Copywriting: Teknik dan Panduan Copywriter

Sekilas untuk bisa menjual barang dan jasa hanya dengan metode penulisan yang dihasilkan akan terdengar sangat mudah. Namun, kenyataannya, masih sangat minim sekali orang-orang yang mengerti bagaimana menjadi seorang penulis yang bisa mempromosikan sebuah barang maupun jasa.

Apa Itu Copywriting dan Copywriter?

Tugas dari seorang copywriter adalah untuk mencantumkan informasi dasar jasa dan barang serta menambahkan kesan menarik. Hanya saja, jika anda tidak melakukan pendekatan dan pemilihan kata yang baik tidak akan berhasil. Perlu dilakukan pendekatan seperti yang ada di dalam jasa penulis artikel SEO online, maka tidak akan ada yang berminat akan produk dan jasa tersebut.

Bagaimana jika anda tidak berhasil menuliskan informasi, panduan, fakta dan hal menarik lainnya? Tidak akan ada yang ingin membeli produk maupun jasa tersebut. Ini akan menjadi hal yang sia-sia. Padahal, mungkin anda bukanlah satu-satunya orang yang melakukan penjualan dan mempromosikan barang maupun jasa yang sama.

Hanya saja, ada banyak sekali kostumer yang selalu datang dengan antusias yang lebih tinggi. Mengapa? Apa yang salah? Apakah mereka menggunakan sejenis trik sulap dan magic? Bukan! Semua hal itu berada di dalam rahasia copywriting terbaik.

Teknik Copywriting

Jadi, apa itu teknik copywriting? Ini merupakan jenis pemasaran produk dan jasa yang digunakan untuk bisa menghipnotis calon pelanggan agar mau membeli dan menggunakannya. Tidak hanya sebatas ingin tahu, suka dan kagum saja.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Tapi, siapapun yang membaca artikel copywriting tersebut akan melakukan pembelian. Ini terdiri dari kata copy dan writing. Dimana copywriting sendiri merupakan istilah asing yang menyatakan kumpulan teks di dalam artikel untuk keperluan pengenalan dan pemasaran produk. Sedangkan penyedia jasa layanan copywriting ini dinamai copywriter.

Seadangkan dalam dunia copywriting ini, kita juga mengenal istilah konversi. Ini merupakan istilah yang digunakan untuk tindakan yang dilakukan oleh seseorang maupun banyak orang yang melakukan tujuan akhir dari aktifitas copywriting tersebut. misalnya saja untuk membeli produk dan jasa yang diperkenalkan. Jadi, teknik copywriting yang paling baik adalah tindakan copy yang bisa menghasilkan konversi secara baik dan drastis.

Jadi, Apa Alasan Untuk Menggunakan Layanan Copywriter?

Pasti ada banyak yang bertanya demikian, bukan? Kan kita hanya perlu menulis saja, kenpa harus menggunakan jasa copywriter? Pastinya mudah kok, dari Sekolah Dasar kita juga sudah diajarin menulis.

Tapi, ini tidak semudah dan sesimpel yang anda banyangkan, lho ya! Bayangkan saja, anda harus melakukan persaingan dan membuat produk dan jasa anda lebih laku daripada pihak pesaing yang lainnya.

Copywriter ini adalah seorang penulis berbakat yang berupa penjual dalam konteks tulisan. Bayangkan saja, 2 jenis barang atau jasa yang sama bisa mendapatkan respon berbeda jika anda menggunakan teknik copywriting yang tepat.

Jadi, seorang copywriter yang biasanya ada di dalam jasa penulis artikel SEO online ini, akan melakukan hal terbaik untuk konversi tersebut. bayangkan jika teks yang ada bisa menghipnotis banyak orang, pastinya usaha apapun yang menggunakan jasa copywriting ini akan lebih maju.

