Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Apakah Anda seorang blogger? Atau Anda ingin menjadi seorang blogger? Jika iya, maka seorang blogger harus menyukai dunia menulis. Karena tulisan merupakan kebutuhan seorang blogger. Tulisan yang termuat di dalam sebuah blog biasa disebut sebagai artikel. Sebuah artikel yang baik mengandung tulisan yang tersusun rapi, penyampaian jelas, mudah dipahami, dan informatif.

Dulu seseorang hanya bisa memuat artikel di media surat kabar / koran, majalah, bulletin, dan media konvensional lainnya. Seiring dengan kemajuan dunia digital khususnya internet, segala jenis artikel dapat dimuat dengan mudah dan tanpa batasan hanya dengan menggunakan akses internet. Media digital yang digunakan sebagai tempat meletakkan artikel tersebut sering disebut sebagai blog / web / weblog / website / situs.

Konten atau tema artikel tentunya sangat beragam, mulai dari teknologi, fashion, gaya hidup, politik, ekonomi, news, hukum, tutorial, tips dan trik, gadget, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tema-tema tersebut ternyata langsung berhubungan dengan topik sebuah blog.

Ketentuan Artikel yang Diunggah di Blog

Selain harus sesuai dengan tema / topik yang telah ditentukan, artikel yang diunggah tersebut juga harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemilik blogger, dan tidak boleh dibuat secara sembarangan. Artikel harus berkualitas dengan mematuhi kaidah penulisan, sehingga hasilnya pun akan memberikan performa yang baik di mesin pencarian Google.

Artikel yang berkualitas tersebut dapat dibuat dengan cara mematuhi tools SEO (Search Engine Optimization). SEO merupakan alat untuk mengoptimisasi artikel dengan cara mengelola struktur artikel dengan baik dan menggunakan kata kunci tertentu agar berasa pada peringkat teratas di mesin telusur Google.

Di dalam sebuah blog telah tersedia sejumlah plugin yang dapat membantu Anda mengelola SEO On-Page pada masing-masing artikel Anda post. Namun dengan menggunakan plugin saja tidak cukup. Penulis harus memahami lebih detail tentang SEO Friendly. Pasalnya, artikel tanpa SEO akan sangat sulit untuk berada di halaman pertama Google.

Keuntungan Menggunakan SEO

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh blog Anda jika menerapkan SEO Friendly. Keuntungan tersebut meliputi:

  • Membuat artikel berada pada halaman pertama / urutan teratas di mesin pencarian Google.
  • Blog / website yang Anda kelola semakin berkualitas.
  • Jumlah pembaca di web Anda semakin meningkat.
  • Jumlah pengunjung semakin banyak, atau traffic web meningkat.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Yang Baik dan Benar

SEO Friendly mengacu pada standar yang ditetapkan oleh Google dalam mengurutkan artikel di hasil pencarian. Hal inilah yang melatarbelakangi betapa pentingnya sebuah artikel harus mematuhi kaidah penulisan SEO friendly. Jadi tidak hanya menggunakan bahasa yang baku atau kalimat yang bagus saja, namun struktur artikelnya pun harus benar dan tepat.

Berikut panduan yang bisa Anda praktikkan dalam menulis artikel SEO friendly yang baik dan benar, di antaranya:

1. Menggunakan keyword yang kemungkinan besar dicari oleh para pengunjung

Keyword (kata kunci) merupakan unsur pertama yang harus Anda sisipkan dalam penulisan artikel. Sebab keyword tersebut yang nantinya sering dipakai oleh para pengguna internet untuk mencari informasi tertentu sesuai dengan yang mereka harapkan.

Kata kunci ini harus Anda sesuaikan dengan background para pengunjung yang membaca blog Anda. Cara ini bertujuan untuk mengetahui target keyword yang biasa pengunjung ketik di mesin penelusuran Google.

Tentunya setiap blog / web memiliki karakteristik pengunjung yang berbeda-beda. Oleh karenanya, tiap artikel juga memiliki kata kunci yang berbeda-beda pula.
Lantas, bagaimana cara menentukan keyword yang tepat di dalam sebuah artikel?

Pertama, Anda harus memastikan bahwa volume pencarian keyword tersebut cukup banyak. Caranya dengan memanfaatkan bantuan situs untuk mengetahui seberapa besar volume pencarian keyword tertentu, misalnya resep nasi goreng.

