Apa yang Dimaksud dengan Server

Dalam istilah computer ada yang dinamakan server, tentunya untuk kamu yang paham dunia computer sudah tahu apa arti server. Nah, bagi kamu yang masih belum paham dengan jelas pengertian server, mari kita bahas lewat ulasan berikut ini.

Definisi Server

Server merupakan sebuah kompoter yang didesain untuk melakukan proses permintaan atau reques serta mengirimkan sejumlah data ke computer lain lewat internet atau jaringan local. Nantinya server akan bertanggung jawab melakukan tugas penting yang masuk dalam bagian penting infrastruktur IT.

Biarpun bagi kita belanja lewat internet terasa sangat mudah, hanya tinggal klik saja, namun di balik layer ada banyak kegiatan yang harus dilakukan. Mula dari bagaimana keamanannya, otentikasinya sampai penagihan, pesanan dan pembelian.

Baca Juga : Fungsi vps

Sementara itu, fungsi dasar dari sebuah server yaitu untuk menerma sejumlah permintaan dari jaringan yang masuk. Misal, yang mudah dimengerti adalah interaksi yang terjadi antar server web dan juga browser. Biarpun bagi para pengguna proses tersebut hanya dilakukan dalam waktu singkat, saat mengklik link atau saat browsing. Namun tahukan kamu di belakang layer aka nada permintaan untuk halaman web yang ditransmisi ke dalam server web tersebut. Nantinya server akan menjemput serta merakit halaman web kemudian mentransmisikan memakai protocol seperti HTTP. Akhirnya, browser pengguna pun akan menerima data, mengkonversinya lalu menampilkan sebuah halaman.

Tiap jaringan computer akan mendukung satu atau bahkan lebih server yang menghandle tugas khusus. Makin besar jaringan terhubung melalui server atau makin besar jumlah data yang harus dikirim dan kemudian diterima lewat server tersebut maka makin besar juga kemungkinan server mempunya peran untuk mendukung tujuannya.

Nah, jadi kamu sudah bisa memahami kana pa itu server? Sederhananya server merupakan software yang menangani sebuah tugas. Tapi hadware yang akan mendukung software tersebut juga bisanya disebut server sebab software serverlah yang mengkoordinasi jaringan, ratusan bahkan ribuan pengguna membutuhkan hardware yang lebih kuat disbanding apa yang hendak dibelu untuk dipakai para konsumen biasa.

Seluruh computer hampir bisa diatur menjadi server. Kamu hanya tinggal memastikan kalua computer yang kamu punya mempunya software yang diperlukan. Tidak sedikit juga orang memakai computer yang sudah tua hanya untuk menyiapkan server jaringan pribadi di rumah, hanya dengan memakai system operasi seperti linux dan sumber daya. Bahkan beberapa juga biasanya tidak mempunya user interface grafis.

Ingat, kamu tidak membutuhkan mesin baru hanya untuk membuat server. Bahkan ada saja beberapa orang yang membuat server webnya sendiri lalu menggunakannya kembali untuk meng host situs mereka sendiri. Hal yang luar biasanya adalah proses ini bisa dilakukan dengan budget kecil sebab sebagian software memang free digunakan siapapun. Namun bila kamu bermaksud menciptakan traffic web yang tinggi seperti google dan amazon maka komputer lama juga sudah cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan server kamu.

Yah perihal server memang tidak bisa dipahami dengan mudah. Apalagi kalau basic kamu bukan anak IT, butuh waktu yang cukup untuk mempelajari istilah server dan cara kerjanya. Namun biar begitu mari kita bahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis server.

Jenis-Jenis Server

Tidak hanya ada satu jenis server saja, di luar sana ada berbagai macam jenisnya. Nah, untuk yang paling umum dipakai yaitu server databe, server email, server aplikasi, dan juga server web. Masing-masing server tentu memiliki fungsi dan keleibahannya sendiri.

Misalnya saja server databes yang memberikan layanan dan koneksi untuk menyimpan, mengatur hingga mencari data perusahaan. Sementara untuk server aplikasi yang juga disebut middle ware merupakan lem yang menyatukan semua system. Ada juga server email, tanpa ini kita tidak bisa berkirim pesan melalui email dengan lancar.

Mengenal Server Google

Di dunia ini siapa yang tidak tahu google? Tentunya bagi kamu yang bersentuhan dengan internet dan teknologi, google merupakan hal yang tidak asing lagi. Melalui google kita bisa menemukan banyak hal yang akan dicari.

Google merupakan perusahaan internet terbesar di dunia, mereka mempunya servernya sendiri dan masuk dalam kategori terbesar di dunia. Penyebaran servernya pun sudah meluas. Nah, ada 2 alasan mengapa google memilih untuk menyebarkan server serta data centernya di beberapa lokasi.

Pertama, masalah keamanan data. Bayangkan saja bila semua server google diletakkan pada Sillicon Valley dan terjadi sesuatu pada Sillicon Valleynya. Tentu saja google malah akan kehilangan semua data. Oleh sebab itulah dengan tersebarnya server, google bisa menjaga keamanan data supaya data yang mereka punya tidak hilang bila terjadi sesuatu pada salah satu servernya.

Kedua, karena kecepatan aksesya. Ya, google merupakan browser yang bisa diakses oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia. Bayangkan saja, untuk mengirimkan sebuah data dari California ke Florida tentu membuthkan waktu yang dapat dibilang cukup lama. Lantas, bagaimana kalau google mau mengirimkan data dari California menuju Indonesia? Tentu saja akan membutuhkan waktu yang semakin lama.

