Oleh-Oleh Khas Malang Terkenal dan Kekinian

Liburan merupakan hal yang sering dilakukan untuk melepaskan penat baik itu sendiri, dengan sahabat maupun dengan keluarga. Padatnya aktivitas sehari-hari dalam bekerja dan hanya beristirahat di akhir pekan tentu membuat kita bosan berada di rumah. Apalagi yang masih saja masuk untuk bekerja di hari sabtu. Bahkan beberapa orang bekerja di hari minggu dengan sistem shift.

Tuntutan hidup yang harus dipenuhi mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti sandang, pangan dan papan membuat kita harus bekerja keras untuk bisa mendapatkannya. Tidak hanya itu, anda juga harus menyiapkan untuk kebutuhan sekunder dan tersier yang mungkin akan dibutuhkan sewaktu-waktu. Belum lagi jika ada hal di luar rencana, tentu akan memakan biaya lebih banyak dari biasanya. Hal ini lah yang membuat setiap orang memerlukan pekerjaan yang dapat memberikan daya beli individu.

Pekerjaan yang anda miliki dapat membuat diri anda stres jika terlalu banyak beban yang menumpuk. Stres saat bekerja ini dapat membuat pekerjaan anda jadi tidak terselesaikan karena anda cenderung akan tidak fokus saat sedang stres. Ada banyak cara untuk dapat meredakan stres kerja yang dialami. Misalnya dengan rehat sejenak dari pekerjaan untuk menenangkan pikiran sebelum melanjutkannya kembali. Atau bisa juga dengan melakukan olahraga atau hobi yang anda sukai selepas kerja atau di akhir pekan bersama sahabat atau keluarga.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Jogja

Selain itu anda juga bisa melepaskan stres dengan pergi liburan. Pergi liburan mengunjungi tempat baru atau tempat wisata rasanya akan sangat menyenangkan. Apalagi ditemani dengan orang-orang terkasih. Tidak perlu jalan yang jauh jika anda tidak memiliki waktu banyak untuk berjalan-jalan. Anda bisa melakukannya di dalam kota atau di luar kota yang masih bisa dijangkau dengan waktu yang cukup cepat.

Anda bisa memilih untuk naik transportasi umum seperti kereta, pesawat, bus atau membawa kendaraan pribadi. Saat ini sudah tersedia jalur bebas hambatan yang dapat anda pilih dengan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan melalui jalan non-tol. Untuk pergi berjalan-jalan ke luar kota ada beberapa hal yang musti anda persiapkan. Persiapan diri atas kesehatan namun tak lupa untuk membawa obat pribadi untuk berjaga-jaga.

Kemudian persiapan selama perjalanan mulai dari makanan dan minuman. Persiapan di tujuan yakni tempat menginap dan tempat-tempat yang akan dikunjungi di kota tersebut. Ada yang tak kalah penting untuk dipikirkan yakni buah tangan untuk dibawa pulang baik untuk diri sendiri maupun orang rumah yang menantikan anda pulang.

Buah tangan atau oleh-oleh ini sangat umum untuk dibawa oleh orang yang telah selesai pergi dari liburan. Ada banyak tempat yang harus anda kunjungi, terutama di Indonesia. Pulau jawa sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Baik itu di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak sekali kota-kota besar di Indonesia yang rasanya sayang jika tidak dijelajahi terlebih dahulu.

Salah satunya adalah Kota Malang. Salah satu kota di Jawa Timur ini merupakan salah satu kota yang sedang terkenal karena tempat wisatanya. Cuaca yang sejuk dan nyaman membuat kota ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terlebih lagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Gunung Bromo. Jadi banyak yang berlibur kesini sekaligus datang ke Kota Malang.

