10 Kelebihan Dan Kekurangan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui!

10 Kelebihan Dan Kekurangan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui! – Saat ini digital marketing menjadi salah satu media promosi yang paling di gemari oleh para pengusaha. Ini di karenakan digital marketing memiliki banyak sekali manfaat untuk perusahaan yang dimiliki oleh para pengusaha tersebut. Apalagi saat ini dimana pada era modern perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan banyak pengusaha untuk selalu berusaha menggunakan cara terbaru untuk mempromosikan perusahaan yang ia miliki.

Sebab jika para pengusaha tidak mengikuti perkembangan teknologi dan juga zaman maka perusahaan mereka akan tertinggal dan tentu saja menjadi kalah bersaing dengan perusahaan yang lainnya. Apabila perusahaan sudah kalah bersaing maka perusahaan tersebut tidak akan bisa berkembang dan menjadi sukses.

Salah satu dampak yang paling jelas terlihat dari perkembangan teknologi adalah para pengguna internet yang semakin banyak dan terdiri dari semua lapisan masyrakat. Bahkan tidak hanya yang masih muda saja yang mengakses atau memanfaatkan kemudahan internet namun juga para orang tua kini banyak yang menggunakan internet. Baik itu sekedar untuk mencari informasi maupun untuk memanfaatkan fasilitas yang lainnya.

Apalagi bagi seseorang yang menyukai belanja maka mereka pasti menggunakan internet. Mengapa demikian? Sebab saat ini internet memudahkan bagi siapa saja yang ingin berberlanja. Karena setiap orang bisa mendapatkan informasi lengkap tentang produk yang ia inginkan dan berapa harga terbaik dari produk tersebut.

Kelebihan Digital Marketing Untuk Bisnis

Sebuah media promosi yang di gunakan oleh banyak orang tentu saja harus memiliki beberapa kelebihan yang membedakan media promosi tersebut dengan jenis media promosi yang lainnya. Karena dari kelebihan ini lah kemudian setiap orang menjadi bisa menilai media promosi mana yang akan ia gunakan.

Baca Juga : Konten Marketing Untuk Produktivitas Bisnis

Sama hal nya seperti digital markerting, dimana media promosi satu ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak di miliki oleh media promosi yang lainnya. Karena kelebihan yang di punyai oleh digital marketing ini lah yang menjadikannya di gemari oleh banyak orang sebagai media promosi. Adapun kelebihan dari digital marketing untuk bisnis Anda adalah:

Target Yang Bisa Di Atur Sesuai Kehendak Anda

Kelebihan pertama yang di miliki oleh media promosi digital marketing adalah target customer yang bisa Anda sesuaikan sesuai dengan harapan Anda. Karena digital marketing memiliki beberapa tipe sehingga Anda bisa memilih salah satunya.

Dimana Anda bisa memilih untuk menggunakan digital marketing yang mana. Dengan adanya ketersediaan pilihan ini maka Anda akan lebih mudah menargetkan jumlah yang customer yang ingin Anda jangkau.

Jika Anda mengharapkan lebih banyak customer yang menggunakan jasa atau membeli produk di perusahaan Anda maka Anda bisa menggunakan digital marketing yang lebih mahal dan menjanjikan di bandingkan yang lainnya.

Memberikan Hasil Dalam Waktu Yang Singkat

Setiap orang tentu saja ingin mendapatkan hasil yang cepat setelah membayar sebuah jasa seo digital promosi. Apalagi jika biaya promosi tersebut tidak sedikit maka hasil yang maksimal pun yang paling di harapkan.

Namun tidak semua jasa promosi sebuah perusahaan memiliki kualitas yang sama pada hasil yang akan di berikan. Karena terkadang ada jasa promosi perusahaan yang memiliki biaya mahal namun hasil kurang maksimal.

Beda halnya jika Anda memilih menggunakan digital marketing untuk mempromosikan perusahaan Anda maka hasil yang akan Anda dapatkan bisa sangat baik dan terhitung dalam jangka waktu yang cepat.

Biaya Promosi Yang Lebih Terjangkau

Biaya promosi yang cukup mahal dari sebuah media promosi hingga saat ini masih menjadi masalah yang cukup membuat pusing para pengusaha utamanya para pengusaha baru yang akan baru merintis perusahaannya dari awal.

Karena terkadang sebuah media promosi yang memang memiliki jangkauan luas bisa mematok biaya hingga puluhan juta hanya untuk sekali iklan saja. Padahal terkadang biaya yang tinggi tidak sebanding dengan hasil yang di berikan.

Namun hal ini tidak akan temukan jika Anda memilih menggunakan digital marketing untuk media promosi Anda. Sebab promosi menggunakan digital marketing tidak membutuhkan banyak budget namun bisa memberikan hasil yang maksimal.

Jangkauan Promosi Yang Sangat Luas

Seperti yang Anda ketahui jika internet memiliki jangkauan yang sangat luas bahkan bisa mencakup hingga seluruh dunia. Contohnya saja di Indonesia, pengguna internet tidak hanya ada di kota besar namun juga ada di perdesaan yang bisa di bilang terletak pada tempat yang terpencil.