Kedua, Anda harus mengetahui sesuatu yang diinginkan oleh pencarian tentang keyword yang tertulis di mesin penelusuran Google.

Ketiga, bila perlu pastikan Anda memiliki sumber data yang akurat agar artikel Anda mampu menyaingi artikel-artikel lain. Dengan begitu, kata kunci tersebut bisa mengantarkan artikel Anda di halaman pertama hasil pencarian Google.

2. Isi artikel menjawab pertanyaan para pengunjung / pencari keyword

Perlu Anda ketahui, ternyata Google dapat mengetahui para pencari keyword yang puas maupun tidak puas dengan hasil pencariannya. Hal ini didasarkan pada sejumlah indikator, seperti:

  • Lamanya waktu yang dihabiskan oleh pengunjung untuk membaca konten artikel.
  • Apakah artikel yang dibaca dibagikan atau tidak oleh pengunjung web.

Kedua indicator tersebut membuktikan bahwa semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel, menandakan artikel telah memenuhi ekspektasi para pembaca. Mulai dari kelengkapan artikel yang isinya memberikan jawaban atas sesuatu yang ditanyakan oleh pengunjung yang diketikkan melalui keyword pada mesin pencarian Google.
Apabila isi artikel sudah memenuhi indikator tersebut, maka Google akan memberikan tambahan poin untuk artikel yang Anda ciptakan.

3. Menggunakan fokus keyword dengan sewajarnya

Anda harus menggunakan fokus keyword yang sewajarnya dengan tidak berlebihan atau berulang-ulang di dalam artikel yang Anda buat. Jika Anda menggunakan kata kunci yang berlebihan, maka kualitas artikel Anda pun menurun. Hal ini jelas mempengaruhi hasil pencarian di mesin Google, dengan kata lain artikel Anda tak akan muncul di halaman teratas.

Caranya sesuaikan jumlah keyword dengan isi artikelnya. Misalnya jumlah kata dalam artikel sebesar 500 kata (tidak termasuk judul), maka jumlah kata kunci yang harus Anda letakkan di dalamnya misal sebanyak 6 kali.

Jadi, SEO ini mengatur density keyword atau banyaknya pengulangan keyword di dalam artikel. Density yang baik adalah sekitar 1% hingga 1,5% dari jumlah artikel secarakeseluruhan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah seseorang membaca artikel Anda sesuai dengan logika berpikirnya. Sebab, yang membaca artikel Anda nantinya bukan mesin pencari google namun manusia itu sendiri yang merupakan pembaca / pengunjung blog.

4. Artikel yang dibuat harus layak baca

Ada salah satu ketentuan yang membuat artikel Anda menjadi layak dibaca oleh para pengunjung yakni dengan memperhatikan ketelitian artikel yang Anda buat sesuai dengan kaidah penulisan.
Semakin tinggi ketelitian sebuah artikel, menunjukkan tingginya profesionalitas penulis dalam mengelola blognya. Setelah artikel selesai dibuat, cek kelengkapan dan gaya bahsa artikel.

Anda juga bisa memanfaatkan kolega / teman Anda untuk memberikan kritik dan masukan terkait perbaikan artikel. Jika Anda tak punya waktu untuk mengecek isi artikel, manfaatkan editor untuk memeriksa artikel yang Anda buat.

5. Atur penempatan link internal maupun eksternal di dalam body artikel

Panduan kelima adalah anda perlu mengatur penempatan link internal dan link ekternal di dalam konten artikel. Link internal adalah link dari artikel lain pada blog / web yang sama dengan artikel yang Anda post.

Sementara link eksternal adalah link yang mengarah ke artikel lain yang terletak pada blog yang berbeda. Eksternal link biasanya bisa Anda letakkan jika ada arvertiser yang menawarkan pemasangan iklan pada blog Anda. Advertiser tersebut nantinya akan membayar Anda sesuai dengan produk / band / jasa yang diiklankan.

Kedua link tersebut berfungsi untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada para pembaca terkait topik utama artikel. Link internal memiliki fungsi tersendiri untuk mengeksplor pengetahuan pengunjung ke artikel lain yang dimuat di blog Anda.

Cara memasukkan link tersebut yakni dengan memblok kata tertentu di dalam website. Kemudian klik icon berbentuk rantai di bagian menu bar. Lalu akan muncul kotak yang digunakan untuk menempatkan alamat URL dari sebuah artikel yang akan Anda sisipkan. Selanjutnya klik tanda panah di samping kotak tersebut.

