Pengertian Domain

Website berbayar memiliki dua perangkat utama yang harus Anda miliki. Dua perangkat tersebut adalah domain dan hosting. Kedua perangkat ini harus ada dalam sebuah website karena sangat mempengaruhi perkembangan dari website tersebut agar segera memiliki traffic yang tinggi.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian domain, dan nama-nama domain berdasarkan jenis-jenisnya yang wajib Anda ketahui. Berikut penjelasannya.

Pengertian Domain Adalah

Domain adalah sebuah nama yang dimiliki oleh website yang bersifat unik dan dapat mempermudah Anda untuk mengidentifikasi nama server di komputer saat diakses melalui internet. Domain biasanya dipakai untuk menamai sebuah web server atau email server yang dimiliki oleh sebuah instansi, perusahaan maupun personal.

Dulunya, nama domain ini berbentuk alamat IP yang sangat sulit untuk diingat. Dengan adanya DNS (Domain Name System) Server, alamat IP tersebut diubah menjadi nama domain yang unik. Misalnya Google.com memiliki alamat IP 173.194.38.142. Sungguh rumit untuk diingat bukan? Berkat hadirnya DNS ini, maka Anda pun tak perlu repot-repot menghafalkan alamat IP lagi.

Jenis Nama-nama Domain

Ada banyak sekali nama-nama domain yang terdaftar di dalam jaringan internet, khususnya mesin pencarian Google. Nama-nama domain tersebut ternyata didasarkan pada pembagian kategori domain. Berikut ini 3 jenis nama domain berdasarkan ekstensi domain yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Nama-nama Domain Universal

Pertama, Nama Domain Universal merupakan sekumpulan dari nama domain yang menduduki peringkat top level di dunia. Domain universal biasa disebut sebagai gTLD (Generic Top Level Domain). Beberapa nama domain universal meliputi:

Nama Domain .com

.com merupakan akhiran domain yang diambil dari kata commercial dan sering dipakai untuk kepentingan komersial/perusahaan. Domain ini termasuk yang paling populer di antara domain lainnya.

Nama Domain .org

.org merupakan akhiran domain yang diambil dari kata organization dan sering dipakai sebagai indentitas suatu organisasi.

Nama Domain .net

.net merupakan akhiran domain yang diambil dari kata network dan sering dipakai untuk organisasi berbasis teknologi jaringan.

Nama Domain .biz

.biz merupakan akhiran domain yang diambil dari kata business dan sering dipakai untuk keperluan bisnis yang bersifat sangat komersial. .biz dipakai sebagai alternatif pengganti .com bila domain yang Anda inginkan telah terdaftar milik pihak lain / sudah tidak tersedia lagi.

Nama Domain .info

.info merupakan akhiran domain yang diambil dari kata informative dan sering digunakan untuk keperluan informasi secara luas. Domain ini dimiliki oleh badan / instansi / perusahaan yang telah memiliki akreditasi khusus.

Nama Domain .tv

.tv merupakan akhiran domain yang diambil dari kata television dan sering digunakan secara khusus untuk tujuan siaran televisi, radio atau majalah.

Nama Domain .asia

.asia merupakan akhiran domain yang diambil dari kata Asia (Benua Asia) dan digunakan secara khusus untuk area Asia, Australia, dan Asia Pasifik.

Nama Domain .name

.name merupakan akhiran domain yang berasal dari kata name dan sering digunakan untuk situs keluarga maupun personal.

Nama Domain .edu

.edu merupakan akhiran domain yang diambil dari kata education dans erring digunakan secara khusus untuk website pendidikan.

Nama Domain .mil

.mil merupakan akhiran domain yang diambil dari kata militer dan digunakan secara khusus sebagai website militer atau angkatan bersenjata.

Nama Domain .travel

.travel merupakan akhiran domain yang diambil dari kata travel dan digunakan khusus untuk bisnis pariwisata.

Selain kesebelas nama domain tersebut, masih ada lagi beberapa domain universal yang digunakan khusus untuk website tertentu.

Nama-nama Domain Utama

Kedua, Nama Domain Utama merupakan sekumpulan nama domain negara yang khusus digunakan untuk sebuah negara tertentu, di mana masing-masing negera memiliki nama domain utama yang berbeda-beda.

