Sosial Media Marketing: Trend dan Strateginya

Sosial Media Marketing adalah bagian dari digital marketing yang sangat banyak digunakan dalam dunia marketing saat ini. Sebagai sebuah strategi, sosial media marketing semakin populer karena dampak yang ditimbulkan terhadap penjualan sebuah produk mengalami peningkatan yang sangat fantastis dengan menggunakan sosial media marketing. Hal ini tidak terlepas dari besarnya jumlah pengguna sosial media Indonesia yang menempati posisi nomor empat di dunia.

Trend dan Strategi Sosial Media Marketing

Peran sosial media sebagai salah satu strategi marketing sangat dirasakan dampaknya beberapa tahun belakangan ini. Penetrasi internet yang semakin luas menjangkau seluruh pelosak nusantara membuat peluang sosial media marketing semakin menjanjikan dalam beberapa tahun kedepan.

Baca Juga : Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis

Terlebih dengan budaya menggunakan media sosial sudah menjangkau hingga masyarakat di pedesan. Dengan demikian akan membuka peluang lebih besar bagi sosial media untuk menguasai pasar marketing di Indonesia.

Trend Sosial Media Marketing

Trend sosial media terus berkembang setiap tahun. Hampir semua sosial media menawarkan kelebihan dan keunggulan terbaru masing-masing setiap pergantian tahun. Mulai dari peningkatan fitur, layanan, akses, bahkan penyempurnaan informasi ditawarkan kepada pengguna agar memudahkan dan memberikan manfaat lebih bagi pengguna.

Namun dibalik itu semua sosial media juga meningkatkan kapasitas dan kompatibilitas agar mampu bersaing dengan sosial media lainnya.

Dalam dunia sosial media marketing peningkatan fitur dan layanan sosial media sangat bermanfaat dalam marketing. Dengan adanya peningkatan fitur dan layanan akan memudahkan dan meningkatkan kinerja marketing sebagai tujuan dari sosial media marketing itu sendiri.

Dengan adanya fitur-fitur canggih terbaru membuat teknik dan strategi sosial media marketingpun berubah mengikuti perubahan teknologi sosial media itu sendiri.

Perubahan teknologi informasi dan sosial media mendorong perubahan mendasar dalam sosial media marketing. Kehadiran beberapa fitur baru sosial media mendorong perubahan signifikan trend sosial media marketing di tahun 2019. Para ahli memprediksi bebebrapa trend sosial media marketing yang akan berubah mengikuti perkembangan sosial media diantaranya:

Social Media Listening

Sosial media listening merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan brand memantau sosial media melalui perambatan dan pelacakan pada website dan platform sosial media untuk menemukan penyebutan brand atau keyword tertentu di sosial media baik yang tidak dimention (tidak terindentifikasi).

Melalui sosial media listening pemilik brand memahami bagaimana respon publik di website dan sosial media terhadap brand atau produk yang dikembangkan.

Aplikasi sosial media listening bertujuan untuk meningkatkan pelayanan konsumen dan meningkatkan reputasi brand dan tentu saja meningkatkan penguasaan brand terhadap pasar target yang ingin di jangkau.

Melalui sosial media listening perusahaan dapat terus memantau pergerakan respon publik terhadap brand dan meningkatkan serta memperbaiki segala sesuatu yang dibutuhkan sesuai hasil laporan sosial media listening. Kedepan aplikasi sosial media listening akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatkan kebutuhan perusahaan terhadap jasa aplikasi ini.

Konten Video

Trend berbagi video menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Trend berbagi konten video yang lebih populer dibnadingkan dengan berbagi text menunjukkan bahwa ada perubahan gaya berbagi di masyarakat. Dulu berbagi dalam bentuk teks di sosial media menjadi salah satu yang paling berdampak dalam sosial media marketing kini bergerser pada penggunaan video sebagai salah satu trrend baru dalam sosial media marketing.

Para ahli berpendapat dengan terjadinya perubahan dari trend berbagi konten tertulis menjadi konten video semakin bagus untuk sosial media marketing. Video dapat menggambarkan keadaan nyata yang dirasakan konsumen. Dengan pengalaman video dibagikan secara langsung membuat semua orang dapat menilai bagaimana pengalaman sebuah produk secara langsung dari pengguna.

