Cara Menaikan Peringkat Website

Mungkin salah satu faham yang paling sering kita temukan dalam dunia SEO adalah pemikiran tentang mendapati peringkat paling atas dengan backlink dari social bookmark, komentar dan sejenisnya. Pasti ada banyak yang menanyakan, kenapa masih belum peringkat 1 walaupun sudah bookmark dofollow, dan blogwalking.

Ya karena memang dampak dari yang dilakukan tersebut masih sangat minim. Bahkan, parahnya jika kita melakukan terlalu banya submit website, akan dikenakan penalti lho! Kaget bukan? Alih-alih mendapatkan peringkat utama, malah dikenakan sanksi. Jadi, backlink seperti apa sih yang seharusnya dimiliki website kita tanpa dikenakan penalti apapun? Nah berikut ulasannya.

Backlink Unggul Dari Konten Berkualitas

Backlink berkualitas yang bisa mengantarkan website kita pada peringkat atas adalah backlink yang didapatkan oleh website lain. Namun, pasti banyak yang menanyakan, apakah pemilik website lain mau membeikan backlink? Nah, untuk itulah kali ini kita akan mengulas caranya akgar bisa mendapatkan backlink alami dengan konten berkelas dan berbobot.

Pastinya impian untuk bisa nmendapatkan peringkat 1 bukan lagi menjadi sebuah impian. Tapi sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu hal yang mendasar. Kenapa sulit untuk mendapatkan backlink?

Hal pertama yang membuat backlink susah didapatkan adalah jenis konten yang terlalu jauh dasi sasaran. Misalnya saja, jika kita memiliki sebuah website diet, pastinya yang akan mengunjungi adalah orang-orang yang ingin melakukan program diet.

Namun, kebanyakan dari pengunjung ini biasanya tidak memiliki website sendiri dan pastinya tidak bisa memberikan backlink walaupun artikel anda sangat bagus. Dan tentunya, orang lain yang juga memiliki website diet yang sama dengan yang anda miliki, pasti menganggap isi artikel tersebut biasa saja.

Para pembagi backlink biasanya memiliki selera yang lumayan tinggi. Dan mereka menginginkan informasi yang akurat serta di atas kemampuan rata-rata. Inilah mengapa di awal tadi kita menyatakan konten anda seakan sedikit jauh dari sasaran.

Website terrsebut mungkin hanya akan dikagumi oleh orang-orang yang baru belajar website, orang yang tidak memiliki web dan pengunjung biasa saja. Tapi jika kita ingin mendapatkan simpati linker yang akan memberikan backlink berkualitas, kita harus membuat mereka terkesan. Caranya? Ya dengan membuat sebuah konten unggulan.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Apasih konten unggulan dan bagaimana cara membuatnya? Konten unggulan ini adalah jenis konten yang dikatgorikan sebagai konten luar biasa. Dimana para linker akan dengan senang hati mencantumkan dan memasang link tersebut pada website mereka.

Dan pastinya ini merupakan konten yang melampaui sebuah kualitas. Kita harus mengerti bagaimana pola fikir dan bagaimana membuat mereka terkesan akan konten tersebut. namun, berikut pandangan secara umum yang membuat mereka melakukan backlink pada konten anda:

  • Jika topik yang anda angkat akan menjelaskan secara lebih terperinci akan lanjutan dari topik yang mereka angkat.
  • Memiliki kualitas konten yang jauh lebih baik daripada beragam konten yang sebelumnya pernah dipublikasikan.
  • Memberikan pembahasan tentang website mereka atau salah satu orang yang berpartisipasi.
  • Sangat memberikan manfaat bagi pembaca konten mereka atau bahkan mungkin kalian mengenali mereka.

Walaupun mungkin anda tidak bisa melakukan keseluruhan poin di atas, namun makin banyak maka hasilnya akan jauh lebih baik. Dan di bawah ini, kita akan belajar bagaimana cara menghasilkan konten yang berkualitas.

