Tips dan Trik Sewa VPS Gratis, Murah, dan Berkualitas

Tips dan Trik Sewa VPS Gratis, Murah, dan Berkualitas-Dalam menyewa VPS (Virtual Private Server), apalagi yang gratis, murah, dan berkualitas merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Pekerjaan ini memerlukan pengetahuan yang luas mengenai provider terpercaya yang sudah berpengalaman dalam menyewakan VPS.

Selain provider, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangakan dalam memilih VPS. Mulai dari kapasitas penyimpanan hingga faktor eksternal tentang penawaran VPS. Hal tersebut tentunya sangat berhubungan dengan tawaran yang diberikan oleh penyedia layanan server virtual yang bersangkutan.

Seiring meningkatnya jumlah website yang sudah menjamur di berbagai kalangan, mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, karyawan, maupun pebisnis online membuat para provider hosting dan domain saling berkejar-kejaran untuk menawarkan produknya.

Pasalnya, saat ini website sudah menjadi media yang bersifat pokok untuk mempermudah user menawarkan produk / jasa / brand yang dimilikinya. Selain itu, mereka juga pasti menginginkan agar produknya berada di halaman atas mesin pencarian Google.

Inilah yang menjadi alasan mengapa penyedia VPS bersaing secara ketat untuk bisa menarik konsumennya. Belum lagi mereka harus selalu upgrade teknologi terbaru agar tidak tertinggal dengan provider lain. Sebab kemajuan teknologi dan informasi memang tak ada habisnya.

Mengenal Tentang VPS

VPS (Virtual Private Server) disebut sebagai salah satu fitur yang disediakan oleh provider hosting yang berfungsi dalam mendukung pengembangan dan kemajuan website Anda. VPS merupakan sebuah server virtual dan bersifat privasi yang di dalam terbagi-bagi lagi menjadi beberapa server dalam satu resource yang sama.

Di era sistem teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin berkembang ini membuat para pengelola website harus cerdas dalam mencari VPS murah yang dapat menunjang kinerja websitenya. Sebab, tak semua penyedia layanan server virtual memberikan harga yang bersahabat yang diimbangi dengan kualitas yang memadai.

Perlu Anda ketahui, ada 3 jenis hosting yang sering digunakan untuk web user, yakni shared hosting, VPS, dan dedicated server. Dari ketiga jenis ini, VPS menjadi dalah satu hosting yang diminati oleh para pengelola situs. Karena server ini memiliki harga yang murah dan fitur yang lengkap.

Kelebihan VPS

VPS memiliki banyak sekali kelebihan dalam menentukan sistem operasi dan platform website, di antaranya:

  • User dapat menginstall software di server virtual ini berdasarkan kebutuhannya.
  • VPS mempunyai garansi resource yang menjanjikan, mulai dari RAM, CPU, hingga ruang penyimpanan.
  • User mendapatkan akses root / rooting yang memberikan kebebasan dalam mengelola VPS.
  • ¬†User tak akan mendapatkan suspend (penangguhan) dari pihak layanan hosting karena menggunakan WP-Robot, atau sejenisnya.

Dari kelebihan yang dimiliki VPS tersebut, Anda juga perlu memikirkan kualitas dan harga dari server, khususnya untuk pengguna baru.

Tips dan Trik Sewa VPS Gratis, Murah, dan Berkualitas

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, semakin banyak provider yang menawarkan jasa penyewaan Fungsi VPS Windows untuk kebutuhan sebuah website, maka semakin banyak pula hal-hal yang perlu Anda ketahui dari masing-masing provider tersebut.

Hal ini juga sangat menyulitkan bagi para user pemula yang ingin menggunakan VPS. Biasanya mereka lebih memilih untuk menggunakan VPS gratis terlebih dahulu sebelum memantapkan diri menggunakan VPS yang berbayar. Karena harganya cukup menguras kantong, yakni di atas seratus ribu rupiah.

Banyaknya iklan VPS gratis, murah dan berkualitas dari beberapa provider, membuat Anda harus lebih jeli dalam memilih layanan yang mereka tawarkan. Mulai dari segi spesifikasi, keamanan, ketersediaan, dan kenyamanan dalam pemakaian.

