Cara Memilih Penyedia Jasa SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi optimasi yang kerap dilakukan untuk menaikan peringkat suatu website ada di nomor satu mesin pencarian. Untuk melakukannya tidaklah mudah, tidak heran bila cara memilih penyedia jasa SEO harus sangat diperhatikan, jangan sembarangan sebab yang akan terpengaruh adalah website Anda sendiri.

Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara memilih penyedia jasa SEO yang tepat? Artikel ini akan menginformasikan hal-hal penting apa yang perlu kamu lakukan, namun sebelumnya mari kita ketahui dulu alasan kenapa bisnismu harus diterapkan SEO.

Alasan Sebuah Bisnis Harus Menggunakan Jasa SEO

Agar mudah dilacak oleh mesin pencarian

Saat Anda memiliki sebuah bisnis, tentu target yang ingin Anda capai adalah mudah ditemukan orang dan bisa mengkonversinya menjadi penjualan bukan? Artinya nilai profit tentu menjadi hal yang dinantikan. Biarpun bisnis tersebut bergerak dalam bidang sosial tetap saja Anda juga ingin bisnis tersebut bisa diketahui banyak orang dengan mudah.

Nah, salah satu cara agar mudah ditemukan adalah dengan menggunakan SEO. Misal, Anda berjualan jeans pria, saat orang mengetik kata jeans pria maka yang diharapkan adalah website Anda bisa muncul di urutan teratas. Berdasarkan banyak penelitian, user akan cenderung memilih website-website yang ada di nomor satu mesin pencarian google. Hayoo kamu juga pasti seperti itu kan?

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Persepsi website yang muncul di nomor satu halaman mesin pencarian adalah sudah memiliki kredibilitas yang baik. Oleh sebab itulah orang tidak akan merasa ragu lagi. Anda ingin bisnismu mudah dilacak oleh mesin pencarian? Makanya gunakan SEO!

Tapi tentu untuk mencapai keinginan ini, tidaklah mudah. Ada banyak hal teknis yang harus Anda lakukan. Dari mulai riset keyword kemudian bagaimana menerapkan keyword tersebut agar bisa relevan dengan bisnis Anda, dan banyak hal teknis lainnya.

Agar bisa mempertahankan peringkat di mesin pencarian

Selanjutnya agar bisa mempertahankan peringkat di mesin pencarian. Yap, tentu saja bila sudah masuk di peringkat pertama mesin pencarian kamu ingin terus mempertahankannya. Kalau loncat ke halaman berikutnya artinya performa website Anda turun, traffic pun turun dan itu bisa berakibat buruk pada bisnis Anda.

Dengan SEO Anda bisa mempertahankan performa website agar tetap berada di urutan pertama. Tapi tentunya cara ini tidaklah mudah, ada beberapa strategi yang harus diterapkan dan bisa dibilang akan sulit bila tidak dilakukan oleh ahlinya.

Pangsa pasar search engine lebih besar

Berdasarkan sebuah laporan yang disampaikan APJII pada tahun 2018, dari total penduduk yang mencapai 264,14 juta jiwa ternyata ada 171,17 juta yang menggunakan akses internet untuk kehidupan sehari-harinya. Artinya pemanfaatan search engine untuk mencari yang dibutuhkan semakin meningkat.

Bagaimana tidak, orang-orang dengan mudah bisa mendapatkan informasi apapun hanya dengan mengetik 1 keyword atau kalimat saja. Misal, ingin mencari dimana lokasi dokter gigi di Bandung, user hanya tinggal mengetik “Dokter Gigi di Bandung” maka akan muncul rekomendasi dokter gigi lengkap dengan alamat maps nya.

Agar pembiayaan semakin efektif

Bagi Anda yang sudah menggunakan website sebagai platform untuk pemasaran produk tentu Anda juga merasakan bagaimana tingginya beban pembiayaan menggunakan google ads? Memang sih kalau menggunakan google ads, website Anda dengan mudah bisa langsung ada di urutan pertama. Namun bila pendanaan tidak kuat maka itu pun akan berpengaruh pada posisi website yang Anda iklankan melalui google ads. Oleh itulah, untuk mendorong penempatan secara organik makan dibutuhkanlah SEO.

