Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

Sekarang ini penggunaan internet sudah bukan hal aneh lagi. Siapa sih yang tidak mengenal internet? Hanya bermodalkan smartphone 700 ribuan saja kita sudah bisa terhubung ke internet. Benar tidak? Kamu juga pasti merupakan pengguna internet kan?

Internet sudah menjadi kebutuhan untuk banyak orang mulai dari organisasi, perusahaan, pemerintahan, perorangan hingga Pendidikan. Perkembangan yang semakin pesat dan kebutuhan yang semakin meningkat. Membuat internet semakin merata persebarannya.

Baca Juga : Apa Itu Internet Marketing?

Hemm, tapi sebenarnya apa sih internet itu, apa manfaat internet dalam bidang pendidikan? Apakah ada dampak negatifnya? Untuk mengetahuinya yuk kita bahas mengenai manfaat internet untuk pendidikan.

Sejarah Perkembangan Internet

Internet merupakan singkatan dari interconennection-networking atau sebuah jaringan computer yang saling terhubung menggunakan sebuah system standar global agar bisa melayani para pengguna di seluruh dunia memakai system global yang dinamakan transmission control protocol atau TCP IP.

Jaringan internet ini pertama kali dibentuk pada tahun 1969 oleh salah satu Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat sebuah proyek bernama Advanced Research Project Agency Network atau ARPANET. Awalnya mereka mulai mendemontrasikan sebuah komunikasi jarak jauh yang tidak terhingga hanya dengan saluran telepon dan menggunakan software serta hardware berbasi UNIX.

Hadirnya proyek Arpanet ini mampu membentuk sebuah jaringan dengan kehandalan serta besar informasi yang didapt. Kemudian memiliki standarnya sendiri sehingga ini menjadi awal mulai permbangunan protocol baru yang sekarang ini dikenal sebagai istilah transmission control protocol atau TCP/IP. ARPANET sendiri awalnya hanya membuat proyek ini hanya untuk kebutuhan militer saja. Sistem jaringan yang dibuat oleh Departemen Pertahanan dihubungkan pada daerah penting agar bisa mengatasi berbagai macam masalah khususnya terhadap searangan nuklik serta untuk menghindari informasi terpusat bila suatu saat ada musuh ingin menyerang saat perang.

Konon awalnya ARPANET juga hanya menghubungkan 4 situs saja. Yaitu Stanford Research Institute, University of California, Universitas of Utah dan Santa Barbara.

Kemudian pada tahun 1972 ARPANET memperkenalkan teknologi ini pada public. Seiring berjalannya waktu juga berkembang hingga berbagai macam daerah dan semua universitas dari berbagai negara pun tergabung. Karena merasa kewalahan dengan permintaan, ARPANE akhirnya membagi teknologi tersebut menjadi dua. Pertama ada MILNET yang dikhususkan untuk kepentingan militer, selanjutnya ada ARPANET yang digunakan untuk kepentingan non militer. Nah, penggabungan antara keduanya ini dinamakan DARPA Internet, kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Jaringan computer ini lalu dilindungi oleh sebuah perjanjian bilateral atau bisa disebut juga multilateral dan spesifik teknikal. Sebuah protocol yang menerangkan mengenai perpindahan data atau rangkaian yang dibentuk berdasar pada perbincangan IETF atau Internet Engineering Task Force.

Untuk informasi penting juga, kamu harus tahu kalau IRTF merupakan badan yang mengeluarkan dokumen atau lebih dikenal sebagi Request for Comments (RFC). Kemudian Sebagian dari dokumennya dijadikan sebagai standar dari jaringan komputen oleh sebuah Badan Arsitektur Internet. Beberapa protocol yang kerap digunakan dalam internet diantaranya TCP, IP, DNS, UDP, dan lain-lain.

Memahami perkembangan internet memang tidak akan pernah ada habisnya. Mengingat sampai sekarang terus saja ada perbaharuan untuk teknologi satu ini. Tapi tentunya tidak akan rugi juga kita mempelajari perkembangannya apalagi bisa memanfaatkannya.

Lantas, sebenarnya bisa tidak sih internet diterapkan pada dunia Pendidikan?

Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Dengan adanya jaringan computer sangat memungkinkan seorang user mempunyai akses pada berbagai jenis sumber informasi. Bahkan bisa dibilang kalau dibandingkan dengan perpustakaan dan buku, kamu bisa mendapatkan informasi atau data dengan mudah hanya melalui jaringan computer. Sehingga tidak heran bila internet bisa mempengaruhi dunia Pendidikan secara luas. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dunia Pendidikan dari internet:

Internet Sebagai Sarana Mendapatkan Informasi

Manfaat internet bagi Pendidikan yang pertama adalah sebagai sarana mendapatkan informasi. Kebutuhan informasi dalam bentuk artikel atau jurnal Pendidikan dengan mudah bisa didapatkan hanya dengan mengetik kata kunci yang dibutuhkan. Bahkan materi pembelajaran seperti silabus, soal, dan lain-lain bisa disajikan secara interaktif lewat informasi berbentuk video.

Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri bila dibandingkan dahulu saat hendak mencari informasi yang dibutuhkan.

Internet Memudahkan untuk Mencari Referensi

Manfaat kedua dari internet untuk Pendidikan adalah bisa memudahkan user untuk mencari referensi yang dibutuhkan khususnya yang berhubungan dengan literatur Pendidikan. Lagi-lagi hanya dengan mengetik kata kunci atau keyword tertentu, informasi yang berkaitan atau relevan akan langsung ditawarkan pada kamu. Sangat memudahkan sekali kan?

Menjadi Sarana Pembelajaran Masa Kini

Selanjutnya internet juga bisa menjadi sarana pembelajaran masa kini untuk para siswa. Mereka dengan mudah belajar menggunakan jaringan internet, dengan mudah mereka juga bisa mendapatkan materi pembelajaran. Bahkan bila kamu ingin mempelajari skill tertentu, seperti design melalui software, kamu dengan mudah bisa belajar melalui video tutorial. Kesempatan belajar semakin besar, tinggal bagaimana kamu mengambil peluang belajar melalui internet saja.

Internet Memberikan Fasilitas Multimedia

Sebagai penyedia informasi yang mempunyai kelebihan bila dibandingkan dengan buku. User juga bisa mendapatkan informasi dari jaringan computer internet dengan bebagai cara. Bisa dengan mendengarkan, membaca hingga menonton. Bahkan fasilitas multimedia yang ditawarkan internet juga bisa memudahkan para user agar bisa lebih paham tentang informasi yang didapatkan sebab adanya berbagai macam contoh, animasi, gambar, dan lain-lain.

Internet Memberikan Informasi dengan Mudah dan Murah

Sudah mudah, murah lagi. Ya, internet sekarng ini bisa kamu andalakan menjadi sumber informasi yang relative mudah bila dibandingkan kamu harus membelu sebuah buku atau pun majalah. Selain itu juga kamu bisa lebih menghemat biaya membeli buku, khususnya untuk para siswa, alokasi buku bisa dialihkan pada biaya Pendidikan lainnya.

Internet Bisa Menjadi Sumber Belajar Tambahan

Hadirnya internet juga sangat bisa memudahkan user untuk mendapatkan informasi tambahan atau pun sumber pembelajaran tambahan yang tidak bisa didapatkan dari sekolah. Sehingga siswa bisa berkembang dengan baik, bukan hanya di dalam sekolah saja.

Internet Bisa Menjadi Sarana Pencari Beasiswa

Informasi beasiswa tidak selalu bisa kamu dapatkan di sekolah atau pun kampus. Sehingga kamu harus mandiri mencari informasi beasiswa. Nah, kamu bisa memanfaatkan internet sebagai sarana kamu mendapatkan informasi beasiswa. Bahkan system pendaftaran pun biasanya sudah dengan mudah bisa dilakukan secara online. Jadi, kamu hanya tinggal memenuhi persyaratan yang harus dilampirkan saja sementara daftarnya tidak perlu ke lokasi karena bisa dengan menggunakan internet.

Memudahkan Kita Mengenal dan Mempelajari Bahasa Asing

Dengan adanya internet juga bisa sangat memudahkan user untuk mendapatkan informasi tanpa batas. Bahkan tidak dibatasi oleh wilayah, sebab kita bisa mendapatkan informasi luar negeri juga dengan mudah. Sehingga ini bisa mendorong para user untuk lebih mudah menguasai Bahasa asing dengan cara menarik. Misal karena terbiasa membaca artikel, mendengarkan lagu hingga menonton.

