Belajar SEO WordPress Pemula

Bagi kamu yang sudah punya website berbasis wordpress jangan disia-siakan. Tulislah sesuatu disana yang bermanfaat dan kalau bisa mendongkrak website kamu menjadi terkenal dan banyak pembacanya. Belajar SEO WordPress bagi pemula bisa dilakukan melalui hal-hal yang mudah dan sederhana.

Diantaranya adalah dengan mengatur keyword di title, deskripsi di artikel, tagline, dan lain sebagainya. Belajar SEO wordpress juga meningkatkan pengunjung ke website kamu. Ketika kamu memiliki sebuah situs website, maka harapan pertama kamu pasti ingin mendapatkan pengunjung. Iya kan?.

Sebelum ke pembahasan inti, kamu harus perlu tahu dulu apa sih SEO itu?. Search Engine Optimization (SEO) adalah mesin pencari untuk optimasi web agar pemilik website mendapatkan pengunjung dan bisa meningkatkan peringkat di mesin pencari. Intinya seperti itu.

Belajatr SEO wordpress bukan untuk mengelabui sistem dari google, tetapi itu untuk cara sederhana agar website teroptimasi dalam kode dan format dalam menemukan website kamu. Saat calon pembaca akan mencari konten dan isi kontennya juga ada di website kamu, maka google akan menayangkannya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan SEO

SEO wordpress itu penting dalam memperbanyak pengunjung. Bisa disimpulkan bahwa wordpress merupakan salah satu pilihan CMS atau konten manajemen sistem yang memanjakan penggunanya dalam membuat website serta ramah di mesin pencarian.

Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Berikut ini adalah cara belajar SEO WordPress bagi pemula yang bisa kamu coba, antara lain

Instal Plugin SEO WordPress (Yoast atau All in One SEO Pack) di Website

Hal utama dan pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menginstal SEO by Yoast atau bisa menggunakan All in One SEO Pack. Tetapi untuk pemula, kamu bisa menggunakan pilihan yang pertama. Tampilan dari SEO by Yoast juga mudah dan lebih simpel untuk dipahami.

Melakukan Setting Title dan Tagline di Website

Di dalam website WordPress terdapat tiga hal yang bisa dioptimasi oleh SEO, yaitu di bagian homepage, kategori artikel, dan di artikelnya sendiri juga. Untuk setting homepage dimulai dengan mengatur judul halaman dan juga taglinenya.

Untuk judul kamu bisa masukkan kata kunci utama dari artikel yang akan dibuat. Untuk tagline kamu cukup memasukkannya dengan kata kunci turunan dari kata kunci utama.

Optimalkan Permalink di Website

Website wordpress mempunyai permalink yang panjang, baik berupa tanggal, bulan, dan tahun serta url nya. Contohnya seperti: http://namadomain.com/2018/01/23/judul-postingan. Sedangkan permalink yang disukai google adalah permalink yang mengandung keyword dan kata kunci utama.

Agar tidak bertele-tele dan pas, maka disarankan menggunakan permalink tanpa tanggal, bulan, dan tahun seperti contoh berikut: http://namadomain.com/judul-postingan.html. Caranya kamu cukup klik di bagian Setting-Permalink dan kamu bisa memilih di bagian “Custome Structure”.

Optimalkan Riset Kata Kunci di Website

Kata kunci adalah kunci suksesnya kamu dalam bermain SEO. Jika kamu mempunyai kata kunci yang berat, maka coba ganti ke kata kunci yang persaingannya tidak terlalu ketat. Apalagi jika kamu pemula. Jangan mencari kata kunci yang orang lain tidak mencari.

Kamu bisa menggunakan kwfinder.com, keywordrevealer.com untyk mencari kata kunci dan melihat mana kata kunci yang paling banyak dicari dalam sebulan.

Letakkan Kata Kunci Postingan di Website

Dengan menggunakan plugin SEO by Yoast, maka kamu akan melakukan analisis dan merekomendasikan kata atau kalimat mana yang kurang di setiap artikel yang kamu buat.

