Jenis-Jenis Konten Dalam Content Marketing

Menurut Content Marketing Institute, content marketing adalah sebuah strategi marketing yang berfokus dalam membuat dan mendistribusikan konten berkualitas yang memenuhi unsur-unsur konten yang baik seperti relevan terhadap hal yang sedang dibicarakan, konsisten dalam memberikan informasi, dan menarik untuk pembaca.

Sebagai bagian dari marketing maka konten juga harus mampu mendatangkan pembaca dan memberikan dampak bagi marketing produk atau brand yang sedang diusung dalam konten tersebut.

Jenis-Jenis Konten Dalam Content Marketing

Konten marketing semakin berkembang akhir-akhir ini. Banyak sekali konten yang didistribusikan setiap hari oleh konten kreator untuk memenuhi permintaan kebutuhan konten marketing. Dengan segala perkembangan saat ini, maka banyak sekali jenis content marketing yang tercipta seiring dengan perkembangan konten itu sendiri. Berikut jenis-jenis konten marketing yang ada saat ini:

Jenis Content Marketing Artikel

Artikel adalah jenis konten yang sudah cukup lama digunakan dalam kegiatan marketing. Hingga saat ini artikel masih diminati dan digunakan sebagai salah satu konten yang makin berkembang. Terlebih dengan berkembangnya website dan blog sebagai salah satu media dalam digital marketing maka kebutuhan akan artikel sebagai bagian dari marketing semakin meningkat.

Artikel yang digunakan sebagai media dalam digital marketing harus memenuhi unsur-unsur marketing yang baik. Sebagai corong brand dalam memperkenalkan dirinya, maka artikel harus mampu menerjemahkan brand yang sedang diusung untuk dikenal publik melalui artikel tersebut. Untuk itu komponen artikel harus memenuhi syarat-syarat artikel yang baik dalam digital marketing.

Adapun syarat-syarat konten artikel yang baik dalam digital marketing adalah:

Artikel mengikuti trend

Artikel yang dibuat harus mengikuti trend agar dapat menarik minat pengguna untuk membaca artikel yang didistribusikan. Untuk mengetahui konten yang sedang trend dan menempati pencarian dapat dilakukan dengan melihat hasil google trend. Periksa google trend setiap anda akan membuat konten. Apapun yang sedang trend di google akan memancing respon pembaca yang luar biasa pada website anda. Untuk anda yang belum terbiasa dengan hal ini, boleh mencoa dan dapatkan pembaca yang besar setiap konten anda distribusikan.

Berorientasi pada tujuan konten

Buatlah konten yang sesuai dengan tujuan konten anda dibuat. Dengan memahami tujuan dari konten yang anda buat maka anda dapat merancang isi konten yang mendukung tujuan anda. Anda tidak perlu membuat konten yang cukup luar biasa yang penting bagi anda adalah bagaimana menghasilkan konten yang mampu menyampaikan maksud dan tujuan lebih baik dan dapat dipahami pembaca.

Konten berorientasi pada audien

Untuk membuat konten yang baik maka kenalilah audien anda terlebih dahulu. Dengan memahami audien yang menjadi subjek konten anda, maka anda dapat membuat konten yang bernyawa dan mampu menggugah pembaca sebagai audien. Selain itu dengan memahami audien anda lebih mudah dalam membuat dan mendistribusikan konten yang akan anda buat.

Ketahuilah tentang audein anda dengan lebih spesifik. Semain dalam anda memahmi audien anda maka akan semakin baik dan semakin berdampak konten yang akan anda hasilkan.Kenali lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan dan karakteristik masing-masing audiens dam bahkan anda harus memahami lebih jauh tentang kebiasaan dari audien anda Posisikan diri anda sebagai audiens dan mulailah memahami motivasi yang dimiliki audien dalam membaca konten yang anda buat.

Promosikan dan Distribusikan Konten Anda

Konten artikel yang baik adalah konten yang mendapatkan atau mengundang pembaca. Jika artikel yang anda buat cukup bagus namun tidak adapembaca maka artikel yang anda buat tidak ada gunanya. Untuk itu maka lakukan promosi konten yang anda buat.

