Situs Download Buku Gratis dan Legal

Di zaman digital ini, hampir semua produk bisa dikemas dengan hasil yang digital juga atau yang bisa disebut sebagai elektronik. Buku sekarang tidak hanya didapat lewat bentuk fisik, tetapi sekarang bisa dikemas menjadi e-book.

e-book bisa berupa keluaran format .pdf dan online tergantung dari penyedia e-book dan situs tersebut. e-book sendiri bisa kamu akses di perangkat desktop maupun mobile. Tidak semua e-book diakses gratis, tetapi ada yang berbayar.

Baca Juga : Pengertian Website

Untuk versi gratis bisa dicari di internet sesuai dengan genre buku yang kamu cari. Untuk mendapatkan e-book yang bagus dan berkualitas bisa kamu akses ke Mamikos atau tempat download e-book lengkap lainnya.

Sebagai mahasiswa juga pasti membutuhkan banyak buku dalam menunjang tugas perkuliahan. Mengingat buku yang dijual di pasar ada yang tinggi, maka untuk yang ingin gratis bisa menggunakan e-book.

Daftar Situs Download Buku Gratis Terbaik

Berikut ini adalah 32 daftar situs download buku gratis dan legal yang bisa kamu kunjungi, antara lain:

Website Openlibrary.org

Pertama jika kamu membuka website tersebut, maka kamu akan takjub dengan jutaan e-book yang tersedia. Bisa dibilang website ini terlengkap dari website lainnya dan bisa menjadi perpustakaan online. Situs ini merupakan open project sehingga semua pengguna dalam situs ini bisa berkontribusi.

Kontribusi tersebut bisa dalam pengumpulan buku sehingga bisa menjadi koleksi buku ini. Buku ini dapat kamu download secara gratis.

Website Manybooks.net

Kedua, ada website Manybooks.net yang merupakan situs gratis e-book milik Bruce Hartman yang memiliki lebih dari 33.000 buku. E-book tersebut bisa didownload secara gratis. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melakukan pengentrian.

Pengentrian tersebut bisa dilakukan dengan mengetikkan jenis, judul, bahasa, penulis, bahasa dari buku tersebut. e-book yang direkomendasikan adalah buku-buku populer.

Website Bookboon.com

Ketiga ada website bookboon.com yang mana populer dengan koleksi buku terlengkap dengan kategori bisnis dan marketing. Bagi kamu yang berminat dengan dunia bisnis dan marketing kamu bisa berkunjung ke situs ini.

Tidak perlu khawatir jika kamu berkunjung ke situs ini tidak menginginkan buku bukan topik di atas situs ini tetap menyediakan buku dengan kategori lainnya.

Website Getfreeebooks.com

Keempat ada websitegetfreeebooks.com yang mana berisi buku gratis dan legal. Website ini menjadi rekomendasi untuk kamu dalam mencari referensi, misalnya tugas kuliah, dan lain-lain.

Kamu dapat menemukan kumpulan buku dari seluruh dunia.
Untuk kategori dari website ini e-booknya antara lain: ilmu sains, cerpen, cerita horor, fiksi, fantasi, dan lain-lain. Situs ini juga menawarkan kita buku dengan top kompilasi.

Website Ebookdirectory.com

Kelima, situs ini mempunyai 20.000 e-book gratis dengan kategori yang bermacam-macam. Kategori tersebut mulai dari buku bisnis, komputer, anak-anak, internet, literature, publishing, marketing, tutorial, dan referensi.

Website Ebooklobby.com

Keenam, situs ini mempunyai banyak kategori buku yang bisa kamu cari. E-book-e-book tersebut bisa menambah wawasan kamu. Terdapat kategori berupa seni dan fotografi, biografi dan memori, bisnis dan investasi, anak, komputer dan internet, entertainment, memasak dan makanan.

Selain itu juga ada kategori kesehatan tubuh dan jiwa, rumah dan taman, literature dan fiksi, olahraga, travel, dan hukum.

