Cara Menghasilkan Uang Dari Weblog

Begini Cara Menghasilkan Uang dari Weblog – Taukah Anda mengenai weblog? Weblog disebut juga website / web / blog / situs, yang merupakan aplikasi berbentuk tulisan yang akan muncul pada mesin pencarian Google.

Saat ini, pengguna blog sudah menjamur di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Pasalnya, keberadaan website tersebut akan mendatangkan uang bagi pengelolanya suatu saat nanti. Meskipun pada postingan pertama hingga ke sepuluh (misalnya) belum ada penghasilan yang bisa didapatkan oleh pemillik web.

Cara Menghasilkan Uang dari Weblog

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari wesite secara tepat dan aman? Berikut langkah dasar yang telah ditempuh oleh sebagian besar blogger yang mengandalkan blognya sebagai mata pencaharian utama maupun sampingan. Simak penjelasan berikut ini.

Buatlah Blog Anda

  1. Untuk mendapatkan uang dari sebuah blog, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat blog itu sendiri. Di langkah awal ini, banyak blogger pemula gagal karena ingin tergesa-gesa memiliki blog yang berkualitas.
  2. Kegagalan tersebut muncul karena blogger kurang bisa memiliki keahlian di bidang tersebut atau hal lainnya. Padahal sebuah weblog harus dibangun secara perlahan namun pasti hingga memiliki konten yang cukup banyak (puluhan).
  3. Namun seorang blogger pemula, Anda tak perlu khawatir sebab ada langkah yang lebih sederhana lagi yang bisa Anda lakukan untuk mulai membangun sebuah blog. Langkah sederhana tersebut meliputi:
  4. Pilih platform blog yang paling popular dan sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya WordPress.org. Selain bisa digunakan secara gratis, WordPress sangat mudah untuk digunakan dan memiliki sistem keamanan yang terjamin. Jadi cocok dikelola oleh blogger pemula.
  5. Tentukan nama domain dan hosting yang akan Anda gunakan untuk website Anda. Hal ini dilakukan untuk blog yang berbayar. Pastinya, Anda harus menyesuaikan nama domain dan sewa hosting sesuai dengan niche / kebutuhan website.
  6. Lakukan konfigurasi blog. Bagi para pemula, Anda bisa mencari tutorial konfigurasi blog yang tersedia di internet.
  7. Design blog dengan unik yang beda dari blog lain. Mulai dari tema, tata letak menu, tamplan halaman artikel, dll. Jika Anda menemukan kesulitan, cari beberapa tutorial di internet untuk mendesain blog Anda.

Ciptakan Konten Yang Bermanfaat Dan Sesuai Dengan Topik Blog

Setelah Anda mendaftarkan blog Anda di internet, kini saatnya Anda untuk menciptakan konten sekreatif mungkin dan bermanfaat. Tentunya konten yang Anda buat juga harus disuaikan dengan topik blog yang telah direncanakan sebelum pemilihan nama domain.

Baca Juga : Fungsi VPS Windows

Fokuskan perhatian Anda hanya ke konten yang Anda buat. Tulislah isi konten seunik mungkin yang berbeda dengan blog-blog lainnya.

  1. Blog yang baik adalah yang memiliki konten dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  2. Berisi informasi, tips, maupun trik yang bermanfaat bagi para pembaca.
  3. Bersifat menghibur, menginspirasi, menyelesaikan masalah, dan mampu mempengaruhi seseorang untuk berubah menjadi lebih baik.
  4. Disukai oleh para pembaca.
  5. Informasi yang akurat menjadi blog dapat dipercaya oleh pembaca / pengunjung.

Sesuikan Konten Blog Dengan Jenis Pembaca

  1. Langkah ini sering dilupakan oleh blogger, karena saking fokusnya membuat dan membangun konten blog. Jika Anda menginginkan blog Anda menghasilkan uang, maka tak cukup jika Anda hanya fokus membangun blog, tetapi juga harus mempromosikannya
  2. Promosi tersebut bisa Anda sebarkan melalui berbagai akun medsos yang Anda miliki, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dll. Sebagai blogger yang baik, Anda harus terjun langsung untuk berinteraksi secara virtual dengan pembaca. Caranya dengan meninggalkan komentar, menjawab pertanyaan para pembaca, meenyaring pertanyaan yang berisi spam, hingga menawarkan guess psot.