Anda bisa share melalui sosial media, publish ke forum-forum, bahkan membuat diskusi di forum untuk konten yang anda buat. Dengan demikian akan merangsang pengguna untuk datang dan membaca konten yang anda distribusikan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Digital Marketing

Jenis Content Marketing Infografik

Infografik adalah salah satu jenis konten yang sangat disukai para milenials. Milenials yang tidak terlalu suka membaca artikel panjang dan bertele-tele dan bahkan mereka jarang sekali mebaca artikel secara utuh. Untuk membidik milenials maka menggunakan infografik sangat berguna untuk menarik minat mereka. Apalagi mereka sangat menyukai konten yang bersifat gambar dan infografik berwarna serta menarik.

Infografik dapat menyampaikan informasi yang sangat panjang dan mebosankan dalam digram gambar yang menarik. Oleh karena itu infografik dipandang sebagai salah satu cara menyampaikan informasi secara detail namun dengan bahasa yang ringkas.

Dengan alasan ini knten infografik selalu menjadi pelengkap yang jarang bahkan tidak boleh dtinggalkan dalam sebuah konten artikel. Dengan visualisasi infografik dapat membuat pesan tersampaikan dengan baik dan dapat diingat dengan mudah oleh pembaca.

Langkah-langkah Membuat infografk yang baik

Tentukan pesan dalam konten

Langkah pertama dalam membuat infografi yang baik adalah tentukan pesan yang ingin disampaiakn dalam infografik. Menentukan pesan sekaligus membatasi apa yang ingin disampaikan agar fokus pada permasalahan.

Selain itu dengan membuat batasan pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah untuk mengembangkan isi dan desain yang tepat. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mebuat konten infografik adalah:

  • Jangan terlalu fokus pada penjualan dengan pesan, “belilah produk ini”, Tetapi buatlah infografik yang menjelaskan kenapa sebuah produk harus anda beli atau bagaimana produk dapat membantu anda sehingga layak dipilih.
  • Semua orang akan mendapatkan manfaat dari infografik yang dibuat. Untuk itu gunakan data yang valid dan betul-betul bermanfaat karean semua orang atau lembaga dapat menggunakan infografis yang anda buat untuk kepentingan pembaca. Dengan demikian konten infografik yang anda buat bermanfaat buat orang lain.

Gunakan data yang mendukung

Data adalah kekuatan dan nyawa sebuah infografik. Untuk itu gunakan data yang valid dan kumpulkan data sebanyak-banyaknya yang mendukung infografik yang anda buat. Dengan data yang valid anda dapat membuat konten yang luar biasa dan mampu menggugah pembaca.

Sumber-sumber data yang dapat anda gunakan dalam sebuah infografik adalah data yang bersumber dari lembaga resmi, penelitian yang memiliki kredibilitas, data perusahaan, data media yang memiliki kredibilitas, maupun data dari lembaga-lembaga riset yang jelas. Hindari menggunakan data yang tidak memiliki sumber yang jelas.

Olah data mentah menjadi data siap pakai

Setelah anda mengumpulkan data, maka tugas selanjutnya adalah mengolah data mentah yang sudah anda kumpulkan menjadi data siap pakai. Gunakan sofware komputer untuk mengolah data.

Anda menggunakan tabel excel untuk data sederhana dan menggunakan sofware lain yang sesuai untuk data-data yang kompleks. Kelola data anda dengan baik dan pastikan semua data yang anda olah adalah data valid

Tentukan dan buat desain

Setelah semua data siap pakai, maka sekarang saatnya anda menetukan desain yang akan anda buat. Tentukan desain anda yang sesuai dengan topik dan judul yang sudah anda tentukan. Gunakan intuisi terbaik anda untuk mengembangkan desain yang terbaik untuk konten infografik yang akan anda kerjakan.

Jika anda sudah menetukan desain yang anda kerjakan maka buatlah desain terbaik yang bisa. Manfaatkan semua kemampuan anda dan gunakan sofware komputer yang tepat untuk hasil terbaik.

Diskusikan hasil dengan rekan kerja

Sebagus apapun hasil pekerjaan yang kita lakukan tetap membutuhkan masukan dari rekan kerja. Untuk itu minta teman atau rekan kerja anda untuk memberikan masukan terhadap infografik yang anda buat. Masukan dan saran akan sangat berharga karena subjektifitas seorang pembaca sebagai outsaider sangat membantu dalam menghasilkan karya yang lebih baik.

Revisi dan Publikasi

Berdasarkan saran dan masukan dari rekan kerja anda maka lakukan revisi pada bagian yang anda anggap perlu dan biarkan yang anda anggap memiliki nilai lebih dan tidak perlu revisi. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk revisi jika anda anggap sudah baik dan memiliki alasan yang jelas untuk itu.