Website Gutenberg.org

Ketujuh, ada website yang menyediakan lebih dari 30.000 e-book gratis secara gratis dan situs tersebut bisa dinamakan sebagai “Project Gutenberg”. Situs ini tidak disediakan untuk pembaca biasa, karena kebanyakan pembaca berasal dari kalangan peneliti dan akademisi.

Bisa dibilang bahwa situs ini merupakan situs yang terpercaya.

Website Free-ebooks.net

Kedelapan ada website Free-ebooks.net yang mana terdiri dari beberapa kategori dan setiap kategori ada sub kategori. Jika kamu ingin mendownload buku di situs ini, maka kamu harus wajib daftar dulu. Pendaftaran ke situs ini gratis dan tidak perlu membayar untuk jadi member.

Website Bookyards.com

Kesembilan ada website Bookyards.com dimana berisikan buku-buku tentang materi pendidikan dan informasi. Konten tersebut bisa diakses oleh siapa saja. Kamu bisa memanfaatkan situs ini dalam mencari referensi tugas kuliah.

Ada lebih dari 10.000 buku di situs ini yang tentunya bisa kamu download secara gratis. So, langsung saja kesini. Siapa tahu cocok dan mencoba mendownloadnya.

Website com.onlinecomputerbooks.qirina.com

Kesepuluh ada website bernama com.onlinecomputerbooks.qirina.com, dimana di situs ini menyajikan banyak buku tentang komputer secara gratis. Kamu bisa mendapatkan e-book gratis hingga bab sampel.

Buku-buku tersebut berhubungan dengan materi teknologi informasi, internet, ilmu komputer, bisnis, pemasaran, matematika, dan fisika.

Website books.google.com

Kesebelas, ada website books.google.com dimana selain menjadi mesin pencari juga menyediakan beragam e-book. Buku ini menyediakan banyak pilihan buku dengan berbagai format yang berbeda. Website ini juga tersedia untuk perangkat mobile dengan nama “Play Books”.

Website www.freebookspot.es

Keduabelas, ada website www.freebookspot.es yang menyediakan buku gratis. Situs ini juga menyediakan 96 kategori buku yang bisa didapatkan. Kemudahan dalam website ini adalah kita tidak perlu melakukan registrasi dalam mendapatkan buku di situs ini.

Download juga mudah dan bisa dilakukan kapanpun. Proses pencarian buku juga cepat dan pencarian tersebut bisa dilakukan dengan mengetikkan judul buku, pengarang, bahasa, dan nomor ISBN.

Website DigiLibraries

Ketiga belas, ada website digital libraries dimana terdapat koleksi e-book yang terus bertambah setiap harinya. Untuk pencarian e-book, kamu bisa mengetikkan kategori, judul, maupun nama penulis. e-book yang tersedia bisa kamu download secara gratis disini.

e-book yang tersedia dalam format .pdf, Epub, dan Mobi.

Website Feedbooks

Website ini menyediakan e-book banyak dan bisa dibilang sebagai perpustakaan online yang bisa kamu baca di tablet maupun smartphone. Situs ini cocok bagi kamu yang mencintai buku fiksi dan non-fiksi. Selain menyediakan secara gratis, situs ini juga menyediakan e-book secara berbayar.

Website PDFBooksWorld

Website ini memiliki tampilan yang sederhana dan sudah mencapai status public domain. Kita bisa mendownload, membaca, maupun menggunakannya tanpa ada batas hukum hak cipta.

Website ini dalam penyediaan e-books nya sudah dioptimalkan.
Untuk aksesnya bisa melalui tablet, hp, maupun laptop karena setiap aksesnya sendiri pun punya ukuran layarnya masing-masing yang sudah disetting.

Website Project Gutenberg

Website ini digagas oleh Michael Hart yang mengumpulkan buku sejak tahun 1971. Website ini memiliki 49.000 judul buku yang bisa diunduh dan diakses secara legal. Jika digabungkan dengan situs-situs kerjasama lainnnya, maka jumlah buku bisa sampai 100.000 dalam format epub dan kindle.