Karena fakta ini lah maka bisa di bilang iklan melalui internet bisa menjangkau customer dalam kuota yang lebih banyak di bandingkan dengan iklan menggunakan media yang lainnya. Sebab hanya dengan satu kali iklan saja sudah banyak orang yang akan mengenal perusahaan Anda.

Hasil Yang Nyata Dan Dapat Di Perhitungkan

Setiap pengusaha yang melakukan promosi tentu memiliki harapan agar setiap produknya di kenal oleh orang banyak. Sehingga customer yang semula belum pernah mengenal tentang perusahaan Anda menjadi lebih mengenal perusahaan Anda.

Kabar baiknya, promosi menggunakan digital marketing itu artinya setiap hasil yang Anda inginkan bisa Anda perhitungkan. Atau kata lainnya adalah tinggi atau rendahnya keuntungan Anda bisa Anda ukur dan pastikan sendiri melalui iklan digital marketing ini.

Sebab Anda bisa menggunakan digital marketing dengan biaya yang cukup mahal namun dengan hasil yang maksimal. Sehingga berapapun jumlah customer baru yang ingin Anda dapatkan bisa tertasi tentunya.

Bisa Untuk Promosi Personal

Jika Anda berfikir bahwa digital marketing hanya bisa di gunakan untuk promosi perusahaan saja maka Anda salah besar. Sebab media promosi melalui internet satu ini tidak hanya bisa di gunakan untuk mempromosikan perusahaan atau bisnis yang Anda miliki. Namun juga bisa Anda gunakan untuk media promosi personal atau perseorangan. Inilah mengapa digital marketing di sebut sebagai media promosi yang multifungsi.

Multifungsi disini dapat di artikan sebagai media promosi yang tidak hanya bisa mempromosikan satu bidang saja namun juga bisa di gunakan untuk mempromosikan beberapa bidang yang tidak saling berhubungan. Sehingga hanya dengan satu media promosi Anda bisa beriklan untuk beberapa bidang.

Sebagai Tempat Untuk Komunikasi

Kelebihan selanjutnya yang di miliki oleh digital marketing adalah bisa di gunakan untuk media komunikasi. Media komunikasi disini di artikan sebagai komunikasi antar penjual atau pengusaha dengan customer.

Bahkan ada beberapa media digital marketing yang menyediakan jasa 24 jam non stop. Sehingga ketika Anda menggunakan digital marketing untuk mempromosikan perusahaan Anda maka Anda tidak perlu setiap jam stand by di depan komputer.

Sebab sudah ada digital marketing yang akan menjawab setiap peranyaan yang ajukan pada perusahaan Anda. Anda tinggal menerima setiap pesanan yang masuk dari para customer yang baru.

Bisa di Gunakan Untuk Mengambil Keuntungan Dari Media Sosial

Seperti yang kita ketahui jika saat ini pengguna media sosial dalam bentuk apapun sudah sangat banyak dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan pengguna media sosial ini juga di dasari oleh kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan adanya perkembangan teknologi.

Dan setiap orang sudah memiliki kesadaran bahwasannya jika ia tidak mengikuti perkembangan zaman maka ia akan tertinggal banyak sekali informasi dan bisa di bilang tertinggal peradaban. Karena fakta ini lah kemudian para digital marketer memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk meletakkan iklan mereka di media sosial tersebut.

Persaingan Antar Pebisnis Terorganisir

Selain bisa membuat usaha Anda semakin meningkat, promosi menggunakan digital marketing juga bisa di gunakan untuk tempat pengelompokan para pesaing bisnis. Bisa di bilang di dalam dunia digital marketing para pebisnis di kelompokan sesuai dengan golongannya dan beriklan sesuai ketentuan developer.

Namun jika di dunia nyata persaingan bisnis bisa di bilang sangat lah menakutkan karena setiap pengusaha bisa melakukan apapun untuk memajukan perusahaannya tanpa memperdulikan peraturan yang ada.

Namun hal ini tidak berlaku pada digital marketing, karena setiap pengusaha wajib tunduk pada peraturan pemilik website yang mengiklankan perusahaan tersebut. Jika pengusaha tidak patuh maka iklan tidak akan di jalankan.

Tidak ada batas waktu

Jika pada iklan media cetak atau media tv maka iklan yang Anda bayar akan di tayangkan sesuai dengan jangka waktu yang telah di sepakati dan bisa menghilang jika jangka waktu tersebut sudah lebih. Jika jangka waktu sudah habis maka Anda harus membuat iklan baru lagi dan membayar kembali.

Namun berbeda jika Anda memilih untuk promosi menggunakan digital marketing. Sebab setiap iklan perusahaan yang Anda bayar bisa ada terus menerus dan tidak terbatas pada waktu. Apalagi jika Anda beriklan pada website yang Anda miliki sendiri maka tidak ada batasan waktu untuk iklan Anda tersebut.

