Kerja Sampingan Untuk Anak Sekolah

Di era modern dan serba mahal seperti saat ini, orang orang berlomba – lomba mencari uang sebanyak – banyaknya untuk memenuhi kebutuhannya. Baik dari kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier.

Pada kenyataannya, sebagian orang mengeluhkan gaji yang mereka dapatkan di kantor tempat mereka bekerja, tidak dapat memenuhi kebutuhan harian mereka. Untuk itulah mereka harus memutar otak untuk mendapat penghasilan tambahan demi mencukupi kebutuhan.

Tidak hanya orang yang sudah bekerja saja, bahkan para mahasiswa dan anak yang masih sekolah SMA/SMK pun sekarang banyak sekali yang mencari pendapatan tambahan untuk membayar biaya pendidikan, atau untuk menambah uang saku mereka.

Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Anak SMA dan SMK

Bagi kalian anak SMA maupun SMK yang juga sedang ingin mendapat uang tambahan tetapi masih bingung harus bekerja apa, kali ini kita akan membagikan kepada kalian 10 pekerjaan yang cocok untuk anak Sekolah, dan bagaimana cara mendapatkannya.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Weblog

Mau tau ? simak artikel ini sampai selesai yaa…

Design Grafis

Untuk kalian anak SMA / SMK yang memiliki keahlian design grafis, atau hobi dengan design grafis, kalian bisa menghasilkan uang dari hobi kalian loh. Kalian bisa memulai dengan membuat beberapa design terbaik untuk dijadikan portofolio.

Kamu bisa mempromosikan dan menjual hasil design kamu ke teman, saudara, ataupun orang lain yang tidak kamu kenal. Pekerjaan design grafis biasanya meliputi design logo, banner, name card, flyer, brosur, infografis, dan lain lain.

Kamu bisa mematok harga designmu sesuai tingkat kesulitan pekerjaan yang kamu terima. Selain menjual hasil design, kamu juga bisa mencoba membuka jasa design, jadi tugasmu adalah membuat design sesuai keinginan pelanggan.

Membuat Animasi

Bagi kalian yang juga senang dan paham tentang pembuatan animasi baik 2D maupun 3D, kalian bisa juga menjadikan keahlian kalian itu menjadi sumber pendapatan kalian.

Kalian bisa mempromosikan hasil animasi yang kalian buat, atau bisa juga membuka jasa pembuatan animasi sesuai keinginan pelanggan.

Programmer

Bagi kamu yang anak SMK jurusan IT dan mahir dalam pelajaran programming, kalian juga harus mencoba menyalurkan ilmu yang sudah kalian dapatkan untuk meraih uang tambahan yang bisa digunakan untuk membayar biaya pendidikanmu, atau hanya sekadar membeli makanan ringan.

Kamu bisa menawarkan jasamu ke berbagai perusahaan atau orang orang yang sekiranya membutuhkan jasa programmer. Selain itu kamu juga bisa mencari pekerjaan part time programmer atau pekerjaan remote, kamu bisa mencarinya di google, ada banyak sekali pekerjaan remote untuk programmer.

Edit Foto

Untuk kalian yang memiliki skill atau hobi editing foto, kamu juga bisa mengubah hobimu itu menjadi pekerjaan yang bisa membantu kamu mendapat penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual hasil karyamu ke instagram atau melalui media promosi lain.

Biasanya produk yang bisa dijual dan memerlukan skill editing foto adalah seperti pembuatan vektor dan karikatur. Kamu juga bisa membuka jasa edit foto dirumahmu dengan hanya bermodalkan laptop dan skill editingmu saja.

Pekerjaan edit foto yang paling mudah adalah menghapus background foto, biasanya banyak orang yang membutuhkan jasa ini, untuk media iklan ataupun hal lainnya.

Data Entry

Bagi kalian juga yang memiliki kemampuan mengetik dengan cepat, dan ketelitian dalam bekerja, kalian harus mencoba pekerjaan data entry.

Pekerjaan data entry ini mengharuskan kalian untuk memasukkan banyak data kedalam format yang diinginkan oleh pemilik data, biasanya excel. Disinilah kecepatan, ketepatan, dan ketelitianmu dalam berkerja diuji.