Sehingga dengan demikian lah google akan meletakkan servernya pada berbagai area yang ada di dunia supaya orang bisa mengakses google dengan cepat, dimanapun dan kapan pun.

Mengenal Google Publik DNS

Nah, tahukah kamu kalau pada tahun 2009 tepatnya di tanggal 3 Desember, google mengumumkan bahwa mereka sudah menyediakan sebuah layanan DNS atau Domain Name System secara gratis untuk semua pengguna internet dan dikenal dengan sebutan Google Public DNS.

Google menyampaikan kalau Google Public DNS ini digunakan sebagai salah satu usaha google dalam rangka membuat performa sebuah website bisa lebih cepat dan juga lebih aman. Hingga tahun 2014 lalu Google Public DNS ini menjadi salah satu layanan DNS public terbesar di dunia. Dengan jumlah permintaan per harinya mencapai 400.

Kamu juga perlu tahu kalau Google Public DNS ini tidak berkaitan dengan Google Cloud DNS yang merupakan bagian dari layanan hosting DNS kepunyaan google. Google Public DNS ini mempunya 2 IP Address yaitu untuk IPv4 dengan nomor 8.8.8.8 dan juga 8.8.4.4.8.8.8.8 ini dinamakan Domain Name Systeme Primer miliki google.

Sementara untuk 8.8.4.4 merupakan Domain Name System sekunder kepunyaan google juga. Nah, untuk google public DNS ini gratis namun juga sangat aman loh kamu gunakan. Tentunya selama kamu mempunyai akses internet, kamu dengan bebas bisa memakai layanan ini.

Apa yang Harus di Lakukan Saat Server Google Bermasalah?

Biarpun sudah ada jaminan namun belum tentu akan terhindar dari masalah. Kerap kali beberapa orang mengalamai gangguan dengan server google. Salah satu masalah yang terjadi yaitu saat pengguna mendapatkan sebuah pesan “terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server google”. Nah, lantas apa sih yang harus dilakukan saat server google ini bermasalah?

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan:

Cara 1 Mengatasi Masalah Server Google

Pertama, bila kamu sudah masuk atau sign ke akun google kamu pada device, sebaiknya sign out dulu. Selanjutnya masuk ke setting > apps pilih hapus cache dan juga data untuk beberapa aplikasi seperti Google App, Google Play Store dan juga Google Play Service. Lalu, kembali lagi ke setting dan pilih account, kemudian kamu bisa sign in lagi ke akun google kamu. Selesai! Sekarang kamu sudah bisa login kembali ke layanan serta produk google apa pun tanpa harus melihat lagi pesan error dari google. Coba yuk!

Cara 2 Mengatasi Masalah Server Google

Ada cara lain untuk mengatasi masalah pada server google. Namun cara ini sebenarnya dengan me resinstall google play service itu sendiri yang ada pada device kamu.

Pertama, kamu perlu masuk dulu ke bagian menu setting lalu pilih security dan check unknown sources. Selanjutnya cobalah untuk akses aplikasi mirror page untuk memperoleh google play service yang bisa kamu pakai di android. Lalu pilih dan download untuk menginstall google play service. Sekarang, kamu bisa coba sign kembali ke aku google kamu. Nah, sama seperti langkah sebelumnya kamu juga seharunya tidak akan mendapatkan lagi pesan eror atau notice eror dari google.

Jadi, bagaimana sudah memahami ap aitu server, jenis-jenisnnya hingga bagaimana cara penyelesaiannya? Jadi kita sudah tau kan bahwa tanpa adanya server kita tidak akan bisa melakukan berbagai aktivitas online dengan baik. Selain itu juga kamu sudah paham mengenai server google serta bagaimana sih mereka menyebar luaskan data center milik mereka untuk dapat melayani orang dengan makin cepat.

Untuk memahami perkara server memang akan cukup sulit, terlebih lagi kalau kamu bukan anak IT. Tentunya ada beberapa istilah yang sulit dimengerti. Wajar saja, bahkan beberapa anak IT juga terkadang kalau membahas lebih dalam ada saja yang kurang mengerti. Namun biarpun begitu secara garis besar kamu tentu sudah bisa tau kan apa kegunaan server untuk aktivitas kita di google.

Bila kamu mengalami masalah error dan sudah coba diperbaiki denga 2 cara yang dianjurkan namun tetap tidak bisa kembali baik. Cobalah minta bantuan pada mereka yang memang ahli dalam bidangnya. Namun tenang saja sebenarnya masalah seperti itu memang lumrah terjadi dan tidak terlalu membahayakan. Yang terpenting dalam pengetahuan server ini, kita bisa semakin tau bahwa semua aktivitas yang kita lakukan di google ternyata proses nya tidaklah instan.

Artinya saat kita coba mencari informasi tertentu, google akan mulai melakukan proses pencarian dan systemnya pun akan bekerja secara otomatis. Kita sebagai pengguna tidak perlu lagi memikirkan bagaimana system tersebut beroperasi. Kita sebagai pengguna tinggal memaksimalkan penggunaan server, seperti definisi server yang sudah disampaikan bahwa system ini memang dirancang untuk para penggunanya agar lebih memudahkan dan mendapatkan banyak manfaat dari google.

Baca Juga : Tips dan Trik Sewa VPS Gratis

Jadi, bagaimana sudah bisa memahami secara garis besar apa itu server kan? Sekarang sudah tidak perlu merasa bingung lagi ya. Oiya, bila kamu tertari dengan dunai IT sebaiknya kamu juga cari informasi lebih dalam mengenai server agar bisa memaksimalkan pengetahuan mu mengenai server dan cara kerjanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.