Masukan Site Title di SEO By Yoast di Website

Dengan fasilitas judul halaman untuk postingan kamu bisa memasukkan kata kunci utama ke halaman tersebut. Judul halaman harus disesuaikan dengan isi artikel, seperti: memasukkan kata kunci “belajar SEO wordpress bagi pemula”.

Maka di judul halaman masukkan kata kunci tersebut dan boleh ditambah asalkan tidak terlewat lebih dari 75 karakter. Kata kunci juga harus dimasukkan di judul situs untuk SEO. Judul situs atau site title juga berpengaruh terhadap Through Rate, sehingga buat semenarik mungkin.

Masukkan Meta Description di Website

Setelah kamu memasukkan judul situs, maka kamu bisa masukkan meta description di bawah, diantaranya dengan memberikan koma spasi 10, ada kata kunci utama, dan sebuah kalimat.

Gunakan Header (H1, H2 dan H3) di Artikel

Google kebanyakan akan menjelajahi artikel yang mempunyai atau menggunakan header H1, H2, H3, dan seterusnya. Hal tersebut bisa meningkatkan relevan dari konten kamu. Untuk judul sudah ada default pakai H1.

Untuk sub judul dan pemakaian nomor lain bisa menggunakan H2, H3, dan seterusnya.

Masukan Kata Kunci di Gambar Artikel

Agar gambar bisa muncul di pencarian google, maka gambar tersebut harus terdapat kata kunci utama. Caranya dengan meletakkan kata kunci Alt Text atau Title pada gambar.

Tambahkan Keyword di Paragraf Pertama Artikel

Tambahkan keyword di paragraph pertama sehingga google bisa melakukan penjaringan. Jika kamu menggunakan Plugin Yoast SEO, maka akan ada pemberitahuan kamu belum menambahkan keyword di paragraph utama (jika belum).

Masukan Inbound Link atau Internal Link di Website

Adanya internal link di website kamu digunakan agar bounce ratenya kecil, dan orang berkunjung ke website kamu akan berlama-lama karena banyaknya artikel yang menuju ke web kamu. Inilah yang dinamakan dengan internal link.

Lakukan SITEMAP XML di Website

Kamu bisa mengunjungi google webmaster tools untuk melakukan ini sesuai dengan website kamu. Klik Crawl dan Sitemap serta masukkan kode sitemap untuk wordpress. Kode tersebut bisa sitemap.xml dan refresh.

Sitemap XML ini lebih ke isi dari website itu sendiri berupa daftar halaman yang memberikan informasi kepada mesin pencari.

Bangun Backlink di Artikel

Setelah kamu menyelesaikan pondasi web dengan baik dan kaidah Yoast yang sesuai dengan peraturan, maka kamu cukup melakukan link building di website kamu. Tunggu hasilnya dan website kamu akan naik secara perlahan di halaman pertama.

Menggunakan Struktur URL SEO Friendly di Website

Struktur url SEO friendly di wordpress adalah dengan menggunakan pengaturan penempatan kata pada url. Sehingga serach engine mengharapkan halaman website menggunakan struktur url yang ramah dan dapat dimengerti.

Struktur url yang SEO di WordPress menggunakan pengaturan dengan penempatan kata pada url tersebut. Mesin pencarian atau Search Engine mengharapkan halaman website anda menggunakan struktur url yang ramah dan dapat dimengerti.

Penggunaan WWW dan Non-WWW pada URL di Website

Penggunaan dua kata di atas bukan menjadi ukuran dalam penilaian SEO saat ini tetapi dua kata tersebut berpengaruh terhadap penampakan struktur url itu sendiri. url juga tidak mempengaruhi konten halaman website yang berkualitas.

Menambahkan Situs pada Google Search Console di Website

Menambahkan Situs pada Google Search Console di Website adalah salah satu bagian yang penting agar website kamu bisa dideteksi oleh Google. Search Console sendiri merupakan alat untuk memeriksa kelayakan website agar bisa terindeks di mesin pencarian google.

