Pengertian Internet

Teknologi internet sudah semakin berkembang, sekarang ini siapa sih yang tidak tahu soal internet? Bahkan hampir tiap orang dari anak-anak hingga dewasa dan lansia pun sudah banyak yang menggunakan internet, sehingga tidak heran bila masuk dalam gaya hidup masa kini. Jadi, bila memang kamu juga sudah terbiasa dengan teknologi satu ini, bisakah kamu menjawab pertanyaan “apa itu internet?”

Nah, bagi yang belum bisa menjawab sebaiknya simak ulasan mengenai pengertian internet, sejarah dan perkembangannya berikut ini.

Internet dan Gaya Hidup Masa Kini

Tahukah kamu kalau sudah hamper semua aspek pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari sudah mengandalkan internet. Sehingga bukan rahasia lagi kalau segala sesuatu bisa saja diselesaikan dengan internet.

Misal, saat kita hendak memasak dan membutuhkan resep, kita tinggal membuka google lalu cari resep yang dibutuhkan. Atau kita membutuhkan pakaian untuk acara party namun tidak ada waktu untuk keluar rumah, kamu bisa mengandalkan internet.

Namun sayangnya tidak jarang juga internet bisa memisahkan orang-orang sekitar. Contohnya saja, ada sebuah keluarga mengunjung restoran, kemudian mereka menanyakan apa password WIFI nya ke pramusaji sebelum akhirnya memesan makanan.

Baca Juga: Pengertian Internet Marketing

Setelah makan habis, keluarga tersebut malah langsung sibut dengan perangkat mobile nya karena ada akses internet gratis. Jadi, bermanfaat atau tidaknya suatu teknologi yang tergantung kita sendiri.

Pengertian Internet Adalah

Nah, kalau kamu memang sering menggunakannya, coba sekarang tanya pada diri sendiri sebenarnya apa sih pengertian internet?

Untuk lebih lengkapnya, internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan media elektronik dengan media lain. Menggunakan strandar teknologi pendukung secara global yaitu transmission control protocol atau bisa disebut juga Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Apa itu TCP/IP? Ini adalah protocol pertukarang paket atau dalam istilah asinya bisa disebut switching communication protocol yang dapat digunakan untuk jutaan hingga milliaran pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah dair internetworking artinya cara atau proses dalam menghubungkan serangkaian internet dengan penerapan atau aturan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Para ahli juga memberikan definisinya masing-masing untuk internet. Agar bisa menambah wawasan mu soal internet, berikut ini adalah pengertian internet menurut para ahli.

Internet Menurut Onno Purbo

Onno Purbo mengatakan bahwa internet pada dasarnya adalah sebuah media yang digunakan untuk memberikan referensi atau proses komunikasi yang disambung lewat berbagai aplikasi seperti VIP, Web, atau email.

Internet Menurut Oetomo

Oetomo memberikan pengertian mengenai internet yaitu singkatan dari international network yang juga diartikan sebagai jaringan computer besar. Dimana jaringan-jaringan tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil lain yang satu sama lainnya memang saling terhubung.

Internet Menurut Supriyanto

Internet menurut Supriyanto merupakan sebuah hubungan antara berbagai macam jenis computer serta jaringan yang ada di dunia dan memiliki system operasi serta aplikasi yang berbeda.

Dimana hubungan tersebut akan dimanfaatkan untuk kemajuan perangkat komunikasi seperti satelit dan telepon yang menggunakan protocol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu menggunakan protocol TCP/IP seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Internet Menurut Harjono

Harjono juga mengartikan internet sebagai sekumpulan computer yang bisa mencapai sampai jutaan computer di seluruh dunia. Komputer tersebut saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain. Agar kumputer dapat saling terkoneksi maka dibutuhkan sebuah media untuk saling terhubung antar computer. Media-media yang dipakai tersebut bisa menggunakan serat optic atau kabelu atau satelit atau pun sambungan telepon.

