Perbedaan Microsoft Word 2013 dan 2016

Inilah Perbedaan Microsoft Word 2013 dan 2016 – Dengan keinginan semua orang agar dapat melakukan sesuatu dengan cepat, mudah, dan praktis dibuatlah sesuatu yang akan memenuhi keinginan tersebut. Salah satu alat yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan adalah Microsoft Office.

Microsoft office dibuat sebagai perangkat lunak yang akan mempermudah pekerjaan khususnya pekerjaan kantor. Microsoft ini dibuat dan dirancang dan kemudian akan dijalan oleh sistem Windows, Linux, dan mac OS. Aplikasi yang dibuat oleh Microsoft office bukan hanya satu, tetapi banyak.

Orang yang berperan penting dalam pembuatan Microsoft adalah Bill Gates. Dalam pendirian Microsoft, Bill Gates tidak sendirian. Dia ditemani oleh Paul Allen. Bill Gates yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington Amerika bersama Paul Allen mendirikan Microsoft.

Baca Juga: Download Buku Gratis

Aplikasi perangkat lunak yang dibuat oleh mereka antara Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft powerpoint. Ada beberapa versi dari microsoft dan setiap versinya pasti berbeda beda dan dibuat untuk lebih memudahkan lagi pekerjaan manusia. Kali ini kita akan membahas tentang Microsoft Word dan Excel, serta perbedaannya antara versi 2013 dengan 2016.

Apasih Microsoft word itu?

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi perangkat lunak pengolah kata yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Microsoft word dapat membuat, mengedit, sampai memformat suatu dokumen.

Hal hal yang diolah antara lain surat dengan jenis apapun, kartu pengenal, brosur, dan masih banyak lagi. Dibanding dengan perangkat lunak pengolah kata lainnya, Microsoft word adalah aplikasi yang paling terkenal dan banyak digunakan. Walaupun hingga saat ini banyak sekali aplikasi pengolah kata bermunculan.

Apa kegunaan Microsoft word?

Untuk membuat dokumen

Microsoft Word berfungsi untuk membuat dokumen yang berisi gabungan dari beberapa kata. Dokumen yang dibuat di Microsoft Word dapat diedit, kemudian di cetak menggunakan berbagai jenis kertas sesuai kebutuhan.

Untuk mengedit dokumen

Setelah membuat dokumen di Microsoft Word, kita bisa mengedit dokumen tersebut sesuai keinginan kita dengan memilih beberapa menu pengeditan yang ada di dalam aplikasi Microsoft Word.

Memformat dokumen menjadi lebih baik dan menarik

Dengan menggunakan Microsoft Word kita dapat membuat dokumen kita lebih baik dan menarik. Seperti mengatur ukuran kertas, jarak antar kalimat dan kata, atau membuat nomor halaman, dapat kita lakukan melalui aplikasi ini.

Membuat gambar dan tabel

Jika pada zaman dulu kita hanya dapat menempelkan gambar dengan menggunakan perekat pada dokumen, atau perlu memakan maktu berjam jam hanya untuk menggaris sebuah tabel, untuk zaman sekarang hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Jika kita ingin dokumen kita terdapat sebuah gambar atau tabel kita dengan mudah dapat menyisipkannya melalui Microsoft word.

Manfaat Microsoft word

Dapat meminimalisir penggunaan waktu dan tenaga

Untuk manfaat ini tentu saja sudah diketahui banyak orang. Dengan mengolah kata menggunakan Microsoft Word dapat mengurangi waktu dan tenaga saat menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika zaman dulu membuat sebuah dokumen memerlukan alat tulis atau mesin tik yang jika terjadi satu kesalahan mak kita harus mengulang dari awal.

Nah, jika menggunakan Microsoft word kita dapat memperbaiki kesalahan tersebut dengan mudah. Perangkat keras lainnya seperti keyboard juga sangat mempersingkat waktu.

Mengurangi penggunaan kertas

Jika kita mengerjakan suatu dokumen secara manual. Otomatis kertas yang dihabiskan akan banyak. Belum lagi jika terdapat banyak kesalahan. Nah, jika menggunakan Microsoft word kita dapat meminimalisir hal tersebut. Kita dapat meneliti dulu atau memperbaiki lagi kesalahan tersebut sebelum di cetak.