Jenis Content Marketing Meme

Jenis Content Meme merupakan konten media yang dirancang khusus untuk disebarkan di sosial media. Tren meme pertama sekali menyebar di Indonesia sesudah adanya media facebook dan twitter. Biasanya meme dibuat sebagai respon netizen untuk sesutu yang dianggap lucu dan menyenangkan untuk disebar. Dan biasa meme dibuat sebagai sarana lucu-lucuan.

Saat ini meme sudah digunakan secara luas disemua media sosial. Tujuan pembuatan meme saat inipun sudah jauh lebih bervariasi dari sekadar humor lucu-lucuan sampai memiliki tujuan khusus yang dirancang sedemikian lupa oleh para ahli.

Meme bisa diterapkan pada semua kebutuhan melalui proses penyampaian informasi sederhana melalui foto, gambar, animasi gif, video singkat yang dirancang untuk memancing orang untuk berpartisipasi untuk berkomentar atau menyebarkan informasi.

Baca Juga : 8 Teknik Digital Marketing Beserta Contohnya

Banyak sekali gaya yang bisa dikategorikan dalam meme, dari joke, foto jenaka, komik sederhana, sampai kutipan, dan bahkan termasuk kompilasi foto yang dibuat lucu pun terkadang masuk dalam kategori meme.

Setiap brand dapat memilih dan menggunakan tipe yang dianggap paling cocok untuk menyampaikan pesan pada konsumen atau calon konsumen. Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah apapun meme yang anda buat pastikan dapat mendukung brand atau produk yang sedang anda promosikan.

Jenis Content Marketing Animasi

Jenis konten animasi seringkali digunakan untuk menjangkau pasar lewat sosial media akhir-akhir ini. Trend dan perkembangan penggunaan animasi semakin berkembang setelah trend berbagi video berkembang lebih dulu.

Seiring dengan perubahan prilaku pelanggan yang lebih antusias dengan video daripaa konten tulisan membuat animasi sebagai bagian dari video digital menjadi sangat diminati saat ini. Setiap hari banyak sekali animasi sebagai produk marketing bertebaran di media sosial dan website.

Animasi adalah salah satu strategi menjangkau konsumen lewat sosial media. Dengan animanis yang baik dan snagat informatif dapat merangsang orang untuk menyimak dan memberikan respon terhadap produk atau brand yang sedang dibicarakan. Animasi dibuat secara spesifik untuk menolong pelanggan dan calon pelanggan memahami brand, produk, atau informasi apapun yang ingin disampaikan brand kepaa pelanggan.

Animasi merupakan cara terbaik untuk membantu brand menjelaskan hal yang rumit dalam waktu singkat kepada pelanggan. Beberapa keuntungan menggunakan animasi dalam marketing adalah sebagai berikut:

  1. Animasi memberikan informasi sangat profesional tentang brand kepada pelanggan.
  2. Animasi dapat menyampaikan semua informasi secara lengkap, jelas, dan snagat mudah kepada pelanggan dalam waktu yang snagat singkat,
  3. Penyebaran informasi lewat animasi sangat cepat dan dapat disebar kemana saja menjangkau target pasar yang sangat luas.
  4. Animasi dapat disebar hampir disemua sosial media dan website sehingga akan snagat efektif untuk semua target pasar yang sedang dibidik.

Sekarang ini sudah banyak yang memanfaatkan animasi sebagai pembuatan konten.

Jenis Content Marketing Youtube

Jenis kontent onten video yang dibagian melalui youtube merupakan konten yang paling banyak ditonton oleh pelanggan saat ini. Appaun informasi yang disebar melalui channel yuoutube akan mendapatkan respon yang baik dari penonton.

Memanfaatkan perkembangan youtube saat ini, banyak sekali brand yang menggunakan youtube sebagai salah satu media untuk menyebarkan informasi marketing. Kebanyakan menggunakan jasa youtuber sebagai endorse untuk publikasi marketing.

Konten marketing ynag dilakukan dengan bekerjasama dengan youtuber sangat membantu dalam marketing. Terlebih youtuber yang digunakan memiliki viewers yang luar biasa. Selain itu konten youtube seperti ini akan bertahan lama karena penonton yang terus berdatangan dan disebar oleh para penonton. Terlebih jika konten menjadi trending tentu akan sangat bermanfaat untuk brand.

