Jasa Service AC Surabaya

Dengan semakin majunya zaman. Semakin banyak pula orang berpikir untuk membuat suatu alat yang bisa mempermudah pekerjaan atau membuat nyaman.

Salah satu alat yang dibuat manusia untuk membuat nyaman adalah AC. Apasih itu AC? AC adalah kependekan dari air conditioner.

Service AC Surabaya

AC adalah suat u mesin yang dapat digunkan untuk menstabilkan suhu ruangan. Jadi jika suatu ruangan tersebut terlalu panas, dengan adanya AC ruangan tersebut tidak akan panas lagi atau menjadi sejuk.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang AC. Mari ikuti penjelasan berikut.

Fungsi-Fungsi AC

Untuk apa AC digunakan?

Segala sesuatu yang dibuat tentunya harus memiliki fungsi. Termasuk AC. Dan berikut adalah fungsi AC.

AC dapat digunakan untuk mengatur suhu suatu ruangan

Fungsi AC yang pertama adalah dapat mengatur suhu suatu ruangan. Jadi kamu dapat mengatur sendiri suhu ruangan yang diinginkan melalui remote yang terhubung dengan AC tersebut.

Biasanya suhu 18°C adalah suhu terendah dan 30° adalah suhu tertinggi. Saat menggunakan AC tidak boleh terlalu banyak lubang udara yang ada di ruangan.  Jika terlalu banyak lubang udara pada ruangan, AC tidak akan berfungsi dengan  maksimal.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

AC dapat digunakan untuk mengatur kelembapan udara suatu ruangan

Secara tidak langsung, suhu dan kelembapan udara adalah hal yang saling berkaitan. Untuk itu jika AC digunakan untuk mengatur suhu, AC juga digunakan untuk mengatur kelembapan udara.

Suhu yang baik untuk negara tropis seperti negara kita Adalah  antara  24°C sampai 26°C karena suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan kelembapan udara  juga tinggi. Kelembapan udara yang terlalu tinggi dapat membuat kulit kering.

AC dapat digunakan untuk membersihkan udara yang kotor

AC dirancang dengan filter yang dapat menyarung debu dan kotoran dalam ruangan.  Sehingga AC dapat membuat ruangan menjadi segar dan sehat. Untuk itu juga secara berkala AC harus dilakukan pembersihan.

Agar fungsi dalam AC berjalan secara optimal. AC memiliki komponen komponen. Pada proses pembuatan AC, terdapat tiga komponen komponen yang terdapat dalam AC adalah komponen utama AC, komponen pendukung AC, kelistrikan, dan yang terakhir refrigeran.

Komponen Utama Pada AC

Komponen utama AC adalah komponen yang dibuat untuk menjalankan fungsi utama AC yaitu mengatur suhu ruangan. Komponen utama AC yang dibuat untuk mengatur suhu ruangan terdiri dari kondensator, kompresor, evaporator, dan yang terakhir adalah pipa kapiler.

Komponen Utama Kondensator

Kondensator adalah komponen yang berfungsi untuk menukar kalor. Selain untuk menukar kalor, kondensator juga berfungsi untuk mengubah wujud refrigeran dari gas menjadi cair. Kondensator dibuat dengan bentuk berliku liku dan terdapat sirip. Kondensator akan diletakkan di luar ruangan. Dan dia akan melepaskan panas dari refriregan ke udara luar.

Komponen Utama Kompresor

Refrigeran pada seluruh bagian AC akan diedarkan dan dipompa oleh kompresor. Kompresor memiliki cara kerja yang hampir sama dengan jantung seorang manusia. Pipa hisap dan pipa tekan juga akan melengkapi kompresor. Pipa hisap dan pipa tekan juga memiliki dua tekanan, ada yang bertekanan rendah dan ada juga yang bertekanan tinggi.

Komponen Utama Evaporator

Mengalirkan serta menyerap udara panas Ke refrigeran. Sehingga refrigeran akan berubah wujud. Refrigeran akan berubah wujud dari cair menjadi berwujud gas setelah refrigeran melalui pipa kapiler adalah fungsi Evaporator.