Konten Berkualitas

Cari Terlebih Dahulu Linker Di Dalam Topik Yang Anda Angkat

Jangan menjadi pemilik website yang salah sasaran lagi ya! Kenali bidang yang sedang anda geluti tersebut dan carilah linker berkualitas di bidang yang sama. Karena di bidang yang lain tidak akan peduli dengan isi konten anda tersebut. Cobalah lakukan strategi seperti ini :

  • Cobalah mulai untuk mencari linker berkualitas dan lihat seperti apakah isi konten mereka.
  • Coba mulai untuk menulis dan menghasilkan artikel konten yang jauh lebih baik.
  • Coba lakukan pendekatan dan melakukan hubungan baik.
  • Dapatkan backlink

Dan secara sederhana, maka inilah yang seharusnya kita lakukan untuk mendapatkan backlink. Walaupun pada kenyataannya ini bukan semudah yang kita rangkum di atas memang. Tapi, hasil tidak akan menghianati proses. Jadi, cobalah untuk selalu berusaha.

Metode sederhana namun berkualitas ini juga kerap digunakan dalam pelayanan jasa artikel SEO online berkualitas. Dan, beberapa orang yang termasuk ke dalam linker berkualitas tersebut adalah :

  • Blogger
  • Penulis artikel
  • Jurnalis
  • Penulis berita
  • Seleb Sosmed

Orang-rang di atas lah yang nantinya bis amembantu dan ikut dalam mengembangkan ranking dari website anda tersebut kedepannya. Dan tentunya anda membutuhkan cara agar bisa menemukan beberala linker dalam jumlah yang lebih banyak, yaitu :

  • Blogger [isi niche] Indonesia
  • Blog [isi niche]
  • Artikel [isi niche] terbaik

Ganti tanda kurung dengan topik atau niche yang akan anda cari dan sesuai dengan topik anda sebelumnya. Nantinya and aakan menemukan beragam jenis linker yang bisa dikemudian hari memberikan backlink natural pada website anda.

Hasilkan ide dan Konten Kreatif dan Menarik Untuk Linker

Mungkin membuat sebuah konten artikel biasa dan berkualitas akan sangat bagus untuk pembaca, tapi tidak untuk linker. Karena linker ini juga bisa melakukan hal yang sama. Jadi, jangan harap anda bisa memulau mereka ahanya dengan menyuguhkan hasil artikel yang biasa-biasa saja.

Anda harus membuat mereka kagum dan memang ingin dengan alami memasang backlink sebagai tanda kekagumannya. Topik juga berperan sangat penting di sini. Meskipun isinya sangat bagus, tapi jika pemilihan topik salah, maka sama saja dengan bohong.

Namun, ada metode efektif yang seringkali digunakan oleh penulis hebat untuk menghasilkan topik menarik, ini adalah STEPPS. Apa itu STEPPS? Berikut penjelasannya :

  • Social currency, ini merupakan aspek dimana mereka akan merasa lebih yakin dan bangga akan kualitas dari dirinya.
  • Triggers ini adalah sebuah poin yang biasnaya menjadi landasan saat ingin menuliskan sebuah konten berkualitas.
  • Emotion adalah poin yang bisa menggabungkan rasa atau perasaan.
  • Public ini adalah mengangkat topik yang sedang diperbincangkan atau sedang tranding.
  • Story ini merupakan pengembangan dari cerita atau kisah seseorang dan kejadian yang relevan.

Demikianlah poin STEPPS tersebut. jadi, jika kalian sedang mencari ide atau masukan akan topik yang berhubungan. Cobalah untuk membuat konten yang bisa diambil berdasarkan pedoman STEPPS tersebut. berikut beberapa cara yang bisa anda coba nantinya :

  • Cobalah untuk mempelajari bagaimana jenis website dan isi konten linker yang baik. Cobalah kembangkan dan buat konten yang sebelumnya sudah pernah mereka ulas. Namun, kembangkan dari segi yang berbeda atau belum pernah dikemukakan oleh yang lain sebelumnya.
  • Gunakan situs komunitas untuk mengetahui banyaknya permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan dan bisa menyesuaikan dengan topik anda.
  • Gunakan pencarian Google dengan memasukkan topik utama dan nantinya akan mendapatkan topik yang lebih spesifik.
  • Gunakan juga fitur lain seperti BuzzSumo agar bisa menemukan konten terbaik yang ada di dalam sebuah topik.
  • Kemudian pastikan topik yang sudah diangkat tersebut memiliki panduan terkait poin di STEPPS.