Domain utama sering disebut sebagai ccTLD (Country Code Top Level Domain) atau TLD Lokal. Contoh dari nama domain utama untuk negara-negara di dunia, meliputi:

Nama Domain .id

Dimiliki oleh negara Indonesia.

Nama Domain .sg

Dimiliki oleh negara Singapura.

Nama Domain .sa

Dimiliki oleh negara Saudi Arabia.

Nama Domain .jp

Dimiliki oleh negara Jepang.

Nama Domain .eg

Dimiliki oleh negara Mesir.

Nama Domain .za

Dimiliki oleh negara Afrika Selatan.

Nama Domain .de

Dimiliki oleh negara Jerman.

Nama Domain .it

Dimiliki oleh negara Italia.

Nama Domain .ru

Dimiliki oleh negara Rusia.

Nama Domain .tr

Dimiliki oleh negara Turki.

Nama Domain .uk

Dimiliki oleh negara United Kingdom.

Nama Domain .us

Dimiliki oleh negara USA.

Nama Domain .au

Dimiliki oleh negara Australia.

Dan masih banyak lagi nama domain utama yang lainnya yang dimiliki oleh negara lain.

Nama-nama Domain Second Level Domain (SLD)

Ketiga, Nama Domain Second Level Domain (SLD) merupakan nama domain yang didaftarkan untuk kepentingan website pribadi Anda. Jadi domain SLD ini hanya dimiliki oleh pemiliknya, dan tidak dapat dimiliki oleh orang lain. Contohnya website dengan nama domain www.bisnisonline.com, memiliki SLD yakni “bisnisonline”.

Keempat, Nama Domain Sub-domain merupakan sekumpulan dari nama domain yang mengandung nama tambahan yang letaknya di depan domain utama. Domain sub-domain sering disebut sebagai Third Level Domain (TLD). Contoh dari nama domain ini yang sering digunakan oleh web Indonesia adalah:

Nama Domain .co.id

.co.id merupakan domain yang dimiliki oleh perusahaan komersial yang berbadan hukum di Indonesia. Dalam mendaftar domain .co.id, calon pemilik domain harus melampirkan KTP/SIM, SIUP/Akta Notaris, dan Merk/Paten.

Nama Domain .go.id

.go.id merupakan domain yang dimiliki oleh instansi / lembaga pemerintahan di Indonesia, yang meliputi lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan lembaga independen bentukan pemerintah.

Nama Domain .ac.id

.ac.id merupakan domain yang dimiliki oleh lembaga pendidikan tinggi / univertitas di Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan minimal diploma-1.

Nama Domain .sch.id

.sch.id merupakan domain yang dimiliki lembaga pendidikan dasar hingga pendidikan menengah, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK. Lembaga pendidikan tersebut harus melampirkan surat keterangan dari dinas pendidikan dan surat permohonan resmi dari kepala sekolah yang bersangkutan.

Nama Domain .or.id

.or.id merupakan domain yang dimiliki oleh organisasi / yayasan / perkumpulan non pemerintah, dengan melampirkan syarat surat akta notaris dimilikinya.

Nama Domain .net.id

.net.id merupakan domain yang dimiliki oleh industri/badan usaha yang bergerak di bidang telekomunikasi dan jaringan, dengan melampirkan syarat surat perizinan dalam usaha telekomunikasi.

Nama Domain .web.id

.web.id merupakan domain yang dimiliki oleh sebuah organisasi / pribadi, yang bukan termasuk .co.id, .go.id, .ac.id, .sch.id, .web.id, maupun .or.id.

Simpulan

Demikian ketiga Nama Domain Berdasarkan Jenis-jenisnya. Setelah Anda mengetahui ekstensi masing-masing domain beserta kegunaannya tersebut, Anda harus ingat untuk selalu menyesuaikan nama domain yang Anda pilih berdasarkan niche website. Jika ide nama domain telah Anda temukan, cek ketersediaan domain di situs kepercayaan Anda.

Baca Juga : Apa itu SEO

Maka Anda akan mengetahui apakah domain yang diinginkan masih tersedia (available) atau tidak. Jika sudah tidak tersedia lagi, cari nama domain lain atau ganti ekstensi domain lainnya. Sekali lagi, perhatikan nama domain sesuai dengan niche website Anda, karena nama domain tersebut bisa mempengaruhi kenaikan traffic sebuah website.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.