Kelebihan dan Kekurangan SEO

Kelebihan dan Kekurangan SEO – SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk menggunakan web master (website) untuk menempatkan website pada posisi halaman yang paling mudah di temukan para pencari informasi yang menggunakan kata kunci / keyword yang sesuai dengan isi website secara organik. Yang dimaksud dengan organik adalah “membuat sebuah website dengan memenuhi kriteria yang baik yang kemudian akan di tempatkan dihalaman yang paling baik”.

Ada puluhan hal-hal yang harus benar-benar diperhatikan dan di jalankan yang biasa dikenal dengan istilah optimasi on page dan ditambah dengan off page serta hal-hal lain yang harus dihindari seperti Spamming, cloacking, otomatis dll. Optimasi Website SEO organik pasti membutuhkan waktu untuk bisa sukses (muncul di halaman pertama). Waktu untuk muncul di halaman utama sangat relatif sekali tergantung pada jumlah dan kualitas persaingan dari kata kunci yang digunakan.

Baca Juga : Jasa Penulis Artikel SEO Berkualitas

Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan SEO?

Nah, sebelumnya perlu Anda ketahui juga SEO bisa gratis jika anda bisa menerapkan sendiri, namun juga cukup mahal jika menggunakan jasa SEO yang rata-rata membutuhkan waktu 3-6 bulan. Jumlah kata kunci yang muncul di halaman pertama adalah keuntungan terbesar menggunakan SEO karena akan lebih banyak menjangkau visitor secara organik setiap saat tanpa biaya.

Google ads bisa murah namun bisa juga sangat mahal tergantung kompetisi pengiklan. Rata-rata per klik saat ini mencapai Rp 1000 – Rp 5000. Selain budget harian, biaya Google ads sangat tergantung kualitas score yaitu landing page website dan kompetisi pengikalan, anda tidak akan bisa memperoleh hasil terbaik tanpa mempunyai kualitas score Google Ads yang baik.

Kelebihan Menggunakan SEO

Lebih lengkapnya lagi berikut adalah Kelebihan Menggunakan SEO, simak yuk!

Meningkatkan Brand Awareness

Kebanyakan orang biasanya melakukan pencarian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mengetahui produk yang akan dibelinya secara mendetail, misalnya mulai dari bentuk fisik, bahan, harga produk, manfaat produk, cara pakai, dan sebagainya.

Ini adalah medan pertempuran yang harus Anda menangkan. Misal, Anda adalah pemilik brand sepatu laki-laki dan telah berhasil mengoptimasi keyword “sepatu sneakers pria”, maka setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut akan melihat website Anda di urutan pertama. Dengan demikian, popularitas brand Anda juga akan semakin meningkat.

Semakin dikenalnya brand Anda, maka akan semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Misalnya saja, tingkat kepercayaan audiens yang meningkat, konversi audiens menjadi konsumen yang lebih tinggi, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan produk Anda.

Hemat Biaya

Bisa dikatakan, strategi pemasaran melalui SEO tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan mungkin saja gratis apabila Anda sudah memahami SEO dengan baik, memiliki pengalaman teknis terkait SEO, dan memiliki waktu luang yang banyak.

Ada banyak sekali penyedia jasa SEO dengan yang bisa Anda pilih di luar sana dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan preferensi dan kemampuan budget Anda.

Mendapatkan Data Konsumen

Banyak pelaku bisnis online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media dengan tujuan untuk memperoleh data kontak seperti email, nomor ponsel, alamat, dan sebagainya dari audiens mereka.

Dengan mengetahui data audiens, maka suatu brand akan lebih mudah mengenali karakteristik ataupun perilaku audiens, sehingga brand tersebut dapat mendekati audiens mereka dengan lebih personal. Dalam dunia pemasaran, pendekatan secara personal dengan audiens ataupun konsumen adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan, sekaligus meningkatkan loyalitas mereka sebagai konsumen. Untuk bisa memanfaatkan data audiens, Anda juga perlu layanan lain untuk menyimpan data base tersebut. Misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list audiens Anda.

Kekurangan Menggunakan SEO

Kekurangan Dari SEO Untuk Menguasai Pasar Online. Setelah kita berbicara tentang kelebihan SEO untuk mengusai pasar online dengan menduduki posisi teratas atau di laman pertama hasil pencariam mesin pencari per kata kunci tertentu, rasanya tidak fair jika kita tidak membahas mengenai kekurangan atau kelemahannya juga.

Sebab untuk mengambil langkah atau tindakan tentunya membutuhkan suatu pertimbangan yang lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan termasuk untuk SEOd an periklanan dunia online ini. nah, kali ini atau dalam bahasan ini kita akan membahas mengenai kekurangan SEO atau kekurangan dari pelaksanaan SEO untuk menguasari pasar dunia online untuk bisnis online ini dengan menjadikan website menduduki posisi paling ideal di laman hasil pencarian mesin pencari per kata kunci tertentu. Langsung saja kita masuk ke inti bahasannya.

