Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis

Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis – Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital melalui interent. Pemasaran digital bertujuan untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan tepat.

Cara Tepat Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis Online

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing memiliki banyak sekali kelebihan oleh karena itu banyak perusahaan menggunakan digital marketing. Berikut ini beberapa kelebihan digital marketing dibandingkan dengan marketing konvensional sebagai berikut:

Kecepatan Penyebaran

Strategi pemasaran digital marketing dapat dilakukan dengan cepat dan menjangkau daerah yang sangat luas. Oleh karena itu banyak sekali perusahaan yang berpindah ke digital marketing. Terlebih dengan penggunaan teknologi internet yang semakin luas membuat digital marketing makin menjadi pilihan.

Kemudahan Evaluasi

Promosi melalui digital marketing dapat dievaluasi secara langsung. Dan informasi yang disajikan sangat jelas dan dapat mengidentifikasi seluruh prilaku konsumen terhadap sebuah produk digital. Informasi yang dikumpulkanpun lebih beragam baik dari sisi kualitas, intensitas, maupun lokasi konsumen dapat dirangkum dengan jelas. Saat ini bahkan teknologi digital marketing sudah mampu mengevalusi sejauh dampak promosi terhadap konversi penjualan produk.

Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan lain digital marketing adalah mampu menjangkau daerah yang sangat luas. Dengan perkembangan jaringan internet yang semakin baik secara kualitas juga semakin baik. Kedua kombinasi jangkauan daerah dan kualitas internet yang semakin baik membuat digital marketing semakin berkembang di indonesia

Cara Memulai Digital Marketing

Memulai digital marketing tidak sesulit melakukan marketing secara konvensional. Untuk memulai digital marketing hanya dibutuhkan beberapa hal yang sangat mudah. Diantara kebutuhan untuk memulai digital marketing adalah:

1. Alat

Adapun alat yang dibutuhkan untuk memulai digital marketing adalah website, akun social media, logo brand, posting-an blog, jejak online (review, testimoni, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat-alat tersebut merupakan hal yang paling penting dalam melakukan aktivitas digital marketing.

2. Konten

Untuk memulai digital marketing maka siapkan content yang menarik perhatian dan shareable. Content dapat berupa foto, video, tulisan, meme, animasi maupun konetn lainnya.

3. Share

Selanjutnya anda dapat memulai postingan digital pertama anda. Lakukan dengan baik dan evaluasi perkembangan promosi anda. Berikan perhatian lebih pada konten yang mendapat feedback lebih banyak dan buat konten sejenis yang lebih menarik agar pengikut anda menjadi follower tetap.

4. Bergabung dalam forum

Bergaubunglah dalam forum-forum marketplace dan buatlah toko di marketplace dengan icon bisnis yang menarik. Gunakan logo dan identitas brand yang konsisten agar anda mudah dikenali. Jafa reputasi agar brand anda memiliki persepsi yang baik dimata pelanggan.

Manfaat Digital Marketing

1. Digital Marketing Membantu Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama digital marketing adalah meningkatkan penjualan. Oleh karena itu penggunaan digital marketing sangat bermanfaat dalam meningkatkan penjualan karena akses digital marekting dapat menjangkau seluruh wilayah yang terkoneksi dengan internet.

2. Digital Marketing Lebih Hemat Biaya

Manfaat digital marketing yang paling dirasakan oleh brand adalah dapat dilakukan dengan murah dan sangat ekonomis. Dengan melakukan promosi lewat digital marketing anda dapat menghemat biaya yang sangat besar jika dibandingkan dengan marketing konvensional.

3. Targeting Market Menjadi Lebih Mudah

Teknologi digital sangat membantu dalam melaksanakan program marketing. Salah satu keunggulan digital marketing adalah mampu memproyeksikan pelanggan lebih jelas dan menjadikan pelanggan sebagai target yang dapat dipantau dan dievaluasi setiap saat. Segala aktivitas pelanggan terkait brand juga dapat dipantau.