Micro-influencers

Sosial media infleuncer sangat trend beberapa tahun yang lalu bahkan hingga saat ini. Penggunaan sosial media influencer menjadi trend seiring dengan banyaknya pengguna sosial media dan pengikut fanatik pada publik figur. Semakin banyak fans base seorang publik figur maka akan semakin banyak pula peluag untuk di rekrut untuk menjadi sosial media influencer sebuah produk atau brand.

Trend sosial media influencer telah melahirkan banyak sekali figur-figur influencer di Indonesia. Mereka mayoritas menguasai sosial media yang paling diminati pasar Indonesia. Mulai dari seleb twitter, instagram, facebook, dan sekarang makin banyak dikenal dengan youtuber yang menggeser posisi selebgram di posisi teratas sebelumnya.

Kedepan trend sosial media influencer akan kembali berubah. Dari sosial media influencer yang memiliki target pasar yang lebih besar kepada micro influencer. Micro influencer adalah sosial media influencer yang memiliki kekhususan tertentu dengan target pasar yang lebih kecil.

Micro influencer lebih berfokus pada komunitas atau pengikut sesuai dengan bidang yang ditekuni masing-masing (niche). Jika anda sedang memprogramkan sebuah kampanye marketing maka mulailah berpikir untuk menggunkana jasa micro influencer.

Micro influencer memiliki keunikan tersendiri dalam program sosial media marketing. Dengan target yang lebih kecil maka diharapkan micro influencer lebih dekat dengan target pasar, memberikan dampak langsung karena pada dasarnya merek memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan target pasarnya, selain seorang micro influencer benar-benar ahli di bidangnya sehingga menjadi rujukan dan alasan target konsumen untuk bertahan dan mendengarkan kampanye seorang sosial media infuencer tersebut.

Personalization

Teknologi informasi digital marketing memungkinkan untuk melakukan personalisasi informasi bagi konsumen. Kecanggihan teknologi yang dicptakan sekarang ini memberikan kemampuan kepada teknologi digital untuk memberikan informasi digital kepada konsumen atau target pasar sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan.

Jika anda memiliki history browing tentang suatu konten maka selanjutnya konten-konten yang sama akan di deliver kepada anda secara otomatis. Dengan personalisasi seperti ini memungkinkan brand mendapatkan target konsumen potensial yang lebih tertarget. Selain itu memudahkan serta menekan biaya iklan yang harus dikeluarkan.

Keuntungan lain dari teknologi personalisasi seperti ini dalah konsumen lebih nyaman karena informasi yang diberikan adalah informasi yang memang dibutuhkan atau dicari. Selain itu juga personalisasi diyakini sangat membantu proses marketing baik untuk lokasi ka

Strategi Promosi Melalui Sosial Media

Bangun kredibilitas

Langkah pertama dalam membangun kesadaran brand adalah dengan membangun kredibilitas. Seorang yang bertanggungjawab terhadap sosial media marketing harus berusaha membangun brand awarness dari hal-hal kecil sosial media.

Langkah yang harus dilakukan pertama-tama adalah menampilkan brand dalam sosial media. Sosial media harus mampu mencerminkan identitas brand agar mudah dikenali dan disadari orang lain.

Membangun kredibiltas brand di sosial media dapat dimulai dengan memunculkan identitas brand dalam sosial media. Dinatara yang harus dilakukan adalah menampilkan logo brand dalam sosial media, menggunakan warna khas dari brand agar mudah dikenali dan disadari publik, serta mengkomunikasikan filosofi dan nilai-nilai brand agar diketahui publik. Hal-hal keci seperti ini wajib dilakukan terus menerus agar brand diingat oleh publik.

Bangun Relasi

Sosial media merupakan sebuah alat atau sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam sebuah platform. Sebagai sebuah sarana komunikasi maka sudah selayaknya sosial media digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi dengan orang lain. Walaupun digunakan sebagai sarana marketing, fungsi utama sosial media sebagai sarana berbagi informasi dan menjalin komunikasi tidak boleh hilang atau dikurangi.

