Mengenal Tentang Digital Marketing

Mengenal Tentang Digital Marketing – Dunia memang tengah dilanda dengan yang namanya bisnis online. Bisnis online merupakan jenis bisnis yang memanfaatkan internet sebagai alat untuk dapat menghasilkan uang. Bisnis online ini terbilang dijalankan oleh banyak sekali pebisnis, sebab cara mengurus bisnis ini tergolong mudah daripada harus terjun langsung ke dunia nyata.

Kehadiran bisnis online pastinya tak lepas dari yang namanya digital marketing. Sekilas, istilah tersebut jika kita artikan secara kasar artinya pemasaran digital. Marketing ini juga tak luput dari penggunaan media internet sebagai alat untuk mengembangkan perniagaan digital.

Bagi Anda yang baru mendengar istilah ini, tak ada salahnya jika Anda mengenal lebih dalam apa itu digital marketing yang sebenarnya, beserta cara memulainya. Hal ini untuk mempermudah para pemula yang ingin mencoba terjun dalam dunia pemasaran digital. Namun tak ada salahnya juga jika Anda sebagai orang yang sudah lama terjun di dunia ini lebih mengenal lagi seperti apa digital marketing yang tengah Anda jalani. Berikut penjelasan singkatnya.

Pengertian Tentang Digital Marketing

Digital marketing merupakan suatu aktivitas dalam bentuk promosi dalam hal pemasaran, baik itu berupa brand, produk, maupun jasa yang ditawarkan oleh instansi tertentu dengan menggunakan media elektronik (digital).

Saat ini media elektronik mungkin sangat mudah untuk Anda dapatkan. Seperti gadget, laptop, komputer, notebook, televisi, radio, dan masih banyak lagi lainnya yang semuanya bisa tersambung dengan internet (jaringan tanpa batas).

Baca Juga : Teknik Digital Marketing

Berbeda dengan puluhan tahun silam, di mana media digital marketing sangatlah terbatas. Dulu pemasaran digital hanya mengandalkan media televisi dan radio yang hanya menyampaikan informasi melalui satu arah saja. Di samping itu, jarak jangkauannya pun tergolong pendek di banding jenis gelombang elektromagnetik lainnya.

Dewasa ini, dengan adanya internet, perkembangan teknologi digital pun semakin pesat. Bahkan bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Tak ayal hal ini membuat model pemasaran digital merupakan salah satu channel utama dalam dunia bisnis online.

Teknik Pemasaran yang Sering Digunakan dalam Digital Marketing

Sebuah bisnis, pasti memiliki teknik pemasaran khusus yang membuat bisnis tersebut dapat berkembang dengan pesat sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Sama halnya dengan digital marketing, ada beberapa teknik pemasaran yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  1. Memasang iklan di media online, misalnya dengan menggunakan Facebook Ads, Adwords, Instagram, Line, Twitter, WhatsApp, dan media online lainnya.
  2. Selalu memperhatikan SEO (Search Engine Optimization), agar website yang Anda miliki berada di bagian teratas dalam mesin pencarian google. Selain itu, dengan SEO akan meningkatkan traffic / jumlah pengunjung situs Anda.
  3. Melakukan promosi di media cetak. Teknik pemasaran ini bisa Anda lakukan jika media online belum bisa memperoleh hasil yang maksimal.
  4. Memasang iklan di televisi dan radio. Teknik tersebut merupakan teknik pemasaran digital terdahulu. Namun Anda juga sangat dibolehkan melakukan teknik ini karena dinilai dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Terutama masyarakat yang berada di daerah pedesaan yang hiburannya hanya mengandalkan televisi dan radio.
  5. Menggunakan billboard elektronik, seperti video tron. Hal ini sangat memudahkan seseorang dalam melihat produk / brand / jasa yang Anda tawarkan.
  6. Memanfaatkan tools email dan mobile marketing. Teknik pemasaran ini biasanya ditujukan khusus untuk client Anda agar lebih setia menggunakan layanan yang Anda tawarkan.

