Oleh-Oleh Khas Bali

Siapa yang tidak mengenal dan tahu pulau Bali. Pulau ini sangat terkenal hingga ke mancanegara sebagai tujuan berlibur yang fenomenal.

Bahkan beberapa wisatawan asing yang tidak tahu tentang Indonesia sama sekali mengira bahwa Indonesia adalah Bali saja. Jadi diibaratkan bahwa satu pulau Bali itulah Indonesia. Padahal kenyataannya tidak begitu bukan.

Sekilas Tentang Bali

Bali adalah bagian dari Indonesia yang terdiri dari satu pulau tersendiri yang berada di sebelah pulau Jawa. Jika ingin menuju ke sana anda bisa menggunakan transportasi seperti pesawat dan menyeberanginya dengan kapal yang disediakan khusus untuk menyeberan antar pulau ke pulau lainnya. Bali dijuluki dengan Pulau Dewata.

Bali dikenal dengan sebutan ini karena pulau ini dikenal dengan kentalnya budaya Hindu dan Buddha. Istilahnya Dewa yang digunakan untuk penyebutan keberadaan spiritual yang memiliki kekuatan supranatural.

Sedangkan Dewata atau Dewanagari sendiri adalah Dewa dengan kedudukan yang lebih rendah dari dewa-dewa utama lainnya. Dewata adalah penyebutan kata Dewa dalam bentuk jamak di mana dapat berjenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan.

Tidak heran jika ketika anda mengunjungi Pulau Bali akan sangat terasa kekentalan ajaran Hindu dan Buddha yang dimaksud. Hal ini tercermin dari bentuk rumah khas Bali dan tempat-tempat umum yang menggunakan kain khas Bali.

Sehingga anda bisa merasakan secara langsung ketika anda pergi ke Bali baik itu urusan pekerjaan atau liburan. Karena destinasi wisata di Pulau Bali ini sangat menarik dan terdiri dari beragam tempat yang sayang rasanya jika tidak disambangi.

Sebutan untuk Pulau Bali sebenarnya tidak hanya Pulau Dewata saja. Tetapi juga disebut dengan Pulau Seribu Pura dan juga Bali Dwipa. Bali memiliki beberapa pulau kecil yang mengelilinyanya yakni Pulai Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Ceningan, Pulau Serangan dan Pulau Menjangan.

Sedangkan ibukota dari Provinsi Bali sendiri terletak di Denpasar. Sebuah kota di sebelah selatan Pulau Bali.

Hiburan yang menarik dari pulau ini selain tempat wisata adalah kesenian dan budayanya. Misalnya saja tari bali dan pertunjukan tari kecak. Tempat wisata yang ramai dikunjungi sudah dapat dipastikan adalah pantai. Di mana selalu ramai didatangi oleh pengunjung yang sedang berlibur. Tidak hanya itu Bali juga memiliki pegunungan yang berada di bagian tengah PUlau Bali dengan ketinggian 3.000 meter dari permukaan laut.

Kota yang terkenal selain Denpasar yang merupakan ibukota Bali adalah kota Kuta. Yang memiliki resort pantai dan Ubud yag merupakan pusat dari kebudayaan Pulau Bali. Bali merupakan tempat wisata yang meraih predikat sebagai World’s Best Island 2009 dan memperoleh penghargaan dengan peringkat kedua Best of Travel 2010.

Destinasi wisata yang cukup terkenal di Bali antara lain Pura Luhur Uluwatu, Ubud Monkey Forest, Bali Bird Park, Tanah Lot, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Pantai Sanur, Pantai Kuta, Tanjung Benoa, Pantai Seminyak dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

Rasanya tidak akan pernah cukup untuk menyambangi semua destinasi indah yang ada di Pulau Bali ini. Belum lagi lidah anda akan dimanjakan dengan beragam kuliner khas daerah Bali seperti bebek betutu, babi guling, bubur menguh, srombotan, nasi jingo, lawar, nasi tepeng, sate plecing, sate lilit, tum ayam dan masih banyak lagi kuliner yang enak khas Bali.

Namun bagi yang muslim tetap perhatikan makanannya ya karena banyak makanan yang non-halal sehingga harus berhati-hati dalam memilih makanan.