Jalin Kedekatan Anda Dengan Pembaca Yang Mengunjungi Blog Anda

Langkah nomor 4 ini berhubungan dengan langkah nomor 3. Setelah Anda fokus membuat konten, lalu menemukan pembaca blog, kemudian mulai melihat sejumlah pengunjung yang datang di blog Anda, maka kini saatnya Anda mendekati para pembaca dengan cara membangun komunitas.

Komunitas tersebut bisa menyesuaikan dengan niche blog Anda. Misalnya, blog tentang kecantikan, maka Anda ciptakan komunitas perempuan yang memperhatikan perawatan tubuhnya agar selalu tampil cantik.

Kembali ke pembahasan sebelumnya, Anda harus mendekati pembaca secara personal dimulai dari komentar yang ditulisnya. Lakukan cara terbaik agar mereka mau berkunjung kembali ke blog Anda.

Anda harus melakukan cara unuk mempertahankan pembaca yang sudah Anda peroleh untuk bisa ikut andil dalam membangunblog yang Anda miliki. Bahkan kalau bisa, rangkul mereka agar turut menyebarkan berita maupun blog Anda. Dengan begitu, blog tersebut menjadi diketahui oleh banyak orang.

Mulailah Untuk Menghasilkan Uang Dari Blog Anda

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog jasa seo yang Anda miliki membutuhkan kerja yang sangat keras. Namun yakinlah bahwa setelah itu Anda akan menikmati pemasukan yang tak terduga. Bahkan jumlah pengunjung blog yang Anda miliki dapat menghasilkan pendapatan bagi Anda.

Pendapatan ini dapat diperoleh secara langsung (misal melalui peletakan iklan AdSense dan sejumlah produk di Amazon), dan secara tidak langsung.
Perlu Anda ketahui, sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari blog secara tidak langsung. Ada 7 sumber penghasilan blog yang paling utama dari jenis pendapatan tersebut, yang meliputi:

  1. Pendapatan blog dari iklan. Saat traffic blog Anda mengalami kenaikan, maka di saat itu pula akan ada pengiklan yang bersedia memasangkan iklannya di halaman blog Anda. Mereka rela mengeluarkan uang demi iklan tersebut agar ditonton oleh para pembaca.
  2. Pendapatan blog dari afiliasi. Pemasukan afiliasi ini merupakan pendapatan paling umum yang dimiliki blogger.
  3. Pendapatan dari hasil event / acara tertentu yang digelar oleh pemilik blog. Bisa event skala besar hingga event dengan skala kecil. Misalnya konferensi antara blogger dengan komunitas pembacanya, atau pertemuan antar sesama blogger. Uang tersebut bisa Anda dapatkan dari hasil penjualan tiket dan sponsor.
  4. Melalui membership program dari para pembaca. Pembaca membayar sejumlah uang secara teratur kepada blogger karena alasan tertentu. Seperti konten premium, komunitas, pelatihan, dsb.
  5. Dari hasil penawaran jasa / layanan yang ditawarkan oleh blogger kepada pembaca.
  6. Melalui produk yang ditawarkan blogger kepada pembaca.
  7. Melalui aliran pendapatan lain berkat variasi pemasukan yang dilakukan blogger full time.

Demikian 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Weblog. Lakukanlah kelima cara tersebut dengan panduan dan dasar yang tepat, sehingga Anda pun akan semakin mudah dalam memperoleh uang dari hasil website Anda.

Baca Juga : 10 Tahapan Penulisan Artikel Yang Benar!

Namun Anda jangan sampai terlena dengan uang yang Anda dapatkan dari website Anda. Bukan berarti jika konten telah dibuat, kemudian para pembaca telah Anda dekati, maka uang akan mengalir secara otomatis. Teori ini salah besar. Anda masih tetap harus melakukan eksperimen secara terus-menerus untuk mempertahankan bahkan memperbanyak pengahasilan uang dari blog Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.