Pengertian Copywriting: Cara Membuat Yang Benar

Membuat Ads Copy Untuk Bisnis Digital, Bagaimana Caranya?-Penggunaan platform digital untuk kebutuhan bisnis sekarang ini sudah sangat banyak digunakan. Dipengaruhi oleh perkembangan dunia digital yang mempengaruhi banyak komponen termasuk bisnis atau jual beli.

Oleh sebab itulah persaingan antar competitor sejenis pun makin sulit untuk diatasi. Strategi yang relevan dan cocok digunakan dalam bisnis digital tentu menjadi hal yang sangat dibutuhkan saat ini. Lantas, bagaimana caranya?

Pengertian Copywriting: Membuat Ads Copy Yang Benar

Sekarang ini banyak jasa penulis artikel SEO yang menawarkan strategi digital dalam bentuk artikel. Atau dalam istilah lainya adalah strategi copywriting. Lantas, apa itu copywriting dan bagaimana ia bisa membantu dalam menjalankan bisnis digital? Berikut adalah pembahasan mengenai copywriting yang sangat perlu Anda ketahui.

Pengertian Copywriting Adalah

Copywriting adalah tulisan yang ada pada media apapun. Tujuan dan pembuatan copywriting adalah untuk mempromosikan produk yang akan Anda jual. Sehingga dengan adanya copywriting Anda bisa mendapatkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Penolakan untuk membeli produk, bila memang orang tersebut belum mendapat edukasi dan tidak ada pendekatan yang jelas mengenai apa yang sebenarnya dijual.
  • Bila orang tersebut belum mengetahui mengenai fitur, detail atau manfaat dari produk maka kecendurangan menebak harga bisa saja terjadi
  • Bila informasi yang diberikan makin detail maka pembaca juga bisa lebih memperkaya pengetahuan mengenai produk tersebut. Saat value mulai membesar maka harga nya pun akan naik, penawaran pun tinggi, dan akhirnya closing dalam penjualan.
  • Karena sebenarnya tidak ada yang mahal bila market belum mendapatkan edukasi dengan benefit yang akan diberikan.

Anatomy dalam Copywriting

Sebelum Anda coba membuat copywriting sendiri, ada yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu agar proses pembuatannya bisa dikonversikan menjadi closing penjualan. Anatomy copywriting berikut ini yang biasa digunakan oleh jasa penulis artikel SEO, Anda juga bisa menggunakannya dan bisa coba sendiri bila sudah paham.

Headline

Headline merupakan “iklannya iklan”. Artinya headline merupakan kunci utama Anda bisa menarik orang untuk membaca lebih lanjut. Anda harus membuat headline semenarik mungkin, bila tidak maka jangan harap pembaca mau membaca iklan Anda sampai selesai.

Penawaran

Tahukah Anda, memberikan penawaran pun adalah hal yang perlu Anda lakukan? Karena orang tidak akan membeli produk hanya karena mereka butuh. Bila ada penawaran maka mereka bisa memberikan respon pada apa yang Anda jual. Anda juga harus tahu betul apa yang menjadi masalah orang-orang, apa yang mereka inginkan, lalu berikan solusinya dengan produk yang ditawarkan.

Lantas bagaimana cara membuat penawaran yang baik?

Harus ada pengantar

Anda bisa memberikan penawaran dalam bentuk apapun, namun lebih menarik dalam bentuk cerita. Nah, setelah membuat headline menarik, Anda bisa langsung masuk ke intro dan memberikan penawaran tersebut. Tujuannya adalah untuk bisa membangun kedekatan dengan para pembaca. Bagaimana caranya? Cobalah untuk menyapa, seperti “Hai”, “Hallo”.

Deskripsikan produk dengan jelas, tanpa bertele-tele

Selanjutnya, Anda juga harus mendeskripsikan produk yang Anda jual dengan jelas tanpa bertele-tele. Mengapa? Agar informasi produk Anda tersampaikan langsung tanpa membuat pembaca merasa bosan.