Bisa saja yang awalnya hanya bisa memasarkan satu produk perhari, bisa menjadi lebih banyak dengan teknik copywriting yang benar. Apalagi jika dibekali dengan media online yang menjadi sasaran penjualan sekarang ini. Para copywriter hanya perlu :

  • Landing page
  • AdWords
  • Facebook Ads
  • YouTube Ads
  • Iklan TV dan radio
  • Konten website
  • Konten untuk social media
  • Konten untuk email marketing

Dan semua hal di atas akan lebih efektif dan sangat “menjual” jika menggunakan teknik copywriting terbaik ini. Inilah mengapa skill dari copywriting, ini sangat diperlukan dan harus diusahakan dengan baik. Dan dengan artikel pembahasan cara copywriting agar berhasil ini ditujukan untuk 2 alasan utama.

Dimana skill copywriting yang akan kita asah bisa digunakan untuk mengoptimalkan bisnis atau usaha sendiri. Kedua, digunakan untuk menjadi seorang copywriter yang lebih profesional dan memasarkan skill tersebut.

Menjadi seorang copywriter pemula dan profesional sekalipun tidak memerlukan jenis jenjang pendidikan resmi yang spesifik. Siapapun yang memiliki skill dan menguasai teknik copywriting bisa menjadi seorangcopywriter profesional sekalipun. Ini juga bisa menjadi salah satu kemampuan yang bisa anda mulai dan asah. Karena, kali ini kita memang akan mengupas tuntas bagiamana bisa menjadi seorangcopywriter handal. Ini bisa menjadi salah satu pekerjaan yang mendapatkan bayaran yang lumayan tinggi.

Panduan Teknik Copywriting

Agar lebih mudah dalam memulai cara penulisan copywriting yang tepat maka berikut salah satu hal yang harus diketahui yakni teknik copywriting. Walaupun ada banyak sekali hal yang bisa kita ulas dan pelajari tentang copywriting ini, namun anda bisa memulai dari satu jenis panduan ilmu yang berguna.

Miliki Mindset Seorang Copywriter

Jika anda memiliki pola pikir alias mindset seorang copywriter maka anda akan lebih mudah untuk mengembangkan teknik copywriting tersebut. tentunya anda tidak akan mudah membuat sebuah rangkaian pola copy jika tidak memiliki pola pikir ini.

Dan tentunya akan terkesan kaku dan tidak menarik lagi untuk menjual produk yang ada. Jangan pernah melakukan teknik copywriting yang sangat terkonsep rapi, cobalah untuk menuangkan ide dari kepala anda sendiri. Ini akan menjadi salah satu ide yang lebih fresh dan unik.

Jangan Berpatokan Pada Penulisan

Jika anda hanya berpatokan pada media tulisan saja, maka ini akan membuat hasil dari teknik copywriting ini menjadi kaku. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan teknik copywriting tersebut seperti dengan menggunakan video, gambar dan audio yang menarik.

Jadi, anda tidak hanya terpaku pada penulisan yang rapi dan terstruktur saja. Bayangkan saja jika anda melihat iklan berupa promo yang menggambarkan menggunakan video dan audio menarik dibandingkan hanya dengan sebaris teks. Bukankah penggunaan dari media lain akan terasa labih menarik?

Begitu juga dengan pedoman pemikiran oleh seorang copywriter. Mereka harus mengetahui pemikiran manusia. Bagaimana nantinya konversi yang ada akan menjadi meningkat dengan adanya teknik copywriting ini.

Artinya, anda harus bisa memahami dan memasuki zona terdalam dari otak mereka. Bagaimana caranya anda bisa menghipnotis siapa saja untuk bisa mengagumi dan menikmati apa yang anda coba sampaikan tersebut. hingga akhirnya para konsumen bisa melakukan tindakan (pembelian, pendaftaran dan lainnya) sesuai dengan tujuan copywriting tersebut.

Mereka Membutuhkan Informasi Terbaik

Kita tahu bahwsanya setiap makhluk hidup memiliki sifat egois dalam diri mereka. Walaupun disetiap pelajaran dasar di sekolah kita sangat diajarkan untuk bersikap saling mengasihi dan tidak egois. Hanya saja, tidak akan ada yang mempedulikan anda mereka hanya akan peduli dengan dirinya sendiri saja. Ambil saja sebuah contoh kecil, dimana sebuah landing page layanan jasa yang memberikan informasi tentang sejarah, visi dan misi mereka. Siapa yang peduli akan hal tersebut?