Topik buku yang disediakan mulai dari sastra, sejarah, sains, hingga fabel. Sebagian besar buku digital yang disediakan sudah mempunyai hak produksi dalam public domain. Buku-buku novel klasik juga bisa ditemui disini banyak.

Website OAPEN Library

Website ini lebih fokus kepada buku-buku akademik dan sosial humaniora. Terdapat puluhan ribu e-books yang tersedia dengan kualitas yang sudah lulus uji baca oleh para akademisi. Website ini juga menerapkan sistem peer review sehingga pastinya terpercaya bukunya.

Website Aceh Books

Website ini memang dibuat untuk mengoleksi ribuan buku tentang Aceh. Setelah terjadi bencana alam Tsunami pada tahun 2004, banyak perpustakaan yang rusak sehingga KITLV Leiden

berinisiatif untuk mendigitalisasikan buku-buku penting dalam topik Aceh.

Terdapat 1200 buku yang telah tersedia dan buku-buku tersebut mayoritas disediakan dalam bahasa Indonesia, Aceh, Inggris, Belanda, dan beberapa bahasa Eropa. Masa pembahasan buku tentang Aceh ini dimulai pada abad ke-17 sampai sekarang.

Website Literature.org

Website ini lebih ke penyediaan buku digital tentang dunia sastra, mulai dari karya Dumas, Mark Twain, Allan Poe, Leo Tolstoy, dan sebagainya. Situs ini sangat tepat untuk kamu akses karena ribuan buku dari sastrawan ternama lainnya di dunia bisa kamu akses disini.

Di situs ini kamu tidak dapat mengunduh dalam format pdf, epub, atau kindle. Namun kamu bisa dengan mudah mengakses, dimana penyajiaannya yang hanya teks tanpa gambar sehingga tidak menghabiskan kuota akses internet.

Website Internet Archive

Website ini menyediakan lebih dari depalan juta arsip dokumen yang bisa diakses maupun diunduh ke dalam berbagai bentuk. Jumlah ini bertambah setiap hari dan pastinya bisa diakses secara gratis. Website ini bisa mendokumentasikan dan mengarsipkan seluruh artefak kebudayaan manusia.

Website Centslessbooks.com

Website ini menyediakan buku-buku digital seperti, buku fiksi, kesenian, dan kesehatan. Untuk membaca buku ini, kamu bisa mengaksesnya di aplikasi Kindle oleh Amazon.

Website ReadPrint

Website ini merupakan perpustakaan online gratis yang mana bisa menemukan ribuan gratis untuk dibaca secara online. Buku yang tersedia meliputi beberapa kategori, seperti science fiction, puisi-puisian, dan classic.

Untuk menikmati situs ini, silahkan kamu registrasi saja dan juga ada fitur bookmarking. Untuk pencarian buku secara cepat, kamu bisa mulai mengetikkan keyword judul buku, penulis, atau jenis buku.

Setelah menemukan bukunya, kamu bisa langsung mengklik “Read Online” kemudian bukunya akan hadir di web browser kamu. Kamu juga bisa menulis review buku dan menaruhnya di favorit.

Website The Literature Network

Website ini bisa dibilang website yang rapi dalam hal ukuran tampilan. Susunan e-booksnya berdasarkan nama penulis. untuk pencarian dalam buku ini cukup mengklik nama penulis, biografi, mencari related links dan articles, kuis, dan forum.

Kebanyakan buku di situs ini gratis dan ada yang berbayar walaupun tidak mahal.

Website Free Computer Books

Website ini menyediakan buku-buku digital yang berkaitan dengan komputasi alias berhubungan dengan komputer dan bahasa pemrograman. Terdapat textbook gratis dan materi baca lainnya.

Website LibriVox

Website ini menyediakan banyak buku gratis, juga audiobooks pilihan. Audiobooks ini dibuat oleh para relawan LibriVox dan selain bukunya gratis, kamu bisa menjadi relawan untuk membuat audiobooks. Langsung saja kunjungi websitenya. Siapa tahu tertarik.

Website Scribd

Website ini menyediakan range dengan bacaan luas. Mulai dari buku, file presentasi, textbook, dan lainnya. Semua buku diatur berdasarkan topik. Website ini merupakan website yang mempunyai content publisher terbesar dan selalu update tiap bulannya.