Internet Bisa Mendorong User Semakin Mandiri

Adanya internet juga bisa memberikan user keluasaan untuk lebih mandiri dan kreatif dalam berkarya. Mereka memiliki dorongan lebih besar untuk belajar serta mengembangkan intelektualnya baik dari segi teoritis atau pun secara terapan.

Internet Membantu Mengembangkan Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Bisakah Pendidikan dilakukan jarak jauh? Tentu saja bisa. Dengan adanya internet, sekarang ini sudah banyak swasta atau pun universitas negeri yang memberikan fasilitas belajar online. Sehingga memungkinkan para mahasiswa nya untuk belajar jarak jauh. Bahkan untuk mendapatkan akses modul perkuliahan pun bisa didapatkan dengan mudah bila sekolah atau universitas memang sudah menjadikan internet sebagai sarana pembelajaran jarak jauh.

Internet Bisa Menjadi Sarana Penyimpan Informasi

Manfaat terakhir dari penggunaan internet adalah bisa menjadi sarana penyimpanan informasi. Karena terkadang informasi atau materi pembelajaran yang kita catat di dalam buku bisa hilang atau terselip tidak tahu dimana. Nah, dengan adanya jaringan internet, kamu bisa menyimpan banyak informasi termasuk materik pembelajaran pada jaringan internet. Kamu juga bisa mengaksesnya Kembali, kapan pun dan dimanapun.

Dampak Negatif Internet

Biarpun internet untuk Pendidikan memiliki manfaat yang cukup banyak. Namun tidak menutup kemungkinan juga internet mempunyai dampak negative khususnya untuk dunia Pendidikan.

Siswa Semakin Malas

Biarpun tidak selalu, tapi peluang kemalasan akan selalu ada. Apalagi dengan berbagai macam kemudahan yang ditawarkan oleh jaringan internet.Sehingga tidak sedikit juga siswa yang malah semakin malas dan semakin kurang produktif. Tidak jarang juga bila tugas yang dikerjakan saat ini bisa dengan cara mengkopi atau menempel informasi yang ada pada jaringan tersebut.

Internet Bisa Mengurangi Tingkat Fokus Siswa

Semakin banyak aplikasi menarik pada jaringan internet, misal seperti sosial media Instagram, twitter atau facebook ada juga aplikasi chatting yang kadang bisa memberikan gangguan besar untuk siswa dalam belajar. Semakin terhubung di dunia online maka tidak menutup kemungkinan tangkat focus pun akan semakin berkurang khsususnya dalam bidang olahraga, akademik atau pun kegiatan ekstra kulikuler lain.

Karena seberapa besar manfaat suatu benda atau jaringan pasti akan ada dampak negative nya juga. Tinggal bagaimana kita mampu memaksimalkan penggunaanya dan meminimalisir hal-hal yang mengarah pada keburukan.

Khususnya bagi para orang tua yang sudah mempersilahkan anaknya untuk menggunakan internet, sebaiknya berikan waktu khusus kapan anak boleh menggunakan internet dan tidak. Selain itu juga orang tua harus mengawasi apa saja yang digunakan anak saat masuk ke dalam internet. Bila anak masih dalam tahap usia 10 tahun ke bawah, awasilah dengan baik. Berikan arahan situs mana yang boleh dibuka dan tidak.

Baca Juga : Apa yang Dimaksud dengan Server?

Tidak sedikit orang tua yang lengah dan membiarkan anak menggunakan internet semaunya. Akhiranya malah akan menimbulkan dampak buruk tersendiri bagi anak. Bagaimanapun manfaat internet bagi dunia Pendidikan bisa kamu dapatkan bila kamu bisa tahu apakah situs situs yang kamu masuki memang bermanfaat atau tidak. Apakah kata kunci yang kamu cari memang bermanfaat atau tidak sama sekali.

Jadi, bagi para orang tua dan Lembaga Pendidikan negeri atau swasta, yuk awasi anak agar bisa menggunakan manfaat internet dalam bidang pendidikan untuk hal hal baik!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.