Berikut beberapa tips dan trik yang harus Anda perhatikan dalam menyewa VPS gratis, murah dan berkualitas, di antaranya:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Visitor

Dalam menentukan sebuah VPS, Anda harus menyesuaikan kebutuhan website Anda. salah satunya adalah kebutuhan untuk visitor / traffic / pengunjung. Hal ini perlu Anda pertimbangkan dengan tujuan agar website Anda tidak mengalami downgrade jika pengunjungnya mengalami kenaikan secara signifikan.

Website yang Anda rancang pastinya tidak hanya untuk keperluan bisnis Anda semata, namun juga harus memperhatikan apa yang visitor butuhkan dari website Anda.

Misalnya, apabila web Anda merupakan sebuah situs bisnis tour and travel, maka sudah jelas pengunjung merupakan calon client atau pelanggan yang didominasi oleh orang-orang yang menggeluti bisnis travel atau pecinta traveling.

Kemudian, bila bisnis yang Anda kembangkan beroperasi di daerah Indonesia, maka disarankan agar mencari VPS murah Indonesia yang berkualitas, seperti VPS IIX/ lokal yang sangat recommended untuk web dengan niche travel.

2. Pertimbangkan Resource dan Teknologi

Apa itu resource dan teknologi? Kedua hal ini merupakan komponen yang digunakan di dalam VPS. Dalam memilih VPS yang murah dengan harga terjaungkau, tentu diperlukan pertimbangan dalam pemilihan resource dan teknologi.

Resource merupakan faktor utama agar web Anda bisa berjalan dengan baik. Penggunaan resource untuk web harus disesuaikan dengan hosting yang Anda pakai. Sedangkan teknologi merupakan seluruh sarana yang diperlukan oleh website yang canggih dan terbaru.

VPS yang memiliki teknologi terbaru biasanya dilengkapi dengan fitur monitoring terhadap RAM, CPU, DISK SPACE, serta Inode. VPS tersebut juga memiliki panel untuk melakukan melakukan remote, berupa shutdown, reboot, reinstall, dan lain sebagainya. Ini adalah tugas Anda untuk memastikan apakah VPS yang akan Anda sewa mengandung hal tersebut atau tidak.

Kedua hal ini sangat penting karena semakin sesuai resource dan teknologi yang Anda gunakan, maka semakinmempermudah Anda dalam dalam mengelola website.

3. Kalkulasi Bandwidth dan Kecepatan Server

Bandwidth merupakan jumlah dari pemakaian transfer data yang dihitung dalam satuan bit per detik (bit per second), biasa disingkat bps, antara serrver dan client dalam waktu tertentu.
Sederhananya, bandwidth ini disebut sebagai lebar dari saluran data yang digunakan sebagai jalur dari data-data yang ditransfer dalam suatu sistem tertentu.

Sedangkan, kecepatan server merupakan besaran yang digunakan untuk mengukur seberapa lama sebuah sistem komputer mengoperasikan layanan dalam jaringan komputer. Jaringan komputer yang dimaksud adalah layanan VPS itu sendiri.

Dengan demikian, semakin lebar bandwithnya, maka semakin cepat akses internet yang dapat dioperasikan. Sebaliknya, semakin kecil bandwidth, maka semakin lambat pula akses internetnya.
Dalam mengkalkulasi bandwidth dan kecepatan server adalah hal terpenting sebelum Anda menyewa VPS. Hal ini untuk menghindari biaya tambahan pada VPS jika bandwidth melebihi batas pemakaian.

Perhitungan tersebut juga digunakan untuk memperkirakan spesifikasi bandwidth yang nantinya akan dipasang di website Anda. Pelanggan tak perlu khawatir karena provider VPS akan menawarkan seberapa besar ukuran bandwidth sesuai dengan kebutuhan website yang akan dikembangkan. Sehingga website Anda pun dapat terhindar dari kondisi yang tidak diharapkan.

Contoh dari kalkulasi bandwidth adalah:

Jika per hari ada 1000 pengunjung, maka akan ada 30.000 pengunjung dalam sebulan. Kemudian apabila kebutuhan tiap 1 visitor adalah 5 MB, maka Anda harus menyediakan 150.000 MB atau setara dengan 150 GB per bulannya. Jadi, sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh provider, Anda membutuhkan VPS dengan ukuran bandwidth 200 hingga 500 GB per bulan.