Search Console juga memberikan informasi dan memberikan saran-saran yang berguna agar website selalu terdaftar di search engine.

Menggunakan Kategori dan Tag di Website

Kategori dan tag diperlukan dalam internal link website kamu. Hal ini diperlukan untuk membangun interkoneksi halaman website secara internal agar lebih terstruktur secara lebih baik.

Melakukan Optimasi Komentar di Website

Optimasi komentar di setiap halaman wordpress dengan memberikan jawaban yang terkait dengan pertanyaan artikel. Pastikan pertanyaan berkaitan dengan tema atau topik dari tulisan artikel itu sendiri. Kamu berhak menghapus komentar yang justru tidak sesuai dan merugikan website kamu.

Membangun Eksternal Link pada Website

Berikan link luar dengan keterangan no follow. Dalam artian website kamu tidak berhubungan dengan website lain.

Lengkapi Artikel dengan Pembahasan yang Jelas dan Rangkuman

Website akan semakin banyak pengunjungnya jika dalam artikel tersebut pembahasannya lengkap dan banyak pengunjungnya sehingga pembaca akan tetap tertarik dengan artikel yang kamu buat maupun artikel-artikel lainnya yang terdapat pada websitemu.

Lakukan Optimasi pada Kecepatan, Keamanan, dan Tampilan Website

Jika mambahas optimasi kecepatan dan tampilan website, maka hal ini lebih ke sifat teknis dan lebih ke pengguna yang telah lama menggunakan WordPress. Jika kurang mengerti akan hal tersebut, maka kamu bisa menggunakan W3 Total Cache, WP Super Cache, dan lain sebagainya.

Lakukan Optimasi Gambar pada Website

Kompres gambar seminimal mungkin tanpa mengurangi kualitas yang diinginkan dengan memberikan penamaan berkas gambar sesuai dengan kata yang dimengerti oleh mesin pencarian. Berikan penamaan berkas gambar dengan kata yang sesuai.

Dengan menggunakan nama SEO pada gambar tersebut, maka mesin pencari google akan bisa mengetahui mana gambar yang akan ditampilkan.

Melakukan Pengamanan dan Keamanan pada Website

Untuk melakukan pengamanan dan website menjadi aman, maka kamu bisa menggunakan plugin di wordpress yang sudah ada. Hal tersebut dibutuhkan agar website kamu tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakanlah SSL/HTTPS di Website

Dengan menggunakan SSL/HTTPS di website, kamu bisa membuat website menjadi lebih bagus dalam pencarian search engine di google. Tentu kamu tidak ingin website kamu terhalang oleh notifikasi dari browser bahwa website tidak aman untuk dikunjungi.

Buatlah Konten Artikel yang Lengkap dan Solutif

Dengan memiliki konten yang berkualitas, maka kamu bisa menghasilkan artikel SEO yang menarik. Tanpa konten yang berkualitas, kamu tidak bisa bersaing dengan website-website lain. Suatu konten dianggap berkualitas jika memiliki kelengkapan isi dan solutif informasinya.

Semakin lengkap dan solutif kontennya, maka semakin besar potensi dan peringkat dalam pencarian di google.

Buat Judul Konten yang Menarik di Artikel

Dengan judul konten yang menarik, maka kamu bisa menarik para calon pembaca agar tergerak ke tulisan kamu. Ingat, calon pembaca hanya bisa melihat judul dan deskripsi singkat konten yang ada di google.

Jadi kamu bisa memangkan perhatian dari si calon pembaca tersebut.

Melakukan Optimasi SEO On Page di Website

Setelah membuat konten, kamu perlu melakukan pengoptimasin konten agar naik ke peringkat atas hasil pencarian google. Langkah-langkah agar konten bisa teroptimasi SEO adalah dengan melakukan optimasi permalink, penambahan media visual, pemanfaat heading.