Malang dan Surabaya memiliki jarak yang cukup dekat hanya beberapa jam saja. Anda bisa sekaligus datang ke Surabaya untuk berlibur. Di Malang sendiri memiliki banyak tempat wisata mulai dari kampung warna-warni hingga taman bermain yang edukatif bagi anda dan anak-anak yang terdiri dari 3 tempat bermain. Rasanya tidak cukup sehari dua hari berada di Kota Malang. Anda akan dimanjakan dengan ragam kuliner yang harus dicoba jika ada kesempatan kesana.

Selain itu Malang juga terkenal dengan berbagai macam oleh-oleh khas yang dapat ditemui dengan mudah. Oleh-oleh khas Malang yang bisa anda dapatkan mulai dari makanan, minuman hingga barang pun tersedia. Untuk makanan dan minuman sendiri anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Malang mulai dari makanan jadul hingga makanan kekinian dengan harga yang terjangkau.

Harga terjangkau jika anda berbelanja langsung di Malang daripada harus membelinya di kota asal anda. Malang adalah sebuah kota yang memiliki banyak pesona yang ditawarkan dari alam hingga oleh-oleh khasnya. Tidak hanya di Kota Malang saja yang sangat bagus tetapi anda bisa mengunjungi wilayah Kota Batu. Kota Batu memiliki cuaca yang lebih dingin daripada di Kota Malang. Selain itu taman bermain yang dimaksud ada di Kota Batu.

Jadi Kota Batu merupakan tempat wajib yang harus masuk daftar kunjungan anda. Malang dan seisinya dijuluki dengan Kota Apel. Karena didaerah ini terdapat kebun apel yang sangat luas dan merupakan penghasil apel yang besar. Tidak heran jika anda akan lebih mudah menemukan buah apel di Malang daripada buah lainnya.

Aneka oleh-oleh yang dibuat dengan bahan dasar apel ini digemari oleh wisatawan yang datang untuk berlibur. Maka tak heran, oleh-oleh dari Kota Malang biasanya berupa buah apel atau apel yang sudah diolah ke berbagai ragam makanan yang bisa dipilih.

Jika anda sudah merencanakan untuk liburan ke Kota Malang dan Kota Batu, rasanya akan lebih lengkap jika anda membawa pulang oleh-oleh khas Malang yang kekinian dan murah ini untuk keluarga tersayang di rumah.

Aneka ragam oleh-oleh khas Malang dan Batu ini sering kali membuat wisatawan bingung untuk membeli apa yang sekiranya cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang. Wisatawan ini tidak hanya dalam negeri saja tetapi juga dari mancanegara.

Oleh-Oleh Khas Malang Paling Terkenal, Kekinian Dan Murah

Anda bisa meluangkan waktu untuk berbelanja ke pusat oleh-oleh khas Malang dengan suasana nyaman ini dengan mudah.

Nah, oleh-oleh khas Malang yang bisa anda beli untuk dibawa pulang ada beragam. Anda bisa simak rekomendasi oleh-oleh khas Malang berikut ini.

Apel Malang

Sebutan sebagai Kota Apel yang disematkan pada Kota Malang memang sudah dikenal sejak lama. Untuk itu rasanya kurang pas jika anda tidak membeli buah apelnya untuk dijadikan oleh-oleh. Apelnya sendiri juga cukup beragam jenisnya.

Anda bisa memilih jenis apel yang disukai untuk dijadikan oleh-oleh. Ada dua jenis apel yang cukup terkenal di Malang yakni Apel Manalagi yang memiliki bentuk bulat berwarna hijau dengan rasa yang manis dan segar.

Sedangkan rekomendasi apel yang satu lagi adalah Apel Ana yang berbentuk sedikit lonjong dengan semburat berwarna merah tetapi rasanya sedikit asam. Meski rasanya asam, buahnya tetap enak untuk dikonsumsi dan tentu menyehatkan karena kandungan vitamin alami di buahnya.

Anda bisa mendapatkan buah apel ini di beberapa tempat seperti pasat, kawasan agrowisata di bagian pinggir jalan dan toko oleh-oleh di Malang.

