Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Online

6 Channel Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Online Anda – Sebuah bisnis online mengenai pemasaran digital tak akan bisa berjalan tanpa tools yang disebut sebagai channel digital marketing. Channel merupakan saluran yang menghubungkan pengguna / pelanggan ke situs digital marketing yang dituju.

Sesuai dengan namanya, Jenis-Jenis Digital Marketing memanfaatkan teknologi internet sebagai alat untuk memasarkan produk maupun layanan yang dimiliki oleh digitar marketer. Pemasaran online menjadi hal terpenting bagi semua bisnis terutama manager pemasaran. Mereka dituntut untuk menganalisis aspek tertentu dengan baik dan benar sebelum akhirnya berinvestasi di beberapa channel digital marketing yang ada.

Channel Digital Marketing Terbaik Untuk Bisni Online

Sebagai digital marketer terbaik, Anda harus mengenal 6 channel digital marketing terbaik yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan bisnis online Anda. Keenam channel tersebut di antaranya:

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencarian merupakan adalah proses yng mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah web maupun halaman web di hasil pencarian alami dari sebuah mesin pencarian. Banyak sekali SEO gratis atau tak berbayar yang sengaja disediakan untuk melengkapi fitur website.

Dengan menggunakan SEO, web Anda akan menduduki peringkat terbaik di hasil pencarian oleh Search Engine. Peringkat terbaik ini maksudnya adalah kedudukan website berada di halaman pertama pada Search Engine. Hal membuat website yang bersangkutan memiliki peluang besar untuk diklik oleh para pengunjung Google yang sedang mencari sesuatu tentang keyword tertentu.
Selain itu, SEO juga dapat meningkatkan reputasi bisnis sehingga mendorong penjualan brand / produk / layanan yang Anda tawarkan.

SEO disebut juga sebagai hasil pencarian tak berbayar, atau hasil pencarian non-iklan, atau hasil pencarian organik. Jasa SEO bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk berinvestasi online yang sama sekali tidak memerlukan biaya yang besar. Jika Anda telah berhasil mengelola website dengan SEO, maka web tersebut bisa menjadi investasi jangka panjang bagi Anda ke depannya. Sangat menguntungkan bukan?

2. Email Marketing

Email marketing merupakan channel yang paling efektif untuk membangun koneksi antara digital marketer dengan calon pelanggan serta mengarahkan mereka menjadi pelanggan yang setia. Promosi digital dengan mengirim email ke pelanggan termasuk cara yang mudah dan menghemat biaya.

Biasanya dengan menggunakan email marketing ini, Anda bisa mengirimkan banyak hal. Mulai dari informasi mengenai produk baru, diskon pelanggan, tawaran promosi, hingga acara / event tertentu yang diselenggarakan oleh perusahaan digital marketing tersebut.

Adapun tahapan awal dalam membangun email marketing yang harus Anda lakukan adalah meminta izin kepada pelanggan maupun calon pelanggan untuk mengirim informasi tertentu melalui email tersebut. Sehingga ke depannya tidak dianggap spam.

Pesan email yang Anda kirimkan pun harus singkat padat jelas dan tidak bertele-tele dalam hal penyampaiannya. Ada beberapa email marketing tool terbaik yang perlu Anda ketahui, yakni MailChimp, Constant Contact, serta HubSpot.

3. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan salah satu channel yang digunakan untuk menarik perhatian warganet tentang bisnis online yang dijalankan melalui situ-situs media sosial. Hal ini tergolong ke dalam cara pemasaran digital yang sangat efektif dan membantu Anda menciptakan hubungan baik antara pebisnis dengan klien.

Sosial media dapat digunakan dengan mudah untuk mempromosikan merek dan konten melalui foto dan video. Dengan begitu, kesadaran mereka akan meningkat seiring dengan peningkatan traffic website. Tak hanya itu saja, bahkan bisnis online yang tengah Anda jalani pun dapat menghasilkan leads dari penggunaan sosmed marketing.

