Cara Membuat Judul Blog Yang Menarik

Membuat artikel, tulisan, ataupun konten lain untuk sebuah blog membutuhkan pemikiran, waktu, dan tenaga yang tidak sedikit. Setiap blog – baik pribadi maupun bisnis – memang mengharuskan anda memiliki konten yang baik dan menarik. Namun demikian, orang tidak akan tertarik untuk membacanya kalau anda tidak berhasil memberikan judul yang menarik perhatian.

Judul blog adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Judul memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan apakah seseorang akan meng-klik dan membaca isinya. Judul juga akan terlihat pada link artikel, sehingga ketika seseorang membagikan link tersebut kepada orang lain, mereka juga akan tertarik untuk membuka dan membacanya.

9 Tips Cara Membuat Judul Blog Yang Menarik

Bisa dibilang, postingan anda hanya akan dibaca orang lain ketika anda berhasil memilih judul blog yang tepat dan menarik perhatian. Jadi, bagaimanakah cara untuk membuat judul blog yang menarik? Yuk simak beberapa tips berikut.

Pahami Formula Penulisan Judul

Beberapa tahun terakhir, para blogger dan marketer telah melakukan berbagai penelitian untuk mempelajari mengapa judul sebuah blog lebih menarik dan blog tersebut lebih banyak dikunjungi daripada blog-blog lainnya. Melalui pengamatannya, mereka berhasil menyimpulkan bahwa blog-blog yang unggul tersebut memiliki persamaan sebagai berikut :

  • Menampilkan nomor atau angka dalam judulnya. Misal: 11++, 101 Tips, 99 Hal Yang Wajib Diketahui, dan sejenisnya.
  • Menampilkan ringkasan atau menyebutkan apa yang dimuat dalam artikel. Misal: Tips Memadupadankan Busana Kerja Agar Anda Selalu Tampil Cantik dan Menarik, Bahan Alami Terbaik Untuk Rambut Hitam Nan Mempesona, Rekomendasi Body Lotion Yang Mampu Mencerahkan Kulit Anda Seketika, dan sejenisnya.
  • Mengangkat ketenaran sesuatu atau seseorang. Misal: Mau Populer? Ikuti Cara Kim Kardashian Berikut!, Belajar Hidup Sederhana Dari Bos Facebook, Resep Martabak Manis Spesial Ala Anak Jokowi, dan sejenisnya.
  • Menjanjikan sesuatu bagi pembacanya. Misal: Panduan Meningkatkan Kekayaan Anda Hanya Dalam Waktu Satu Minggu, Beberapa Meditasi Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menciptakan Ketenangan Hati, Resep Spesial Valentine Untuk Membuat Pasangan Makin jatuh Hati, dan sejenisnya.

Pelajari Judul Blog Yang Menarik Perhatian Anda

Setiap hari anda tentu membaca artikel – baik di blog, koran, maupun majalah –, menonton video youtube, mengecek email, dan lain-lain. Luangkan waktu untuk memperhatikan yang mana saja yang menarik perhatian anda dan membuat anda tertarik untuk membuka, membaca, atau menontonnya.

Dari sini, cermati dan pelajari apa saja yang membuat judul tersebut menarik bagi anda. Pelajari juga judul-judul mana yang sekiranya tidak membuat anda terkesan, mengganggu, atau bahkan menyinggung perasaan anda. Bila perlu, anda bisa membuat listnya : judul dan apa yang anda rasakan ketika membaca judul tersebut.

Berlatih Menulis Judul Blog

Practice makes perfect. Berlatihlah untuk menulis judul blog setiap hari berdasarkan apa yang sudah anda pelajari dari poin 1 dan 2. Semakin sering anda melakukannya, maka akan terasa semakin mudah.

Semakin banyak dan sering anda melakukannya, maka akan terasa semakin mudah. Berlatihlah setiap hari secara teratur. Tidak hanya melalui blog yang anda miliki, tapi anda juga bisa mencoba mengutak-atik judul blog lain yang menurut anda kurang atau bahkan tidak menarik menjadi versi yang lebih anda sukai.