Untuk melakukan pekerjaan data entry kamu harus memiliki tingkat konsentrasi dan ketelitian yang cukup tinggi, karena dalam memasukkan data tidak boleh sampai ada yang salah, apalagi jika data yang harus kalian entry berjumlah ratusan hingga ribuan data, kesabaran juga sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Menulis Artikel

Menulis artikel juga menjadi pilihan pekerjaan yang cocok juga untuk anak SMA, karena bisa dikerjakan kapan saja saat kalian memiliki waktu luang, asalkan kalian harus memperhatikan deadline pekerjaannya.

Jasa Mengerjakan PR

Nah, bagi kalian anak anak SMA yang merasa pintar dalam suatu pelajaran tertentu, misal matematika, kalian bisa membuka jasa mengerjakan PR adik kelasmu baik yang SMA/SMK, SMP/Mts atapun yang SD/MI.

Biasanya untuk harga megerjakan PR ini kalian cukup memberi harga Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per soal yang kamu kerjakan.

Namun dalam melakukan pekerjaan ini, kamu juga jangan hanya menjawab soalnya dengan jawaban yang singkat, kamu harus melakukan penjabaran atau penjelasan atas jawaban yang sudah kamu berikan, sehingga mereka yang bertanya kepada kamu, tidak hanya mengetahui hasilnya saja, tetapi juga mengetahui bagaimana cara mengerjakannya.

Admin Sosial Media

Menjadi admin sosial media juga bisa menambah penghasilanmu, kamu bisa mencari pekerjaan semacam ini di google, atau di instagram. Biasanya ada orang yang memiliki usaha baru di instagram, membutuhkan bantuan admin untuk mengelola akunnya itu.

Reseller

Reseller juga bisa menjadi alternatif pekerjaan untuk kamu, kamu bisa menjadi reseller dalam produk pakaian, aksesoris hp, makanan, atau yang lainnya.

Keuntungan menjadi reseller adalah kamu tidak perlu menyediakan stok barang yang banyak, kamu hanya mempromosikan produk yang kamu jual saja, kemudian saat ada yang membeli, barulah kamu mengambilnya ke partner resellermu.

Dropshipper

Pekerjaan dropshipper juga bisa jadi alternatif untuk kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan. Perbedaan dropshipper dan reseller adalah kalau reseller kamu tetap harus mengambil barang pesanan customer ke toko, jadi kamu tetap harus memiliki uang untuk membeli barang pesanan customer mu ke toko.

Tetapi kalau dropshipper, kamu benar benar tidak perlu menyiapkan uang, kamu hanya mempromosikan produk yang akan kamu jual dari toko, kemudian kalau ada yang pesan, kamu tinggal menghubungi tokonya dan nanti toko itu langsung mengirimkan barangnya ke customermu.

Tenang saja, mereka akan mengganti data pengirimnya dengan namamu, sehingga saat customer menerima barangnya, yang tertera di data pengirim adalah nama, alamat, dan nomor HP mu.

Intinya dalam memilih pekerjaan sampingan, kamu harus memikirkan bagaimana waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut, pilihlah pekerjaan yang sekiranya bisa kamu kerjakan diluar jam sekolah serta tidak mengganggu kamu dalam pengerjaan tugas.

2 Situs Freelancer Indonesia Untuk Mencari Kerja Sampingan

Kali ini kita akan menunjukkan kepada kalian 2 situs freelancer Indonesia yang bisa memudahkan kalian dalam mencari pekerjaan sampingan.

Projects.co.id

Projects.co.id merupakan salah satu situs freelancer indonesia yang mudah digunakan. Disana terdapat lebih dari 900 pekerjaan yang tersedia setiap harinya, kamu tinggal pilih pekerjaan mana yang cocok untukmu, kemudian kamu melakukan penawaran (bid).

Pada saat bid, kamu harus menceritakan pengalaman kerjamu, atau melampirkan portofolio pekerjaanmu agar lebih meyakinkan owner, sehingga kamu bisa terpilih untuk mengerjakan pekerjaan yang kamu bid itu.