Lebih jauh teknologi digital marketing saat ini sudah mampu menemukan calon pelanggan seara langsung berdasarkan minat pelanggan yang tergambar dari kebiasaan di internet. Dengan mengidentifikasi hal ini teknologi digital secara langsung megumpulkan data pelanggan mulai dari umur, jenis kelamin, kebiasaan, prilaku terkait brand, bahkan hingga intensitas terhubungan dengan brand dapat diketahui dengan jelas. Dengan teknologi deperti ini membuat menjangkau dan menemukan pelanggan lebih muah dibandingkan dengan konvensional.

4. Komunikasi Dengan Konsumen Lebih Mudah

Digital marketing dilakukan dengan berbagai media yang terhubung secara langsung dengan pelanggan. Walaupun belum saling mengenal satu sama lain, dengan teknologi digital dimungkinkan untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan secara langsung dengan teknik digital marketing. Hal ini membuat digital marketing menjadi sangat diminati karena lebih dekat dengan pelanggan.

5. Digital Marketing Memudahkan Bersaing Dengan Kompetitor

Dengan menggunakan teknologi digital marketing yang semakin berkembang saat ini siapapun dapat bersaing dengan kompetitor dan memenangkan persaingan.Dengan teknologi digitalmarketing yang sudah lebih baik juga memungkinkan sebuah brand kecil mampu bersaing dengan brand besar dengan teknik-teknik tertentu.

Sebelum digital marketing berkembang, sangat sulit untuk pemain baru bersaing dengan pemain besar. Jangankan untuk bersaing, untuk memasarkan produk saja membutuhkan waktu dan biaya yang besar, dan dipastikan sangat sulit untuk bersaing dengan pemain yang sdah menguasai pasar. Namun dengan digita marketing semua itu terbantahkan dan semua pemain baru dapat menguasai target pasarnya masing-masing.

Macam-Macam Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis

Perkembangan teknologi smartphone membuat semua orang tidak dapat dipisahkan dari internet. Hampir semua orang terhubung dengan internet setiap saat dengan smartphone. Apaagi setelah perkembangan smartphone yang dapat digunakna untuk segala aktivitas kehidupan, membuat seolah-olah ketergantuang pada internet semakin tinggi.

Ketergantungan terhadap Jenis-Jenis Digital Marketing internet makin menjadi setelah trend berbelanja online berkembang di Inodonesia. Hampir semua kegiatan belanja dilakukan melalui internet. Mulai dari belanja fashion, tiket, alektronik, bahkan hingga membeli sarapan, makan siang, dan makan malam dari internet.

Dengan peluang yang besar seperti ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan yang memanfaatkan digital marketing. Berikut macam-macam strategi digital marketing yang famliar di Indonesia.

Mobile Marketing

Mobile marketing adalah salah satu strategi yang sedang sangat trend. Dengan pengguna internet yang sangat besar, maka peluang mobile marketing semakin besar. Dengan mobile marketing yang menyasar pengguna mobile, tablet, atau smartphone lainnya betul-betul akna mendapatkan konsumen yang tepat. Fakta penelitian menunjukkan sekitar 30 sampai 40% pelanggan memesan atau membeli produk secara online melalui ponsel atau smartphone.

Email Marketing

Email marketing sudah lama sekali digunakan dalam digital marketing. Hingga saat ini email marketing masih digunakan untuk menargetkan pelanggan. Tujuan email marketing sendiri difokuskan untuk membangun hubungan kedekatan dengan pelanggan melalui sejumlah edukasi pelanggan yang dilakukan secara terus menerus.

Email marketing merupakan investasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk meraih perkembangan bisnis.Email marketing dimulai dengan welcome email series, penawaran khusus, newsletter, dan semua kegiatan untuk growth dan retention. Menurut berbagai lembaga email marketing membawa keuntungan yang sangat besar dalam bisnis. Maka semua lini bisnis membangun email marketing sebagai salah satu lini marketing yang tetap dipertahankan hingga saat ini.

Personalized Marketing

Strategi pemasaran jenis ini lebih menargetkan pelanggan secara personal. Dengan teknologi digital saat ini marketing dapat menampilkan iklan atau informasi dengan target orang secara personal. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi yang mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara personal melalui karkateristik pencarian, terhubung dengan internet, dan karakter yang sesuai.