Justin Blackman – seorang copywriter yang cukup terkenal – pernah menantang dirinya sendiri untuk menulis lebih dari 10.000 judul selama 100 hari. Ia kemudian menemukan perbedaan kualitas yang sangat nyata dari judul-judul yang pertama dan yang terakhir ia buat. Ada progress yang luar biasa! Mengapa demikian? Tentu saja, ini terjadi karena ia memiliki komitmen untuk terus berlatih.

Trik ini bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja, termasuk anda. Mungkin tidak perlu sedemikian ekstrim. Anda bisa meluangkan waktu minimal 10 menit dalam sehari, dan tentu saja anda akan tetap bisa melihat perkembangan yang telah anda lakukan.

Melakukan Riset Untuk Menentukan Keyword Yang Tepat

Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang paling banyak dicari oleh pembaca, apa yang paling menarik perhatian, serta kata kunci apa yang paling banyak mereka gunakan untuk mencari informasi terhadap sesuatu hal. Selanjutnya gunakan dan sebutkan informasi tersebut dalam blog anda.

Terkadang orang terlalu focus pada SEO, memaksa memasukkan keywords berulang-ulang dalam sebuah tulisan tanpa memperhatikan penempatan dan penggunaannya dengan benar. Yang terjadi adalah tulisan tersebut menjadi tidak mengalir, gagal dalam menciptakan konektivitas dengan pembaca, dan pada akhirnya membuat pembaca enggan membaca tulisan-tulisan lain dalam blog tersebut.

Berhati-hatilah. Pastikan keyword yang anda gunakan menyatu dengan keseluruhan artikel yang anda buat.

Buat Alternatif Judul Untuk Setiap Postingan

Seperti dibahas sebelumnya, anda tentu menghabiskan cukup banyak pikiran, waktu, dan tenaga untuk membuat konten anda. Tapi harus diingat, konten tersebut tidak akan pernah dibaca ketika anda gagal dalam membuat judul yang menarik. Konten maupun judulnya haruslah memiliki kekuatan yang proporsional.

Beberapa ahli merekomendasikan agar anda meluangkan waktu khusus untuk menulis judul sama seperti yang anda lakukan ketika membuat kontennya.

Buatlah beberapa alternatif judul untuk satu konten yang sama, bagikan kepada teman ataupun kolega anda, dan minta feedbacknya. Selain mempermudah, anda juga mendapatkan pemahaman tambahan tentang judul mana yang lebih disukai oleh orang lain.

Terkadang judul yang kita sukai justru tidak menarik bagi mereka. Demikian juga sebaliknya. Tidak masalah, semakin banyak sample yang anda minta pendapat, semakin mudah bagi anda untuk menentukan judul mana yang sekiranya paling menarik perhatian pembaca.

Jangan Terlalu Banyak Berjanji

Pernah melihat judul yang sering disebut dengan istilah klikbait? Saya, sangat sering! Tidak hanya di artikel, namun juga di youtube dan berbagai platform lainnya. Dan saya hampir selalu terpancing emosi ketika terjebak dalam lingkaran klikbait ini.

Saya rasa bukan hanya saya yang merasakan. Anda, dan banyak orang lainnya, tentunya akan dan sering merasa kecewa ketika mendapati bahwa konten yang anda buka ternyata tidak memberikan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka janjikan dalam judul.

Untuk platform yang penghasilannya dihitung berdasarkan jumlah klik yang mereka dapatkan, jenis judul klikbait mungkin masih masuk akal untuk digunakan. Namun kalau terkait bisnis, atau anda ingin memeroleh kepercayaan dari pembaca terkait konten yang anda miliki, maka jangan pernah menggunakannya.

Pastikan bahwa judul yang anda buat sesuai dengan isi postingan anda. Jangan menjanjikan sesuatu semacam “Panduan Jitu BlaBla”, kalau yang anda tulis hanyalah dasar-dasar teori yang siapapun bisa membacanya dimana saja.

Kalau postingan anda biasa saja, buatlah judul dengan bahasa yang menarik tanpa janji-janji surga. Demikian juga sebaliknya. Kalau anda membuat judul yang bombastis, pastikan postingan anda memberikan sesuatu sesuai yang anda janjikan.