Setelah kamu terpilih, kamu mulai bekerja sesuai arahan dari owner, setelah pekerjaanmu selesai, bayaran yang kamu dapatkan langsung masuk ke akun kamu. Tetapi ada potongan biaya 12% setiap pembayaran pekerjaan yang kamu terima, jadi jika nilai pekerjaanmu Rp 150.000, kamu hanya menerima sebesar Rp 132.000 saja, setelah uangmu itu masuk ke dashboard akunmu, kamu bisa mencairkannya dengan cara di transfer ke rekening bank kamu.

Panggilin

Pangiilin juga sama seperti projects.co.id, namun panggilin berbasis aplikasi, jadi untuk bisa mendapat pekerjaan di panggilin, kamu harus download aplikasinya di app store atau play store. Setelah itu kamu membuat akun dan langsung bisa mencari pekerjaan disana.

Namun, imbalan jasa yang diberikan di aplikasi panggilin, tidak sebesar yang di projects.co.id , kalau di panggilin pekerjaannya relatif lebih mudah, dan bayarannya pun lebih kecil. Untuk melakukan penawaran pekerjaan di panggilin, kamu memerlukan adanya token, kamu bisa membelinya di aplikasi dengan harga 2.000/token. Jika kamu berhasil mendapat pekerjaan, maka tokenmu akan berkurang 2, dan setelah itu tidak ada potongan bayaran seperti di projects.

Saat kamu pertama kali membuat akun di panggilin, kamu akan mendapat bonus gratis 10 token, nah token itulah yang kamu gunakan untuk melakukan penawaran di pekerjaan yang tersedia.

Nah, itulah tadi 2 rekomendasi situs freelancer yang harus kamu coba. Sebenarnya ada banyak sekali situs freelancer yang lain yang juga bisa kamu coba. Namun kedua situs itulah yang menurut kami cocok untuk direkomendasikan kepada kalian karena tidak ada persyaratan khusus untuk mendaftar, dan setelah kamu daftar akunmu juga langsung aktif dan langsung bisa memilih pekerjaan yang tersedia disana.

Namun karena kedua situs ini menggunakan sistem penawaran, jadi akan banyak sekali orang yang menawarkan dirinya untuk mengerjakan project yang ada, dan yang terpilih hanyalah 1 orang yang menurut owner cocok melakukan pekerjaannya.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan penawaran, agar kamu menjadi orang yang terpilih untuk melakukan pekerjaan itu, berikut ini tipsnya :

  1. Saat melakukan penawaran, deskripsikan diri kamu sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu tawar (bid)
  2. Lampirkan portofolio yang berkaitan dengan pekerjaan
  3. Jangan mengubah harga saat sudah deal
  4. Selalu mencoba bid pekerjaan sebanyak banyaknya
  5. Cantumkan nomor HP yang bisa dihubungi
  6. Tanyakan detail pekerjaan kepada owner, karena jika kamu terpilih kamu tidak bisa cancel pekerjaan itu.
  7. Kamu harus serius dalam melakukan penawaran, jangan menawar pekerjaan dengan kalimat yang singkat, kamu harus tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini.
  8. Fast respon, setelah kamu melakukan penawaran biasanya owner akan menghubungimu lewat situs/aplikasi tersebut, kamu harus fast respon saat owner chat kamu, untuk menunjukkan keseriusanmu dalam menawar pekerjaan.
  9. Jangan menjelaskan hal hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang sedang kamu bid.
  10. Jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan yang sekiranya tidak bisa kamu lakukan, karena akan membuat adanya penilaian buruk di akunmu.

Jadi itulah penjelasan tentang pekerjaan yang cocok untuk anak SMA/SMK, situs freelance yang harus dicoba, dan beberapa tips supaya kamu bisa berhasil mendapat pekerjaan di situs freelance.

Baca Juga: Dampak Positif Dan Negatif Internet

Intinya kalau kamu ingin mendapat pekerjaan di situs freelance, jangan mudah menyerah, kamu harus coba melakukan penawaran di pekerjaan yang cocok dengan kamu sebanyak banyaknya. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.