Website International Digital Children’s Library

Website ini merupakan buku-buku digital pilihan untuk adik-adik kecil. Banyak buku anak kecil berkualitas yang disediakan di website ini. Website ini gratis. Perpustakaan online ini bisa dicari cepat melalui fitur Simple Search mulai dari usia, panang buku, genre, reading level, dan lain sebagainya.

Website Questia Public Library

Website ini menjadi salah satu favorit pengunjung e-book atau e-book hunter karena banyak buku pendidikan yang menunjang pekerjaan maupun tugas mereka. Sekitar 5.000 buku gratis tersedia yang mana diantaranya ada buku yang langka.

Bukunya juga berkualitas tinggi dan gratis ditemukan di website ini.

Website Wikibooks

Website ini berisikan textbook dengan subyeknya yang lebar. Website ini menyediakan bahasan komputing dan pendidikan. Jika penasaran langsung sja ke websitenya.

Website The Open Library

Website ini memiliki ribuan koleksi buku gratis yang tersedia dalam berbagai format, seperti .pdf, ePub, Daisy, DjVu, dan ASCII text. E-books tersebut bisa dicari melalui fitur “show only ebooks” di kolom search.

Website Sacred Texts

Website ini menyediakan e-books yang berkaitan dengan agama, mitologi, dan sejenisnya. Untuk mengaksesnya, kamu bisa langsung ke Sacred Text yang memang memiliki koleksi besar dalam hal buku. Langsung saja yuk ke website tersebut.

Website Slideshare

Website ini merupakan forum website yang semua orang bisa mengupload hasil presentasi mereka secara digital. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam hasil presentasi lainnya dengan berbagai kategori secara digital.

Banyak yang memanfaatkan website ini untuk melakukan penelitian, menemukan ide, dan belajar tentang hal lain. File yang bisa didownload berupa file dalam format dokumen maupun pdf.

e-books memang sangat membantu, karena selain penyediaannya yang kebanyakan gratis juga kita tidak harus beli buku dulu untuk membacanya. Selain itu juga, dengan website yang menyediakan buku dengan berbagai kategori membuat kita semakin terpelajar dalam hal ilmu.

Berikut adalah kelebihan e-books yang bisa kamu ketahui, antara lain: lebih ringkas daripada buku cetak. Pengguna bisa membukanya di perangkat smartphone atau perangkat genggam lainnya. Akses baca buku digital ini juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu juga awet, dalam artian tidak mudah rusak karena berbentuk digital. Lebih murah dan ramah lingkungan. Untuk kekurangan e-book itu sendiri adalah tidak bisa dipegang, sehingga rasanya tidak enak jika tidak terbiasa menggunakan buku digital.

Ukuran huruf juga kecil, sehingga akan terkesan tidak jelas dan tidak enak. Tidak nyaman. Selain itu, kekurangan dari e-book ini adalah membuat mata cepat lelah karena cahaya dari perangkat yang jika penggunaannya terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Server

Makanya, solusi yang tepat untuk menggunakan e-book adalah pertama pastikan mata kamu sehat dan bisa membatasi penggunaan baca buku digital jika sudah muncul tanda-tanda mata sudah lelah. Karena mata juga aset yang perlu dijaga.

Untuk menentukan mana website e-books yang baik dan mana yang tidak adalah tergantung kebutuhanmu dan selera kamu akan website tersebut. Karena setiap orang dalam menentykan selera dan kebutuhannya juga berbeda-beda. So apa yang perlu dipertimbangkan dan dipermasalahkan.

Kadang ada website e-book yang tidak lengkap kategorinya, tetapi pembahasan dan bukunya ada serta tersedia disitu. Jadi, yang paling penting dalam e-book itu sendiri adalah berasal dari hak produksi yang terpercaya.

Syukur-syukur kalau website yang menyediakan sudah mempunyai domain atau terpercaya. Nah, itulah penjelasan tentang Daftar Situs Download Buku Gratis dan Legal. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.