Menghemat biaya yang dikeluarkan

Dengan menggunakan Microsoft Word, kita dapat menghemat biaya pengeluaran. Karena saat menggunakan microsoft word, kita tidak perlu lagi menggunakan kertas untuk menulis dokumen, dan jika terjadi kesalahan kita juga dapat menghapusnya secara langsung, jadi tidak perlu ganti kertas saat terjadi kesalahan. Hal ini dapat menghemat biaya pengeluaran untuk membeli kertas.

Perbedaan Microsoft Word 2013 dan 2016

Sebenarnya versi dari Microsoft word sangat banyak. Namun kita akan membahas yang versi baru saja. Yaitu Microsoft word 2013 dan 2016. Nah, ternyata walaupun jarak perilisan kedua versi Microsoft word ini tidak jauh beda, namun banyak perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja itu? Berikut adalah perbedaannya Microsoft word 2013 dan 2016:

Media penggunaan aplikasi

Nah salah satu perbedaan microsoft word 2013 dan 2016 yang terlihat mencolok adalah media yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi. Di Microsoft word 2013 penggunaan aplikasi hanya dapat diakukan melalui dekstop.

Lain halnya dengan Microsoft word 2016, kita dapat menggunakan aplikasi pengolah kata ini dimanapun. Baik itu dekstop, tablet bahkan smartphone. Sehingga jika kamu tidak terlalu suka membawa barang seperti laptop. Kamu dapat menggunakan Microsoft Word versi 2016 ini. Kamu dapat mengunduhnya di ponsel pintarmu.

Pengaturan untuk perangkat

Perbedaan microsoft word 2013 dan 2016 selanjutnya adalah untuk menyinkronkan pengaturan. Untuk penyingkronan perangkat telah disediakan di Microsoft word 2016. Sehingga untuk penggunaan perangkat yang berbeda, dapat disinkronkan.

Sinkronisasi yang dapat dilakukan melalui Microsoft Word 2016 adalah riwayat dokumen, tema, tata letak, dan masih banyak lagi.

Fitur membagikan dan menambahkan dokumen

Pada versi Microsoft word 2013 kita tidak dapat membagikan atau menambahkan sebuah dokumen. Namun untuk Microsoft word 2016 fitur ini telah disediakan. Jika kita membuat sebuah dokumen dan setelah selesai dokumen tersebut harus dibagikan kepada rekan kerja, atasan, atau orang yang memerlukan, fitur ini dapat digunakan sebagai solusi.

Selain itu kita juga dapat membagikan link ke sosial media. Sehingga orang lain dapat membuka dan mengedit nya. Dan juga jika kamu ingin mengubah format. Misalnya word ke pdf, word ke ppt, atau word ke txt kamu dapat langsung mengubahnya dalam satu aplikasi Microsoft Word 2016.

Kekuasaan untuk melakukan pengaturan

Perbedaan microsoft word 2013 dan 2016 adalah kekuasaan kita saat ingin melaikan pengaturan. Pengaturan disini ialah saat kita ingin melakukan kebebasan terhadap tampilan Microsoft word. Jika di Microsoft word 2013 kita memang dapat mengatur tampilan, namun tidak banyak dan leluasa.

Tapi di Microsoft word 2016 ini kita punya kesempatan tinggi untuk mengatur tampilan sesuka hati. Apakah kita ingin temanya berwarna putih, berwarna hitam, abu abu gelap, ataupun abu abu cerah. Kita juga dapat memilih sendiri layar belakang tampilan Microsoft word agar terlihat keren dan menarik.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai Microdoft Word dan perbedaan versi Microsoft Word 2013 dan 2016. Selanjutnya kita akan menuju ke pembahasan tentang Microsoft Excel.

Apasih Microsoft Excel itu?

Sama seperti Microsoft word. Microsoft Excel adalah juga merupakan bagian dari Microsoft Office. Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengolah angka. Microsoft Excel terdiri dari baris dan kolom yang dapat kita gunakan sesuai perintah.