Jika anda pernah mengalami misalnya pernah mencari alat pengering rambut maka semua iklan alat pengering rambut akan muncul di halaman-halaman iklan smartphone anda bahkan pada saat anda tidak lagi mencari alat tersebut.

Hal ini terjadi karena sistem mengidentifikasi anda membutuhkan alat pengering rambut maka teknologi yang nada gunakan mereferensikannya untuk anda. Dengan sistem personalized marketing, informasi yang diterima pelanggan berbeda-beda walaupun berada ditempat, lokasi, mobile, bahkan menggunakan jaringan yang sama. Tergantung riwayat pencarian, kebutuhan dan karakter anda.

Continuous Marketing

Continuous marketing adalah pemasaran berkelanjutan yang menghubungkan semua lini pemasaran dengan sosial media. Program marketing dengan continuos marketing mensyaratkan marketong berjalan terus menerus menyasar pengguna sosial media, dengan begitu program marketing akan terus berjalan dan dapat di evaluasi dengan cara yang sangat akurat.

Sosial media memungkinkan untuk memberikan data pemasaran dan penjualan melalui sejumlah tools yang dapat digunakan untuk itu. Dengan mengukur perkembangan pemasaran dan penjualan maka keberhasilan program marketing dapat diketahui dengan baik.

Integrated Digital Marketing

Integrated digita marketing adalah cara marketing yang menggabungkan seluruh digital marketing yang digunakan dalam sebuah website atau tools. Dengan menggunakan integrated marketing aktivitas marketing dapat berjalan sekaligus dengan cara kerja yang sangat sederhana tetapi memiliki dampak yang luar biasa dalam marketing.

Dengan menggabungkan semua digital marketing dalam satu tools, dapat menghemat waktu, memudahkan delivery konten dan pesan, serta memudahkan dalam mengukur serta mengevaluasi sebuah program.

Konten Marketing

Para pengguna internet sekarang ini selalu mencari berbagai informasi melalu internet. Informasi apa saja yang mereka butuhkan hampir tersedia. Oleh sebab itu, strategi pemasaran dengan model kontent Marketing sangat tepat karena bisa menarik konsumen dengan beragam informasi yang disediakan di website. Informasi yang dibuat bisa berupa artikel atau text, video, gambar atau bahkan hasil riset tertentu.

Hanya saja, informasi yang disediakan harus memiliki keterikatan atau relevan dengan usaha bisnis yang dimiliki agar bermanfaat dalam marketing bisnis. Sebagai contoh toko online yang menjual produk fashion kemudian memberikan informasi tentang tips memilih pakaian dan model pakaian yang sedang trend saat ini.

Visual Marketing

Ada yang mengatakan bahwa gambar berbicara jauh lebih banyak dari pada text panjang lebar. Ada juga yang bilang 1 gambar mewakili 1000 kata. Itulah kekuatan visual marketing. Pemasaran ini mengedepankan bagaimana caranya untuk menciptakan objek visual yang bisa mewakili produk yang pelaku bisnis tawarkan kepada konsumen.

Visual marketing tidak hanya di dunia nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti Instagram, Pinterest, bahkan YouTube. Tentu, dibutuhkan banyak pihak untuk bekerjasama untuk bisa menyediakan gambar visual yang sangat tajam dan mengundang konsumen.

Google AdWords

Google adword memmiliki peran besar dalam meningkatkan performa marketing saat ini. Walaupun google adwords merupakan sarana berbayar namun potensi return yang dihasilkan dari google adwords sangat besar. Apalagi jika dilakukan secara terus menerus. Google AdWords yang dikenal dengan PPC atau Pay-per-Click marketing snagat bermanfaat untuk bisnis apapun.

PPC merupakan sebuah metode melalui search engine Google untuk membawa banyak visitor ke websitetujuan. PPC marketing ini sangat berguna untuk menghasilkan hot lead atau calon customer yang sudah siap untuk membeli produk. Oleh karena itu iklan PPC snagat menguntungkan karena berada pada tahapan menjual produk kepada hot konsumen.

