Digital Campaign Bagi UMKM

Dewasa ini branding seakan-akan menjadi momok bagi para pelaku UMKM. Secara konsep mungkin branding dapat dipahami. Tetapi secara praktek banyak yang tidak memahami bagaimana branding dirancang dan dieksekusi.

Kebanyakan akan bingung pada satu hal, harus dimulai dari mana. Untuk itulah keberadaan roadmap usaha menjadi sangat vital. Roadmap gampangnya adalah gambaran visi, entah 5 tahun ke depan, atau 10 tahun ke depan, yang ditandai dengan parameter pencapaian.

Inilah yang disebut dengan arah jalannya perusahaan. Setiap tahun, hendaknya usaha memiliki arahan yang jelas. Arah ini kemudian di breakdown menjadi capaian (milestones) yang harus dicapai oleh perusahaan.

Baca Juga: Teknik Digital Marketing

Jadi, kalau mau implementasi pengembangan branding harus mulai dari mana? Jawabnya, dari yang mudah , dan dari hal yang paling gampang dijangkau. Apa itu? Event.

Kenapa sih kok berbasis event? Jawabnya sederhana: pertama, event adalah hal rutin yang selalu ada tiap tahunnya. Kita selalu bisa melihatnya di kalender, sehingga bisa menjadi patokan yang mudah diakses bagi UMKM. Kedua, event tidak hanya kita yang merayakan. Seluruh Indonesia merayakan. Semisal kita mau memasukkan promo di hari Kartini,

Titik awal yang mudah ini nantinya akan sangat memudahkan UMKM dalam membuat action plan untuk jangka waktu 12 bulan sesuai dengan roadmap usaha mereka. Langkah-langkah perancangan digital campaign.

Digital Campaign Berbasis Event Bagi UMKM

Tentukan long term plan brand development anda dalam jangka 12 bulan

Bagi sesuai kebutuhan anda (bisa per kuartal, per 6 bulan, per bulan, dll). Kita mulai dulu dari pendefinisian target internal perusahaan.  Di fase ini banyak pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, seperti:

  • Dalam setahun ini apa brand image yang ingin dicapai perusahaan?
  • Kesan apa yang ingin kita masukkan dalam produk dan layanan kita?
  • Market engagement seperti apakah yang kita targetkan?
  • Sejauh manakah penetrasi pasar yang kita inginkan?
  • Dst, tergantung kebutuhan.

Jawaban dari pertanyaan ini akan menentukan langkah selanjutnya dalam perancangan digital campaign bagi UMKM. Dan tentunya, pertanyaan akan sangat bervariasi, tergantung dari jenis usaha dan kebutuhan perusahaan. Pertanyaan di atas hanya contoh saja. Inilah yang dimaksud dalam tahap rencana. Selanjutnya tahap ini harus bertransformasi menjadi action plan yang realistis untuk dilaksanakan.

Setiap action plan kemudian dibagi ke dalam jangka waktu yang terukur. Bisa 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan; disesuaikan dengan target dan budget perusahaan.

Tandai kalender anda. List jumlah event-event nasional yang bisa anda manfaatkan

Tahap kedua ini adalah perancangan konten. Dari roadmap bisa terlihat arah pengembangan brand. Untuk menuju kesana diperlukan sarana untuk masuk. Disini dibutuhkan event yang tepat, sebagai wahana untuk melakukan promosi dan menciptakan brand awareness bagi pasar yang ditargetkan. Tandai semua event yang mungkin dimasuki dalam setahun, lalu mulailah merancang apa konten promosi yang sesuai.

Bagilah tiap-tiap event yang masuk, pilah sesuai dengan kategori pembagian waktu yang sudah dibuat sebelumnya (entah itu per 3 bulan, 4 bulan, atau 6 bulan).

Tentukan target serta prioritas event yang dapat anda masuki untuk promo. Sesuai dengan budget anda

Dari sekian banyak event yang ada dalam tiap tahunnya, tentunya tidak mungkin semua event akan anda ambil. Selalu buat prioritas event yang sesuai dengan arahan pengembangan brand anda. Contohnya: Jika produk anda adalah produk kecantikan, atau mungkin sebuah layanan yang banyak berhubungan dengan wanita, carilah event yang berhubungan dengan wanita, seperti hari ibu, hari Kartini, atau hari perempuan Internasional.