Sama juga seperti Microsoft word, Microsoft Excel juga menjadi aplikasi pengolah angka terbaik dan paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Walaupun saingan aplikasi pengolah angka sudah banyak bertebaran.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Kelebihan Microsoft Excel

  • Tampilan Microsoft Excel yang mudah dimengerti oleh semua orang
  • Mempelajarinya sangat mudah untuk semua orang
  • Dapat digunakan oleh semua industri ataupun perusahan lainnya

Kekurangan Microsoft Excel

  • Beberapa fungsi mempunyai akses yang terbatas. Seperti fungsi statistik.
  • Sel yang terdapat dalam Microsoft Excel terbatas.

Kegunaan Microsoft Excel

  • Microsoft Excel dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan memformat suatu data angka.
  • Dapat digunakan untuk melakukan perhitungan artimatika maupun perhitungan statistika dari perhitungan sederhana hingga perhitungan yang rumit.
  • Membantu kita dalam menyelesaikan soal soal matematika terkhusus logika.
  • Membantu orang orang yang bekerja di bidang akuntansi. Seperti membuat rancangan anggaran, sampai laporan keuangan.
  • Dapat digunakan untuk mengubah atau mengkoversi mata uang.
  • Jika setelah melakukan penelitian membutuhkan perhitungan. Microsoft Excel dapat menjadi solusi.

Manfaat Microsoft excel

  • Microsoft Excel dapat memudahkan kita untuk membuat tabel maupun grafik
  • Menghemat waktu dan tenaga dalam pengerjaannya
  • Formula yang disediakan banyak dan beragam.

Perbedaan Microsoft Excel 2013 dan 2016

Sama seperti Microsoft word, Microsoft Excel juga punya banyak versi. Versi versi tersebut juga punya perbedaan masing – masing. Namun kali ini akan dibahas Microsoft Excel 2013 dan Microsoft Excel 2016 saja. Berikut adalah perbedaannya:

Keamanan yang lebih terjamin

Daripada versi sebelumnya yaitu microsoft 2013, Microsoft Excel 2016 menjanjikan kemanan yang lebih. Microsoft Excel 2016 memanfaatkan fungsinya dengan menggunakan cloud.

Penggunaan dapat dilakukan di semua media

Sama seperti Microsoft word, Microsoft Excel 2016 dapat digunakan di semua media. Dengan penggunaanya yang dapat dilakukan disemua media,pastinya lebih memudahkan. Kita tidak perlu lagi berat berat membawa laptop untuk mengerjakan suatu dokumen.

Cukup menggunakan smartphone, dan mengunduhnya di google play store kita sudah bisa membuat dokumen Microsoft Excel. Terlebih lagi buat kamu yang tidak betah jika bekerja di dalam ruangan. Kamu dapat memilih Microsoft Excel versi 2016 ini sebagai solusi. Kamu dapat melakukannya dimana saja. Entah itu taman, rumah, ataupun saat sedang berada dalam perjalanan.

Fitur fitur yang lebih lengkap

Penciptaan versi baru, tentu saja harus membawa dampak positif. Itu juga yang dilakukan oleh Microsoft. Perbedaan fitur fitur Microsoft Excel 2013 dan Microsoft Excel 2016 pasti ada. Jika di dalam Microsoft Excel 2013 kita hanya bisa menyisipkan grafik atau gambar dalam bentuk dua dimensi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Domain

Nah didalam Microsoft Excel 2016 ini kita dapat menyisipkan grafik dan gambar dalm bentuk tiga dimensi. Selain itu menu ribbon pada Microsoft Excel 2016 lebih menarik. Untuk membagikan dokumen microsoft Excel, dapat dilakukan melalui e-mail dan sosial media. Sinkronisasi dokumen yang dapat diakukan pada Microsoft 2016 dengan log in.

Jadi itulah pembahasan mengenai Perbedaan Microsoft Word 2013 dan 2016  Microsoft Office Excel, serta penjelasan mengenai perbedaan antara versi 2013 dan versi 2016. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.