Beberapa keuntungan yang didapatkan dengan PPC marketing ini adalah:

  1. Menjangkau konsumen yang tepat dan diwaktu yang tepat (minat membeli)
  2. Budget iklan dapat diatur sesuai dengan target
  3. Mendapatkan insight pelanggan dan analytic yang sangat akurat
  4. Target jelas karena sistem mengatur khusus pada pelanggan yang akan membeli.
  5. Search engine optimization (SEO)

SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan pelanggan/pengunjung yang datang ke website. Kegiatan ini harus dilakukan secara terus menerus dan konsisten dengan teknik-teknik tertentu. Semakin banyak pengunjung yang datang ke website maka semakin tinggi pula potensi penjualan yang dapat terjadi.

Jadi jika banyak startup yang berpikir dengan membuat web yang bagus maka visitor akan datang dengan sendirinya, maka pemikirann ini salah besar. Karena banyak seklai website yang sama dan mengharapkan visitor. Untuk itu dibutuhkan cara optimasi agar visitor datang ke website. Cara optimasi website tersebut dikenal dengan SEO.

SEO menjawab tantangan untuk membuat web kamu berada di urutan teratas ketika visitor atau calon customer mencari tentang produk sejenis yang kita pasarkan atau informasi sejenis yang kita sediakan. Di sini peran Jasa SEO atau search engine optimization penting bagi strategi digital marketing. Selain itu SEO bukan hanya meningkatkan traffic ke web tetapi juga membangun kepercayaan pelanggan.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi marketing yang memanfaatkan pengaruh orang yang memiliki figur dipandang di dunia sosial media atau lingkungannya. Dengan strategi ini diharapakan mampu menggerakkan pengikut atau fans untuk melakaukan pemeblian atau menyukai produk yang sedang digunakan oleh influencer. Penggunaan influencer snagat bermanfaat dalam meningkatkan penjualan apalagi influncer yang memiliki jumlah pengikut fanatik yang besar.

Di Indonesia banyak sekali influencer saat ini. Mulai dari influencer dari kalangan artis, selbgram, youtuber, konten creator, seniman, bahkan pengguna media sosial anak-anak pun sudah menjadi influencer untuk kalangannya. Dengan semakin berkembangnya sosial media maka semakin banyak influencer yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pelanggan. Beberapa keuntungan dari influencer dalam marketing ini adalah:

  1. Dapat mempengaruhi pelanggan dengan cepat dan tepat, khususnya untuk pengikut fanatik dari seorang influencer.
  2. Mudah diterapkan
  3. Menciptakan word of mout sehingga brand lebh cepat dikenal.
  4. Biaya marketing murah untuk penayangan dalam jangka waktu lama,apalagi konten akan abadi di sosila media.
  5. Dapat membantu membangun brand dalam waktu yang sangat cepat

Retargeting Ads

Retargeting Ads adalah tindakan menargetkan ulang iklan pada pelanggan tertentu. Kegiatan ini dilakukan untuk meyakinkan pelanggan yang berminat membeli tetapi belum melakukan pembelian. Kegiatan reargetting ads dilakukan berulang-ulang dengan cara mengirimkan informasi terus menerus kepada calon pelanggan. Informasi yang diberikan bermacam-macam dari konten video, text, maupun animasi. Dengan melakukan retargetting ads diharapakn dapat meyakinkan calon pelanggan dan melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Retargetting ads merupakan hal yang baru dalam digital marketing. Hal ini muncul seiring perkembangan teknologi yang mampu mengidentifikasi pelanggan dengan baik. Salah satu cara untuk melakukan retargetting adalah dengan menggunakan pixel facebook atau google. Dengan cara ini dapat diketahui pelanggan mana yang membutuhkan retargetting dan dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Demikian Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis yang dapat dilakukan dalam bisnis. Semakin bagus strategi yang dipilih maka akan semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Digital marketing adalah proses panjang yang harus dilakukan terus menerus, untuk itu lakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.