Untuk mencapai target konsumen yang diharapakan strategi utama yang harus digunakan dalam bermedia sosial adalah membangun relasi. Membangun relasi di sosial media berlangsung sangat cair tidak perlu terlalu serius. Bentuk komunikasi pun berbeda antara satu platform dengan platform lainnya.

Membangun relasi merupakan sebuah strategi untuk membangun anggagment dengan calon konsumen. Melalui komunikasi yang internt antara brand dengan calon konsumen akan membangun hubungan trust yang baik untuk persepsi konsumen terhadap brand kedepan.

Untuk itu sosial media admin harus benar-benar memahami hal ini dan menerapkan sebagai sebuah strategi dalam membangun hubungan yang baik antara brand dengan konsumen atau calon konsumen.

Konten Menarik

Banyak orang mengatakan bahwa konten menarik sangat penting untuk membuat orang berlama-lama dan kembali lagi. Untuk membuat orang tertarik dengan sosial media anda maka buatlah konten yang menarik dan berkualitas. Konten yang berkualitas memberikan manfaat bagi orang lain. Dan jika manfaat dirasakan besar maka orang akan setia berkunjung dan memberikan feedback yang baik bagi brand.

Konten yang menarik tidak selalu harus menyampaikan tentang brand atau produk yang sedang dikampenyekan saja. Konten menarik dapat berupa gambar-gambar menarik, cerita-cerita yang menggugah orang untuk memberi komentar, bahkan kuis-kuis menarik yang membuat orang ingin ikut serta juga merupakan konten yang menarik untuk dipublikasikan.

Semua itu dapat dilakukan dengan pertimbangan akan membangun hubungan yang baik dengan follower, membangun trust, dan mampu mendekatkan brand dengan publik.

Respon

Selayaknya komunikasi dua arah, hubungan di sosial media pun harus terjadi saling interaksi dua arah. Hal ini berarti harus ada saling respon satu sama lain agar hubungan trust terbangun. Admin sosial media brand harus berusaha untuk dekat dengan follower dengan merespon mention, pesan, atau saran yang disampaikan follower.

Dan terkadang lebih baik admin merespon postingan follower sebagai penghargaan dan kejutan untuk mereka. Dengan demikian akan timbul rasa memiliki dan diperhatikan sebagai teman di sosial media.

Timing

Admin sosial media marketing harus pandai melihat dan memanfaatkan timing untuk mengambil hati publik. Dengan memperhatikan waktu yang berarti untuk publik seperti hari-hari besar, peringatan tertentu, hari bersejarah, bahkan anniversary seseorang yang berpengaruh-pun harus diperhatikan untuk diberikan perhatian melalui sosial media.

Bentuk perhatian tidak harus yang berlebihan, satu ucapan selamat terkadang sangat berarti untuk membangun hubungan dan mendapatkan simpati publik yang luar biasa.

Evaluasi Keberhasilan Sosial Media Marketing

Untuk mengetahui keberhasilan sebuah program maka harus dilakukan pengukuran agar diketahui hasil secara valid, termasuk program sosial media marketing. Beberapa cara mengukur keberhasilan sosial media marketing adalah:

Peningkatan Follower

Salah satu dampak langsung yang dapat dilihat dari keberhasilan social media marketing adalah terjadinya peningkatan follower sosial media. Peningkatan follower terjadi karena adanya rasa ingin tahu atau penasaran pengguna media sosial, ketertarikan terhadap konten, kebutuhan informasi, serta ikut-ikutan follow karena banyaknya teman dilingkarannya yang memfollow akun sosial media sebuah brand.

Peningkatan jumlah follower yang secara terus menerus merupakan dampak keberhasilan program sosial media marketing khususnya dalam mebangun relasi di media sosial.

Mengukur Traffik Website

Peningkatan traffik website merupakan salah satu dampak dari program sosial media marketing yang dilakukan. Semakin berhasil sebuah program maka akan semakin tinggi traffik yang dihasilkan. Untuk membuktikan hal ini harus dilakukan pengukuran dengan mengunakan google analytic.