Komponen Utama Pipa Kapiler

Menurunkan tekanan sehingga menyebabkan suhu juga turun dari refrigeran menuju Evaporator adalah fungsi pipa kapiler. Sehingga nantinya udara yang keluar tidak bersuhu tinggi, melainkan rendah.

Komponen Pendukung AC

Selain mempunyai komponen utama yang bertugas untuk mengatur suhu pada ruangan. AC juga punya komponen pendukung. Berikut adalah komponen pendukung yang terdapat pada AC.

Komponen Pendukung Strainer

Komponen pendukung yang pertama adalah strainer. Di dalam AC strainer berfungsi untuk menyaring Jika terdapat debu dan kotoran yang dibawa refrigeran.

Komponen Pendukung Accumulator

Accumulator dalam komponen pendukung AC berfungsi untuk menampung suhu rendah pada refrigeran dan untuk memastikan agar aliran tetap lancar.

Komponen Pendukung Blower

Berfungsi sebagai sirkulasi udara. Jadi blower akan menyerap udara panas yang terdapat pada ruangan dan akan kembali mengeluarkan udara dingin pada ruangan.

Komponen Pendukung Berupa Kipas

Kipas yang terdapat pada komponen pendukung AC berfungsi untuk membantu kondensator yang berfungsi membuang udara panas ke udara bebas.

Komponen Yang Berhubungan Dengan Kelistrikan

Karena AC hanya dapat digunakan dengan tenaga listrik. Jadi dalam komponenAC terdapat kelistrikan. Berikut adalah komponen kelistrikan yang terdapat pada AC.

Komponen Kelistrikan Termostat

Komponen kelistrikan termostat berfungsi untuk mengatur suhu sebuah ruangan agar sesuai dengan perintah remote.

Komponen Kelistrikan Kapasitor

Kapasitor memiliki fungsi Untuk menyimpan data listrik, agar saat dinyalakan AC sudah memiliki tenaga.

Komponen Kelistrikan Overload

Jika terjadi kerusakan, atau mati pada kompresor. Overload akan memutuskan aliran listrik secara otomatis.

Motor listrik

Kipas angin pada komponen pendukung ACmemerlukan energi mekanik. Untuk itulah motor listrik digunakan agar dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Agar kipas pada AC dapat berfungsi.

Komponen AC Refrigeran

Refrigeran zat yang digunakan sebagai pendingin.

Cara Kerja AC

Cara kerja pada AC adalah sebagai berikut

Refrigeran Yang berasal dari evaporator yang mempunyai tekanan rendah tersebut kemudian akan mengalir ke kompresor sehingga akan berubah menjadi tekanan tinggi. Dan wujud refrigeran juga akan berubah. Refrigeran berubah menjadi gas panas.

Kemudian gas refrigeran yang mempunyai suhu panas tadi akan menuju kondensator yang akan dilepaskan ke udara bebas dengan bantuan kipas kemudian refrigeran akan menuju ke katup ekspansi yang membuat suhu refrigeran menjadi rendah.

Refrigeran yang telah dingin tadi akan menuju kumparan pendingin.Dan udara dingin tersebut pada akhirnya akan keluar lagi dalam bentuk udara dingin yang suhunya lebih rendah dari suhu ruangan. Proses ini akan terjadi secara terus menerus.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan AC

Selain itu penggunaan ac juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan jika menggunakan AC.

Kelebihan Menggunakan AC

  • Membuat kita terhindar dari yang namanya dehidrasi
  • AC akan meningkatkan kualitas suatu ruangan
  • Penderita Asma dan alergi sangat cocok menggunakan AC

Kekurangan Menggunakan AC

  • Jika berada terlalu lama di dalam suhu ruangan ber AC akan membuat kulit kering
  • Mempermudah penularan penyakit yang ditularkan melalui udara
  • AC kurang ramah terhadap lingkungan
  • Jika terjadi kerusakan harus dilakukan servis

Nah untuk kekurangan pada AC yang terakhir. Kamu tidak perlu cemas dan khawatir. Apalagi untuk kamu yang tinggal di Surabaya, kamu bisa melakukan servis AC di tempat servis AC yang ada di Surabaya.