Sari Apel

Jika anda merasa membawa buah apel ke kota asal ini cukup merepotkan karena bentuk buah tentu akan memakan tempat dengan berat berkilo-kilo. Anda bisa mendapatkan manfaat buah Apel Malang dari sari apel.

Olahan dari buah apel yang satu ini berasal dari jenis Apel Romebeauty dan Apel Manalagi. Sari apel ini dibuat dari apel segar pilihan yang sudah diproses secara higienis dengan dicuci terlebih dahulu setelah dipanen dan dibuang bijinya. Kemudian dimasukkan ke dalam mesin peras untuk memisahkan antara ampas apel dan sari buahnya.

Produsen dari sari apel sendiri cukup banyak di Kota Malang. Anda bisa memilihnya mana sari apel yang menggunakan pengawet dan pemanis buatan tambahan dan mana yang tidak memiliki keduanya. Bisa didapatkan di pusat oleh-oleh di Kota Malang atau sekitar tempat agrowisata.

Keripik Buah-Buahan

Selain apel yang dijadikan sari buah, apel juga dapat diolah menjadi makanan yang enak untuk menemani hari santai anda. Buah apel ini bisa dijadikan cemilan dalam bentuk keripik. Ya, keripik buah apel. Selain buah apel, tersedia pula keripik buah lainnya yang berasal dari buah nagka, salak, kelengkeng, rambutan hingga semangka.

Kota Malang yang memiliki tanah yang subur ini dapat menghasilkan beraneka buah yang bisa diolah untuk sumber pangan yang dapat membantu perekonomian rakyat dan kotanya. Salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi keripik buah yang bisa dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama.

Makanan ringan ini bisa anda dapatkan di pusat oleh-oleh Khas Malang yang tersedia.

Jenang Apel

Masih berasal dari buah apel. Oleh-oleh khas Malang yang satu ini diolah menjadi jenang yang bertekstur dan rasa yang khas.

Proses pembuatannya diolah dari buah apel yang dibuat terlebih dahulu sari patinya yang disebut dengan bubur apel. Ada juga produsen yang menambahkan labu atau ketela ke dalam adonan jenang ini.

Khas Pia Mangkok

Malang juga memiliki kue pia yang khas bernama Pia Mangkok. Ternyata tidak hanya Jogja saja yang terkenal dengan bakpia sebagai oleh-oleh. Tetapi Kota Malang juga memiliki Pia yang cocok untuj dijadikan oleh-oleh khas Malang.

Pia ini mampu bertahan selama 2 minggu dari masa produksinya. Anda bisa memilih pia yang diproduksi paling baru dengan melihat label kemasan yang tertera tanggal produksi.

Varian rasa dari Pia mangkok ini misalnya durian, cokelat, kacang hijau dan juga keju. Rasanya juga enak dan nikmat tidak kalah dengan pia dari kota lainnya.

Keripik Tempe

Tidak lagi soal buah-buahan. Malang juga memiliki oleh-oleh yang khas yakni keripik tempe. Keripik tempe bisa dijadikan sebagai lauk dengan tekstur gurih renyah dan beberapa memiliki rasa yang beragam. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual keripik tempe ini diberbagai sudut Kota Malang. Banyak juga di Kota Malang yang memproduksi tempe keripik salah satunya di Kampung Sanan.

Hampir semua warganya memiliki bidang usaha dari bahan tempe mulai dari pemasok, pengiris hingga pembungkus tempe. Keripik tempe yang dihasilkan dari tempat ini memiliki beragam varian rasa yang ditawarkan yakni rumput laut, pizza, jagung manis, keju dan barbeque.

Keripik Ceker

Ceker dikenal dengan rasanya yang enak. Di Malang anda bisa memilih ceker yang telah diolah sebagai keripik untuk dijadikan oleh-oleh khas Malang. Keripik ceker dipercaya memiliki kandungan yakni kolagen, kalsium dan asam amino yang baik untuk tubuh.