Intenet Menurut Ramdhani

Sementara menurut Ramdhani, tokoh IT di Indonesia, internet adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan computer yang dapat menghubungkan banyak situs-situs, seperti situs akademik, organisasi, komersil sampai perorangan.

Internet Menurut Sibero

Sibero (2011) juga menyampaikan pengertian mengenai internet yang merupakan singkatan dari inter connected network merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan computer secara global. itulah pengertian internet

Internet Menurut Drew Heywood

Tokoh lain yaitu Drew Heywood (1996) juga menyampaikan pengertian mengenai internet yaitu sebuah istilah teknologi yang muncul sejak akhir tahun 60 an yaitu ketikan United States Departemen of Defense atau DoD membutuhkan sebuah standar baru dalam melakukan komunikasi internetworking.

Standar yang ada haruslah masuk dalam standar yang bisa menghubungkan banyak jenis computer dalam DoD dengan computer kepunyaan kontraktor milliter atau oraganisasi penelitian atau juga ilmiah seperti universitas. Jaringan ini harus mempunya kekuatan, keamanan hingga ketahanan untu tidak rusak sehingga bisa dioperasikan pada kondisi minimum bila terjadi bencana atau pun peperangan.

Sejarah Internet dan Perkembangannya

Internet merupakan singkatan dari interconennection-networking atau sebuah jaringan computer yang saling terhubung menggunakan sebuah system standar global agar bisa melayani para pengguna di seluruh dunia memakai system global yang dinamakan transmission control protocol atau TCP IP.

Jaringan internet ini pertama kali dibentuk pada tahun 1969 oleh salah satu Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat sebuah proyek bernama Advanced Research Project Agency Network atau ARPANET. Awalnya mereka mulai mendemontrasikan sebuah komunikasi jarak jauh yang tidak terhingga hanya dengan saluran telepon dan menggunakan software serta hardware berbasi UNIX.

Hadirnya proyek Arpanet ini mampu membentuk sebuah jaringan dengan kehandalan serta besar informasi yang didapt. Kemudian memiliki standarnya sendiri sehingga ini menjadi awal mulai permbangunan protocol baru yang sekarang ini dikenal sebagai istilah transmission control protocol atau TCP/IP.

ARPANET sendiri awalnya hanya membuat proyek ini hanya untuk kebutuhan militer saja. Sistem jaringan yang dibuat oleh Departemen Pertahanan dihubungkan pada daerah penting agar bisa mengatasi berbagai macam masalah khususnya terhadap searangan nuklik serta untuk menghindari informasi terpusat bila suatu saat ada musuh ingin menyerang saat perang.

Konon awalnya ARPANET juga hanya menghubungkan 4 situs saja. Yaitu Stanford Research Institute, University of California, Universitas of Utah dan Santa Barbara.

Kemudian pada tahun 1972 ARPANET memperkenalkan teknologi ini pada public. Seiring berjalannya waktu juga berkembang hingga berbagai macam daerah dan semua universitas dari berbagai negara pun tergabung.

Karena merasa kewalahan dengan permintaan, ARPANE akhirnya membagi teknologi tersebut menjadi dua. Pertama ada MILNET yang dikhususkan untuk kepentingan militer, selanjutnya ada ARPANET yang digunakan untuk kepentingan non militer. Nah, penggabungan antara keduanya ini dinamakan DARPA Internet, kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Jaringan computer ini lalu dilindungi oleh sebuah perjanjian bilateral atau bisa disebut juga multilateral dan spesifik teknikal. Sebuah protocol yang menerangkan mengenai perpindahan data atau rangkaian yang dibentuk berdasar pada perbincangan IETF atau Internet Engineering Task Force.

Untuk informasi penting juga, kamu harus tahu kalau IRTF merupakan badan yang mengeluarkan dokumen atau lebih dikenal sebagi Request for Comments (RFC). Kemudian Sebagian dari dokumennya dijadikan sebagai standar dari jaringan komputen oleh sebuah Badan Arsitektur Internet. Beberapa protocol yang kerap digunakan dalam internet diantaranya TCP, IP, DNS, UDP, dan lain-lain.