Dengan menggunakan sosial media, akan terbentuk interaksi yang lebih intim antara pelanggan dengan pebisnis. Karena konsumen bisa berbicara langsung mengenai apa yang mereka butuhkan meskipun melalui dunia maya.

Contoh akun sosial media yang terkenal di antaranya: Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram, Flickr, Foursquare, Path, BBM, Youtube, dan Yahoo Mail. Kesebelas akun sosmed tersebut bisa Anda coba sesuai dengan target konsumen / pelanggan Anda.

4. Pay Per Click (PPC)

PPC merupakan salah satu jenis channel digital marketing yang digunakan dalam hal bisnis yang akan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh penayang. PPC ini termasuk model periklanan di internet yang tergolong ampuh dalam meningkatkan traffic website Anda.

Jenis PPC yang paling popular di kalangan para blogger yakni Google Adwords. PPC sendiri terdiri dari berbagai macam iklan yang ditayangkan yang meliputi search advertising, social advertising, remarketing, display advertising, dan google shopping.

Ada beberapa alasan mengapa PPC sangat diperlukan untuk optimisasi traffic sebuah website, sebab:

  • Pebisnis akan mendapatkan target customer yang lebih cepat.
  • Pengeluaran budget untuk pemasangan iklan akan lebih terkontrol.
  • Return on Investment (ROI) makin meningkat.
  • Memiliki pengaruh baik terhadap SEO.

5. Mobile Marketing

Mobile marketing merupakan alat pemasaran yang memeanfaatkan perangkat mobile phone / smartphone / Hp Android. Jika dulunya mobile marketing hanya bisa dilakukan melalui SMS, saat ini cara tersebut sudah dikurangi dan beralih ke aplikasi dari smartphone.

Media marketing ini tak hanya menghubungkan seseorang ke dalam akses internet tanpa batas, namun juga memperuat media komunikasi yang lebih mudah dan efisien. Para marketer tentunya selalu memikirkan cara yang terbaik untuk promosi melalui mobile marketing dengan menciptakan konten-konten yang antimainstream. Jenis-jenis mobile marketing yang sedang marak saat ini di antaranya video mobile dan mobile website.

6. Video Konten Marketing

Video konten marketing bukan merupakan ide yang baru dalam hal pemasaran digital. Istilah ini disebut sebagai adalah cara pemasaran yang menggunakan tools video sebagai kontennya. Sebab sebuah penawaran brand / produk / jasa memerlukan video sebagai strategi pemasrannya.

Selain di Youtube, video-video tersebut dapat disisipkan di dalam akun medsos, blog, maupun website. Rupanya, video marketing ini memiliki peran yang sangat besar dalam upaya menjangkau pelanggan yang potensial dan sebagai penyalur dari kampanye brand yang dimiliki oleh digital marketer.

Adapun jenis video konten marketing seperti video demo, video event, video petujuk, video edukasi, video branding, serta video studi kasus dan testimonial pelanggan.

Kesimpulan

Itulah keenam channel terbaik dalam hal Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis pemasaran digital yang perlu Anda coba satu per satu untuk meningkatkan kualitas website Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memahami strategi dan teknik digital marketing yang baik dan benar, seperti halnya dalam penggunaan channel-channel tersebut.

Sebelum Anda memilih beberapa channel sebagai alat untuk mengiklankan produk / layanan Anda, tetapkan terlebih dahulu tujuan pemasaran sekaligus rencana kerjanya. Pasalnya, saluran digital marketing tersebut sangat membantu Anda dalam meningkatkan traffic web secara cepat, tepat dan otomatis. Selain itu, budget yang Anda keluarkan pun akan lebih terorganisir dan mencegah pemborosan.

Berikanlah kebutuhan yang terbaik di dalam web digital marketing Anda, maka Anda pun akan mendapatkan hasil yang terbaik pula dari situs yang Anda kelola. Selamat mencoba 6 Channel Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Online Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.