6. Memperhatikan elemen penting pada blog Anda

Elemen penting blog yang harus Anda perhatikan meliputi:

  • Kalimat di dalam artikel, di mana satu kalimat usahakan maksimal mengandung 20 kata.
  • Paragraf di dalam artikel. Paragraf yang baik adalah yang tidak terlalu panjang, satu paragraf usahakan hanya terdiri dari 4-5 baris saja.
  • Usahakan URL yang digunakan tidak terlalu panjang. Misalnya sesuai dengan judul artikel ini, Anda menuliskan URL: https://www.blogAnda.com/blog/menulis-artikel-SEO-friendly.
  • Judul blog singkat dan menarik. Sebaiknya judul blog ini dapat menggambarkan garis besar konten artikel yang Anda buat, serta mengandung keyword artikel.
  • Penempatan heading harus teratur. Heading digunakan untuk memisahkan paragraf yang terdiri lebih dari 300 kata. Usahakan keyword juga terkandung di dalam salah satu heading. Masukkan sewajarnya saja, jangan berlebihan.

Apabila Anda ingin artikel yang Ada post berada di halaman teratas, maka Anda harus memperhatikan dengan baik lalu praktikkan sejumlah elemen / komponen tersebut.

7. Lakukan optimasi gambar dengan baik

Sebuah artikel yang menarik adalah artikel yang tidak membuat pembacanya bosan. Selain konten artikel, Anda juga harus mengoptimasi gambar sehingga berbeda dengan blog lain. Caranya adalah:

  • Sesuaikan nama file gambar dan alt text gambar dengan fokus keyword yang digunakan.
  • Perkecil ukuran file gambar dengan cara compress image tanpa mengurangi kualitas gambar, agar loading page lebih cepat. Beberapa layanan untuk compress image seperti compressjpeg.com, kraken.io, dan tinypng.com.

8. Mengunggah konten artikel di blog secara konsisten

Pembaca akan sangat senang mengunjungi blog jika blog tersebut senantiasa mengepost artikel secara konsisten. Hal ini memicu rasa penasaran mereka untuk selalu membaca artikel dari blog tersebut.

Tentunya, konten jasa penulis artikel yang Anda buat juga harus menarik dan bermanfaat. Sehingga pembaca dapat memperoleh informasi yang factual dari blog Anda. Cara ini sekaligus membuat blog menjadi terlihat aktif dan memberikan sinyal bagus kepada Google. Google juga akan memberikan nilai plus kepada blog tersebut.

9. Menggunakan sudut pandang yang unik yang berkaitan dengan keyword

Sudut pandang yang Anda gunakan di dalam sebuah artikel sangat diperlukan untuk mengembangkan keyword yang Anda terapkan. Usahakan untuk menggunakan sudut pandang yang baru dan berbeda dengan artikel orang lain.

Semakin unik sudut pandang yang Anda gunakan dalam menyelesaikan masalah, maka semakin menambah nilai plus pada artikel yang Anda tulis. Bahkan keberadaan artikel pun akan menonjol di hadapan publik.

10. Menciptakan struktur artikel yang baik dan benar

Secara umum, sebuah artikel memiliki struktur artikel yang terdiri dari :

Pertama, bagian pembuka (prolog). Kedua, bagian isi. Ketiga, bagian penutup (epilog) yang berupa kesimpulan. Dengan membuat struktur artikel seperti itu, memudahkan Anda dalam mengembangkan keyword di artikel yang Anda tulis. Para pembaca pun menjadi lebih mudah mengenali mana bagian pembuka, isi dan kesimpulan. Karena sebagian besar pembaca hanya mementingkan kesimpulan dari artikel yang mereka baca.

11. Memastikan bahwa panjang artikel optimal

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, panjang artikel sangat bergantung pada jumlah kata. Apabila jumlah kata di dalam isi sebuah artikel hanya 500 kata, maka Anda tak perlu menggunakan heading. Namun apabila lebih dari 300 kata, maka berikanlah heading untuk memisalkan bagian-bagian artikel yang Anda tulis. Menurut CoSchedule, artikel akan berada di halaman pertama hasil pencarian Google jika terdiri dari 2.500 kata (maksimal).