Keunggulan Yang Diperoleh dari Penggunaan Digital Marketing

Dibanding dengan zaman dulu yang hanya menggunakan media konvensional, seperti koran, brosur, majalah, dan sebagainya, saat ini orang semakin cerdas dalam memanfaatkan teknologi terbaru sebagai media pemasaran digital.

Keunggulan pertama, sebagian besar digital marketing yang berkembang saat ini menggunakan media online yang dapat diukur secara tepat, akurat, dan real-time. Sebagai buktinya, media digital dapat menginformasikan kepada Anda berapa kali dan berapa lama iklan video produk Anda ditonton oleh pengunjung. Selain itu, Anda juga dapat menghitung persentase konversi penjualan untuk setiap iklan. Di samping itu, Anda juga bisa mengevaluasi jenis iklan yang baik dan tidak untuk para pengunjung.

Keunggulan kedua, pemasaran digital memiliki abilitas tracking yang sangat membantu digital marketer. Hal ini untuk mempermudah mereka dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget pemasaran sebuah perusahaan.

Keunggulan ketiga, jangkauan geografis lebih luas dan sampai ke semua penjuru, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Keunggulan keempat, dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten yang berisi brand / produk / jasa yang Anda tawarkan ke seluruh dunia, hanya dengan sekali klik. Hal ini membuat pekerjaan Anda semakin efektif dan efisien.

Baca Juga : Content Marketing

Inilah sebabnya, perusahaan lawas yang belum memanfaatkan digital marketing dengan baik akan semakin tertinggal perkembangannya. Bahkan ada juga yang sampai mengalami kebangkrutan.

Cara Memulai Digital Marketing

Sebagai seorang pemula, tak ada salahnya jika Anda mempelajari tentang bagaimana cara memulai digital marketing.

Mengenal teknik dan resource yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan

Sesuai dengan penjelasan sebelum, jangkauan pemasaran digital ini sangatlah luas. Oleh karena itu, penting bagi seorang digital marketer mengenal teknik dan resource yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Tujuannya hanya untuk mendukung digital marketing agar dapat berjalan dengan baik.

Fokus pada aset digital yang akan dikembangkan

Perlu Anda ketahui bahwa elemen terpenting dalam dunia marketing adalah aset digital yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan demikian, fokuskanlah tujuan Anda hanya pada beberapa aset saja.

Aset tersebut bisa meliputi beberapa hal, seperti web, postingan di web, akun medsos, identitas sebuah brand bisa dalam bentuk logo maupun company profile, serta jejak online yang beruapa review / feedback dari pelanggan dan pengunjung. Serta beberapa aset lainnya sesuai dengan yang Anda minati.

Setelah sejumlah aset tersebut telah Anda miliki. Kini saatnya Anda mengoptimalkan aset tersebut guna membangun sebuah brand / produk / jasa yang Anda ciptakan.

Misalnya jika Anda memiliki blog bisnis, maka ciptakan tulisan artikel secara berkala yang dapat menarik perhatian para pengunjung situ Anda. Atau jika Anda memiliki akun medsos (Instagram), maka buatlah foto dan video singkat yang menarik perhatian dan dapat disebarkan oleh atau ke beberapa akun lainnya.

3. Buatlah profil yang terbaik tentang diri Anda

Cara ini sangat penting untuk meningkatkan usaha yang Anda jalani melalui peningkatan rating dan review yang baik dari para klien. Jadi, manfaatkan kesempatan sebaik-baik jika Anda aktif dalam forum atau marketplace publik.

Kesimpulan

Demikian pengertian tentang digital marketing, teknik pemasaran, keunggulan, dan cara memulai digital marketing dengan baik. Langkah tersebut bisa Anda lakukan demi menjadi seorang digital marketer sekaligus pebisnis online yang sukses dan terkenal.

Kesuksesan harus Anda tempuh dengan cara berjuang keras dan tidak pantang menyerah. Suatu saat, Anda akan memetik hasil dari buah usaha Anda, di saat Anda telah siap untuk menerimanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.