Pengertian SEO Off Page

Apakah Anda memiliki website bisnis Anda sendiri? Namun hingga sekarang masih belum saja bisa mendatangkan trafik dengan maksimal? Salah satu yang bisa menjadi alasan adalah mungkin saja Anda belum menjalankan SEO Off Page secara maksimal. Atau jangan-jangan justru Anda memang belum tahu apa pengertian SEO off page? Waduh, kalau belum tahu tentu harus Anda cari tahu.

Ini karena SEO off page sangat penting Anda jalankan agar website Anda bisa dengan mudah orang lain temukan dan peringkatnya berada pada halaman pertama mesin pencarian seperti google. Sebab website-website yang muncul pada halaman pertama 99% akan menarik perhatian dan dengan mudah bisa mendatangkan trafik.

Pengertian SEO Off Page Adalah

Dalam strategi SEO istilah pengertian off pageseo adalah akan mengacu pada faktor yang tidak akan berhubungan dengan halaman situs Anda. Bila Anda sudah melakukan on page yaitu optimalisasi di dalam situs seperti menanamkan internal link, pembuatan konten, penerapan keyword maka berbeda dengan On page yang akan lebih berhubungan dengan link building atau backlink.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Sebab untuk bisa mencapai hasil dari SEO, Anda tidak boleh hanya fokus pada situs dan brand saja. Ada hal lain yang harus Anda perhatikan, seperti meningkatkan reputasi yang baik, dengan begitu calon pelanggan yang Anda targetkan benar-benar berkeinginan untuk mengunjungi serta mempelajari lebih jauh mengenai situs website Anda.

Lantas, apa sih bedanya antara SEO On Page dan SEO Off Page?

Ketika hendak mengevaluasi sebuah situs maka mesin pencarian seperti google akan melihat dari on page yaitu hal-hal yang berhubungan dengan website Anda. Sementara off page akan mengarah pada seberapa populer website Anda.

Sederhananya kategori peringkat situs-situs yang ada akan ditentukan oleh faktor on page dan seberapa tinggi peringkat Anda dalam mesin pencarian yang ditentukan oleh faktor off page.

Dalam On Page SEO hal yang dianjurkan untuk optimalisasi adalah kecepatan loading halaman, pembuatan konten yang berkualitas, internal link, eksternal link, judul serta deskripsi dan yang lainnya. Sementara untuk Off Page lebih dianjurkan untuk melakukan link building, social media marketing dan juga social bookmarking.

Kenapa Harus Melakukan SEO Off Page?

Saat seseorang sedang berusaha untuk mencari informasi mengenai sebuah brand maka secara persepsi mereka sudah memiliki pendapat sendiri. Melihat dari review atau komentar yang bisa didapatkan secara online. Hal inilah yang akan dilakukan off page SEO.

Pada dasarnya Off page seo akan memberitahukan pada sebuah mesin pencarian seperti google. Bagaimana sih pendapat pengunjung tentang website Anda, sehingga bila sudah terdeteksi dengan baik maka otoritas website Anda bisa juga akan meningkat dan mempengaruhi visibilitas. Teknik ini juga bisa membuat pengunjung menyebutkan brand Anda kemudian menautkan nya pada konten website Anda.

Langkah SEO Off Page Zaman Dulu?

Namun sayangnya tidak sedikit orang berpikir bahwa langkah seo off page ini hanyalah soal link building saja. Padahal ada beberapa langkah lain yang harus dilakukan guna mengoptimalkan penggunaan off page. Misalnya saja seperti langkah yang pernah digunakan zaman dulu seperti:

Melakukan promosi ke beberapa forum

Meskipun tidak merugikan namun metode ini memakan waktu yang banyak. Anda diminta untuk menyebutkan brand Anda di berbagai forum yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lebih baik Anda menghabiskan waktu untuk meningkatkan hal penting lainnya dalam bisnis Anda.

Coba memasukan website ke dalam mesin pencarian seperti google

Cara ini menjadi cara yang dulu umum digunakan untuk memastikan website Anda muncul dalam pencarian Google dan Bing. Namun, dengan semakin sulitnya algoritma mesin pencari, cara ini dianggap tidak lagi memberikan hasil.

Pembuatan Direktori

Membuat konten untuk direktori artikel juga menjadi salah satu cara lama yang umum dilakukan dalam pemasaran konten. Namun kenyataannya kebanyakan orang tidak membaca website direktori ini karena artikelnya tidak berkualitas dan berisi hal-hal yang tidak relevan.

Saat Google Panda muncul, website direktori ini merupakan kategori website pertama yang mengalami penurunan trafik yang signifikan.

Membuat sebuah website direktori

Ini merupakan cara yang dulunya dianggap ampuh namun kini website ini dianggap tidak berguna. Website ini jarang dikunjungi karena Google kini telah menggantikan kegunaan website direktori dengan waktu pencarian yang lebih cepat.

Social Bookmarking

Mengikuti forum sosial media seperti Reddit dan StumbleUpon akan memberikan hasil yang baik jika brand Anda menjadi viral, namun kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan.

Hal ini disebabkan website seperti ini di perbaharui dengan cepat sehingga jika Anda mengunggah sesuatu, postingan Anda bisa hilang keesokan harinya.

Terlalu berlebihan saat menggunakan social media

Mungkin menurut Anda semakin banyak sosial media yang Anda miliki semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan traffic. Banyak sosial media yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Anda memerlukan jaringan sosial yang berkaitan untuk membantu promosi yang baik.

Fokuslah pada beberapa sosial media yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga Anda bisa berkonsentrasi dengan pengikut Anda di sosial media tersebut.

Biasanya para ahli SEO menghabiskan waktu lebih banyak untuk off-page SEO dibandingkan on-page SEO.Namun, seberapa besar pun usaha yang Anda lakukan untuk off-page SEO, tanpa on-page SEO yang baik maka usaha Anda akan menjadi tidak maksimal.

Suatu website yang terlihat tidak terpercaya dari awal Anda membukanya tentu tidak akan membuat Anda mau memberikan backlinks menuju website tersebut. Website dengan desain yang sederhana namun menarik, bersih dari kesalahan penulisan akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan backlink dari website-website besar dan terpercaya seperti Forbes.

Meskipun Anda memiliki link yang banyak, hal ini akan sia-sia jika pengunjung yang awalnya tertarik dengan review website Anda melihat website Anda yang terlihat tidak professional dan terpercaya.

Semakin banyak orang membaca atau melihat konten Anda, semakin besar potensial Anda mendapatkan link atau citation. Semakin banyak Anda mendapatkan citation dan link, semakin baik off-page SEO Anda. Oleh karena itu, maksimalkan metode on-page SEO Anda sebelum Anda mulai menggunakan metode off-page SEO.

Jadi, bagaimana sudah memiliki gambaran mengenai pengertian SEO off page kan? Sebenarnya dalam praktik dunia SEO ada banyak hal yang harus Anda pelajari. Sangat dianjurkan untuk Anda bisa mempraktikan secara langsung teori yang sudah didapatkan. Cobalah terapkan pada situs Anda sendiri sehingga nantinya Anda akan bisa melihat bagaimana hasilnya.

Baca Juga : Artikel SEO Friendly

Karena pada dasarnya mempelajari SEO haruslah sembari praktik dengan begitu Anda bisa memahami kendala apa saja yang akan Anda hadapi saat melakukan optimalisasi. Baik dari segi kompetitor atau kendala kesulitan dalam menyesuaikan kemampuan Anda dengan kebutuhan SEO website Anda. Untuk mempelajari off page juga akan sangat lebih cepat bisa bila melakukan praktik secara langsung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.