Prosesnya Lama

Satu hal yang menjadi suatu kekurangan atau kelemahan SEO ini yang paling membuat orang menolaknyaadalah prosesnya yang lama. Sebab proses bisnis online atau pelaksanaan bisnis online tentunya membutuhkan langkah dan dampak yang cepat dirasakan dan dilihat visualisasinya dan ini bertentangan sekali dengan fakta dari SEO ini.

Seo dijalankan dengan proses yang sangat panjang apalagi jiak kategori bdiangnya sudah banyak pesaingnya dan pesaingnya sudah memiliki kualtitas persaingan tinggi di posisi teratas. Bagaimana mungkin website kita yang masih baru beridiri atau baru di SEO kan bisa lekas mengalahkan mereka yang sudah berusia lebih alama dan sudah lebih dahulu berkecimpung dan bersaing di bidang itu ? tentu ini menjadi suatu proses dan perjalanan yang panjang dan tentunya akan sangat melelahkan.

Baca Juga : Memilih Jasa SEO Bulanan Terbaik

Maka hampir bisa dikatakan ini tidak cocok untuk anda yang memang buru buru atau proses bisnis anda tidak bisa berjalan lambat. Minimal anda bisa melakukan SEO ini bersamaan dengan pelaksanaan layanan periklanan dunia maya sebagai pendukungnya.

Prosesnya Rumit

Satu lagi yang menjadi batu sandungan dan membuat orang enggan melakukan SEO adalah kerumitan dari setiap proses dan triknya. Untuk menjalankan SEO membutuhkan proses dan trik trik khusus dan semuanya ini tidak mudah dilakukan, membutuhkan banyak kemampuan dan pengetahuan untuk melakukannya dan hampir bisa dikatakan tidak ada yang mudah.

Dan ini menjadi fakta yang paling membuat banyak roang enggan melakukan SEO ini untuk menguasai pasar online atau pasar internet ini. tentu tidak akan mudah mengatasi kerumitan ini bukan ? apalagi untuk anda yang beanr benar masih baru mengenal SEO.

Pemebelajaran Yang Banyak

Selain waktu atau proses yang panjang dan rumit, kita juga harus menghadapi kenyataan begitu banyaknya pembelajaran yang harus kita lakukan dan dapatkan. Sebab trik atau cara yang digunakan dalam SEO ini ada banyak sekali dan setiap trik itu mendukung satu sama lain, jika kita tidak melakukan semuanya maka akan berpeluang besar terjadi ketimpangan.

Nah, untuk mengatasinya tentu kita membutuhkan banyak pembelajaran dan menguasainya, namun kendalanya adlaah, apakah anda bisa mengatasi semua kesulitan, semua proses dan apakah anda bisa menyisihkan banyak waktu itu belajar SEO yang panjang dan lebar ini ?

Selalu Berubah Ubah

Selain panjang rumit dan pembelajaran yang banyak, SEO ini sifatnya berubah ubah. Sebab ada kaitannya dan menyangkut dengan yang namanya search engine dan search engine ini tentunya bekerja berdasarkan algoritma atau alurnya tersendiri. Nah, sifat algoritma ini sendiri selalu berubah ubah dan tidak tetap, jadi pelaksanaan SEO ini tentunya akan berubah ubah juga.

Saingannya Banyak

Persaingan dalam pelaksanaan SEO ini juga sangat banyak. Sebab pelaku bisnis yang tertarik dengan gratisnya SEO ini tentunya bukan anda seorang, tetapi ada ribuah bahkan jutaan pebisnis atau blogger lain yang juga tertarik melakukan SEO terhadap websitenya.

Baca Juga : Manfaat Seo Off Page dan Tekniknya

Apalagi mereka mereka yang sudah lama dan sudah maju dan unggul jauh dari para pesaingnya termasuk anda yang baru ingin melakukan SEO, tentunya kenyataan ini akan semakin memperkecil peluang sukses anda dan semakin menipiskan keterjaminan anda.

Fakta yang sangat menyakitkan adalah, anda akan semakin susah dan terus kesulitan mengalahkan mereka mereka yang sudah unggul dan sukses melaksanakan SEO terhadap websitenya dan website mereka itu sudah muncul di posisi teratas di laman terdepan hasil pencarian mesin pencari macam google dan sejenisnya. Ini akan semakin sulit dilawan sebab mereka juga tidak akan tinggal diam saja walaupun sduah unggul dan sukses seperti itu, mereka tetap akan menjalankan SEO terhadap website miliknya itu.

Itulah kelebihan dan kekurangan SEO, jadi bagaimana kamu masih mau mempertimbangkan penggunaan SEO tidak?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.