12. Memperhatikan bahasan artikel pada bagian pembuka

Pertama, pembaca akan tertarik dengan artikel Anda jika judulnya bisa menarik perhatian. Setelah judul, pembaca akan lebih tertarik lagi untuk membaca jika bahasan di dalam bagian pembuka cukup menarik dan bermanfaat bagi mereka. Dengan begitu, pembaca pun ingin menuntaskan keingintahuannya pada semua bagian dari artikel tersebut.

oleh karena itu, buatlah bagian pembuka yang dapat meyakinkan pembaca untuk menjawab pertanyaan dan permasalahan yang mereka hadapi. Sehingga mereka akan meneruskan membaca artikel tersebut hingga tamat.

13. Manfaatkan penggunaan heading dan subheading dengan optimal

Ingat ya dengan optimal, bukan maksimal. Jadi Anda tetap harus menggunakan heading dan subheading dengan sewajarnya. Kalau bisa salah satu dari heading dan subheading tersebut mengandung kata kunci dari artikel yang ditulis.

Fungsi heading adalah untuk membantu pembaca menemukan garis besar yang dibahas dalam artikel, dan membantu Google menemukan pokok bahasan dari artikel yang ditulis. Dengan demikian, heading tersebut dapat mengantarkan artikel Anda untuk naik tingkat. Sementara itu, fungsi subheading hampir sama dengan heading. Dengan adanya subheading memudahkan penulis untuk menguraikan pembahasan artikel menjadi lebih teratur. Subheading juga di sebut sebagai turunan pokok bahasan.

14. Menggunakan paragraf yang singkat

Artikel yang di post di dunia maya / media digital harus memiliki paragraf yang lebih singkat dibanding artikel yang dipost di media konvensional seperti surat kabar. Tujuannya adalah untuk memudahkan para pembaca memahami konten artikel yang dibahas.
Selain itu, paragraf yang singkat membuat pembaca tidak mudah bosan mengulik informasi dari artikel.

15. Memperhatikan relevansi konten

Relevansi konten ini maksudnya adalah menggunakan keyword yang sesuai dengan tujuan utama blog yang Anda kelola. Sebab ada banyak sekali kata kunci yang menghiasi mesin pencarian Google.

Nah, sekarang waktunya Anda untuk lebih selektif memilih keyword yang digunakan pada blog Anda. Contohnya, sebuah blog kecantikan menggunakan keyword yang harus relevan dengan dunia kecantikan. Selain itu, konten yang dimuat juga harus berhubungan dengan tema blog.

Pasalnya, komponen blog yang tidak relevan dengan tujuan blognya akan mengurangi peringkat di hasil pencarian Google.

16. Mempromosikan artikel Anda

Inilah saat yang ditunggu-tunggu bagi Anda yang setia mengelola blog dengan baik, terutama blog yang sudah taat betul pada kaidah SEO friendly.
Panduan yang terakhir untuk menulis artikel SEO adalah dengan mempromosikan artikel yang telah Anda buat. Langkah ini sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan jangkauan pembaca yang lebih luas.

Cara mempromosikan artikel ini bisa melalui sosial media, youtube, email marketing, dan lain-lain. Sosial media merupakan media promosi yang banyak dipilih oleh blogger untuk mempromosikan artikelnya, karena mudah digunakan.

Jika jumlah pengunjung semakin besar, maka peringkat blog di hasil mesin pencarian Google pun semakin meningkat. Bahkan Anda bisa saja mendapatkan pendapatan dari blog yang Anda kelola dengan cerdas.

Simpulan

Demikian enam belas panduan yang harus Anda tempuh untuk menulis artikel SEO friendly. Langkah-langkah tersebut harus Anda perhatikan dengan baik agar artikel dan blog Anda dapat menduduki peringkat teratas pada mesin pencarian Google.

Hindari penggunaan beberapa komponen yang dapat menurunkan peringkat artikel dan blog Anda seperti penggunaan keyword yang berlebihan, paragraf yang panjang, jumlah kata banyak, heading dan subheading tidak relevan, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda telah berhasil mengelola blog dengan baik sesuai dengan kaidah YOAST SEO, maka blog Anda pun akan mengalami peningkatan jumlah traffic. Sehingga dapat dideteksi oleh Google dengan mudah di mesin pencariannya. Website Anda pun akan menduduki halaman pertama pada hasil penelusuran Google.

Karena hasilĀ Panduan Cara Menulis Artikel SEO Friendly Yang Baik dan Benar takkan pernah menghianati proses, perhatikan dengan baik detail dan estetika SEO demi kemajuan blog Anda!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.