Cantumkan manfaat produk secara detail

Pastikan kalau para pembaca bisa memahami produk yang Anda tawarkan. Beritahukan mereka mengenai manfaat produk secara detail. Jelaskan juga apa benefitnya bukan hanya sekedar fitur. Ingat, kalau orang itu akan membeli “tidur nyenyak”, bukan spring bed. Orang juga membeli “bisa menghilangkan ketombe”, bukan shampoo. Bagaimana, sejauh ini sudah mengerti kan?

Selanjutnya, jelaskan juga alasan kenapa orang sangat harus melirik dan membeli produk Anda. Hal yang perlu Anda garis bawahi adalah, jualan dan bualan bisa terletak pada kemampuan Anda memberikan penjelasan mengenai poin ‘why’ daripada ‘what’.

Beberapa hal yang harus Anda yakini pada para pembaca adalah:

  1. Kenapa sih produk Anda bisa lebih baik dibanding produk lain yang sejenis?
  2. Kenapa sih pembaca harus percaya pada penjelasan Anda?
  3. Kenapa sih harus membeli produk Anda?
  4. Kenapa sih harus membeli sekarang juga, tidak besok saja?
  5. Kenapa ada penawaran produk, alasannya?
  6. Kenapa saran Anda harus diikuti oleh mereka?
  7. Dan kenapa lainnya.

Intinya adalah, bila Anda ingin membuat para pembaca terhipnotis dengan penawaran Anda maka Anda harus bisa memberikan alasan kuat mengapa mereka harus terhipnotis dan menerima penawaran Anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh frasa yang bisa coba Anda ATM (amati tiru modifikasi):

  • 10 ALASAN Anda Harus MEMBELI PRODUK Ini
  • Mengapa Anda WAJIB MEMILIKI produk ini?
  • 5 ALASAN Anda Harus Bergabung.

Anda bisa coba menggunakan contoh di atas untuk diterapkan pada copywriting produk Anda.

Berikanlah bonus

Tahukah Anda, sesuatu yang menarik di samping produk Anda, bisa menjadi daya tarik lebih? Misalnya saja seperti bonus. Ya, bonus merupakan sesuatu yang akan diberikan di luar produk utama. Misal, Anda menjual jam tangan dengan bonus batrai tambahan.

Namun dalam pemberian bonus pun Anda tidak sembarangan. Pertama, bonus harus memiliki nilai. Maksudnya nilai adalah sesuai dengan kebutuhan, misal bonus ebook gratis berjudul “Cara Mendongkrak Penjualan dalam waktu 7 Hari Senilai Rp5000.000”. Penggunakan Rp bisa menjadi daya tarik bernilai.

Bonus juga harus relevan atau sesuai. Jangan sampai bonus malah keluar dari produk utama, seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya. Misalnya jam maka bonusnya batrai atau jilbab bonusnya bros. Selanjutnya bonus juga harus berkualitas. Yap, tentu saja kualitas juga harus Anda pastikan. Jangan sampai asal-asalan dalam memberikan bonus.

Tampilakan testimony

Makin banyak testimony yang Anda perlihatkan maka produk Anda pun akan semakin dipercaya oleh para pembaca. Testimony juga sangat bermanfaat untuk Anda agar tidak terlalu banyak menjelaskan mengenai produk knowledge. Orang akan percaya bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik.

Memberikan garansi

Orang merasa ragu membeli suatu produk, apalagi bila produk tersebut baru. Adanya garansi yang diberikan bisa menjadi jaminan apabila produk dirasa gagal untuk digunakan. Sementara itu garansi yang akan diberikan pun harus bisa menyetujui perasaan frustasi para pembeli. Oleh sebab itulah, Anda harus bisa memahami bagaimana sih perasaan mereka.

Beritahukan kalau Anda sangat memahami dan ingin membantu mereka, artinya Anda sudah membangun perasaan empati. Gunakan juga bahasa yang mereka gunakan ketika Anda menulis copywriting agar mereka bisa merasakan adanya interaksi.

Call to Action

Call to Action merupakan salah satu cara agar Anda bisa mempengaruhi pembaca untuk melakukan action saat itu juga. Bila CTA yang Anda gunakan lemak maka orang hanya dapat menikmati tulisan demi tulisan yang Anda sajikan saja, sementara mereka tidak bisa membelinya.