Melibatkan Emosi

Tahukah anda bahwa seringkali pembaca mengklik sebuah postingan karena merasakan adanya koneksi emosional? Atau membagi suatu postingan karena ingin orang lain merasakan hal yang sama seperti yang mereka rasakan?

Beberapa peneliti menyatakan bahwa keputusan untuk membuka maupun membagi sebuah postingan memang seringkali merupakan keputusan emosional, terutama untuk judul yang bersifat menginspirasi ataupun memotivasi. Gunakan istilah-istilah yang bersifat intim, mengejutkan, menenangkan, atau bentuk emosi lainnya.

Pikirkan baik-baik apa yang anda inginkan untuk mereka rasakan saat membaca postingan anda. Gambarkan itu dengan jelas. Semakin mereka tergerak secara emosional, mereka tidak akan berhenti hanya dengan membaca postingan anda saja. Mereka akan membaginya kepada orang lain, dan ini bisa berkelanjutan.

Ketika anda menulis judul tidak hanya dengan logika – namun juga dengan hati dan emosi – , anda akan terkejut melihat seberapa banyak yang merespon dan menanggapinya.

Spesifik

Anda mungkin pernah berpikir bahwa judul yang sedikit misterius – hanya menampilkan sedikit informasi – akan menarik orang untuk mengklik dan membaca postingan anda lebih lanjut. Salah besar! Orang justru akan melewatkannya begitu saja. Orang cenderung menyukai kepraktisan ketika mencari informasi. Mereka hanya akan mengklik judul yang sekiranya memuat jawaban atas apapun yang mereka butuhkan.

Dari sekian banyak informasi yang muncul saat orang menekan tombol search pada mesin pencarian, akan muncul begitu banyak rekomendasi. Pada posisi ini, anda berkompetisi dengan ribuan artikel lainnya, dan anda hanya memiliki waktu beberapa detik sebelum mereka mengambil keputusan dan menentukan pilihan.

Tugas anda adalah membuat judul seinformatif mungkin sehingga mampu meyakinkan orang memilih blog anda, membuka, dan membacanya lebih lanjut.

Selalu Pahami Bahwa Anda Menulis Judul Untuk Audiens

Anda tidak perlu membuat semua orang di dunia maya menyukai judul blog anda, tapi anda butuh orang-orang yang menjadi target audiens anda untuk menyukainya. Kalau memang bukan target anda, untuk apa buang-buang waktu dan memaksakan diri?

Poin 1-8 dalam artikel ini akan sangat membantu anda untuk memulai langkah anda dalam membuat judul blog yang baik dan menarik. Namun lama kelamaan – seiring berkembangnya waktu dan semakin banyaknya tulisan yang dipunlikasikan – anda akan mampu menganalisa sendiri judul seperti apa yang paling diminati oleh audiens anda.

Ingatlah bahwa anda tidak menulis untuk anda sendiri, tidak agar anda terlihat pintar dan hebat, tidak juga untuk membuktikan diri di depan orang lain. Anda menulis untuk audiens anda, titik. Pelajari apapun yang menarik bagi mereka, apapun yang mereka butuhkan. Selalu gunakan dasar pemahaman ini ketika anda memutuskan untuk menulis judul. Ingat, mereka bukan anda!

Meskipun tampak melelahkan dan merepotkan, membuat judul blog yang menarik adalah hal yang wajib dilakukan. Memang tidak mudah. Terkadang akan ada masanya ketika anda mungkin merasa jenuh, bosan, lelah, atau merasa membuang-buang waktu anda hanya untuk membuat sebuah judul.

Baca Juga: Jasa Penulis Artikel Seo

Kalau anda merasa demikian, ingatlah bahwa berhasil atau tidaknya blog anda ditentukan oleh sebuah hal yang tampaknya kecil : JUDUL BLOG YANG MENARIK. Kalau anda tidak mau kerja keras anda saat membuat sebuah konten menjadi sia-sia karena tidak ada seorangpun yang tertarik membuka dan membacanya, maka lakukanlah 9 tips di atas. Mulailah belajar, sekarang juga!

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.