Sebagai pulau yang didatangi oleh banyak turis mancanegara dan dalam negeri, anda sebaiknya juga berhati-hati. Selalu siapkan barang-barang penting seperti tanda pengenal yang berlaku, menyimpang barang berharga di safe security box yang disediakan hotel tempat menginap, membawa uang tunai secukupnya, menghormati masyarakat sekitar yang sedang melakukan prosesi keagamaan, tidak berenan di area yang dilarang, tidak membawa narkoba, menaati peraturan pada perempuan yang sedang haid untuk tidak memasuki kawasan pura hingga menawar harga yang akan dibeli.

Uang tunai dibutuhkan ketika anda ingin membeli barang-barang atau makanan yang ada di Bali. Karena rasanya tidak lengkap jika sampai di Bali dan anda tidak membeli souvenir atau oleh-oleh untuk orang terkasih yang berada di rumah. Bali memiliki banyak sekali ragam pilihan oleh-oleh baik itu berupa barang maupun makanan dan minuman.

Barang yang bisa diberikan untuk oleh-oleh biasanya merupakan kerajinan tangan dari masyarakat Bali yang banyak dijual di pasaran. Misalnya saja seperti tas dari anyaman rotan atau bambu, topi anyam, kaos bertuliskan I Love Bali, tas kanvas dengan corak yang dibuat sendiri, baju khas Bali untuk wanita hingga kerajian tangan lainnya.

Tipsnya ketika berjalan-jalan di Bali adalah sebaiknya anda membawa sandal jepit agar lebih nyaman saat berjalan-jalan. Oleh-oleh makanan juga tidak kalah beragam dan enaknya. Sering kali orang yang berlibur ke Bali dititipi oleh-oleh makanan ringan khas Bali yang memang enak dan laku keras.

Tempat untuk mendapatkan oleh-oleh ini sendiri sangatlah mudah. Karena anda bisa menemukannya di sekitaran tempat wisata atau pasar yang terkenal di Bali.

Jika anda berlibur ke Bali rasanya harus dan wajib untuk membeli oleh-oleh khas Bali ini. Karena dengan membeli oleh-oleh khas Bali ini anda sudah turut membantu perekonomian masyarakatnya. Memang sudah bukan rahasia publik bahwa kerajinan tangan dan olahan makanan untuk oleh-oleh ini berkualitas prima.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Dibuat dan dijual oleh masyarakat Bali asli dengan resep-resep yang mereka miliki. Untuk itu anda dapat turut melestarikan budaya Indonesia salah satunya dari Bali dengan mengapresiasi kerajinan tangan dan makanan oleh-oleh khas Bali.

15 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Terkenal Dan Hitz

Jika anda masih bingung untuk menentukan pilihan buah tangan yang akan diberikan pada orang terkasih, simak rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang hits dengan harga terjangkau berikut ini.

Oleh-Oleh Khas Bali Kacang Disco

Bukan berarti kacangnya sedang berjoget ya. Kacang ini menjadi ciri khas oleh-oleh Bali yang dibalut oleh tepung bercampur bumbu khas Bali. Kacang yang digunakan adalah kacang tanah dengan varian rasa yakni manis, udang, ekstra pedas dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan kacang disko ini sebagai oleh-oleh dengan harga sekitar Rp. 25.000,- saja di tempat yang menjual oleh-oleh atau di pasar.

Oleh-Oleh Khas Bali Pie Susu Khas Bali

Makanan yang satu ini adalah oleh-oleh yang terlaris yang sering kali menjadi titipan jika anda pergi berlibur ke Bali. Pie susu khas Bali ini memiliki bentuk yang tipis dengan pinggiran keras namun rasanya manis legit ditengah yang berasal dari fla susu yang creamy sebagai isian.

Teksturnya sendiri lembut dan lumer saat dimakan. Terasa langsung menyatu dengan lidah saat di makan. Pie susu ini memiliki varian original dengan toping keju, almond, choco chips dan kismis.

