Pengertian dan Cara Kerja SEO

Di zaman yang sudah serba canggih ini, bila membahas soal SEO pasti sudah banyak yang tahu. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah pengetahuan Anda sudah sampai pada penerapan cara kerja SEO secara keseluruhan? Apakah Anda sudah mempraktikan SEO secara tepat? Ini karena tidak jarang orang yang malah merasa pusing sendiri dengan cara kerja SEO sehingga menyerah untuk menerapkannya pada website sendiri.

Padahal bila kita mau belajar hingga menemukan titik SEO yang tepat untuk diterapkan pada website tentu saja itu akan sangat menguntungkan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut mari coba kita bahas apa dan bagaimana sih sebenarnya cara kerja SEO? Simak yuk!

Pengertian dan Cara Kerja SEO

SEO (Search Enginet Optimization) adalah salah satu strategi yang bisa diterapkan pada sebuah website untuk meningkatkan trafik, kredibilitas hingga peringkat website berada pada halaman pertama di mesin pencarian atau search engine seperti google.

Baca Juga : Cara Memilih Penyedia Jasa SEO

Sehingga pada dasarnya SEO dapat dikatakan sebagai bagian dari pemasaran mesin pencari. SEO juga dapat disebut sebagai “copywriting”, hal ini dikarenakan sebagian besar teknik yang digunakan untuk mempromosikan situs di mesin pencari atau search engine adalah mengunakan tulisan sebagai konten dasarnya.

Lantas, kenapa sih teknik SEO tersebut benar-benar sangat diperlukan? Nah untuk menjawabnya berikut ada 3 alasan yang bisa menjadi jawaban.

Pertaman, pada dasarnya SEO adalah suatu teknik untuk merancang dan mengembangkan sebuah situs web agar web tersebut dapat menempati peringkat teratas dalam pencarian hasil mesin pencari.

Kedua, Apabila web tersebut menempati peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll, maka traffic visitor atau lalu lintas pengunjung dari web tersebut akan mengalami peningkatan.

Dan yang terakhit atau yang ketika adalah bila Web berada di peringakat teratas hasil mesin pencarian seperti google dan visitor web mengalami peningkatan dan keuntungan nya adalah apabila web tersebut merupakan web toko online maka dapat meningkatkan penjualan dari toko online tersebut. Selanjutnya apabila web tersebut berupa blog atau portal berita maka dapat menigkatkan penghasilan dari pemilik web tersebut sebagai publisher.

Sementara itu sebelumnya juga sedikit dibahas mengenai copywriting, apa sih itu? Copywriting adalah teknik penulisan berbentuk teks yang ditampilkan pada halaman web yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam hasil pencarian mesin pencari dengan menargetkan istilah pencarian tertentu. SEO copywriting biasanya mengoptimalkan elemen pada konten halaman lain untuk istilah pencarian yang berhubungan dengan Judul, Deskripsi, Keywords, dan teks alternatif lainnya.

Kembali lagi pada proses atau cara kerja SEO, dalam segi teknis ada 2 jalan yang harus kita lalui pertama Seo On Page dan yang kedua adalah SEO off Page.

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menjalankan SEO On Page, yaitu melakukan optimalisasi dari dalam situs website kita sendiri. Ini sangat penting dilakukan ya. Dalam menjalankan On page nantinya kita butuh beberapa konten yang unik, relevan, seo friendly dan paling jelas memang berkaitan dengan kata kunci yang dicari oleh kebanyakan orang.

Sehingga dalam pembuatan konten pun kita tak bisa sembarangan. Pertama, kita harus melakukan riset kata kunci mana sih yang paling banyak dicari. Setelah mengetahui kata kuncinya kita harus bisa mengeksplore konten-konten yang memang dianggap paling menarik minat para pembaca. Anda juga harus bisa menerapkan keyword senatural mungkin pada judul, paragraf pertama, paragraf badan hingga penutup karena itu salah satu hal yang paling dibutuhkan google untuk mendeteksi bahwa memang konten Anda membahas suatu keyword tertetntu.

Selanjutnya ada juga SEO off page, ini merupakan langkah lanjutan yang harus dilakukan setelah SEO On Page. Dimana Anda akan melakukan link building sehingga nantinya bisa mempengaruhi pada peningkatan popularitas suatu link dengan menyematkan link yang ada pada suatu website lainnya atau biasa disebut juga sebagai backlink.

Cara Kerja SEO

Nah, lalu bagaimana sih cara kerja mesin pencarian seperti google saat diterapkan SEO? Oke baik mari kita bahas. Sebelumnya kita harus tahu bahwa dalam menampilkan sebuah hasil pencarian maka search engine atau mesin pencarian harus melakukan beberapa kegiatan atau bisa disebut juga suatu algoritma sistem yang bisa diterapkan. Apa saja?

Cara Kerja Seo Crawling

Crawling atau Perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Cara Kerja Seo Indexing

Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Cara Kerja Seo Processing

Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “pengertian seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “pengertian seo” kedalam request pencarian dengan halaman lain nya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

Cara Kerja Seo Calculating Relevancy

Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang di inputkan kedalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

Cara Kerja Seo Retrieving Result

Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan kedalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Setiap bulan nya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! (sekarang sedang dalam proses penutupan) sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Jasa SEO

Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang di inputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.

Itulah pembahasan mengenai cara kerja SEO dan mesin pencarian secara lengkap. Bila Anda ingin lebih memahami sangat dianjurkan sekali Anda bisa praktif langsung untuk menerpkan SEO pada website Anda. Oh iya jangan lupa untuk selalu update dengan algoritma mesin pencarian khususnya google ya. Karena strategi sangatlah dinamis sehingga Anda harus bisa menyesuaikan strategi Anda dengan algoritma yang berubah-ubah. Bila tidak menyesuaikan nantinya malah strategi Anda tidak sesuai dan tidak relevan atau tidak menghasilkan apa-apa.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.