Google analytic adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan program sosial media marketing. Program yang berjalan bagus akan meningkatkan kunjungan konsumen ke website yang merupakan rtespon konsumen terhadap program yang dijalankan. Dengan menggunakan google analytic semua data dapat dikumpulkan dan dievaluasi sejauh mana terjadi peningkatan kunjungan website setelah program dilakukan dan bagaimana kondisi penjualan sebelum, selama, dan sesudah sebuah program dilaksanakan.

Lacak Konversi

Pelacakan konversi adalah cara lainnya untuk mengetahui bagaimana respon konsumen terhadap program sosial media marketing. Pelacakan konversi dapat dilakukan dengan cara memasang kode pelacakan pada sosial media yang mengarahkan pengunjung ke website. Dengan cara ini sebuah program dapat diukur dengan jelas berapa besar pengaru sebuah program terhadap terjadinya konversi dari sosial media.

Pengukuran konversi dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan dari sebuah program dilakukan. Jika sebuah program dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan sebuah produk maka pada tahapan ini pengukuran terhadap konversi tidak mutlak harus dilakukan. Sebab pada program yang sedang dijalankan tujuan utamanya bukanlah konversi tetapi pengenalan produk.

Sedangkan pada program yang bertujuan untuk menghasilkan konversi penjualan maka pengukuran harus dilakukan dengan akurat agar dapat diketahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam pengambilan keputusan.

Mengukur Share of Voice (SOV)

Share of Voice (SOV) adalah salah satu cara mengukur efektivitas kampanye sosial media marketing adalah dengan mengukur seebrapa sering brand atau produk anda disebutkan di media sosial. Teknik ini dipergunakan untuk menilai tanpa memperdulikan bentuk dari share yang dilakukan.

Jadi terlepas dari positif atau negatif dari share yang ada di media sosial diukur sebagai bagian dari penyebutan secara umum dan dismpulkan sebagai bagian dari efektivitas sebuah agenda sosial media marketing.

Sedangkan untuk perbedaan sentimen positif atau negatif dari share tersebut dipisahkan sebagai bentuk share yang diberikan pengguna kepada sebuah brand atau produk. Nah, untuk mengetahui seberapa besar dampak sosial media marketing yang sudah anda lakukan, cobalah untuk mengukur Sov mulai saat ini dan bandingkan dengan SOV yang diperoleh brand atau produk lain sejenis.

Evaluasi Terus Menerus

Lakukan evaluasi setiap program sosial media marketing yang anda lakukan agar setiap program berjalan dengan baik dan memiliki dampak terhadap produktivitas brand atau produk. Lakukan dengan semua instrumen evaluasi yang valid agar pengambilan keputusan terhadap sebuah program dapat dilakukan.

Dengan melakukan evaluasi setiap saat dan terus menerus anda dapat mengetahui sejauh mana program berdampak terhadap brand dan dapat merubah strategi, memperbaiki sistem, dan merencanakan ulang sebuah program agar hasil yang diperoleh jauh lebih baik. Apalagi dunia teknologi informasi berkembang dengan cepat seshingga anda memiliki pilihan untuk melakukan yang terbaik.

Sosial media telah membawa pengaruh besar dalam dunia marketing dengan lahirnya sosial media marketing sebagai salah satu sarana marketing sebuah produk atau brand. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat membuat sosial media marketing terus berkembang dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Jenis-Jenis Media Promosi Digital

Untuk mendapatkan hasil yang baik maka ikuti perkembangan teknologi dan ukur semua aktivitas marketing yang anda lakukan secara terus menerus, perbaiki segala sesuatu dengan capat karena kecepatan dan ketetapan adalah salah satu keunggulan dari teknologi informasi termasuk dalam dunia sosial media marketing.

Semoga artikel Sosial Media Marketing: Trend, Strategi dan Evaluasi ini dapat membantu anda dalam mengikuti trend social media marketing dan meningkatkan produktivitas brand atau produk yang sedang anda bangun.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.