Keyword: Pengertian Jenis dan Tools Riset Keyword

Saat Anda menjelajahi dunia maya, maka Anda akan menemui istilah keyword. Jika anda seorang blogger, youtuber, content creator, ahli seo, master seo, perusahaan jasa seo, pakar seo, digital marketer, internet marketer atau bahkan seorang influencer bisa dipastikan bahwa anda sudah mengenal apa itu keyword, seperti apa pengertian keyword, apa saja jenis-jenis keyword dan apa jenis-jenis tools riset keyword bukan?

Namun bagi seorang yang awam terhadap beberapa profesi diatas yang sudah kami sebutkan diatas dan belum mengetahui tentang apa yang dimaksud keyword maka silahkan pahami apa itu keyword, pengertian keyword, jenis-jenisnya dan apa saja tools keyword yang digunakan untuk membantu dalam meriset keyword untuk menunjang kebutuhan dalam membuat artikel seo friendly.

Pengertian Keyword (Kata Kunci) Adalah

Keyword adalah bahasa inggris dari kata kunci yang merupakan sebuah kata-kata atau kalimat yang digunakan oleh pengguna internet dalam mendapatkan sebuah informasi dan Kata kunci tersebut yang digunakan oleh para pengguna internet tersebut dapat berupa sebuah kata atau untaian kata yang panjang dalam membantu menemukan informasi yang dibutuhkan oleh audience dan termasuk kita.

Apabila Anda ingin membuat sebuah blog, maka sebaiknya Anda melakukan riset keyword terlebih dahulu agar keyword yang digunakan agar dapat sesuai dengan target. Nah, untuk melakukan sebuah riset mengenai keyword, Anda harus mengenal apa itu keyword, pengertian keyword, jenis-jenis keyword, dan juga tools yang bisa digunakan untuk meriset keyword.

Mengenal semua hal di atas sangat penting agar bidikan keyword dapat dilakukan secara tepat dan potensial. Kegiatan yang paling awal yang bisa Anda lakukan agar situs yang sedang Anda bangun menduduki peringkat teratas di pencarian search engine adalah mengetahui keyword secara mendetail.

Anda harus mengetahui apa itu keyword, pengertian keyword, macam-macam keyword, dan juga tools yang digunakan untuk riset keyword terlebih dahulu. Jika sebelumnya Anda dikenalkan mengenai pengertian keyword, maka Anda juga harus mengenal jenis-jenis keyword berikut ini.

jenis-jenis keyword dan tools riset keyword

 

Jenis-jenis Keyword (Kata Kunci)

1. Short Tail Keyword

Short tail keyword merupakan jenis kata kunci yang menggunakan satu atau dua kata sebagai target pecarian pada search engine. Jenis keyword ini biasanya memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Jadi, keyword ini sangat sulit untuk dapat bersaing kecuali Anada memiliki ilmu SEO tinggi. Contoh keyword jenis ini adalah jasa seo, digital marketing, tips komputer, smartphone android, dan lain sebagainya.

2. Long Tail Keyword

Kata kunci ini biasanya terdiri lebih dari 3 kata. Long tail keyword juga diketahui sebagai kata turunan dari sebuah short tail keyword. Jika Anda masih pemula, maka keyword jenis ini lebih direkomendasikan karena tingkat persaingannya cenderung lebih rendah.

Selain itu, keyword ini dapat memudahkan Anda dalam menguasai posisi teratas mesin pencari. Hanya saja, kekurangan dari long tail keyword ini adalah trafik yang Anda dapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Tidak hanya itu, menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus juga terbilang sulit.

3. Keyword Musiman

Keyword ini paling banyak digunakan pada momen-momen tertentu. Kata kunci satu ini dikenal baik oleh para pengguna website. Keyword ini hanya populer dalam waktu sesaat. Contohnya “hasil pertandingan Juventus vs Real Madrid”.

4. Keyword Abadi

Keyword jenis ini menjadi keyword yang paling banyak digunakan karena merupakan hal yang harus diketahui oleh para pengguna informasi. Kata kunci ini tidak akan basi ditelan zaman. Contohnya, seperti “jasa seo indonesia, cara riset keyword, cara membuat artikel menarik”, dan lain sebagainya.

Setekah Anda mengerti mengenai apa itu keyword, pengertian keyword, jenis-jenis keyword, dan juga tools untuk riset keyword, maka Anda tentu juga harus mengetahui manfaat dari riset keyword. Hal ini tentunya merupakan hal yang wajar saja karena pentingnya informasi mengenai keyword dengan lebih baik.

Keuntungan dan Manfaat Riset Keyword

  • Membantu pada saat melakukan riset pasar.
  • Memudahkan sebuah website atau blog untuk masuk ke halaman satu mesin pencari.
  • Membantu Anda untuk mengetahui persaingan keyword.
  • Mempunyai potensi yang tinggi dalam memenangkan persaingan di SERP.
  • Memudahkan Anda dalam membuat konten.
  • Membantu Anda mengenal berbagai tool riset seperti Google keyword planner, keywordtool.io, ubersuggest, wordsteam free keyword tool, keyword everywhere dan keyword eye.

Demikianlah penjelasan singkat, jelas, dan padat mengenai Apa itu Keyword, Pengertian Keyword, Jenis-jenis Keyword, dan Tools Riset Keyword yang wajib Anda ketahui. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan pengetahuan ini secara maksimal agar dapat meningkatkan ranking website Anda pada berbagai mesin pencari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.