Juga hal yang tidak boleh sama sekali terlewatkan adalah masalah judul. Untuk pembuatan konten yang baik, maka judul tidak boleh dilewatkan. Setidaknya, cobalah gunakan judul yang sangat mnearik sehingga saiapa saja akan tertarik untuk membuka konten tersebut.

Gunakan Riset dan Pencarian Informasi Agar Konten Bisa Berkualitas

Sebenarnya, jika hanya untuk membuat konten maka tidak akan terlalu sulit. Yang sulit adalah membuat sebuah konten yang berkualitas dan memiliki bobot. Karena, jika ingin mendapatkan backlink secara natural, pastinya anda akan membutuhkan informasi. Karena, sangat jarang sekali isi konten yang mengandung backlink berkualitas bisa langsung di dapat dari isi kepala saja. Tetap saja anda memerlukan bantuan informasi dan fakta lapangan lainnya agar menambah bobot konten tersebut.

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh banyak penulis konten adalah plagiat. Ini merupakan tindakan copy paste dari website lain yang pastinya tidak akan menimbulkan hasil yang terbaik. Apalagi jika memang menulis ulang hanya saja poin pembahasan tidak jauh berbeda dengan isi artikel konten yang sebelumnya pernah ada.

Kita pastinya sebagai manusia yang bukan robot akan sangat sadar jika artikel tersebut adalah hasil reka ulang dan tidak mengambil analisa yang lain. Singkatnya, tidak ada informasi baru lainnya yang dimuat di sana.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Yang Benar

Pokoknya, tolong hindari yang namanya meniru konten artikel lain yang pernah dipublish. Ini tidak akan mengundang simpati linker manapun dan pastinya tidak akan menghasilkan backlink. Jadi, cobalah mengumpulkan beberapa sumber dan pahami isi dari sumber-sumber tersebut. kemudian, coba tulis ulang dengan gaya bahasa anda sendiri dengan menambahkan pemahaman setelah mencapur semua hasil pemikiran untuk keseluruhan artikel tersebut. jadi, anda tidak akan terdeteksi sebagai plagiat ataupun masalah copy paste.

Hasilkan Konten Paling Baik

Ini mungkin menjadi bahan incaran dan keingin semua penulois konten. Jika ingin membuat konten yang mendapatkan backlink secara natural maka harus benar-benar berbobot. Ini juga sudah sangat ditekankan di awal artikel tadi. Memang, butuh proses jika ingin menghasilkan artikel berkualitas. Jika ingin menulis asal-asalan saja bisa menyelesaikan sekitaran 3000 hingga 5000 kata setiap harinya bukan?

Tapi, karena riset sangat diperlukan dalam menghasilkan artikel berkualitas ini, maka akan dibutuhkan waktu lebih. Setidaknya dibutuhkan waktu untuk riset informasi, pencarian gambar dan penulisan konten. Bahkan, tak jarang banyak yang membutuhkan waktu lebih, berhari-hari bahkan berminggu-minggu hanya untuk menuliskan dan memikirkan kerangka konten.

Kenapa memerlukan sebuah kerangka konten? Tentunya ini bertujuan agar nantinya pembaca bisa lebih paham dan bisa mendalami informasi yang dicoba untuk sampaikan. Jika hanya membuat konten dangkal memang tidak memerlukan kerangka.

Lain ceritanya jika kita akan menghasilkan sebuah konten unik dan berkualitas. Tatalah dengan rapi semua hal seperti judul, gambar dan sub judul. Dan tentunya isi yang sangat terpenting untuk bisa dimengerti dan dipahami dengan baik.