4. Perhatikan Sistem Keamanan Data

Sistem keamanan data merupakan fitur yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih VPS yang murah, gratis dan berkualitas. Pasalnya, sistem ini sangat berfungsi untuk mengamankan data-data atau file-file di website Anda sehingga terhindar dari virus / malware maupun gangguan lain yang mengakibatkan website Anda kehilangan data.

Jangan sampai saat website Anda telah mengalami progress yang sangat baik, tiba-tiba muncul hal-hal yang tidak diinginkan pada sistem keamanan penyimpanan data. User mana yang menginginkan hal ini terjadi? Pati semua user tidak berharap ini terjadi pada webnya.

Oleh karena itu, Anda harus menanyakan terlebih dahulu kepada customer service dengan detail meliputi virtualisasi yang digunakan pada server virtual tersebut. Apakah openVZ, XEN, KVM atau yang lain-lain. Kemudian sesuaikan virtualisasi yang digunakan dengan keperluan dari situs.

5. Pertimbangkan Kualitas Hardware

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, hardware merupakan perangkat keras yang terpasang di dalam sebuah jaringan komputer. Hardware ini sangat berhubungan dengan komponen server yang harus disesuaikan dengan kinerja hardwarenya.

Jika kinerja hardware yang digunakan semakin baik, maka semakin cepat kinerja server virtual yang Anda sewa. Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikan kualitas hardware berdasarkan kebutuhan server dan website yang Anda kelola.

6. Pertimbangkan Harga dengan Kualitas VPS

Harga yang dimaksud adalah VPS yang disewakan dengan harga yang murah dan terjangkau bagi user. Harga yang murah tersebut harus Anda sesuaikan dengan kualitas VPS yang disediakan.
Harga yang murah ini bisa bergantung pada diskon yang berlaku. Namun hal ini justru sangat riskan pada kualitas VPS yang ditawarkan, kecuali jika provider tersebut telah berpengalaman dan profesional.

Jadi, bukan berarti Anda harus memilih VPS yang memiliki harga yang mahal, akan tetapi sebaiknya bandingkan terlebih dahulu harga VPS murah secara bijak dari provider satu dengan yang lainnya. Bila Anda sudah menemukan harga paling murah, Anda perlu mengecek bagaimana histori dari penyedia layanan yang bersangkutan.

7. Tak Pernah Ada Server Gratis

Ingat! Tak ada provider yang menyediakan server secara gratis, kecuali jika Anda memenangkan undian berhadiah dari event yang diadakan provider tersebut.

Server yang dimaksud di sini adalah VPS (Virtual Private Server). VPS adalah salah satu server yang bersifat virtual (maya) yang tidak emmiliki bentuk visik seperti server pada umumnya. VPS ini memiliki komponen-komponen lagi di dalamnya dalam satu resource yang sama.

VPS dapat dioperasikan pada sebuah server yang disebut Node/Hypervisor. Node ini tersedia di dalam pusat data. Teknologi VPS ini terkenal lebih canggih daripada shared hosting. Pasalanya, 1 shared hosting hanya dapat digunakan untuk 1 website. Sementara 1 VPS bisa digunakan untuk mengoperasikan lebih dari 1 website.

Oleh sebab itu, jika Anda menjumpai iklan VPS gratis, maka Anda perlu mempertanyakan kebenarannya. Karena harga sewa VPS jauh lebih mahal dari shared hosting. Sekali lagi, pastikan VPS yang Anda sewa memiliki harga yang lebih murah, namun memiliki kualitas yang bagus.

8. Hindari Scam

Apa itu scam? Scam merupakan tindakan / himbauan dalam bentuk penipuan di internet yang dilakukan individu maupun kemlompok demi mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri.
Scam ini bisa Anda jumpai pada banner iklan, yang memunculkan pernyataan mengenai keberuntungan Anda. Misalnya menjadi pemenang dalam sebauh event khusus.

Spam ini akan mengandung unsur-unsur hadiah tertentu usai Anda klik. Bisa berupa hadiah uang senilai jutaan rupiah, mendapat VPS gratis, dan mendapat tawaran VPS murah (misalnya seharga 1000 rupiah per bulannya).

Jika Anda menindaklanjuti himbauan atas kalimat scam tersebut, maka tak jarang para pelaku meminta korban untuk mengisi identitas data diri. Mulai dari nama lengkap, nama panggilan, jenis kelamin, nomor telepon, alamat email, alamat, hingga nomor rekening Anda.