Penggunaan LSI keyword dan mengatur link menjadi open in new tab.

Melakukan Optimasi SEO Off Page di Website

Optimasi SEO off page dilakukan agar website semakin maksimal. SEO off page lebih ke optimasi SEO dari faktor-faktor eksternal.

Tahu Info Terupdate dan Topik yang sedang Tranding

Saat membuat artikel, kalau bisa sebelumnya melakukan riset tentang topik yang sudah dibahas. Karena ternyata dengan artikel yang trending di hari itu dan kamu coba membuatnya, maka artikel SEO yang kamu buat bisa ikut terkena imbas positif dengan ada pengunjungnya.

Jangan Lupa Website WordPressnya Dipromosikan

Nah, ini yang perlu dilakukan juga dimana promosi websitenya bisa melalui platform-platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, WA, dan lain-lain yang bisa menguntungkan kita untyk promosi. Dampaknya sangat menjanjikan jika kamu punya banyak jejaring sosial atau link.

Berikut adalah cara agar tulisanmu SEO friendly, antara lain utamakan user experience, gunakan keyword di judul artikel, gunakan judul yang mengundang klik, tulis artikel secara panjang dan dalam, gunakan internal link, gunakan eksternal link.

Kurangi penggunaan bold, italic, dan underline, gunakan H1, H2, H3, dan seterusnya. Gunakan url pendek dan mengandung keyword utama, optimasilah meta deskripsi, masukkan gambar, gunakan media dalam artikel, dan gunakan variasi keyword.

Artikel yang baik adalah berpatokan pada SEO karena dengan hal tersebut maka kamu akan untung baik secara finansial jika bisa dimanfaatkan dan secara hobi jika kamu suka. Ada hal yang membuat artikel SEO yang kita buat tidak tembus alias tidak terdeteksi oleh google.

Salah satunya yah tidak ada poin-poin penting seperti yang dijelaskan di 30 pembahasan di atas. Sehingga jika kamu niat ingin mencari uang dan menggali potensi artikel SEO mu, maka satu-satunya jalan adalah dengan mempelajari hal tersebut.

Memang susah, tetapi mau bagaimana lagi kamu harus bisa dan niat untuk melakukannya. Dalam membuat artikel SEO yang friendly, ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu adanya ketelitian dan estetika dari penulisan itu sendiri.

Dengan penulisan yang juga mengedepankan estetika, maka artikel tersebut bisa menjadi unik dan berbeda dengan yang lainnya. Estetika dalam artikel juga membentuk karakter dari blog yang kamu buat dan bisa menggambarkan pemiliknya bagaimana identitasnya.

Jadi, penulis artikel diharapkan bisa menggabungkan kedua hal tersebut yah. Karena dengan dua hal tersebut artikel tidak hanya berkualitas, berbasis SEO, tetapi juga mempunyai kuantitas yang tidak bisa dipandang sebelah.

Artikel baik bukan hanya di SEO saja, tetapi keunikan penulis dalam berkata-kata juga diperlukan sehingga akan baiknya dengan ciri khas yang melekat pada penulis membuat para penulis menjadi favorit di hati para pembaca dan tidak segan-segan untuk membaca artikel yang lainnya.

Strategi SEO sendiri tidak akan pernah stagnan, dimana pemilik website dituntut untuk bisa memperbarui strateginya di setiap update algoritma dari Google. Website sekarang juga perlu untuk kehidupan digital.

Baca Juga : Manfaat Seo Off Page dan Tekniknya

Karena semakin berkembangnya kehidupan, perkembangan digital juga terus berkembang. Sehingga kalau bisa kita meningkatkan kegiatan-kegiatan online yang mendukung passion sekaligus kemampuan kita.

Enaknya memakai website kita bisa mengkreasikan apa yang kita inginkan. So, mau tunggu apalagi langsung saja buat website WordPressnya. Nah, itulah penjelasan tentang belajar SEO WordPress bagi pemula. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.