Tips Memilih Jasa Servis AC di Surabaya

Berikut ini adalah Tips Memilih Jasa Servis AC di Surabaya :

Pastikan tempat servis AC yang akan kamu pilih sudah memiliki reputasi yang baik

Kualitas servis AC dapat dilihat dari reputasinya. Kamu dapat bertanya ke teman teman yang pernah servis AC surabaya atau mencari pendapat pendapat di internet.

Pastikan saat kamu menghubunginya, pelayanan yang diberikan baik

Pastikan saat kamu menelpon jasa servis AC surabaya , kamu mendapatkan pelayanan yang ramah. Kamu dapat bertanya secara detail tentang pemasangan, proses, servis atau hal apapun sebelum memilih.

Pastikan tempat servis tersebut tidak terlalu jauh dari rumah kamu

Hal ini menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Berarti jika saat ini kamu tinggal di surabaya, kamu juga harus mencari jasa servis AC surabaya. Kalau bisa kamu mencari yang masih satu kecamatan atau kabupaten dengan alamat rumah kamu.

Pastikan orang yang akan menservis adalah orang yang memang ahli

Kamu harus memastikan bahwa orang yang akan menservis AC kamu adalah orang yang benar benar ahli. Hal tersebut dapat dilihat dari pengalaman atau sertifikat yang dimiliki. Kamu juga sebaiknya memilih mana orang yang akan membenahi AC kamu.

Selain perusahaan nya yang memiliki sertifikat, orang orang yang bekerja juga perlu memiliki sertifikat. Hal tersebut sebagai bukti bahwa orang tersebut memang memiliki keahlian di bidang servis AC.

Harga yang ditawarkan

Harga yang ditawarkan juga harus menjadi perhatianmu. Jangan sampai harga yang ditawarkan tidak masuk akal misalnya terlalu rendah atau terlalu tinggi. Yang pasti harga yang ditawarkan harus sesuai dengan pekerjaan.

Pastikan Jasa Servis AC surabaya tersebut memiliki situs atau website

Dengan adanya situs atau website yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Membuat pelanggan akan percaya bahwa perusahaan mereka benar benar ada dan tidak akan terjadi penipuan. Dan jika memang terjadi penipuan kamu dapat melaorkannya ke polisi. Dan polisi dapat menyelidiki dan melacak melalui website tersebut.

Pastikan jasa servis AC surabaya mudah dihubungi

Pastikan saat kamu ingin menghubungi layanan servis tersebut. Mereka mudah dihubungi. Atau jika kamu kurang percaya kamu dapat mendatangi langsung jasa servis AC surabaya tersebut.

Pastikan layanan servis AC surabaya tersebut Bertanggung jawab

Pastikan saat memesan layanan tersebut, mereka memiliki tanggung jawab. Misalnya jika pekerjaan mereka kurang sempurna atau tidak tepat waktu mereka akan mengembalikan uang yang sudah diterima.

Pastikan layanan servis AC surabaya tersebut jujur

Banyak ditemui layanan servis AC yang kurang jujur. Misalnya mereka mengatakan bahwa kerusakan AC kita sangat berat. Padahal nyatanya kerusakan pada AC kiita tidak begitu parah.

Pastikan layanan servis tersebut komunikatif

Sebagai pelanggan pastinya kita ingin tahu tentang layanan yang kita pilih. Untuk itu jika kita memilih layanan servis pastikan mereka mau menjawab pertanyaan yang kita ajukan.

Pastikan mereka memberikan garansi

Pastikan jasa servis yang kamu pilih akan memberi garansi jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan selesai kamu menservis di tempat mereka.

Waktu servis yang diberikan

Waktu servis juga menjadi hal yang patut diperhatikan saat memilih jasa servis AC surabaya. Jangan sampai perusahaan layanan servis AC tersebut memberikan waktu yang terlalu cepat atau terlalu lama. Karena hal tersebut akan membuat kita meragukan kinerja nya.

Baca Juga: Jasa Sedot WC Jogja

Demikian pembahasan tentang AC dan tips memilih jasa servis AC di Surabaya, intinya kita harus selektif dalam memilih jasa servis AC, jangan sampai salah pilih. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.