Yang ada siapapun yang masuk ke dalam page tersebut akan merasa bosan dan pergi meninggalkan page itu. Coba bayangkan, ada yang butuh sebuah sejarah produsen baju? Atau ada yang butuh cerita dibalik berdirinya sebuah perusahaan antar jemput barang ketika ingin menggunakan jasanya? Tidak bukan? Mereka hanya butuh informasi menarik yang mereka inginkan. Dan semua itu terjawab dari teknik copywriting yang kali ini kita bahas. Jadi, tugas seorang copywriter adalah menegtahui apa yang paling dibutuhkan oleh target.

Lakukan Penjualan Secara Spesifik

Siapa sih yang tidak suka di istimewakan? Nah, ini juga yang harus diketahui oleh para copywriter. Apalagi bagi yang masih mencoba belajar di dunia copywriting. Cobalah melakukan pendekatan seolah-olah target kita adalah satu orang dan memberikan keistimewaan pada mereka. Memang, kebanyakan barang maupun jasa yang menggunakan copywriting ini bisa ditargetkan untuk siapa saja disemua kalangan dan usia.

Namun, kebanyakan yang terjadi di lapangan adalah tingkat efektifnya menjadi semakin berkurang. Jadi, copy yang ada hasilkan bahkan tidak mencapai target yang memadai. Jadi, cobalah untuk melakukan penjualan dan pendekatan secara spesifik.

Orang-orang akan lebih tertarik jika di dalam copywriting anda menyebutkan tingkatan atau sasaran yang lebih terarah. Seolah-olah anda hanya menarget kan pada satu orang saja. Dan ini pastinya akan jauh lebih efektif daripada anda menggunakan teknik copywritingyang menargetkan banyak orang sekaligus. Karena, setiap target yang ada sasarkan pastinya memerlukan dan menginginkan hal yang berbeda.

Sampaikan Pada Orang yang Pas

Jadi, daripada anda melakuakn sasaran copywriting secara luas, lebih baik anda melakukan tembakan jitu dan menentukan target yang paling cocok. Jangan mematok beberapa target atau sasaran yang mungkin tidak membutuhkan sama sekali produk maupun jasa tersebut.

Jadi, selain pandai mengotak-atik pemikiran target, anda juga perlu mengira siapa saja yang benar-benar butuh hal tersebut. misalnya saja ketika and aingin melakukan copywriting untuk produk penurunan berat badan. Kepada siapa anda akan menjual produk tersebut? orang-orang yang kegemukan?

Ini memang benar dan tepat, hanya saja, sasaran atau target anda terlalu luas. Akan lebih meyakinkan lagi jika and amelakukan sasaran pada IRT, wanita yang berumur 25 hingga 40 tahun yang sibuk akan mengurus anak dan rumah.

Permasalahan utama yang dimiliki adlaah berat badan yang tidak kunjung hilang setlah melahirkan misalnya. Jadi, anda bisa memasarkan produk ini dengan lebih efektif dengan embel-embel kata pemanis. Dimana mereka bisa menurunkan berat badan tanpa harus repot-repot diet ketat yang menyiksa dan sebagainya.

Jangan Terlalu Kaku

Kita memang dituntut untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan ebnar seperti tuntutan di dalam EYD. Hanya saja, terkadang orang-orang akan terlalu kaku hingga menyerupai hasil dari sebuah kinerja sang robot.

Bisa dibayangkan bagaimana cara robot menyelesaikan sebuah pekerjaan bukan? Ya, sangat kaku dan terprogram dengan baik. Seorang copywriter yang baik seharusnya paham bagaimana cara pengelolaan kata-kata yang menarik tanpa terlihat kaku dan membosankan.

Walaupun terkadang banyak yang mengatakan menulis dengan cara tersebut akan membuat hasil tulisan yang terlihat sangat profesional. Namun, pada kenyataannya, maukan orang-orang menggunakan bahasa yang formal untuk berkomunikasi? Bukankah lebih sering menggunakan jenis bahasa sesantai mungkin? Jadi, janga selalu menyamakan tingkat sebuah kredibilitas tulisan berdasarkan sebuah penyampaian yang kaku. Bahkan, penyampaian yang snatai namun mudha dicerna semua orang sangat diperlukan dalam dunia copywriting ini. Jadi, cobalah untuk menjadi pemandu yang sangat mudah dimengerti semua target.