Bentuk kecurangan ini harus Anda waspadai demi keamanan dan keselamatan Anda. Usut punya usut, scammers dapat bertindak apa saja terhadapa data diri yang Anda isi. Seperti halnya menyebarkan malware/virus ke komputer, yang menyebabkan komputer tidak bisa diakses kembali.

Lebih parahnya lagi jika komputer Anda terkena malware berjenis ransomware, maka user akan kehilangan data yang tersimpan di dalamnya. Tak hanya itu saja, user juga harus membayar sejumlah kerugian agar datanya bisa pulih kembali.

Jadi, waspadalah dengan scam yang beredar di internet ya!

9. Cek Spesifikasi VPS

Kini saatnya Anda harus mengecek spesifikasi yang dimiliki oleh VPS yang Anda sewa. Banyak server virtual yang dbanderol dengan harga sangat murah, namun justru tak sesuai standar yang diharapkan user. VPS yang normal pada umumnya memiliki spesifikasi yang sebanding dengan harganya.

Spesifikasi VPS yang bisa dicek meliputi processor, RAM, kapasitas penyimpanan, bandwidth, kecepatan transfer data, serta lokasi server. Lokasi server ini yang nantinya akan mempermudah Anda dalam mengakses website.

Bila Anda ingin mengaksesnya di Indonesia, maka pilihlah lokasi server yang ada di Indonesia, Singapura, maupun Malaysia. Namun jika Anda ingin mengaksesnya di luar negeri, Anda bisa sekaligus memilih provider yang lokasi servernya berada di Eropa atau Amerika agar bisa diakses di seluruh dunia.

Sebagai informasi, VPS murah cenderung menyediakan CPU core 1 dengan RAM 512. Harga sewanya berkisar 100 ribu rupiah per bulan. Kemudian Anda juga disarankan untuk memeriksa durasi waktu sewa.

Provider VPS yang baik akan memberikan informasi mengenai transparansi data waktu sewa. Mulai dari dimulainya tanggal dan jam sewa VPS, hingga tanggal dan jam kadaluarsanya.

Terakhir, Anda perlu mengecek apakah VPS yang Anda gunakan bersifat trial atau bukan. Pastikan pula Anda mendapatkan akses kontrol tanpa batas dengan login root bagi VPS tersebut.

10. Cek Ketersediaan Halaman Kelola VPS

Karena pengelolaan VPS itu tidaklah mudah, maka Anda harus mengecek ketersediaan halaman kelola VPS.

Dalam mengelola VPS memang memerlukan skill khusus, terlebih bagi para user pemula yang baru belajar tentang VPS. Belum lagi, VPS yang Anda gunakan apakah memiliki sistem operasi Windows atau Linux.

Untuk itu, Anda harus menyewa server yang menyediakan halaman kelola VPS. Dengan tujuan untuk mempermudah melakukan start, restart, stop, dan install ulang sistem operasi. Selain itu, konfigurasi VPS pun dapat dilakukan dengan sangat mudah.

11. Waspada dan Hati- Hati Penipuan

Seperti layaknya scam, penipuan juga bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, khususnya di jaringan internet yang sedang Anda gunakan.

Pada kenyataannya, tidak semua VPS gratis dan murah yang ditawarkan termasuk ke dalam penipuan. Tetapi Anda harus tetap waspada dan berhati-hati dengan cara menghindar dari perbuatan jahat tersebut.

Ada beberapa cara agar kita terhindar dari kasus tersebut, yakni dengan:

  • Memastikan terlebih dahulu perusahaan / provider penyedia layanan VPS yang bersangkutan.
  • Menegcek kredibilitas dari VPS tersebut.
  • Mengecek sejumlah testimoni (bila ada) dari sejumlah pelanggannya.
  • Mengecek apakah harga sewanya masuk akal atau tidak.

Simpulan

Demikian 11 Tips dan Trik Sewa VPS Gratis, Murah, dan Berkualitas yang harus anda pertimbangkan. Jangan pernah Anda tergiur dengan harga yang ditawarkan, jika belum penyedia layanan VPS tersebut tidak memberikan kualitas spesifikasi yang baik untuk kebutuhan website Anda.

Selain itu, pertimbangkan segi keamanan. Sebab keamanan adalah segala-galanya yang akan selalu melindungi data web maupun data diri Anda dari segala macam scam dan tindakan penipuan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.