Cara Memilih Jasa SEO Terbaik

Setelah Anda mengetahui alasan kenapa harus menggunakan jasa SEO, Anda kurang lebih sudah memiliki gambaran kenapa harus menggunakan jasa SEO kan? Nah, selanjutnya adalah bagaimana cara memilih jasa yang tepat?

Portofolio

Portofolio, sudah berapa banyak website yang dioptimasi oleh jasa tersebut?. SEO (Search Engine Optimization) bisa dilakukan siapa saja, karena secara teknis langkahnya pun sama. Namun untuk mengeksplorasi hingga bisa sampai di urutan pertama mesin pencarian sangat dibutuhkan orang yang sudah memiliki jam terbang.

Artinya dari segi portofolio pun orang yang Anda pilih sudah tidak usah diragukan lagi. Cobalah untuk berkomunikasi terkait portofolio dengan jasa SEO yang Anda pilih. Ingat, Anda harus berhati-hati ya jangan sampai salah pilih karena bisa merugikan Anda sendiri

Skill

Apakah kemampuan di bidang SEO sudah mumpuni untuk mengoptimasi suatu website?. Kalau soal skill ini akan berhubungan dengan portofolio. Semakin tinggi jam terbang maka semakin banyak portofolio maka akan berpengaruh juga pada skill yang semakin berkembang.

Jadi, kalau memang Anda sedikit paham soal SEO, cobalah mengobrol terkait permasalahan yang ingin Anda selesaikan dari website Anda, lalu tanyakan jalan keluarnya apakah jasa yang Anda pilih bisa mengatasi atau tidak.

Jasa Apa Saja yang Ditawarkan?

Selanjutnya adalah mencari tahu jasa apa saja yang ditawarkan. “Loh bukannya Jasa SEO ya?” Iya jasa SEO tapi, SEO itu cangkupannya luas loh. Untuk membentuk strategi SEO yang tepat, Anda membutuhkan banyak komponen yang harus dilengkapi.

Seperti copywriting, content, website yang SEO friendly, strategi SEO yang cocok dengan website, analisa, dan banyak lagi. Nah, apakah jasa SEO Anda sudah bisa memberikan semua hal yang terkait dengan SEO? Karena tidak sedikit juga loh perusahaan SEO yang hanya memfokuskan pada pengolahan content saja. Sementara untuk teknis optimasinya tidak.

Jelas orangnya

Maksud dari jelas orangnya adalah jangan sampai Anda memilih jasa yang fiktif. Karena zaman sekarang sudah semakin mudahnya akses internet maka semakin mudah juga orang menawarkan jasanya sendiri termasuk SEO.

Namun, Anda harus pertimbangkan apakah jasa SEO Anda benar sebuah jasa profesional atau tidak? Kalau jasa profesional dari segi berkomunikasi dan menawarkan portofolio pun bisa Anda nilai sendiri.

Cobalah tanyakan juga apakah mereka memiliki tim atau hanya bekerja sendiri. Kalau bekerja sendiri, bisakah mereka menghandle kebutuhan Anda? Pastikan semuanya memang jelas agar Anda pun tidak merasa dirugikan saat menyewa jasa SEO yang sudah Anda pilih.

Nah, itulah cara memilih jasa SEO yang bisa coba lakukan. Menggunakan jasa SEO tidak akan merugikan kok, selama Anda memilih yang tepat maka Anda pun akan mendapatkan keuntungan berlipat dibanding harus menggunakan google ads. Semakin tinggi keuntungan Anda juga akan semakin senang kan? Oiya, terkait harga jasa SEO juga akan sangat beragam.

Baca Juga : Pengertian Keyword, Jenis-jenis Keyword dan Tools Riset Keyword

Biasanya mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi akan mematok dengan harga yang cukup besar, namun kalau mempertimbangkan harga sih itu tidak ada apa-apanya, karena SEO itu bisa bertahan lama dan Anda bisa mendapatkan traffic secara organik tanpa bantuan google ads. Jadi, keuntungan Anda malah akan terpakai secara berkelanjutan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.