Beberapa keuntungan menggunakan konten youtube sebagai sarana marketing adalah:

  1. YouTube akan terus berkembang dan mendapatkan subscriber baru setiap hari. Dengan perkembangan seperti itu tentu saja apapun brand yang diusung akan membuat brand awarness yang luar biasa pada ingatan pengunjung.
  2. Dengan menggunakan salah satu cahnnel youtube untuk berbagi konten yang terus menerus akan sangat berdampak pada posisi brand dimata pengunjungan.
  3. Branding sangat mudah dilakukan apalagi jika youtube memiliki subscriber tetap dalam jumlah banyak dan konsisten.

Jenis Content Marketing E- BOOK

Jenis content marketing ebook merupakan singkatan dari electronik book atau dalam bahas indonesia dikenal dengan buku elektronik. Pada dasarnya ebook merupakan panduan dalam versi digital yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi melalui digital.

Dalam dunia marketing ebook digunakan sebagai media untuk menyebarkan informasi kepada pelanggan atau konsumen, selain itu kontent ebook jufa digunakan sebagai cara untuk menarik minat konsumen untuk terlibat dalam sebuah aktivitas marketing.

Salah satu cara yang peling sering digunakan adalah membagikan ebook untuk mendapatkan kontak pelanggan untuk selanjutnya digunakan dalam email dan mobile marketing.

Fungsi dan Cara Membuat ebook

Baca Juga : Digital Marketing Untuk Bisnis

Adapaun beberapa fungsi ebook lainnya adalah:

  • Sebagai alat untuk meningkatkan brand awarness.
  • Membentuk persepsi pelanggan terhadap sebuah brand.
  • Sebagai alat branding yang luar biasa dahsyat dan bekerja sangat cepat.

Cara Membuat Ebook Yang Baik

Berikut ini cara membuat ebook yang baik adalah:

Tentukan tema ebook

Untuk mengembangkan ebook yang baik maka terlebih dahulu tentukan tema dari ebook yang akan dibuat. Dengan ditentukan tema yang jelas akan memudahkan dalam mengerjakan langkah selanjutnya.

Tema yang jelas dan spesifik akan memberikan kemudahan dalam mengembakan kerangka dan menentukan alur dari ebook yang akan dibuat nantinya. Untuk itu tentukan tema yang spesifik dan bila mungkin tentukan judul langsung setelah tema anda pilih.

Kembangkan kerangka tulisan

Langkah selanjutnya setelah mengembangan tema adalah menentukan kerangka tulisan. Buatlah kerangka tulisan untuk ebook anda sejelas mungkin. Bagilah kerangka dalam beberapa bagian seperti pendahuluan, isi, dan penutup.

Jika isi terdiri dari beberapa bab, maka kembangkan bab1, bab 2, dan seterusnya seuai keingainan anda. Usahakan kerangkan dibuat sejelas mungkin agar penulisan menjadi lebih gampang. Selanjutnya lanjutkan menulis isi ebook anda sampai selesai.

Tentukan typografi dan layout

Setelah anda mengembangkan tulisan maka mulailah untuk menentukan jenis typografi dan membuat layout untuk ebook anda. Bagian ini merupakan bagian yang penting untuk membuat tampilan ebook anda menjadi lebih menarik. Gunakan templet ebook yang sudah ada jika anda belum terbiasa membuat layout ebook.

Buat halaman call to action

Gunakan halam call to action untuk menggugaj pembaca ebook anda untuk menggunakan jasa atau produk yang brand anda sediakn. Buatlah halaman ini simpel dan senatural mungkin. Hindarikata-kata yang terlalu menjual untuk membuat pembaca anda nyaman dan menjaga persepsi yang baik terhadap brand, produk dan ebook anda.

Buat sampul

Siapkan halaman sampul semenarik mungkin. Buatlah ebook anda istimewa dengan tampilan yang mewah. Sesuaikan desain dan warna dengan tema ebook agar terlihat lebih elegan. Konten marketing sangat penting dalam membangun brand awarnes.

Banyaknya pilihan konten dan media penyebaran konten memungkinkan brand memilih konten mana yang tepat disesuaikan dengan media penyebaran informasi dilakukan. Pilihlah konten yang sesuai dengan brand anda dan lakukan secara konsisten.

Namun mengingat begitu banyak media yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi saat ini, maka menggunakan seluruh media dengan konten yang sesuai sangat dianjurkan untuk suksesnya program digital marketing anda.

Semoga artikel Jenis Content Marketing ini bermanfaat dan dapat membantu membangun brand anda menguasai pelanggan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.