Ada banyak sekali produsen pie susu yang ada di Bali. Anda bisa memilih dari sekian banyak merk pie susu yang paling sesuai di lidah anda. Namun semuaya sama-sama enak hingga tidak bisa membedakan mana yang paling enak.

Oleh-Oleh Khas Bali Pia Legong

Satu lagi oleh-oleh khas Bali yang terkenal sejak dahulu. Yakni pia legong. Pia ini adalah makanan ringan yang dibuat tanpa menggunakan mesin sehingga jumlah rasanya terbatas pada rasa keju, kacang hijau dan cokelat saja.

Rasa pia nya sendiri enak dan renyah sehingga banyak diburu oleh para wisatawan yang datang mengunjungi Pulau Bali. Harganya sendiri berkisar Rp. 90.000,- dengan bentuk yang bulat besar dan padat sehingga cukup mengenyangkan.

Oleh-Oleh Khas Bali Kaos Joger

Selain makanan, anda juga bisa memberikan oleh-oleh kepada orang terdekat dengan baju. Ada jenis kaos ynag cukup terkenal dan digemari oleh wisatawan yakni Kaos Joger. Kaos ini terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki beragam tulisan yang ada pada kaos dan juga tahan lama karena bukan makanan. Rasanya belum ke Bali kalau belum memiliki Kaos Joger ini.

Tidak hanya kaos saja. Tetapi ada juga aksesoris yang bisa dibelikan untuk oleh-oleh yakni sandal, gantungan kunci dan souvenir khas Bali yang lengkap di toko yang sama. Harganya sendiri mulai dari Rp. 100.000,-. Jika anda ingin membelinya, anda bisa datang ke toko Kaos Joger yang asli karena penjualnya tidak menerima pemesanan secara online.

Oleh-Oleh Khas Bali Kain dan Baju Khas Bali

Tidak hanya Kaos Joger saja yang terkenal. Ada pula jenis baju dan kain lainnya yang terkenal karena bahan pembuat baju dan kain ini nyaman dan adem dipakai. Bahan dasar baju ini adalah katun dengan cork dan warna beragam. Namun satu yang pasti, ada motif barong di depan dan belakangnya sehingga disebut juga dengan baju barong.

Selain baju barong ini ada pula kain yang bisa dipakai untuk ke pantai dengan cara dililitkan pada pinggang atau sebagai syal dan juga selimut. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko yang menyediakan barang ini atau di pasar terkenal di Bali dengan harga yang realtif terjangkau. Cocok dijadikan oleh-oleh khas Bali untuk keluarga.

Oleh-Oleh Khas Bali Batik Bali

Indonesia merupakan daerah yang memiliki keanekaragaman budaya salah satunya batik. Bali juga memiliki batik khasnya seperti batik dari Cirebon, Pekalongan, Jogja, Solo dan daerah lainnya. Yang cukup terkenal adalah Batik Khrisna dan Batik Galuh Bali yang berada di daerah Sukawati.

Daerah ini cukup strategis untuk dijangkau. Bisa juga anda mencarinya di pasar yang menjual baju-baju khas Bali.

Oleh-Oleh Khas Bali Kerajinan Manik-Manik

Ada salah satu kerajinan tangan yang dibuat khas Bali yakni manik-manik. Kerajinan tangan yang satu ini bisa dibuat untuk pajangan di kamar, ruang tamu atau digunakan pada tangan cantik anda. Aksesoris berupa manik-manik ini laris oleh wisatawan karena kekhasannya.

Selain itu ada pula tas kecil cantik hasil dari kerajinan tangan masyarakat Bali dengan corak yang beragam. Sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Bali untuk teman-teman anda.

Oleh-Oleh Khas Bali Mukena Bali

Meskipun Bali terkenal kental dengan sentuhan agama Hindu dan Buddha, namun mereka juga ramah pada agama lain termasuk Islam. Salah satunya dibuktikan dengan adanya alat ibadah bagi muslim yakni mukena. Mukena yang dikenal dengan sebutan mukena Bali ini sangat laris karena terbuat dari bahan kain rayon yang halus dan adem saat dipakai.

Tersedia pula dengan beragam corak dan warna yang cantik sehingga anda tidak hanya dapat beribadah dengan nyaman tetapi juga terlihat eye catching. Mukena ini paling laris saat mendekati lebaran.