Kekurangan Digital Marketing Untuk Media Promosi

Meskipun memiliki kelebihan namun bukan berarti digital marketing tidak memiliki kekurangan sama sekali. Karena sampai saat ini belum ada sebuah media promosi yang tidak memiliki kekurangan sama sekali. Dan tentu saja Anda sebagai seorang pebisnis sudah mengerti akan hal ini. Sebab bagi para pebisnis sebuah bisnis tidak hanya bisa memberikan keuntungan saja namun ada resiko kerugian yang akan di derita oleh pebisnis tersebut.

Hal ini sudah seperti hukum di dalam bisnis dimana para pengusaha harus siap menerima kerugian jika ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Adapun kekurangan yang di miliki oleh digital marketing adalah:

Mudah Ditiru

Di Indonesia masalah plagiatisme atau peniruan sangatlah marak dan sudah tidak terhitung lagi. Ini di karenakan belum ada hukum pasti tentang perilaku plagiat ini. Padahal keberadaan para pihak plagiat yang tidak bertanggung jawab ini sangat lah merugikan oleh para pencipta.

Mengapa demikian? Sebab pihak plagiat tidak perlu berfikir untuk menciptakan suatu karya dan tinggal meng copy atau meniru karya yang sudah ada.

Sama halnya dengan iklan dengan media digital marketing. Dimana kekurangan nya adalah mudah sekali di tiru. Ini di karenakan iklan ada di internet dan hak milik yang belum pasti. Ini lah alasan mengapa iklan di digital marketing mudah sekali di tiru.

Pesaing Yang Semakin Banyak

Karena setiap orang mulai menyadari bahwa internet sangat berguna untuk memajukan usaha mereka maka dari waktu ke waktu semakin banyak juga pengusaha yang menggunakan internet sebagai media promosi melalui digital marketing.

Karena hal ini kemudian para pesaing bisnis yang Anda miliki juga semakin banyak. Sebab dari waktu ke waktu semakin banyak pula pengusaha yang memilih digital marketing untuk media promosi.

Adanya pesaing bisnis yang semakin banyak maka perusahaan Anda juga bisa di bilang semakin mudah untuk di geser. Ini lah mengapa penting untuk Anda menciptakan iklan yang berbeda dari iklan sejenis dan tentu saja dengan jasa pengiklan yang terpercaya.

Kreatifitas Di Pertaruhkan

Sama seperti yang di bahas pada point no satu bahwa persaingan bisnis di dalam digital marketing sangat lah banyak. Karena banyak nya persaingan iklan ini lah maka kemampuan digital marketing di perlukan.

Karena dari kreatifitas ini maka setiap para pembuat digital marketing ini lah yang membedakan antara satu iklan dengan iklan yang lainnya. Sebab hal ini lah kemudian setiap orang di paksa harus mampu menciptakan sebuah iklan dengan kreatifitas yang sangat tinggi. Sebab jika kalah dalam segi kreatifitas pembuatan iklan maka iklan perusahaan tersebut pasti tergeser.

Tidak Selalu Cocok

Kekurangan selanjutnya dari promosi menggunakan digital marketing adalah tidak selalu cocok antara pembuat iklan dengan pemilik perusahaan dan juga dengan customer. Jika perusahaan mengidekan sebuah iklan bisnis yang dianggap cocok namun ternyata sama sekali tidak cocok dengan customer maka iklan tersebut tidak akan mendatangkan customer baru.

Karena setiap customer memiliki selera yang berbeda dan tidak selalu sama dengan minat orang lain. Sebab ini lah mengapa banyak perusahaan yang bisa mendapat kerugian sebab iklan yang tidak diminati oleh customer. Bahkan tidak jarang juga target yang sudah di tetapkan tidak bisa terpenuhi karena iklan yang kurang diminati.

Reputasi Perusahaan Yang Mudah Sekali Hancur

Biasanya di dalam digital marketing di sediakan kolom bagi konsumen agar bisa memberikan ulasan pada perusahaan yang dituju. Jika ulasan bagus maka traffic pengunjung perusahaan Anda maka semakin meningkat. Sebab ulasan dari para customer lama bisa di bilang sangat berpengaruh untuk menarik minat para customer baru.

Begitupun sebaliknya jika ada satu saja ulasan yang buruk maka reputasi perusahaan Anda juga akan hancur dengan sendirinya. Bahkan terkadang ada beberapa customer yang sengaja memberikan ulasan negatif hanya agar perusahaan tersebut hancur sehingga pesaing berkurang. Dan hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa mengatasi hal ini.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Digital Marketing Untuk Bisnis

Itu tadi 10 Kelebihan Dan Kekurangan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui!. Jika di lihat perbandingan antara kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh media promosi digital marketing maka terlihat sangat mencolok. Dimana kelebihannya jauh lebih banyak di bandingkan kekurangannya. Ini berarti penggunaan digital marketing sebagai media promosi masih sangat cocok untuk di gunakan sebagai media promosi untuk perusahaan Anda.

Namun sebelum menggunakan digital marketing untuk promosi maka ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa saja jenis dari digital marketing dan jenis atau tipe yang mana yang cocok untuk Anda. Karena tidak semua modal yang tinggi memberikan hasil yang maksimal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.