Nah, untuk bisa menulis CTA, Anda juga tak bisa sembarangan ya. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipahami:

  • Cobalah untuk menulis lebih dari satu kali agar bisa memberikan efek hipnotis pada para pembaca
  • Buatlah satu perintah hanya dalam satu penawaran
  • Jangan bertele-tele, langsung sampaikan poinnya

Beberapa contoh frasa CTA yang bisa Anda gunakan seperti; Beli sekarang, subscribe sekarang, sms sekarang, klik disini, dan frasa lain yang menjurus pada perintah beli produk.

Cantumkan N.B

Apa itu N.B? Ini merupakan sebuah singkatan dari nota bene. Tidak sedikit orang yang malah mengabaikan ini. Padahal ini merupakan elemen penting yang harus ada setelah headline. Adanya NB akan menjadi pendorong paksaan untuk para pembaca agar bisa action saat itu juga. Di dalam NB ada beberapa hal yang perlu Anda cantumkan, yaitu:

Social proof

Cobalah untuk menunjukan ada berapa banyak orang yang sudah memakai produk Anda? Beritahukan juga kepada para pembaca kalau para pengguna sebelumnya sudah merasa puas dengan apa yang Anda jual.

Scarity

Selanjutnya adalah scarity, ini berhubungan dengan keterbatasan produk dari segi jumlah. Beritahukan pembaca bahwa sisa produk Anda terbatas.

Urgensi

Urgensi berhubungan dengan ketakutan para pembaca akan merasa rugi bila tidak melakukan action saat itu juga. Beritahukan bahwa Anda memberikan informasi penawaran tersebut pada banyak orang, sementara kuota yang dijual sangatlah terbatas.

Nah, contoh frasa yang bisa Anda gunakan seperti; Siapa cepat, dia dapat! atau Kuota terbatas, hanya 200 orang pertama, ayo daftar sekarang!

Bagaimana, sudah memahami mengenai copywriting? Jasa penulis artikel SEO memiliki orang yang ahli dibidangnya. Sehingga tidak heran banyak mereka yang baru memulai go online, ingin mempercayakan copywritingnya pada jasa ahlinya.

Mempelajari Jenis Headline Untuk Marketing

Setelah Anda memahami bagaimana dasar pembuatan copywriting, selanjutnya mari perdalam mengenai poin headline. Kenapa harus memperdalamnya? Ini karena headline adalah kunci pembuka untuk para pembaca bisa masuk ke dalam obrolan Anda. Bila orang tidak membaca headline maka bisa dipastikan kalau orang juga taka akan membeli produk yang kita tawarkan.
Berikut adalah beberapa jenis headline yang bisa Anda gunakan:

Headline yang memberikan keuntungan

Anda bisa memberikan gambaran keuntungan yang akan didapatkan oleh para pembeli bila benar-benar membeli produknya. Keuntungan pun bisa dalam bentuk ekonomis atau pun psikologis.
Contohnya:

  • Beli 1 produk, dapat 2 produk
  • Pake ekonomis dengan harga krisis
  • Bonus 10.000 bila membeli hari ini!

Bila Anda ingin mengedepankan headline dengan berbagai macam keuntungan ekonomis maka sebaiknya Anda menggunakan kata: Diskon, Bonus, Paket, Hemat, Hadiah, Gratis, dan lain-lain.

News Headline

Selanjutnya adalah news headline lebih mengarah pada pemberian berita yang sifatnya umum. Ini sangatlah cocok untuk launching produk baru Anda, atau memberitahukan produk Anda.
Contohnya seperti:

  • Buka tiap hari, kecuali hari kiamat!
  • Gebyar undian, 1 juta

Atau masih banyak lagi, Anda bisa coba memodifikasi menggunakan bahasa Anda sendiri.

Headline selektif

Ini merupakan jenis headline yang memperlihatkan seolah Anda sedang menargetkan suatu iklan promosi untuk orang. Sangat cocok digunakan untuk menyasar target marketing. Contoh penggunaan kalimatnya bisa sepert; Khusus untuk wanita, Khusus untuk Anda yang sedang jomblo, khusus pengguna kartu XL dan yang lainnya.