Oleh-Oleh Khas Bali Tas Rotan

Tas yang memiliki desain vintage namun cocok dipakai oleh segala usia ini nampak stylish. Bentuknya yang bulat ini membuat wisatawan dari mancanegara dan dalam negeri sendiri sering berburu mendapatkannya.

Tas rotan yang dianyam ini merupakan kerajinan tangan khas Bali yang bisa anda dapatkan di pasar tradisional seperti Sukawati atau Ubud. Tidak cuma tas saja, rotan yang di anyam ini sekarang juga bisa dimodif menjadi pernak-pernik yang cantik sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Oleh-Oleh Khas Bali Dodol Buleleng Bali

Jika anda menyukai makanan manis, tentu oleh-oleh yang satu ini cocok untuk dibeli. Kekhasan dari dodol buleleng ini terletak dari bungkusnya yang terbuat dari daun jagung sehingga dapat menambah aroma lezat pada dodolnya.

Oleh-Oleh Khas Bali Sandal Khas Bali

Ada pula oleh-oleh berupa barang lainnya yakni sandal khas Bali yang awet dipakai. Sandal ini memiliki ciri khas dengan hiasan etnik berupa payet atau manic-manik di bagian atasnya sehingga akan nampak cantik ketika dipakai.

Meskipun namanya sandal, tetapi oleh-oleh yang satu ini memiliki dua jenis yakni flat dan juga wedges atau sedikit hal rata. Anda bisa memilih beragam sandal khas Bali ini mulai dari harga sekitar Rp 25.000,-

Oleh-Oleh Khas Bali Produk Kecantikan

Salah satu ciri khas Bali adalah anda dapat merilekskan diri dengan layanan spa yang menyenangkan. Selain itu aromaterapi yang digunakan dapat membantu menenangkan pikiran dan jiwa anda.

Nah, anda dapat memberikan produk kecantikan khas Bali kepada orang terkasih. Misalnya body bitter dan scrub, shampoo hingga body mist. Adapula aromaterapi yang dijual sesuai wangi yang bisa dipilih.

Tentu saja produk ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang alami ya.

Oleh-Oleh Khas Bali Ikat Kepala Khas Bali

Bali juga memiliki busana tradisionalnya sendiri. Busana tradisional ini juga memiliki kekhasan yang bisa dilihat dari ikat kepala yang digunakan masyarakat Bali. Ikat kepala atau Udeng ini bisa anda beli secara bebas di toko atau pasar yang menyediakannya sebagai oleh-oleh khas Bali.

Udeng ini terbuat dari kain berukuran sekitar setengah meter. Pembuatannya sendiri memerlukan keahlian khusus dan hanya diproduksi di daerah tertentu saja. Anda bisa mendapatkan Udeng di daerah pengrajinnya di Karangasem dan Desa Sidemen.

Oleh-Oleh Khas Bali Kacang Matahari dan Kacang Rahayu

Jika tadi sudah disebutkan kacang disko dengan tambahan tepung dan bumbu khasnya, ini ada oleh-oleh yang cocok untuk anda yang lebih menyukai cemilan kacang yang diolah tanpa tepung. Yakni kacang matahari dan kacang rahayu.

Kacang matahari dan kacang rahayu memiliki rasa gurih dan renyah dengan adanya rasa yang khas dari kacang ini. Sehingga kacang ini juga merupakan cemilan incaran para wisatawan.

Oleh-Oleh Khas Bali Kopi Kintamani

Bali juga memiliki jenis kopi yang khas yakni Kopi Kintamani. Jika anda pecinta kopi rasanya ini adalah oleh-oleh wajib yang harus dibeli. Kopinya dibudidayakan di daerah Kintamani dan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Jenis kopi Arabica ini memiliki rasa yang terkandung di dalamnya. Anda bisa merasakan tambahan jeruk ketika menikmati kopi kintamani ini. Karena perkebunan kopi di Kintamani berdekatan dengan kebun jeruk yang terkenal di Bali.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bali hits yang bisa anda berikan kepada orang-orang terkasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.