Karena tidak semua dapat dipilih, pilihlah yang paling representatif untuk brand anda. Pilih juga yang berpotensi besar untuk menjangkau pasar-pasar baru. Setelah prioritas dibuat, saring lagi lewat budget yang tersedia, dari situ akan terlihat digital campaign mana yang menjadi pilihan terbaik untuk di-implementasikan dalam satu tahun tersebut.

Siapkan rancangan konten, sesuaikan dengan market engagement yang anda targetkan

Setelah event yang ingin dimasuki dipilih, siapkan rancangan konten yang sesuai dengan target anda. Fokuslah pada market engagement apa yang anda inginkan dalam upaya pembangunan brand, dan seberapa besar exposure yang anda targetkan untuk setiap campaign. Hal ini akan menentukan platform mana yang dapat dimanfaatkan secara optimal.

Untuk membantu suksesnya perancangan konten, sebelumnya diperlukan perencanaan yang matang untuk strategi market engagement. Nah dalam hal ini, ada prinsip-prinsip dasar tentang market engagement yang baik.

Market engagement pada dasarnya adalah metode untuk terhubung dengan pasar yang ditargetkan suatu produk. Koneksi yang coba diciptakan ini hendaknya melihat pasar sebagai:

  • Masing-masing pasar adalah individu, lengkap dengan segala keunikannya
  • Basisnya adalah apa yang mereka kerjakan, atau apa yang mereka sukai
  • Dilaksanakan secara terus-menerus
  • Diarahkan menuju satu tujuan yang dapat diukur
  • Dilaksanakan dimana saja mereka ada

Lewat hal ini, bisa diciptakan market engagement yang baik, antara marketer dengan marketnya.

Maksimalkan penggunaan akun sosial media sebagai buzzer digital campaign anda

Sebelum dimulai, perlu ditekankan bahwa sosial media bukan hanya platform saja. Sosial media adalah tools yang powerful untuk terhubung secara langsung dengan target market anda, atau dengan komunitas market yang sudah anda ciptakan.

Jadi, pilihlah yang sesuai dengan jenis konten dan sifat inheren dari platform yang anda pilih itu sendiri.

Untuk konten audio-visual sangat disarankan menggunakan platform Instagram, alasannya karena konten audio-visual relatif lebih dapat dinikmati secara optimal pada platform tersebut jika dibandingkan dengan platform lain yang serupa seperti, katakanlah, twitter.

  • Untuk konten yang bersifat informatif, gunakan twitter dan FB.
  • Untuk yang sifatnya personal branding, bisa menggunakan platform medsos yang mana saja. Tapi yang terbaik adalah blog, atau laman web pribadi.

Setelah itu buatlah jadwal posting untuk tiap-tiap konten yang anda buat. Sesuaikan juga dengan target market engagement yang ingin dicapai. Jika yang diinginkan adalah likes dan comment, mana yang harus dipakai. Jika yang diinginkan adalah klik menuju direktori yang diinginkan, mana yang harus dipakai.

Hal Langkah Merancang Digital Campaign Berbasis Event Bagi UMKM ini dalam penerapannya membutuhkan pengalaman. Jangan lupa, siapkan analytics anda. Setiap engagement dapat diukur secara real-time menggunakan analytics. Hal ini akan sangat membantu dalam pengumpulan data pasar yang dibutuhkan oleh pengembangan suatu brand.

Saat Anda ingin membuat digital campaign, perencanaan merupakan hal dasar yang perlu Anda lakukan. Jangan sampai, Anda mengeksekusi campaign tanpa ada sama sekali perencanaan yang dirancang. Ini akan sangat membahayakan kedepannya.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis

Anda bisa-bisa malah tidak mendapatka goal seperti yang diharapkan, atau bisa namun dengan proses yang sangat berantakan. Persaingan digital campaign harus bisa dilakukan secara sehat, terencana dan eksekusi yang baik. Hindari hal-hal yang bisa membuat masalah dalam proses eksekusi nantinya agar campaign Anda sukses dan berjalan sesuai harapan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.