Curisoty headline

Ini merupakan jenis headline yang bisa membuat para pembaca iklan merasa makin penasaran dengan yang Anda tawarkan. Contoh kalimat yang bisa digunakan, seperti; Kesalahan dalam bisnis yang bisa merugikan Anda, 1 teknis sederhana yang dilakukan oleh sales dunia, dan yang lainnya. Atau bisa bisa juga menulis curisoty headline dengan kalimat Tanya seperti; Apa sih yang membuat kulit wanita bisa putih?

Gimmic headline

Anda bisa menggunakan permainan kata dan juga kalimat dalam sebuah judul. Bisa juga berupa pengulangan bunyi atau pun tipuan.

Contohnya seperti; Jualan terus rezeki mulus, Banjir order dari reseller, masa sih, dan yang lainnya.

Fear Headline

Fear headline juga bisa Anda gunakan untuk menakuti para pembaca sehingga mereka dapat benar-benar merasa takut bila tidak mengikuti apa yang Anda tawarkan. Headline ini sangatlah cocok digunakan pada pembeli yang ingin mendapatkan kepastian hidup di masa yang akan datang. Kalimat yang bisa digunakan seperti; Awas bangkrut!, Jangan sampai kehabisan!, Hati-hati kolesterol!

Question Headline

Anda akan memberikan pertanyaan kepada para pembaca, dan mereka dalam hati akan menjawab ya atau tidak, suda atau belum, tahu atau tidak tahu. Headline jenis ini sangatlah cocok untuk membangun brand, awareness dan juga kedekatan dengan para pembaca. Kalimat yang bisa digunakan seperti; sudah minum yakult hari ini?, sudah sedekah hari ini?, sudah cek tokopedia belum?

Quotation Headline

Anda harus mencantumkan sebuah quotes dari orang lain untuk bisa Anda jadikan sebagai headline. Bisa dengan mengutip ucapan seseorang, endorsement tokoh atau pun testimony pelanggan. Misalnya saja seperti; Produknya enak saya suka (testimony), semua pengusaha wajib ikut seminar ini, dan yang lainnya. Anda bisa coba membuat kalimat sendiri.

Command Headline

Ini merupakan sebuah headline yang seolah-olah Anda akan memerintahkan atau mengajak pembaca melakukan sesuatu saat itu juga. Seperti; Ayo sedekah, Ayo sekolah, Bel atau gigit jari, Yuk bukber disini!

Claim Headline

Yang kesepuluh adalah claim headline di mana Anda akan mengaku atau mengklai dan menyatakan secara sepihak atau merasa menjadi satu-satunya dan nomor satu (terbaik). Misalnya, 12 Susu Formula Paling Enak, 12 Buku Terlaris Pada Tahun 2018.

Jasa Menulis Artikel SEO Online Sebagai Cara Membuat Copywriting Handal

Membuat copywriting memang tidaklah mudah, mempelajarinya pun akan sangat menyulitkan. Terutama bila Anda sedang sibuk. Oleh sebab itulah tidak sedikit para pengusaha yang mau go online mencari jasa penulis artikel SEO online yang dapat mengejarkan copywriting sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Sebuah jasa yang memang sudah dijalankan oleh ahlinya sehingga Anda tidak perlu merasa terbebani lagi dengan tugas copywriting untuk bisnis Anda. Hanya perlu memberikan materi produk pada jasa yang Anda percayakan, mereka akan mulai mempelajari dan membuatkan copywriting yang sesuai.

Sebenarnya, sangat mungkin juga Anda membuat sendiri Panduan Menulis Artikel SEO Friendly. Namun masalah waktu tentu akan sangat mendesak, karena pembuatan copywriting membutuhkan waktu dan ide yang segar agar bisa bersaing dengan competitor lainnya.

Bila Anda memutusakan untuk menyewa jasa penulis artikel SEO online, carilah yang memiliki portofolio dan jam terbang terbaik agar Anda tidak merasa dirugikan. Pastikan juga bahwa jasa pilihan Anda mengerti dengan baik teknis seperti apa yang cocok digunakan pada copywriting produk yang dijual. Karena tidak semua jenis copywriting akan cocok pada bisnis Anda.

Yuk, buat copywriting produkmu sekarang juga dan terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel Membuat Ads Copy Untuk Bisnis Digital, Bagaimana Caranya?. Semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.