Pengajuan Konten Pala linker

Ini adalah tahapan yang menentukan berhasil atau tidaknya anda mendapatkan backlink natural dari linker. Namun, mohon dipahami lebih lanjut jika misalnya semua hal yang sudah dijabarkan di atas harus dilakukan dengan baik. Setidaknya, konten anda tersebut adalah yang memenuhi beberapa syarat ini:

  • Menggunakan poin STEPPS
  • Memiliki topik yang sama dengan linker yang dituju
  • Kualitas konten sudah sangat baik dan melebihi yang lainnya.

Nah, jika memang konten yang anda hasilkan sudah memenuhi syarat di atas, maka kita sudah bisa melakukan distribusi. Ini bertujuan untuk:

  • Mendapatkan backlink
  • Mendapatkan share

Biasnaya, jika memang konten yang anda miliki baik maka akan mudah untuk mendapatkan backlink, apalagi jika and amemiliki hubungan yang baik. Namun, mungkin anda hanya akan mendapatkan salah satu diantara 2 keuntungan di atas.

Namun, ada beragam cara yang bisa dilakukan agar nantinya anda mendapatkan 2 keuntungan tersebut. Sebelum nantinya anda bisa mendapatkan keuntungan, berikut hal yang terlebih dahulu disarankan :

  • Share konten yang dimilikinya.
  • Follow akun sosial medianya
  • Tinggalkan komentar berbobot di artikelnya.

Cara Menaikan Peringkat Website Dengan Mudah

Kemudian, hal yang harus dilakukan agar bisa mengenalkan jenis konten anda pada mereka adalah dengan cara :

Menggunakan social media dan email

Tentunya jika tanpa basa basi and alangsung menspam mereka dengan kata-kata yang tidak menyenangkan maka kalian akan diabaikan. Misalnya saja anda langsung mengirimkan email dengan isi “tolong pasang link artikel saya , ya” maka anda akan langsung ditolak, percaya saja.

Setidaknya, kenalkan kepada mereka terlebih dahulu konten anda tersebut. mereka harus mengerti dan mengenali konten itu agar bisa melakukan pengecekan dan menilai kelayakannya.

Cobalah meminta saran mereka untuk melengkapi dan mengetahui pendapat mereka tentang konten anda. Misalnya saja anda sedang membuat artikel list dan mintalah saran apa yang harus anda tambahkan untuk list berikutnya.

Dan pastinya dengan cara demikian, mereka akan meminta konten adna dan menganalisanya. Secara tidak langsung anda sudah berusaha memperlihatkan isi konten tersebut kepada mereka. Dan jika memang sangat bagus, mereka akan sangat tertarik dan akan mendapatkan backlink secara alami.

Melakukan posting ke dalam situs komunitas serta share ke medsos

Siapa sangka untuk menjadi tenar da viral itu sulit? Gunakan saja komunitas atau forum dan sosmed dengan optimal. Cobalah cari forum-forum yang berkaitan dengan topik konten anda. Lakukan post dan ajak orang-orang disana untuk berdiskusi dan membaca konten tersebut. tapi, jangan lakukan spam atau memposting ke dalam komunitas yang tidak relevan. Atau, anda bisa membagikannya di halaman sosmed pribadi.

Nanti ini akan muncul pada beranda teman-teman anda. Dan, jika ada yang tertarik pastinya akan langsung mengecek dan membaca. Mereka bahkan tidak sungkan untuk menshare ulang jika memang isinya bagus. Secara tidak langsung anda sudah melakukan metode distribusi gratisan, bukan?

Link Building

Banyak riset yang menunjukkan bahwasanya peranan link building ini adalah pondasi koko untuk menempatkan konten menjadi peringkat teratas. Jadi, selain beragam cara-cara di atas, kiat juga bisa melakukan cara ini agar bisa mempertahankan peringkat konten website tersebut.

Baca Juga:

Nah, demikianlah ulasan bagiaman mendapatkan backlink berkualitas yang juga sering digunakan oleh jasa penulis artikel SEO online. Yang terpenting adalah kemauan berkreasi dan belajar supaya menghasilkan konten berkualitas dan lebih baik lagi. Ingat keberhasilan tidak akan langsung datang tanpa adanya sebuah usaha Panduan Singkat Meningkatkan Peringkat Di Mesin Pencari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.