Tampilkan Alasan Untuk Menggunakan Produk Atau Jasa

Cobalah untuk mengetahui alasan dibalik penggunaan barang maupun jasa yang sedang dijual di dalam copywriting ini. Misalnya saja produk penurunan berat badan yang kita ulas sebelumnya di atas.

Alasan terbesar adalah keinginan untuk menjadi lebih menarik dan mengembalikan kepercayaan diri, bukan? Dan hal terpenting adalah untuk tetap sehat. Karena anggapan gemuk atau overweight sehat adalah anggapan yang salah kaprah. Jadi, coba cari tahu alasan dibalik keinginan target tersebut.

Jika anda sudah menemukan beragam alasan-alasan tersebut, maka anda bisa menggunakannya sebagai hal untuk meningkatkan teknik copywriting ini. Bayangkan saja, jika anda bisa menggali keingginan terdalam seseorang dan tersampaikan melalui copywriting. Dan ini pastinya akan langsung meningkatkan tingkat penjualan atau konversi dari hasil akhir copywriting tersebut.

Ketahui Trend Yang Sadang Hits

Dunia copywriting ini memang sangat berhubungan erat dengan SEO. Dimana nda harus mengetahui dengan baik apa saja yang sedang menjadi trend saat ini. Sangat perlu sekali untuk mengetahui apa yang sedang hit di dalam mesin pencarian.

Karena penggunaan kata kunci atau keyword yang sesuai akan memudahkan kita untuk mengoptimalkan pencarian target dan mengarah pada hasil copywriting tersebut.

Pahami Fungsi dan Informasi

Menjadi seorang copywriter menuntut kita untuk mengetahui tentang apa produk dan jasa yang akan dijual pada target nantinya. Jadi, cobalah untuk mencari tahu dan menggali banyak-banyak informasi terkait apa yang akan dipromosikan tersebut.

Carilah info, fakta dan kegunaan yang bisa didapatkan dari penggunaan produk dan jasa tersebut. Semakin banyak hal menarik yang ditampilkan, maka akan semakin mudah target tergoda dan melakukan kegiatan yang diperlukan sebagai hasil akhir dari copywriting ini.

Hindari Testimoni Yang Terlalu “Menggoda”

Siapa sih yang tidak ingin hasil instan dan hal-hal yang terbaik? Namun, jika and amelakukan penjualan dengan cara memberikan beragam testimoni secara besar-besaran dan terlalu muluk, ini malah akan berdampak negatif.

Semua orang meamng ingin yang terbaik, namun juka terlalu “baik” bukankah sedikit mencurigakan? Karena masyarakat sekarang sudah terlalu pintar untuk mengetahui dan mencari tahu kebenaran dibalik hal yang akan adan sampaikan tersebut. Alih-alih mendapatkan banyak target, malah mendapatkan banyak kecurigaan yang merugikan.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Berkualitas

Nah, demikianlah bagaimana cara agar copywriting bisa berhasil. Jangan lupa untuk selalu mempelajari banyak teknik menulis yang baik dan bagaimana menggunakan keyword yang benar. Penggunaan keyword yang benar ini bisa dipelajari dan didapat dari jasa penulis artikel SEO. Dan tentunya anda juga perlu menghindari 4 kesalahan yang paling penting dan mendasar dalam penulisan copywriting ini:

  • Tidak menggunakan logika sebagai target atas apa yang akan dijual.
  • Melakukan pendekatan dan memicu target yang salah.
  • Menggunakan bahasa dan istilah yang sulit dipahami dan berbelit-belit.
  • Hanya fokus pada kepentingan diri sendiri.

Nah, bagaimana? Sudah sedikit paham akan teknik copywriting yang baik dan benar? Jika, anda menggunakan panduan ini dari awal dan memahaminya, maka pengertian akan copywriting akan sedikit berkembang. Ingat, berani tampil beda itu baik lho! Jangan hanya meneruskan hasil dari copywriter yang lain, ya! Cobalah untuk kreatif dan inovatif.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.