Keripik ceker yang dijual bisa anda pilih mulai dari ukurang kecil, sedang dan besar dan bisa didapatkan di toko oleh-oleh terdekat.

Keripik Kentang

Selain keripik tempe dan ceker, ada pilihan keripik lain seperti keripik kentang. Salah satu merek yang terkenal aalah keripik kentang cap macam yang memiliki rasa berbeda dari keripik kentang pada umumnya.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan keripik kentang ini berasal dari gadung. Pada beberapa daerah di Malang keripik ini disebut dengan keripik gadung. Prosesnya sendiri cukup lama untuk dapat dijadikan keripik karena harus menghilangkan racun yang terdapat dalam umbi yang satu ini sehingga bisa dijadikan jajanan yang enak.

Aneka Olahan Telo

Telo merupakan umbi-umbian yang berwarna ungu yang paling terkenal. Telo atau ubi ini diolah ke berbagai makanan seperti es krim, keripik, pizza bakpao hingga nugget. Termasuk diolah menjadi keripik ubi yang enak dan nagih.

Strudel Malang

Oleh-oleh khas Malang kekinian lainnya adalah Strudel khas Malang. Strudel adalah kue berlapis dari pastry yang isinya terdapat berbagai macam buah-buahan. Oleh-oleh ini sangat terkenal dari akhir tahun 2014.

Varian rasa yang bisa anda pilih dari strudel ini adalah strawberry, pisang, nanas dan mix fruit. Ada pula yang memproduksi varian rasa mangga dan keju. Semuanya sama-sama enak dan anda tinggal memilih mana yang lebih disukai. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Malang yang tersedia.

Ledre Pisang

Jika anda bosan makan buah pisang seperti biasa, ada olahan makanan yang satu ini terbuat dari pisang. Ledre pisang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Malang dengan harga sekitar 42 ribu satu kotaknya. Cemilan ini cocok untuk menemani santai sambil minum teh atau kopi.

Carang Mas

Makanan yang satu ini berbahan dasar apel yang pembuatannya dengan mengupas apel dan mencampurnya dengan tepung dan gula. Adonan apel yang sudah dicampur gula dan tepung ini kemudian digoreng hingga berwarna keemasan.

Kemudian dicetak dan dikemas hingga siap untuk dijual. Untuk menggorengnya sendiri dibutuhkan tenaga ahli agar gorengannya dapat matang sempurna.

Coklat Tempe

Oleh-oleh khas Malang yang terkenal selanjutnya adalah cokelat tempe. Bagaimana rasanya ya? Anda harus mencobanya langsung ke Malang. Bahan yang digunakan adalah temped an coklat yang diolah sedemikian rupa hingga rasanya dapat menyatu dengan lezat.

Dikemas dengan desain modern dan menarik sehingga anda bisa membelinya dan membawa dengan mudah.

Madu Klanceng

Madu ini adalah salah satu oleh-oleh khas Malang yang berasal dari lebah terkecil tanpa sengatan. Madu ini memiliki kandungan propolis alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh misalnya mengobati kanker, meningkatkan kecerdasan otak dan lain sebagainya.

Harganya berkisar 130 ribu hingga 150 ribu. Meski terkesan mahal, namun madu ini khas karena lebah penghasilnya juga tidak ada yang lainnya seperti madu yang ada di pasaran.

Kopi Dampit

Bagi anda penggemar dan pecinta kopi tidak usah takut tidak kebagian oleh-oleh. Di Malang ada kopi Dampit yang sudah popular di mancanegara dengan rasa yang unik. Disebut dengan kopi Dampit karena berasal dari daerah Dampit, Malang Selatan. Salah satu produsennya yang terkenal adalah Dwi Sejati. Wajib mencoba kopi ini untuk para peminum kopi sejati.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bali

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang kekinian yang bisa dijangkau oleh kantong anda ketika berlibur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.