Memahami perkembangan internet memang tidak akan pernah ada habisnya. Mengingat sampai sekarang terus saja ada perbaharuan untuk teknologi satu ini. Tapi tentunya tidak akan rugi juga kita mempelajari perkembangannya apalagi bisa memanfaatkannya.

Nah, di Indonesia sendiri sebelumnya jaringan internet ini lebih dikenal dengan istilah yang cukup unik yaitu Paguyuban Network. Sebuah Paguyuban yang artinya sama dengan namanya yaitu semangat kekeluargaan atau Kerjasama yang terjadi sangat akrab apalagi dalam anggota pengembang teknologinya.

Hal ini sebenarnya cukup berbeda apalagi bila dibandingkan dengan suasana pengembang internet yang ada di Indonesia sekarang dan tentunya akan lebih mengarah ke komersil tujuan. Namun tentunya tidak hanya sisi negative saja yang akan dirasa, pertumbuhan e-commerce serta perusahaan komersial lain juga bisa jadi meningkat drastic serta turut membangun perekonomian bangsa.

Saat itu RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo merupakan nama-nama yang masuk dalam toko pengembang legendaris khususnya dalam sejarah perkembangan internet di Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994.

Tiap pengemban memiliki kontribusi dan dedikasi keahliannya sendiri dalam membangun sejarah IT yang ada di Indonesia. Saat itu juga sebenarnya sudah ada cukup banyak temuan serta kreasi internet of Thing.

Pembahasan internet memang tidak akan ada habisnya mengingat internet adalah teknologi yang akan semakin berkembang. Sehingga sejarah perkembangannya pun akan semakin luas. Namun tentunya kita sebagai pengguna juga harus bijak ya dalam penggunaan internet. Biarpun kita bisa menggunakan tanpa Batasan tempat atau waktu namun sebaiknya kita mengontrol hal tersebut.

Jangan sampai dengan adanya teknologi, tingkat kepekaan kita untuk lingkungan semakin menurun. Membuat kita semakin enggan untuk bersosialisasi, membuat kita semakin malas untuk keluar rumah atau membuat kita semakin acuh dengan keluarga sendir. Ingat, teknologi memang memudahkan namun kontroling ada pada si pengguna. Teknologi bisa saja bermanfaat atau bisa jadi boomerang tergantung bagaimana kita memanfaatkannya.

Apalagi bila kamu sudah memiliki anak dan membiarkan anak kamu menggunakan internet serta gadget. Kamu harus melakukan pengawasan lebih. Jangan sampai anak membuka situs yang tidak seharusnya dibuka dan membuat anak mendapatkan toxic akibat pengawasan dan penggunaan internet.

Memang tidak akan mudah melakukan kontroling pada anak dalam penggunaan internet apalagi bila mereka memang sudah sangat memahami apa yang bisa ditemukan hanya dengan bermodalkan gadget yang terknoneksi dengan internet.

Itulah pembahasan mengernai pengertian internet, sejarah dan perkembangannya. Bagaimana, kamu sudah mendapatkan wawasan yang kamu butuhkan? Oiya, bila kamu pengguna internet aktif, sangat disaran juga untuk tidak menggunakannya saat malam hari atau saat hendak tidur sebab itu malah akan menganggu waktu tidur kamu, akibatnya kualitas tidur pun semakin berkurang. Jangan sampai adanya internet malah mengubah kebiasaan tidurmu dan gaya hidup pun semakin berubah menjadi buruk.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer

Yuk sehat dan bijak dalam menggunakan internet! Buatlah waktu prioritas kapan kamu boleh menggunakannya dan tidak agar internet tidak menjadi toxic untuk kamu. Apalagi bila kamu sudah memiliki anak, protect anak dari hal-hal yang tidak seharusnya ia dapatkan pada usianya! Internet sehat, gaya hidup pun sehat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.