana niche market produk kamu agar kamu bisa mendapatkan profit maksimal! Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi dan inovasi pada produk kamu ya agar bisnis kamu juga bisa semakin berkembang. Karena kamu juga tentu mau dong memiliki bisnis yang semakin besar, kalau bisa sampai ranah internasional? Nah, untuk memulainya bisa dari langkah awal yaitu dengan menentukan niche market.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.